Waspadalah terhadap kesalahan memilih ruko yang sering terjadi ketika Anda hendak membeli sebuah ruko untuk tempat usaha.

Artikel ini akan menjabarkan 7 kesalahan tersebut dan cara untuk terhindar dari kesalahan yang dapat berimbas ke usaha Anda. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

7 Kesalahan dalam Memilih Ruko untuk Tempat Usaha

Harga jual ruko adalah salah satu pertimbangan yang cukup penting ketika Anda ingin membeli sebuah ruko.

Tetapi, dalam memilih ruko untuk dijadikan tempat usaha, diperlukan beberapa pertimbangan yang lebih dibandingkan hanya sebagai investasi.

Di bawah ini adalah 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh pembeli ruko ketika membeli ruko sebagai tempat usaha.

 

#1 Membeli Ruko Sebelum Memulai Usaha

Ruko atau rumah toko bukanlah sebuah properti yang berharga murah. Memiliki sebuah ruko sebagai tempat usaha memang merupakan hal yang penting, apalagi jika Anda tidak memiliki lahan usaha yang tetap.

Akan tetapi, jika Anda membeli sebuah ruko tanpa memikirkan guna ruko tersebut untuk ke depannya, Anda hanya akan menghabiskan uang percuma dan menambah beban finansial.

7 Kesalahan dalam Memilih Ruko untuk Tempat Usaha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Harga Jual Ruko, Ini Tips Membeli Ruko yang Menguntungkan]

 

Jika memang Anda telah memulai bisnis kecil-kecilan, Anda dapat mulai dari menyewa ruko untuk mencoba apakah pasar dapat menerima produk Anda.

Periode sewa dapat disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Dengan menyewa ruko terlebih dahulu, Anda tidak akan terlalu merugi walaupun bisnis Anda tidak lancar.

 

#2 Lokasi yang Kurang Strategis

Tepat atau tidaknya lokasi sering kali bergantung pada jenis usaha yang akan Anda rintis. Sebagai contohnya, jika Anda ingin merintis usaha restoran, maka Anda harus mencari ruko yang menghadap jalan raya atau berlokasi di tempat yang ramai.

Lokasi yang strategi selain dapat meningkatkan penjualan Anda, juga dapat meningkatkan nilai investasi Anda pada ruko tersebut.

Harga ruko akan cepat naik karena peminatnya yang banyak.

Rukotel Rumah Toko Hotel Peluang Usaha Di 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Buka Usaha Baru? Praktikkan 5 Tips Membeli Ruko Berikut Ini]

 

Walaupun keuntungan lokasi strategis telah diketahui oleh pembeli ruko, masih tetap banyak yang salah memilih lokasi disebabkan penawaran harga yang jauh lebih menarik.

Padahal, semurah apapun ruko yang Anda beli, jika lokasinya tidak bagus, Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan. Usaha Anda pun akan susah bertahan lama. Selain itu, nilai jual ruko Anda juga tidak akan meningkat.

Oleh karena itu, lokasi adalah prioritas utama.

 

#3 Akses yang Sulit

Akses transportasi adalah hal ketiga yang sangat penting dalam memilih ruko untuk tempat usaha.

Baik Anda ingin membuka usaha makanan, industri atau teknik, akses transportasi adalah cara untuk memudahkan perpindahan barang dan/atau manusia dari dan ke tempat Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Lokasi strategis belum tentu memiliki akses yang baik. Jalanan rusak, sering banjir, sempit, sering macet adalah beberapa akses yang harus Anda hindari.

Tanpa akses yang mendukung, usaha Anda tidak akan dikenali oleh banyak orang.

Pelanggan dan klien pun enggan mengunjungi tempat Anda karena aksesnya yang sulit.

Tanyakan kepada pengembang mengenai pembangunan akses ke depannya. Jika pengembang memang sedang membangun akses yang lebih mudah, maka ruko tersebut boleh dibeli.

 

#4 Perizinan yang Tidak Tepat

Perizinan ruko yang tidak benar dan transparan akan merugikan Anda. Misalnya ruko yang dibangun di atas tanah sengketa akan menjadi masalah bagi Anda ke depannya.

Sering kali pembeli ruko tidak mengecek dengan benar izin yang dimiliki oleh bangunan tersebut. Apakah izin tersebut termasuk dalam izin mendirikan bangunan atau hak guna bangunan saja, selain itu apakah ruko tersebut memiliki izin hak milik dan lain sebagainya.

menimbang-apa-saja-untung-rugi-investasi-ruko-finansialku

[Baca Juga: Jadikan Rumah Buat Toko? Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan]

 

Untuk lebih aman, tanyakan masalah perizinan ini ke notaris yang Anda percayai.

Selain itu, jika memang Anda membeli dari tangan kedua, pastikan bahwa transaksi dilakukan dengan transparan dan legal di mata hukum.

 

#5 Fasilitas Kurang Lengkap

Sebuah ruko dapat dijual dalam keadaan kosong atau beserta dengan perlengkapan di dalamnya, misalnya meja dan kursi, ruangan kantor, kamar mandi yang lengkap dan lain sebagainya.

Bahkan, ada beberapa ruko yang dijual dalam keadaan yang kurang layak, misalnya cat tembok yang rontok, lantai retak. Memang harga jualnya cenderung lebih murah, tetapi Anda membutuhkan biaya untuk melakukan renovasi ruko.

Fasilitas ruko tidak hanya terpatok pada apa yang ada di dalam ruko, tetapi juga apa yang disediakan di luar ruko. Fasilitas pada lingkungan ruko Anda juga dapat mempengaruhi usaha Anda.

Ruko dengan fasilitas security atau lahan parkir akan lebih menarik dibandingkan ruko tanpa adanya pengamanan.

Selain itu, apakah pengembang memberikan fasilitas pungutan sampah atau pemeliharaan lingkungan setiap bulannya?

Hal-hal detail seperti ini terkadang luput dari pertimbangan Anda ketika membeli sebuah ruko. Alangkah baiknya untuk memperhatikan fasilitas yang diberikan ruko agar dapat membantu mengembangkan usaha Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#6 Kondisi Sekitar Ruko Tidak Mendukung

Jika Anda ingin membuka restoran tetapi memilih ruko yang berada di daerah industri dengan polusi pabrik yang cukup tinggi, tentu tidak tepat bukan?

Salah satu kesalahan yang mungkin dilakukan oleh pembeli ruko adalah membeli ruko dengan kondisi sekitar yang tidak mendukung usaha.

Tahap pertama sebelum membeli ruko adalah menentukan jenis usaha yang ingin Anda rintis. Dari situ, barulah Anda dapat memilih lingkungan ruko yang tepat bagi usaha Anda.

Investasi Ruko 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Penting Membeli Asuransi Ruko? Berapa Uang Pertanggungan dan Preminya?]

 

Selain mendukung, Anda juga harus memilih lingkungan yang aman, bersih dan nyaman. Jangan memilih lingkungan yang rawan kejahatan atau dekat dengan tempat pembuangan sampah.

 

#7 Struktur Gedung yang Salah

Struktur gedung yang salah dapat menimbulkan masalah ke depannya. Atap dan dinding bocor, terdapat retakan, termakan rayap hanyalah sebagian dari sekian banyak masalah yang dapat timbul dari struktur gedung yang kurang tepat.

Kesalahan ini sering dilakukan oleh para pemula yang ingin memulai bisnisnya.

Tidak semua orang mengerti struktur bangunan, oleh karena itu, Anda dapat menyewa jasa profesional untuk mengecek keadaan gedung ruko Anda sebelum membeli.

Anda juga dapat menanyakan kepada tetangga sekitar apakah terdapat kendala mengenai bangunan ruko mereka. Jika tidak, maka seharusnya bangunan ruko Anda juga aman. Jika ya, maka Anda harus mempertimbangkan keputusannya kembali.

 

Pilih Ruko dengan Tepat untuk Mendukung Usaha Lebih Lancar

Pemilihan ruko dapat menjadi penentu kelancaran usaha Anda.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan usaha yang berkembang, ingatlah untuk menghindari kesalahan di atas dan pilihlah ruko dengan karakteristik yang baik.

 

Pernahkah Anda membeli ruko? Jika ya, bagaimana cara Anda untuk memilih ruko sebagai tempat usaha dengan cara yang tepat?

Bagikan pengalaman Anda di kolom bawah ini dan sebarkan artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Noviyanto. 7 Kesalahan dalam Memilih Ruko Tempat Usaha. Koinworks.com – https://bit.ly/2HDDWcH

 

Sumber Gambar:

  • Kesalahan Memilih Ruko 01 – https://bit.ly/2Gmj8ov
  • Kesalahan Memilih Ruko 02 – https://bit.ly/2VLzlbM