Berbagai kebiasaan dan peraturan di Perusahaan Amazon yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam melakukan bisnis. Melalui artikel kali ini, Finansialku akan memaparkannya untuk menambah wawasan Anda dalam berbisnis. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Perusahaan Amazon

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja memberikan kemudahan dalam melakukan segala hal, termasuk dalam transaksi jual beli. Sekarang ini untuk membeli barang atau jasa Anda tidak perlu mencari keluar rumah.

Cukup dengan menggunakan internet saja sudah bisa membeli barang ataupun jasa yang diinginkan. Banyak sekali toko online yang sudah ada, salah satunya yaitu Amazon. Situs ini merupakan salah satu toko online terbesar di dunia yang terbentuk tahun 1994 dan sudah berhasil menguasai pasar online di dunia.

Jaringannya sudah tersebar sangat luas di berbagai negara hingga ke seluruh dunia. Bahkan setiap harinya toko online ini sangat sibuk dan tidak pernah berhenti bertransaksi dalam hal penjualannya.

Amazon.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat yang dipimpin oleh seorang CEO yang bernama Jeff Besoz.

Perusahaan Amazon adalah sebuah perusahaan yang terkenal memiliki lingkungan/atmosfer kerja yang sangatlah sulit. Majalah New York Times baru saja menerbitkan tentang sebuah artikel yang memperlihatkan secara mendalam mengenai taktik/strategi manajemen Perusahaan Amazon agar para karyawannya bekerja dengan keras.

Artikel tersebut menggambarkan suasana kerja yang memperlihatkan dimana para karyawannya dapat “saling menjatuhkan” satu sama lain secara tidak langsung. Berbagai strategi kompetitif tersebut sudah biasa terjadi di Perusahaan Amazon dan disebut sebagai “Prinsip-prinsip Kepemimpinan”.

Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Ingin Jadi Orang Sukses, Jauhi 5 Sikap Berikut]

 

Berikut ini akan dipaparkan berbagai aturan main dan tuntutan sebagai karyawan di Perusahaan Amazon yang secara langsung meningkatkan kualitas perusahaan serta berbagai ciri khas gaya kepemimpinan yang menggerakan roda bisnis Perusahaan Amazon.

 

#1 Pelanggan adalah Raja

Mengutamakan kepercayaan pelanggan adalah hal utama yang dikejar oleh perusahaan satu ini. Para karyawan dituntut untuk bekerja dengan giat dan menjaga kepercayaan para pelanggannya.

 

#2 Rasa Memiliki

Para pemimpin merupakan pemilik perusahaan. Mereka berpikir untuk jangka panjang dan tidak mengorbankan hal-hal yang bersifat jangka panjang untuk hasil yang hanya bersifat jangka pendek saja. Mereka melakukan berbagai tugas yang bahkan bukan merupakan tugas mereka dan rela mengambil tanggung jawab lebih.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#3 Terbuka dengan Ide Baru

Para pemimpin mengharapkan berbagai inovasi dan penemuan dari para anggota tim mereka kemudian mencari cara untuk menyederhanakannya. Para pemimpin terbuka dengan berbagai ide dari para anggota tim mereka.

Para pemimpin seringkali dinilai selalu benar karena memiliki intuisi yang bagus dalam berbisnis dan memiliki kuasa yang kuat dalam mengeluarkan keputusan.

Demikian juga para pemimpin di Perusahaan Amazon, namun mereka tetap mencari berbagai perbedaan pandangan dan bekerja dengan tidak memaksakan apa yang mereka percayai karena mereka mempertimbangkan berbagai ide-ide yang baru dari para anggota timnya.

Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari 5 Pelajaran untuk Mengajarkan Anak Menjadi Seorang Bos]

 

#4 Mengembangkan Sistem Mentoring

Para pemimpin menyadari akan berbagai talenta dan kemampuan yang berbeda dari setiap anggota tim. Mereka mencari bibit pemimpin-pemimpin baru dan melakukan mentoring untuk mengembangkan kualitas mereka.

 

#5 Mengejar Kualitas Terbaik

Para pemimpin sangat menginginkan kualitas terbaik dari setiap hasil para anggota timnya. Mereka menargetkan standar pelayanan terbaik dan proses serta kualitas hasil produk yang tinggi.

 

#6 Berpikir Besar

Para pemimpin mengarahkan dengan tegas melalui setiap cara komunikasi mereka yang membuahkan hasil yang menginspirasi. Mereka berpikir dari sudut dan cara pandang yang berbeda untuk mencari cara-cara kreatif lainnya demi melayani para pelanggan.

Banyak keputusan dengan berbagai risiko yang menjadi taruhannya mengingat bahwa di dalam bisnis, kecepatan dalam mengambil keputusan juga menjadi salah satu acuan dalam meraih kesuksesan.

Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui 04 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Bekerja Sama Dengan Pasangan dalam Berwirausaha]

 

#7 Cermat & Ekonomis

Mengatur setiap pengeluaran dan budgeting dengan detail dan melakukan penghematan dengan tepat di berbagai aspek yang diperlukan.

 

#8 Belajar & Selalu Ingin Tahu

Tidak ada kata sudah tahu dan berhenti belajar dari seorang pemimpin. Mereka selalu meningkatkan kualitas diri mereka dengan berbagai keingintahuan akan segala kemungkinan yang perlu dijelajahi atau diketahui.

 

#9 Mengharapkan Kepercayaan

Para pemimpin mendengarkan dengan penuh perhatian, berbicara dengan terus terang dan memperlakukan orang lain dengan rasa hormat. Mereka tidak membeda-bedakan para anggota timnya. Para pemimpin memberikan standar yang mereka inginkan dan para anggotanya akan bekerja dan melakukan yang terbaik untuk memuaskan serta mencapai standar dari pemimpinnya.

 

#10 Detail dalam Segala Aspek

Pengecekan dalam setiap aspek yang mempengaruhi kinerja, proses hingga produk yang dihasilkan, selalu dilakukan oleh para pemimpin dengan cermat dan detail. Bahkan setiap tugas yang sepele, mereka tetap melakukan pengecekan dan evaluasi karena tuntutan hasil dan kualitas yang tinggi dari perusahaan.

Kebiasaan, Peraturan dan Gaya Kepemimpinan di Perusahaan Amazon yang Perlu Anda Ketahui 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial Anda? Temukan Jawabannya]

 

#11 Kematangan Pendirian

Para pemimpin yang memiliki pendirian yang matang dan menghargai setiap keputusan yang diambil serta melakukannya dengan bertanggungjawab dan komitmen sepenuhnya walaupun ketika menjalankan hasil keputusan tersebut merasa tidak nyaman dan terkadang melelahkan.

Para pemimpin yang terfokus dengan setiap masukan untuk perkembangan bisnisnya dan menghasilkan kualitas produk yang terbaik.

 

Mempelajari dan Memetik Hikmahnya

Setiap bisnis dan usaha tidak dengan mudahnya berdiri dan berkembang dengan sendirinya. Setiap permasalahan dari yang sepele hingga yang pelik, pasti dihadapi sebagai suatu proses menuju keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis.

Demikian juga perusahaan online Amazon ini. Setelah membaca pemaparan di atas, kami berharap Anda dapat terinspirasi dan mengambil setiap hal positif yang mungkin dapat terapkan demi menjalankan roda bisnis Anda dalam melangkah menuju kesuksesan.

 

Apakah Anda seorang pebisnis? Berikan komentar Anda perihal setiap informasi yang telah dipaparkan melalui artikel tersebut di atas melalui kolom yang telah tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi dari artikel yang diulas oleh Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Madeline Stone Tech. 15 Agustus 2015 – Here are the 14 rules behind Amazon’s brutal workplace. Businessinsider.co.id – https://goo.gl/zpb14b

 

Sumber Gambar:

  • Amazon Building – https://goo.gl/d2RyAB
  • Pendiri Amazon – https://goo.gl/AdjzFh
  • Pabrik – https://goo.gl/Xdj6TM dan https://goo.gl/tq6vVg
  • Amazon Prime – https://goo.gl/nqlsGQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang