Menguasai keahlian negosiasi ternyata banyak manfaatnya, bahkan mahir tidaknya kamu bernegosiasi bisa mempengaruhi perkembangan perusahaan.

Sebagai karyawan pemula, penting untuk kamu mempelajari salah satu keterampilan ini. Yuk langsung simak artikel berikut yang mengupas rahasia mengembangkan keahlian negosiasi. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

6 Kunci Utama Mengembangkan Keahlian Negosiasi untuk Karyawan Pemula

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, ‘sebenarnya, negosiasi itu apa sih?’ ‘seberapa penting kita harus bisa bernegosiasi?’ atau ‘apa untungnya kita bisa negosiasi?’ bahkan tak jarang muncul pemikiran ‘negosiasi itu cuma dilakukan antar pembeli dan pedagang di pasar aja’.

Kalau kamu punya pemikiran seperti itu, sebaiknya hilangkan mulai dari sekarang. Karena, keahlian negosiasi menjadi salah satu keterampilan penting yang wajib dimiliki setiap orang.

Negosiasi menjadi gerbang awal sebuah kerja sama yang bisa terjalin antara satu sama lain.

Rahasia Mengembangkan Keahlian Negosiasi Untuk Karyawan Pemula 02 Tatap Muka- Finansialku

[Baca Juga: Belajar Cara Negosiasi dari 10 Orang Sukses Bagaimana Mereka Melakukan Negosiasi]

 

Seperti dilansir dari Ahlipresentasi.com (Jumat, 19/10/2008), negosiasi memiliki arti pertemuan atau tatap muka yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk melakukan tawar-menawar mengenai suatu produk atau objek tertentu untuk melakukan perjanjian atau kontrak.

Selama negosiasi berlangsung, biasanya tidak terlepas dari perjanjian-perjanjian yang pastinya saling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat dalam negosiasi tersebut.

Bagi perusahaan, negosiasi merupakan tahapan yang sangat penting dalam mewujudkan perusahaan yang berkembang dan diakui oleh perusahaan lain.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Perlu diketahui, proses negosiasi pada dasarnya menyimpan sejumlah harapan dan keuntungan yang bisa diraih ketika negosiasi berjalan mulus dan mencapai goals yang diharapkan.

Melalui perjanjian yang disepakati, setiap perusahaan yang terlibat bisa mendapatkan hak masing-masing setelah memenuhi beberapa kewajiban yang telah disepakati.

Tapi, tak selamanya semua berjalan mulus, seringkali negosiasi menemukan sejumlah hambatan salah satunya disebabkan oleh minimnya pengetahuan dari pihak perusahaan mengenai bagaimana cara bernegosiasi dengan baik dan benar.

Bahkan seringkali perusahaan melakukan negosiasi tanpa persiapan terlebih dahulu, akibatnya negosiasi tersebut sering kali menjadi sia-sia yang pastinya juga berdampak pada kerugian waktu dan tenaga.

Nah, mulai tergambar kan pentingnya kita menguasai keahlian negosiasi?

Negosiasi tidak mutlak hanya bisa dikuasai oleh orang-orang berpengalaman saja.

Sebagai karyawan pemula, penting juga menguasai keterampilan ini karena bisa jadi kamu diberikan tantangan oleh perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya.

Rahasia Mengembangkan Keahlian Negosiasi Untuk Karyawan Pemula 03 Jabat Tangan - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Freelance, Ini Cara Negosiasi dengan Klien Anda]

 

Guna mengantisipasi kegagalan bernegosiasi, ada baiknya kamu mempersiapkan diri secara matang serta membekali diri dengan kemampuan komunikasi dengan baik.

Ketelitian dan kehati-hatian merupakan dua hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan untuk melakukan proses negosiasi yang berhasil.

Sebelum melakukan negosiasi terutama di ranah bisnis, berikut 6 kunci utama yang harus dipersiapkan dalam mengembangkan keahlian negosiasi untuk karyawan pemula:

 

#1 Buat Target Pencapaian

Target pencapaian ini harus dipersiapkan di awal sebelum kamu melakukan proses negosiasi.

Alangkah lebih baik, kamu juga mengajukan beberapa syarat yang bisa ditawarkan untuk mencapai kata mufakat dalam negosiasi tersebut.

Seperti dilansir dari Qerja.com (Jumat, 19/20/2018), dengan persiapan ini bukan berarti kamu over PD (percaya diri) dengan jaminan bahwa negosiasi akan berhasil mencapai tujuan.

Ketika merasa terlalu percaya diri dalam bernegosiasi, tanpa sadar seringkali kamu mengungkapkan semua keinginan dan menuntut terlalu banyak. Bahkan kamu tidak peduli dengan lawan bicara.

Agar proses negosiasi lebih nyaman, tidak ada salahnya kamu mendengarkan penawaran pihak ‘lawan’ untuk bisa mengambil keputusan yang tepat.

So, tetap pertahankan kepercayaan diri yang tidak berlebihan ya, agar kamu bisa menawarkan nilai tinggi dengan kemampuanmu memberikan keuntungan besar untuk perusahaan.

 

#2 Berlatih Berkata ‘Tidak’

Seringkali orang cenderung menghindar dari konfrontasi, sehingga selalu berkata ‘ya’ dan menyetujui banyak hal meski merugikan diri sendiri.

Mulai sekarang kamu harus mencoba untuk memprogram ulang pikiran dengan berlatih berkata tidak.

Rahasia Mengembangkan Keahlian Negosiasi Untuk Karyawan Pemula 04 Berdiskusi - Finansialku

[Baca Juga: Bisa Lho Dapat Gaji Sesuai Yang Anda Inginkan! Ini Trik Cara Negosiasi Gaji!]

 

Meski awalnya belum terbiasa, kamu bisa latihan dari hal-hal kecil seperti berkata ‘tidak’ untuk lembur atau menolak memberi bantuan pada rekan kerja ketika sedang sibuk.

Setelah terbiasa berkata ‘tidak’, nantinya kamu akan merasa berani menolak untuk hal-hal besar seperti saat bernegosiasi dengan klien.

 

#3 Mengasah Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi juga menjadi satu dari sekian banyak kunci keahlian bernegosiasi. Komunikasi yang dimaksud meliputi verbal dan nonverbal.

Sebaiknya kamu harus mempelajari cara untuk bisa berbicara dengan baik sehingga memikat orang lain.

Secara verbal, komunikasi bisa dilatih dari sisi artikulasi, intonasi, dan pemilihan kata-kata yang dirasa sesuai untuk digunakan dalam negosiasi.

Dengan sering ‘berlatih’, kamu akan tahu kapan harus meninggikan atau merendahkan suara, mempercepat atau memperlambat penjelasan, dan sebagainya.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Adapun komunikasi nonverbal seperti bahasa tubuh, harus kamu perhatikan misalnya dengan menampilkan bahasa tubuh yang baik.

Kamu bisa berlatih mengangkat wajah, menegakkan bahu, dan tersenyum agar terlihat berwibawa dan profesional.

Kamu juga perlu mempelajari keahlian membaca bahasa tubuh orang lain. Dengan begitu, kamu bisa menemukan celah yang tepat untuk menarik ulur dalam sebuah negosiasi.

Jika lawan bicara sudah menunjukkan alis berkerut, atau tangan menyilang, sebaiknya tahan diri untuk mengajukan penawaran lebih tinggi.

 

#4 Fokus Pada Materi yang Dinegosiasikan

Dalam hal ini sebaiknya kamu memanfaatkan momen sebaik mungkin, dengan tidak membahas materi diluar dari poin yang ingin kamu negosiasikan.

Sebisa mungkin kamu tidak mengkolaborasikan berbagai masalah pribadi dengan materi yang akan dinegosiasikan.

Rahasia Mengembangkan Keahlian Negosiasi Untuk Karyawan Pemula 05 Fokus Negosiasi - Finansialku

[Baca Juga: Tips Interview: Panduan Menjawab Interview Bahkan Pertanyaan Paling Susah Sekalipun]

 

Jika kamu masih mengalami kesulitan untuk mengontrol diri agar tetap fokus pada materi negosiasi, kamu juga perlu mempelajari cara mengelola stres.

Bisa saja masalah pribadi yang sedang kamu hadapi, digabungkan dengan proses negosiasi dalam waktu lama dan penuh tekanan memicu kamu mengalami stres.

Karenanya, penting untuk mempersiapkan berkas sebelum menghadapi mitra kerja atau klien sebagai ‘pegangan’ saat proses negosiasi mulai tidak sesuai dengan harapan.

Kamu juga bisa mencari tahu cara mencari celah untuk bernapas sejenak saat berada di bawah tekanan.

 

#5 Bentuk Tim Negosiasi yang Kompeten

Tim yang berjuang dalam proses negosiasi bisnis ini seharusnya terdiri dari orang-orang yang berprestasi dan berkompeten di bidangnya.

Tim yang berkualitas dan sesuai dengan bidangnya masing-masing akan semakin meyakinkan pihak yang dimaksudkan.

Tim negosiasi juga harus memiliki pemahaman yang sama dalam memandang tujuan negosiasi, karena seringkali satu diantara tim merasa tidak puas atas hasilnya yang menyebabkan kerjasama tersebut tidak menjadi win-win solution.

 

#6 Selesaikan Proses Negosiasi Dengan Cepat

To the point memang tidak disarankan dalam proses bernegosiasi, tetapi terlalu bertele-tele juga tidak baik. Alasannya karena terlalu banyak obrolan kesana kemari diartikan mengurangi rasa percaya dari pihak lawan.

Selain itu bertele-tele juga hanya membuang waktu dan tenaga.

728x90 - Entrepreneur
300x250 Kotak - entrepreneur

 

Dengan mempelajari dan menerapkan 6 kunci utama ketika kamu bernegosiasi, setidaknya kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk melakukan negosiasi tersebut.

 

Negosiasi? Siapa Takut!

Nyatanya setiap orang sebenarnya memiliki keahlian negosiasi, meskipun selalu ada peluang gagal dalam bernegosiasi. Yang menakutkan bukanlah gagal bernegosiasi, namun tidak bernegosiasi.

Jangan bayangkan risiko jika kamu gagal, namun bayangkan benefit yang diperoleh jika kamu berhasil.  

 

Apakah anda memiliki pertanyaan mengenai keahlian negosiasi tersebut? Jika ada, silahkan isi pada kolom komentar dibawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. Cara Mengembangkan Teknik dan Ketrampilan Negosiasi. Ahlipresentasi.com – https://goo.gl/n5kB1L
  • Eka Utami. 12 Oktober 2018. Cara Meningkatkan Keahlian Negosiasi Bagi Karyawan Pemula. Qerja.com – https://goo.gl/KQ6TKB

 

Sumber Gambar:

  • Negosiasi – https://goo.gl/MBLktx
  • Tatap Muka – https://goo.gl/tS2FSx
  • Jabat Tangan – https://goo.gl/DHjvy5
  • Berdiskusi – https://goo.gl/RJnYfo
  • Fokus Materi – https://goo.gl/csGpxw