Apakah Anda sedang berpikir untuk mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Apakah Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dari KTA?

Banyaknya produk kredit yang ditawarkan oleh bank, membuat kita menjadi bingung harus memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sebelum Anda mengambil KTA, yuk ketahui kelebihan dari KTA ini disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kredit Tanpa Agunan

Dengan semakin berkembangnya teknologi dunia, tentu saja menuntut kita untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut.

Terlebih lagi jika menyangkut teknologi, tidak jarang kita selalu membeli gadget baru untuk tetap dapat mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya teknologi saja, bahkan dengan kegiatan sehari-hari kita yang semakin padat pun, tidak dapat dipungkiri kita membutuhkan sebuah kendaraan yang dapat mempermudah kegiatan kita sehari-hari.

Salah satu teman saya, pernah bercerita bahwa dia merasa kewalahan mengenai transportasi.

Butuh Dana Segera 02 Pinjaman - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik?]

 

Pada awalnya dia tidak merasa begitu membutuhkan kredit, seiring dengan berjalannya waktu, ternyata keep up dengan teknologi dan sibuknya pekerjaan membuatnya tidak bisa lagi mengandalkan taksi atau kendaraan umum.

Jika dihitung, ternyata dengan memiliki mobil dan membayar bensin harganya pun sama dengan naik taksi terus menerus. Selain itu, dengan memiliki mobil pun, teman saya ini akan lebih mudah bepergiannya.

 

Saat ingin membeli mobil baru, ternyata teman saya memutuskan akan mengambil kredit untuk mempermudah pembayarannya. Lalu, teman saya pun bingung dengan produk kredit yang ada di Indonesia.

Mengingat teman saya ini tidak pernah memiliki utang sebelumnya dan takut jika berutang malah akan membuat kondisi keuangannya tidak baik.

Saya pun mengatakan bahwa berutang tidak apa-apa selama kondisi keuangan masih ideal.

Jangan lupakan kebutuhan sehari-hari yang juga ikut naik karena inflasi yang ada di Indonesia. Maka, sebelum mengajukan utang, ada baiknya Anda cek kesehatan keuangan Anda di bawah ini secara gratis.

 

Setelah Anda cek kesehatan keuangan, Anda pun dapat mengetahui sebaiknya berapa Anda mengambil utang supaya kondisi keuangan Anda tetap ideal dan sehat.

Kembali lagi ke produk kredit yang ada Indonesia, salah satu produk kredit yang sering ditawarkan adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan produk unggulan dari bank untuk orang-orang yang memiliki masalah seperti teman saya tersebut.

KTA ini sendiri juga adalah produk yang inovatif untuk memudahkan masyarakat dalam hal pembiayaan dan kredit. Mengapa KTA ini menjadi produk unggulan dan inovatif?

Karena KTA ini sendiri memiliki banyak kemudahan, salah satunya adalah tidak diperlukannya jaminan untuk mendapatkan kredit ini sendiri.

 

Sebenarnya, KTA ini berasal dari Inggris, salah satu perbankan multinasional Inggris, Standard Chartered PLC yang memperkenalkan KTA pada dunia.

Seiring dengan berjalannya waktu, KTA ini banyak sekali diadopsi oleh perbankan Indonesia.

Dalam Bahasa Inggrisnya, KTA ini disebut sebagai Personal Loan (PL) yang banyak menarik minat nasabah untuk memenuhi kebutuhan pinjaman, mulai dari kebutuhan konsumtif hingga pengembangan usaha.

Jadi, KTA ini tidak membutuhkan jaminan, Anda bisa langsung meminjam sejumlah dana tertentu tanpa harus memberikan agunan. Maka dari itu, pinjaman KTA ini masih menjadi primadona.

Apa saja sih keuntungan dari mengambil pinjaman KTA ini? Yuk kita cari tahu kelebihan KTA di artikel ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Kelebihan KTA yang Perlu Kamu Ketahui

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa KTA ini menjadi produk kredit yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah kelebihan dari KTA:

 

#1 Proses Pengajuannya Cepat dan Mudah

Alasan pertama mengapa KTA banyak digemari oleh masyarakat adalah prosedurnya sendiri yang sangat mudah dan cepat. Seperti yang kita ketahui, bahwa pengajuan kredit dengan agunan memakan waktu yang lama.

Bahkan terkadang pengajuan kredit kita mungkin tidak bisa diwujudkan. Selain itu, pengajuan kredit konvensional atau yang dengan jaminan harus ada survei, evaluasi aset jaminan dan berbagai macam persyaratan lainnya.

Apalagi sekarang saja sudah ada perbankan yang menyediakan fasilitas online untuk pengisian formulir pengajuan KTA. Formulir ini sendiri bisa diunduh kapan saja dan dimana saja, sehingga proses pengajuannya semakin cepat.

Para Pebisnis, Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan untuk Modal Usaha Ketahui Plus Minusnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Efek Beragunan Aset (EBA) Syariah?]

 

#2 Praktis dan Tidak Membutuhkan Jaminan

Selain prosesnya yang cepat dan mudah, KTA ini juga memiliki kepraktisan yang tidak bisa ditemukan di pinjaman lainnya. KTA ini tidak ada jaminan untuk ditukarkan dengan uang pinjaman.

Hal ini tentu saja salah satu usaha pihak bank untuk menanamkan kepercayaan kepada nasabah untuk mengelola dana pinjaman dengan baik. Tidak hanya bank yang mendapatkan keuntungan tetapi nasabah juga diuntungkan.

Nasabah diberi keuntungan untuk menggunakan dana ini untuk modal kerja atau yang lainnya sesuai dengan berbagai macam kemudahan yang ada di dalam produk KTA ini.

 

Nasabah tentu tidak disyaratkan untuk memberikan agunan maupun jaminan aset, seperti misalnya BPKB, sertifikat rumah, SK, perhiasan maupun barang-barang mewah lainnya.

Hal ini juga yang menjadi salah satu strategi promosi bank untuk menarik nasabah sebanyak mungkin. Menggiurkan bukan untuk memiliki KTA?

Tetapi Anda harus ingat, meskipun tanpa ada jaminan, Anda harus disiplin dalam membayar cicilan kredit sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Dengan Anda membayar cicilan tepat pada waktunya, maka Anda akan mudah untuk meminjam ke bank di lain waktu.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 2 - Finansialku

[Baca Juga: KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan]

 

Anda pun tentu akan mendapatkan fasilitas maupun bonus ketika mengajukan kredit kembali, misalnya bertambahnya plafon pinjaman dan lain sebagainya.

Bagaimana jika Anda mengalami macet cicilan? Jika Anda memiliki kendala macet cicilan, maka pihak bank tidak memiliki wewenang untuk menyita aset yang Anda miliki.

Tetapi, bank akan melaporkan nasabah yang bermasalah kepada Bank Indonesia (BI), dimana kemudian, Bank Indonesia akan memproses dan mengevaluasi kredit Anda.

Jika memang terbukti ada kredit macet yang sudah agak parah, maka nasabah tersebut akan dimasukkan dalam daftar negatif dan mendapatkan kesulitan ketika akan meminjam kembali ke semua bank.

 

#3 Fleksibel

Keuntungan dari KTA yang ketiga adalah fleksibel. Apa sih yang dimaksud dengan fleksibel tersebut? Yang dimaksud fleksibel disini adalah mudah disesuaikan dengan tujuan penggunaan kredit oleh nasabah.

Nasabah sendiri diberi kebebasan dalam menggunakan dana yang telah diberikan untuk keperluannya, bahkan untuk keperluan nasabah yang bersifat konsumtif.

Hanya saja, akan lebih bijak jika Anda menggunakan pinjaman tersebut dalam batas-batas yang sudah Anda pahami sebelumnya. Jangan sampai Anda terkena masalah kredit macet.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan untuk Modal Usaha Ketahui Plus Minusnya]

 

#4 Limit Pinjaman yang Besar

Kelebihan KTA yang lainnya adalah pinjaman ini ternyata memiliki limit jumlah pinjaman yang cukup besar dan juga bervariasi. Biasanya, plafon pinjaman yang diberikan ini bisa mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Tetapi jangan lupa, pinjaman tersebut tergantung dari ketentuan masing-masing bank dan juga syarat jumlah penghasilan bulanan yang kamu miliki.

 

#5 Masa Tenor Cukup Panjang

Kalau Anda sering mendengar bahwa pinjaman KTA ini memiliki masa tenor kredit yang sangat besar, Anda masih belum tahu bahwa KTA ini juga memiliki jangka waktu pinjaman yang panjang.

Dengan adanya masa tenor yang cukup panjang ini, maka tidak akan memberatkan Anda dalam membayar utang cicilan bulanan. Masa tenor yang ditawarkan kredit tanpa agunan ini berada di 12 bulan hingga 60 bulan.

Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Fitur yang Ditawarkan oleh Kredit Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui]

 

Sebelum Mengambil Kredit, Ketahui Dulu Keuntungannya

Sebelum Anda mengambil kredit, tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja keuntungan dari kredit yang akan Anda ambil dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Dengan memanfaatkannya, Anda pasti tidak akan merasa rugi. Berutang tidak apa-apa tetapi keadaan keuangan Anda pun harus ideal.

Jangan sampai terlalu enak dalam berutang sehingga Anda kebablasan dan tidak mampu membayar hutang Anda. Bersikaplah bijak dalam mengelola uang Anda.

 

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Bagikan juga informasi ini kepada teman dan saudara Anda yang belum tahu apa saja kelebihan KTA. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Mei 2018. 5 Kelebihan Kredit Tanpa Agunan dari Kredit Lainnya. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/nSR7Qq

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman 1 – https://goo.gl/PqjyfE
  • Pinjaman 2- https://goo.gl/xHnNLE