Apakah kamu sudah membuat anggaran? Yuk ketahui dulu cara antisipasi kesalahan umum saat membuat anggaran, terutama bagi kalian para mahasiswa. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membuat Anggaran

Apakah kamu mengetahui apa itu anggaran? Anggaran merupakan alat untuk mengontrol keuangan kamu.

Dengan memiliki anggaran, maka kamu dapat mengetahui berapa dana yang kamu butuhkan dan dapat kamu habiskan setiap bulannya.  

Banyak orang yang mengalami kesulitan ketika mengendalikan keuangan mereka karena tidak memiliki anggaran bulanan yang jelas.

Sebagai mahasiswa, tentunya mengatur keuangan kamu dengan baik sangat diperlukan. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki anggaran bulanan untuk keuangan kamu.

Cara Atur Keuangan 04 Membuat Anggaran Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Sudah Tahu Apa Alasan Membuat Anggaran Keuangan]

 

Tanpa anggaran yang jelas maka uang dapat mengalir kemana saja dengan sembarangan alhasil uang kamu tiba-tiba lenyap begitu saja.

Jika kamu memiliki anggaran keuangan maka kamu dapat mengontrol keuangan kamu dalam jangka pendek atau pun jangka panjang.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa tidak semua anggaran dapat membantu kamu lho. Kenapa gitu ya?

Karena anggaran yang baik dapat menjadi kendaraan untuk kamu menuju kebebasan finansial sedangkan anggaran yang buruk akan membuat kondisi keuangan kamu menjadi terhambat (stuck).

Oleh karena itu, jangan asal membuat anggaran ya. Terdapat beberapa kesalahan saat membuat anggaran yang sering ditemui.

Untuk mengantisipasinya, maka kamu harus mengetahui dulu ya apa saja kesalahan umum saat membuat anggaran.

 

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Anggaran

Kali ini rubrik Finansialku akan membahas beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat membuat anggaran. Berikut 5 kesalahan umum saat membuat anggaran.

 

#1 Mengurangi Pengeluaran

Banyak orang yang menganggap bahwa jawaban dari permasalahan keuangan adalah dengan mengurangi pengeluaran. Padahal, sebenarnya anggapan ini kurang tepat lho guys.

Kamu memang perlu mengurangi pengeluaran-pengeluaran konsumtif yang sudah terlalu berlebihan dan tidak terkontrol lagi.

Namun, jika kamu menggunakan uang kamu untuk menikmati hidup sesuai dengan taraf kemampuan sebenarnya wajar aja kok guys.

Evaluasi Keuangan Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: #LangsungCatat, Cara Mengatur Keuangan yang Mudah dan Praktis : Aplikasi Keuangan untuk Mencatat Pengeluaran]

 

Belajar terus menerus juga bisa membuat kamu stres, kamu tidak perlu memangkas pengeluaran bulanan kamu sampai kamu merasa menderita.

Hal yang seharusnya kamu lakukan adalah dengan mencari cara untuk mendapatkan uang lebih. Misalnya dengan menjadi freelancer ataupun bekerja part-time.

Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan mencari penghasilan pasif (passive income). Kamu bisa memulainya dengan berinvestasi. Dengan begitu, maka kamu tidak perlu menderita karena memangkas pengeluaran terlalu besar deh.

 

#2 Memisahkan Uang untuk Ditabung

Jika memisahkan uang untuk ditabung, berarti kamu tidak menjadikan menabung sebagai prioritas kamu.

Padahal, seharusnya kamu memprioritaskan tabungan kamu dulu baru kemudian digunakan untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah untuk bebas keuangan deh. 

Jadi, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan tabungan kamu di anggaran keuangan kamu ya guys. Semangat!

Oh iya, kamu juga bisa tonton video cara menabung efektif di usia 20an melalui channel Youtube Finansialku berikut:

 

#3 Menabung Uang Saja Tidak Cukup

Menabung bukanlah suatu hal yang benar-benar salah. Namun, kalau kamu hanya menabung di tabungan konvensional bank saja maka kurang tepat ya.

Jika hanya dengan menabung di tabungan konvensional, maka tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan untuk kamu.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 01 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar]

 

Kalau kamu mau bebas keuangan dari usia muda maka sebaiknya kamu juga berinvestasi. Tabungan yang ada di anggaran kamu harusnya digunakan untuk berinvestasi.

Sekarang sudah banyak produk investasi yang bisa kamu pilih kok. Ada investasi reksa dana, saham, emas, P2P (Peer to Peer) Lending dan sebagainya.

Kamu bisa mengenali produk-produk investasi tersebut lalu memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

 

#4 Menggabungkan Dana Darurat dengan Tabungan/Investasi

Banyak orang yang menganggap bahwa dana darurat dan tabungan/investasi merupakan hal yang sama. Padahal, seharusnya kedua hal tersebut harus dipisahkan lho guys.

Dana Darurat untuk Milenial 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ini Tips dan Trik Menyisihkan Uang Jajan untuk Berinvestasi]

 

Dana darurat merupakan salah satu prioritas yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk kamu.

Ketika ada hal buruk terjadi misalnya orang tua kamu belum bisa mentransfer uang jajan kamu, maka kamu dapat menggunakan dana darurat tersebut terlebih dahulu.

Intinya, dana darurat hanya digunakan pada saat keadaan yang darurat saja ya. Jadi, kamu perlu memisahkan dana darurat secara khusus.

Jangan menggabungkan dana darurat dengan tabungan atau pun investasi ya guys karena mereka memiliki fungsinya masing-masing yang berbeda.

 

#5 Tidak Menyediakan Dana untuk Asuransi

Sering kali asuransi menjadi bagian yang dilupakan ketika membuat anggaran. Banyak orang yang merasa bahwa mereka tidak memerlukan asuransi.

Beberapa diantaranya juga ada yang takut tertipu oleh produk-produk asuransi. Padahal fungsi utama asuransi adalah untuk proteksi yang penting bagi setiap orang termasuk kamu.

Walaupun kamu masih mahasiswa, bukan berarti kamu tidak perlu asuransi ya guys.

Jika kamu belum memiliki asuransi dari orang tua kamu, maka kamu bisa memiliki asuransi kamu sendiri dengan membayar premi yang masih relatif rendah.

Jika kamu masih ragu apakah kamu perlu memiliki asuransi atau tidak, kamu bisa mendengarkan podcast dari CEO Finansialku berikut ini:

 

Cara Menggunakan Fitur Anggaran Di Aplikasi Finansialku

Untuk membuat anggaran dengan mudah kamu bisa membuat anggaran melalui Aplikasi Finansialku.

Sebelumnya, jika kamu belum memiliki Aplikasi Finansialku kamu bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Berikut cara menggunakan fitur anggaran melalui Aplikasi Finansialku dengan fasilitasnya:

 

Step 1

Membuka aplikasi Finansialku di smartphone kamu, kemudian pilih menu ‘Anggaran’.

 

Step 2

Ada 3 halaman pada menu Anggaran di Aplikasi Finansialku. Pertama kamu bisa mengisi berapa anggaran yang akan kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan bulanan berikut ini.

Mulai dari donasi, tabungan dan investasi, dan pembayaran lainnya. Kamu bisa menuliskan berapa porsi maksimal yang dapat digunakan setiap bulannya.

 

Step 3

Kamu bisa mengisi seluruh data lanjutan yang perlu dituliskan dalam anggaran. Jika kamu tidak memiliki anggaran untuk seluruh pilihan pengeluaran maka kamu cukup menuliskan angka nol saja pada pilihan tersebut.

Setelah mengisi seluruh pilihan pengeluaran, pastikan jumlah total paling bawah sesuai atau lebih kecil dari pendapatan bulanan (uang jajan) kamu.

Jangan sampai kamu membuat anggaran pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan kamu ya guys.

 

Step 4

Selanjutnya berpindah ke halaman ‘Bulan Ini’. Pada menu ini, kamu bisa melihat realisasi anggaran yang dibuat pada bulan yang sama.

Di Aplikasi Finansialku kamu juga bisa menuliskan berapa pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Setiap jumlah dari transaksi tersebut akan tercatat dalam halaman ini. Dengan begitu, maka kamu tidak perlu repot-repot pindah menu untuk membandingkan anggaran dan realisasinya setiap hari.

Hanya dengan melihat halaman ‘Bulan Ini’ pada menu Anggaran di aplikasi Finansialku, kamu sudah bisa langsung mengetahui apakah pengeluaran bulan ini sesuai dengan anggaran yang dibuat.

Pastikan kamu selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan kamu secara detail di Aplikasi Finansialku. Dengan begitu, maka kamu akan semakin mudah mengetahui performa kamu dalam menjalankan anggaran.

 

Step 5

Jangan lupa untuk selalu membandingkan anggaran dan performa keuangan kamu secara berkala ya. Terkadang kamu akan mengalami kondisi yang sangat menggiurkan untuk berbelanja.

Sebenarnya, tidak masalah jika hanya untuk sesekali saja. Namun, jangan sampai belanja berlebihan dan tidak terkontrol lagi ya.

 

Step 6

Selain melihat performa keuangan di bulan ini, kamu juga bisa membandingkannya dengan performa keuangan di bulan sebelumnya.

Apakah kamu sudah menjalankan cash flow bulanan sesuai dengan anggaran yang kamu buat atau tidak.

Bisa saja ada yang tidak tertib karena terlalu sering berbelanja secara impulsif atau terlalu sering pergi ke cafe untuk hang out bareng temen-temen kamu.

 

Step 7

Selain sikap berbelanja yang terlalu sering pergi ke cafe yang harus diperbaiki, terkadang anggaran juga perlu diperbaiki lho.

Kamu bisa terus mengevaluasi anggaran dan performa setiap bulannya. Dengan begitu, maka kamu bisa terus mengelola keuangan kamu dengan lebih baik.

 

Mahasiswa Sukses Mengelola Keuangan

Setelah mengetahui kesalahan umum saat membuat anggaran, tentunya sekarang kamu sudah bisa mencoba untuk mengantisipasi kesalahan umum tersebut agar tidak terjadi pada kamu.

Kamu dapat menggunakan berbagai fasilitas dari fitur anggaran di Aplikasi Finansialku yang sangat membantu kamu untuk menyusun anggaran dengan baik.

Selain itu, kamu juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar kamu bisa merencanakan keuangan dengan tepat, selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Jadi, apakah kamu sudah memiliki anggaran keuangan? Yuk berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys!

 

Sumber Gambar:

  • Membuat Anggaran – http://bit.ly/2XRbZ9j