Bagaimana kepemimpinan Raja Salman dalam memerintah Arab Saudi? Apakah benar Raja Salman juga menjadi penjaga 2 masjid suci?

Temukan penjelasannya pada rubrik berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Raja Salman

Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz dideklarasikan sebagai Raja ketujuh Kerajaan Arab Saudi pada 3 Rabi ‘al Thani 1436 H (23 Januari 2015), setelah kematian Penjaga Dua Masjid Suci sebelumnya, Raja Abdullah bin Abdulaziz.

Raja Salman juga menjabat sebagai Perdana Menteri Dewan Menteri.

Raja Salman bin Abdulaziz ditunjuk sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi dan ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri oleh Raja Abdullah bin Abdulaziz pada 18 Juni 2012, setelah kematian Putra Mahkota Nayef bin Abdulaziz.

Raja Salman lahir di Riyadh pada 31 Desember 1935, dan menerima pendidikan di Sekolah Pangeran di Riyadh.

Dia menjabat sebagai Deputi Gubernur Riyadh sejak bulan Maret 1954 hingga bulan April 1955. Posisi sebagai Gubernur Riyadh ia jabat sejak April 1955 hingga bulan Desember 1960 dan sekali lagi mendapat kepercayaan dalam jabatan yang sama sejak bulan Februari 1963 hingga bulan 5 November 2011, ketika dia diangkat menjadi Menteri Pertahanan.

Sejak tahun 1956, Raja Salman telah memimpin berbagai komite kemanusiaan dan layanan yang memberikan bantuan dari bencana alam dan buatan manusia.

Untuk layanan kemanusiaan yang ia berikan dan usahakan, ia telah dianugerahi banyak medali, termasuk penghargaan dari Bahrain, Bosnia dan Herzegovina, Prancis, Maroko, Palestina, Filipina, Senegal, PBB, Yaman, dan Medali Raja Abdulaziz – First Class.

Kepemimpinan Raja Salman Memerintah Arab Saudi dan Menjadi Penjaga 2 Masjid Suci 02 - Finansialku

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

 

Raja Salman adalah penerima beberapa gelar kehormatan dan penghargaan akademis, termasuk doktor kehormatan dari Universitas Islam Madinah, penghargaan akademik Pangeran Salman, dan Medali Kant oleh Akademi Ilmu Pengetahuan dan Kemanusiaan Berlin-Brandenburg sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam bidang sains.

Selama kunjungan resmi ke Amerika Serikat sebagai Putra Mahkota pada bulan April 2012, Raja Salman bertemu dengan Presiden Barack Obama.

Selama 48 tahun, beliau telah menjabat sebagai gubernur di Riyadh dan sebelum menjadi menteri pertahanan pada 2011 serta dianugerahi sebagai putra mahkota setahun kemudian.

 

Kepemimpinan Raja Salman saat Menjadi Gubernur di Riyadh

Berusia 79 tahun ketika naik takhta, beliau telah menjalankan tugas raja saat kesehatan Abdullah memudar.

Raja Salman adalah bagian dari faksi yang berpengaruh dalam keluarga kerajaan yang dibentuk oleh putra dan cucu dari almarhum Raja Abdulaziz (biasanya disebut sebagai Ibn Saud) oleh seorang istri favorit, Putri Hassa al-Sudairi.

Setelah kematian mantan raja, Fahd, yang memerintah dari tahun 1982 hingga 2005, dan dua pangeran mahkota sebelumnya, Sultan dan Nayef, Raja Salman sudah menjadi anggota faksi yang bertahan paling kuat dari faksi ini.

Sebagai gubernur Riyadh, beliau mengawasi transformasi dari kota berlanskap gurun yang terpencil menjadi kota pencakar langit, universitas dan rantai makanan cepat saji.

Tahukah Anda 25 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017 13 - Finansialku

[Baca Juga: Top 20 Mobil Sport Termahal di Dunia Tahun 2017]

 

Keberhasilan kepemimpinan Raja Salman mengangkat profil internasionalnya ketika negara Arab mendapat mandat menjadi tuan rumah bagi para tamu dan utusan VIP yang berkunjung dan membantu mengamankan investasi asing.

Sebagai menteri pertahanan, ia adalah kepala militer Saudi ketika bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara Arab lainnya dalam serangan udara di Suriah pada 2014 terhadap kelompok militan Negara Islam.

Sama dengan beberapa bangsawan paling senior lainnya di pemerintahan, Raja Salman memiliki sedikit kepentingan bisnis yang diakui secara publik.

Tiga putranya berturut-turut telah memimpin Kelompok Riset & Pemasaran Saudi – Saudi Research & Marketing Group (SRMG), yang memiliki surat kabar dan majalah, termasuk harian yang berbasis di London Asharq al-Awsat.

Raja Salman sendiri tidak percaya pernah terdaftar sebagai pemegang saham.

 

Posisi yang Pernah Dijabat Oleh Raja Salman Saat Menjadi Gubernur di Riyadh

Selain jabatannya sebagai Gubernur Wilayah Riyadh, Raja Salman bin Abdulaziz menduduki banyak jabatan penting di Kerajaan Arab Saudi, termasuk:

  • Ketua Komisi Tinggi untuk Pengembangan Riyadh.
  • Ketua Komisi Tinggi untuk Pengembangan Al-Diriyah.
  • Presiden Dewan Pembina Perpustakaan Nasional Raja Fahad.
  • Ketua Yayasan Raja Abdulaziz.
  • Sekretaris Jenderal Yayasan Islam Raja Abdulaziz.
  • Presiden Kehormatan Pusat Sosial Pangeran Salman.
  • Ketua Dewan Direksi Yayasan Amal Riyadh untuk Ilmu Pengetahuan, termasuk Prince Sultan University dan Prince Salman Science Oasis.
  • Ketua Kehormatan Dewan Direksi Komite Teman Pasien di Riyadh.
  • Ketua Dewan Pembina Amal Abdulaziz bin Baz.
  • Ketua Kehormatan Dewan Direksi Abdulaziz bin Baz Charity.
  • Ketua Dewan Direksi Perumahan Amal Pangeran Salman.
  • Ketua Dewan Direksi Lembaga Amal untuk Anak Yatim di Wilayah Riyadh.

 

Berapa Jumlah Investasi Raja Salman dan Arab Saudi di Indonesia dan Investasi Apa 04 - Finansialku

[Baca Juga: Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja]

 

Jika Anda sudah pernah merasakan beban dari utang yang begitu mencekik dan berhasil keluar dari lingkaran setan itu, sebaiknya Anda perlu bijak ketika akan berutang di kemudian hari.

Daripada berutang, lebih baik berinvestasi hanya dengan modal minimal Rp100 ribu saja melalui Reksa Dana. Mau tahu caranya?

Download secara gratis E-book Panduan Berivestasi Reksa Dana Untuk Pemula dari Finansialku

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Para Putera Raja Salman

Para Putera Raja Salman meliputi:

  • Pangeran Mohammed, yang ia tunjuk sebagai menteri pertahanan dan kepala pengadilan kerajaan
  • Wakil Menteri Perminyakan Pangeran Abdulaziz
  • Pangeran Faisal, gubernur Madinah
  • Pangeran Sultan, kepala otoritas pariwisata dan mantan pilot dan astronot Angkatan Udara Kerajaan Saudi
  • Pangeran Turki, yang memimpin SRMG.

Koresponden keamanan BBC, Frank Gardner, mengatakan bahwa Raja Salman tidak diyakini secara pribadi tertarik pada reformasi politik atau sosial seperti pendahulunya.

Karen Elliott House, penulis sebuah buku tentang urusan politik Arab Saudi, mengatakan kepada BBC bahwa Raja Salman “memiliki reputasi untuk lebih berorientasi pada kepemimpinan keagamaan Arab Saudi”.

Komentator lain telah menarik perhatian pada reputasi Raja Salman sebagai mediator dalam keluarga kerajaan Saudi yang besar, dengan jaringan kompleks faksi-faksi yang bersaing.

Tugas ini menjadi semakin penuh ketika tingkat kedua dari jabatan politik senior di Arab Saudi – kendali kementerian dan gubernur kunci – telah beralih dari para putera kepada para cucu almarhum Raja Abdulaziz.

[Baca Juga: 10 Buah Termahal di Dunia yang Bikin Anda Kaget dan Gambar Buah-Buahan]

 

Fraksi Sudairi Raja Salman sendiri di dalam keluarga, yang dulunya merupakan kelompok tujuh saudara penuh yang kuat dan bersatu, telah dengan sendirinya mengembangkan persaingan internal ketika para putera dari saudara-saudara itu membangun basis kekuatan mereka sendiri.

Kesehatan raja juga menjadi perhatian. Beliau dilaporkan menderita setidaknya satu stroke yang membuatnya bergerak terbatas di lengan kirinya.

Stamina beliau juga dinyatakan menurun mengingat usia yang sudah cukup senja.

Pay yourself first! Menabung untuk masa pensiun adalah salah satu jalan untuk mengamankan masa depan Anda, termasuk di dalamnya mengalokasikan untuk dana investasi. Jadikan hal ini sebagai tujuan keuangan Anda agar Anda tidak perlu kuatir akan masa pensiun Anda kelak.

Ayo persiapkan masa pensiun dari sekarang dengan men-download secara gratis E-Book Panduan Berinvestasi Emas Bagi Pemula dari Finansialku

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Aksi Amal Raja Salman

Raja Salman terkenal karena usaha amal dan upayanya untuk berderma. Ia adalah:

  1. Presiden Majelis Pusat Penelitian Disabilitas Pangeran Salman (President of the Assembly of Prince Salman Center for Disability Research),
  2. Presiden Kehormatan Majelis Pangeran Fahd bin Salman untuk Pasien dengan Gagal Ginjal (Honorary President of the Assembly of Prince Fahd bin Salman for Patients with Kidney Failure),
  3. Presiden Kehormatan Pusat Transplantasi Organ Saudi (Honorary President of the Saudi Center for Organ Transplantation), dan
  4. Banyak asosiasi lainnya.

 

Sejak tahun 1956, Raja Salman menjadi pemimpin dari banyak komite kemanusiaan dan pelayanan yang mengambil alih tanggung jawab bantuan dan pertolongan untuk mendukung banyak daerah yang dilanda bencana di seluruh dunia, baik daerah yang terkena dampak perang atau bencana alam.

Asosiasi dan Organisasi Kegiatan di Luar Negeri Dipimpin oleh King Salman, antara lain:

  • Ketua Komite untuk menyumbang kepada para korban Suez pada tahun 1956.
  • Kepala Komite Utama untuk Mengumpulkan Dana untuk Aljazair pada tahun 1956.
  • Ketua Komite Rakyat untuk Membantu Keluarga Para Martir Yordania pada tahun 1967.
  • Ketua Komite Rakyat untuk Membantu Rakyat Palestina.
  • Ketua Komite Rakyat untuk Bantuan Para Korban Pakistan pada tahun 1973.
  • Ketua Komite Rakyat untuk mendukung Upaya Perang di Mesir pada tahun 1973.
  • Ketua Komite Rakyat untuk Mendukung Upaya Perang di Suriah pada tahun 1973.
  • Ketua Komite untuk Bantuan Korban Banjir Setempat di Sudan pada tahun 1988.
  • Ketua Komite Lokal untuk Memberikan Bantuan dan Tempat Tinggal bagi Warga Negara Kuwait Setelah Invasi Irak ke Kuwait pada tahun 1990.
  • Ketua Komite Lokal untuk Menerima Donasi bagi Mereka yang Terkena Banjir di Bangladesh pada tahun 1991.
  • Ketua Komisi Tinggi untuk Mengumpulkan Donasi untuk Bosnia dan Herzegovina pada tahun 1992.
  • Ketua Pameran Kerajaan antara Kemarin dan Hari Ini yang Diadakan di Sejumlah Negara Arab dan Eropa, Amerika Serikat dan Kanada selama periode 1985/1992.
  • Ketua Komite Tertinggi untuk Mengumpulkan Dana untuk Pemberontakan Al-Quds di Riyadh pada tahun 2000.

 

Dari Budget Akomodasi, Menanam Pohon, Hingga Investasi Raja Salman 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Medali dan Penghargaan dari Kepemimpinan Raja Salman

Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz, memegang Syal Kelas Satu Raja Abdulaziz yang dianggap sebagai medali tertinggi di Kerajaan Arab Saudi.

Dia juga memenangkan banyak medali dan penghargaan, seperti:

  • Sebuah medali pada kesempatan dua ribu tahun setelah mendirikan kota Paris, memberinya medali oleh Presiden Jacques Chirac di Paris pada tahun 1985.
  • Medali efisiensi intelektual, dimana ia dinobatkan oleh Raja Maroko Hassan II di Casablanca pada tahun 1989.
  • Penghargaan Asosiasi Anak-Anak Penyandang Cacat di Kerajaan Arab Saudi untuk layanan kemanusiaan.
  • Medali emas Bosnia dan Herzegovina atas dukungannya dan upayanya untuk membebaskan Bosnia dan Herzegovina.
  • Medali Bosnia untuk kebajikan Islam kelas satu atas upayanya dalam mendukung Islam dan Muslim di Bosnia dan Herzegovina.
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengurangi dampak kemiskinan di dunia.
  • Medali Bintang Al-Quds sebagai penghargaan atas karya-karyanya yang luar biasa yang menekankan pengorbanan dan keberanian dalam melayani rakyat Palestina.
  • Medali Sktona yang Dianggap sebagai dekorasi tertinggi di Republik Filipina sebagai penghargaan atas kontribusi aktifnya dalam kegiatan kemanusiaan dan mendukung asosiasi amal di samping upayanya dalam meningkatkan dan meningkatkan definisi Budaya Islam.
  • Medali terbesar dan tertinggi di Republik Senegal.
  • Beasiswa Baden Powell yang diberikan oleh King of Sweden Carl XVI Gustaf.
  • Penghargaan Bahrain untuk pekerjaan kemanusiaan untuk Dewan Kerjasama Teluk.
  • Penghargaan Olimpiade Khusus Internasional di Timur Tengah dan Afrika Utara yang dianggap sebagai penghargaan tertinggi atas upayanya melayani orang-orang cacat di Kerajaan dan mendorong penelitian ilmiah di bidang disabilitas.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

Tuliskan komentar atau saran Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • The Embassy of The Kingdom of Saudi Arabia. King Salman bin Abdulaziz. Saudiembassy.net – https://bit.ly/2LslmW9
  • CNN. 10 Januari 2019. King Salman bin Abdulaziz Al-Saud Fast Facts. Edition.cnn.com – https://cnn.it/2NodRSU
  • BBC News. 23 Januari 2015. Profile: King Salman of Saudi Arabia. Bbc.com – https://bbc.in/2Nnl1Xj
  • Saudi Press Agency. Biography of Custodian of the Two Holy Mosques King Salman bin Abdulaziz Al Saud. Spa.gov.sa – https://bit.ly/300ltwg

 

Sumber Gambar:

  • Kepemimpinan Raja Salman 01 – https://bit.ly/2E0dMg5
  • Kepemimpinan Raja Salman 02 – https://bit.ly/2NuxdFW