Tips Menabung: Masalah keuangan tidak ada habisnya. Baru bulan kemarin naik gaji, tapi kok tetap saja uangnya ga cukup dan tetap ga bisa menabung?

Apa yang salah ya? Segera miliki pola pikir tentang mengatur keuangan dan tips menabung yang benar melalui pembahasan artikel berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tips Menabung yang Benar

Pak Rahman baru saja dimutasi ke kantor pusat dan dengan demikian, Pak Rahman mendapat kenaikan gaji ditambah lagi dengan fasilitas yang lebih dari sebelumnya.

Namun demikian, sang istri masih tetap mengeluh karena uang gaji yang terkadang tidak cukup hingga akhir bulan. Bahkan rencana mereka untuk menabung dana pendidikan anak pertama mereka selalu tertunda.

Pengalaman Pak Rahman dan istrinya mungkin juga dialami oleh sebagian besar orang di luar sana. Apakah termasuk Anda?

Apa yang salah dalam mengatur keuangan hingga tidak bisa menabung?

Meskipun gaji atau penghasilan meningkat, tetapi kenapa menabung menjadi begitu sulit dan selalu tertunda, padahal sudah direncanakan sebelumnya dan berusaha untuk hidup hemat.

Mungkin ada kebocoran di beberapa bagian dan pola pikir yang perlu diperbaiki serta beberapa penyebab yang biasanya tidak disadari. Apa saja itu?

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Kendala Dalam Menabung

Marilah mengetahui kendala dan masalah apa saja yang ada dalam menabung, berikut penjelasannya.

 

#1 Tidak Memprioritaskan

Masa depan harus diprioritaskan. Jika Anda ingin memiliki masa depan yang cerah, terutama sukses dalam keuangan, menabung harus menjadi sebuah prioritas.

Sudah tidak asing di telinga kita jika kita diharuskan semenjak kecil untuk MENYISIHKAN uang jajan untuk ditabung.

Menyisihkan artinya menyisakan. Ini artinya tidak memprioritaskan.

Memprioritaskan tentunya membuatnya menjadi yang paling utama, alias yang pertama. Jadi sebelum dipotong untuk jajan, seharusnya uang tersebut dipotong dulu untuk ditabung.

Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Semua Orang Bisa Dapat Untung! Baca Tips Menabung Reksadana]

 

Inilah pola pikir yang salah dalam menabung.

Itulah sebabnya masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menabung karena mereka menabung dari sisa dan merasa tidak cukup karena banyaknya kebutuhan dan juga tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

 

#2 Menyerah dari Awal karena Gaji Tidak Terlalu Besar

Pernahkah Anda berpikir kenapa ada orang yang bisa menabung setiap bulannya?

Mungkin kita berpikir bahwa gajinya sudah besar, sehingga kebutuhannya semua sudah tercukupi dan ia bisa menabung setiap bulannya.

Namun, pernahkah Anda mendengar berita tentang seorang pemulung sampah yang ditemukan memiliki uang sebesar puluhan juta di rumahnya.

Berapa penghasilan seorang pemulung? Tentu tidak sebesar mereka yang bekerja di kantoran. Tetapi, kenapa mereka bisa menabung?

12 Tips Menabung untuk Mahasiswa 01 Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Pola pikir kita sering kali salah ketika menilai dimana gaji kecil, tentu tidak dapat menabung.

Gaji yang pas-pasan biasanya dijadikan alasan untuk tidak menabung. Ditambah lagi kenaikan harga barang pokok dan juga kebutuhan yang semakin meningkat.

Sekecil apapun pendapatan kita, sebetulnya kita tetap masih bisa menabung. Mungkin kita terlalu berpikir besar dimana menabung itu harus minimal sekian ribu rupiah atau sekian juta.

Mari kita coba memulainya dengan nominal kecil yang bisa kita simpan, namun tidak terlalu kecil. Anda bisa menimbang seberapa kuat kemampuan finansial Anda.

Tips menabung pertama adalah dengan memiliki niat untuk menabung. Meski gaji tidak besar, Anda pasti bisa menabung, sekecil apapun tabungan yang Anda simpan.

 

#3 Tidak Pernah Membuat Anggaran

Membuat anggaran bagi beberapa orang adalah suatu kegiatan yang membosankan dan mereka berpikir ini tidak penting.

Untuk memiliki masa depan yang cerah, terutama masa depan finansial, menabung adalah hal yang penting, dan salah satu cara untuk merealisasikannya adalah dengan membuat anggaran.

Oleh sebab itu, membuat anggaran adalah bagian penting dalam merancang masa depan keuangan Anda. Mulailah membuat anggaran bulanan agar keuangan bulanan Anda menjadi lebih teratur.

Buat anggaran belanja Anda, misalnya kebutuhan pangan, keperluan sehari-hari hingga kebutuhan mendesak atau mendadak seperti pengeluaran untuk berobat ketika sakit atau menyumbang untuk tetangga yang mengalami kedukaan.

Dengan anggaran bulanan yang sudah tertata, maka Anda bisa juga menetapkan untuk uang tabungan yang seharusnya Anda simpan.

Cara Atur Keuangan 04 Membuat Anggaran Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua Harus Tahu Betapa Pentingnya Anggaran Keuangan]

 

Selain itu anggaran Anda juga bisa menjadi batasan bagi Anda ketika sedang berjalan-jalan dan mengingingkan sebuah barang.

Dengan adanya anggaran, keinginan kita menjadi semakin terkendali karena anggaran akan mengingatkan kita akan dana yang tersedia untuk setiap pos pengeluarannya.

Kesulitan dalam membuat anggaran bulanan?

Coba buat angggaran bulanan Anda dengan Aplikasi Finansialku yang semakin memudahkan melalui gadget pintar di genggaman Anda. 

Rasakan praktisnya mencatat keuangan harian dan merencanakan dana tabungan Anda sesuai kebutuhan tujuan keuangan.

 

Rasakan keuntungan tambahan mengikuti kursus online gratis yang dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Finansialku jika Anda berlangganan Aplikasi Finansialku selama 1 tahun.

 

#4 Tidak Memperhitungkan Penggunaan Kartu Kredit dan Saldo di ATM

Mau belanja, tinggal gesek, entah itu kartu kredit atau kartu debet.

Memperhitungkan pengeluaran dengan tidak tergoda untuk asal gesek juga menjadi salah satu faktor keberhasilan untuk menabung.

Ketika kita tidak memperhitungkan berapa kali jumlah saldo di ATM dan hidup konsumtif dengan selalu menggunakan kartu kredit atau debet, maka jumlah uang tabungan yang sudah kita alokasikan akan habis untuk menutupi kekurangan.

Selalu mengecek saldo di ATM dan juga memperhitungkan penggunaan kartu kredit, bisa sangat membantu kita dalam menabung.

 

#5 Konsumtif dan Mudah Tergoda Diskon

Gaya hidup konsumtif memang akan menjadi boomerang bagi mereka yang menerapkan gaya hidup ini.

Bagian pemasaran atau marketing memang sangat pintar dalam memasarkan barang (produk atau jasa) dagangan mereka dengan berbagai tawaran diskon dan pengumpulan poin yang sangat menggoda.

Memanfaatkan diskon bisa menjadi peluang yang baik jika barang atau jasa yang ditawarkan memang kita butuhkan. Misalnya, ketika kita membutuhkan baju, kita bisa menggunakan tawaran buy 1 get 1 free atau menggunakan kartu kredit untuk menambah poin atau mendapatkan potongan harga.

Sebelum Tergiur, Ketahui 4 Fakta Gelap Barang Diskonan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Tergiur, Ketahui 4 Fakta Gelap Barang Diskonan!]

 

Jika Anda termasuk orang yang gampang tergoda dengan diskon dan tidak dapat mengontrol diri untuk berbelanja, ada beberapa saran yang mungkin bisa Anda lakukan:

  • Jika Anda belum bekerja atau merasa tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, jangan membuat kartu kredit.
  • Bawalah uang yang cukup untuk membeli barang yang diperlukan ketika akan pergi ke mall.
  • Carilah pasangan/teman yang lebih bisa mengatur keuangan.
  • Gunakan daftar belanja dan taati daftar tersebut.
  • Lihat barang yang memang akan dibeli dari rumah.

 

Hindari sifat konsumtif yang terlalu berlebihan yang akan membuat Anda tergoda untuk berbelanja, apalagi ketika memasuki musim baru dan masuknya produk baru.

Mode itu akan berputar kembali, salah satu tips yang bisa Anda gunakan adalah dengan tidak membuang barang Anda, terutama yang masih bisa dipakai.

Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

Sifat konsumtif akan membuat Anda boros dan membabi buta saat berbelanja. Karena merasa di ATM masih ada uang atau baru saja mendapat gaji, Anda merasa bisa berfoya-foya dan menghabiskan uang Anda.

Inilah salah satu penyebab seseorang tidak dapat menabung.

Merasa ketinggalan zaman atau tidak mengikuti tren juga salah satu pola pikir yang salah. Dengan demikian, Anda tidak dapat menabung karena harus mengeluarkan uang untuk berbelanja barang yang seharusnya tidak Anda beli.

Jika sifat konsumtif masih melekat, bagaimana Anda bisa menabung? Jangankan menabung Rp100.000, bahkan Rp10.000 pun tidak bisa ditabung karena Anda selalu menghabiskan untuk barang-barang yang tidak Anda perlukan.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

#6 Tidak Ada Tujuan Untuk Menabung

Tujuan membuat kita merasa jelas akan ke arah mana kita kelak.

Tujuan keuangan juga perlu ditetapkan. Misalnya jika Anda belum memiliki rumah atau tempat tinggal, ini bisa menjadi salah satu tujuan Anda menabung.

Apakah dalam 5 tahun ini Anda bisa menetapkan tabungan untuk uang muka KPR rumah? Jadikan ini sebagai penyemangat Anda untuk menabung.

Contoh lainnya, Anda akan menikah di usia 30, dan saat ini Anda menginjak usia 25, maka dalam waktu 5 tahun, Anda harus mempersiapkan dana pernikahan dan dana lainnya yang diperlukan.

Sudahkah Anda memiliki perencanaan keuangan sesuai tahapan usia?

Segera unduh ebook Gratis Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

 

#7 Gaya Hidup yang Terlalu Tinggi

Gaya hidup sebetulnya tidak dipengaruhi oleh komunitas dimana seseorang tinggal. Ini adalah sebuah pola pikir.

Walaupun seseorang tinggal di desa sekalipun tapi memiliki pola pikir akan gaya hidup yang tinggi, ia akan menghabiskan banyak uang untuk gaya hidupnya tersebut.

Gaya hidup tinggi inilah yang menjadi salah satu alasan dimana masih banyak orang yang merasa sulit untuk menabung.

Gaya hidup tinggi juga dipengaruhi oleh keinginan untuk menggunakan barang bermerek, termasuk ingin dipandang sebagai masyarakat dengan tingkat sosial yang tinggi melalui penampilan.

Uang yang seharusnya dialokasikan untuk keperluan dan kebutuhan termasuk untuk menabung, malah digunakan untuk membiayai pembelian barang-barang konsumtif pemuas hawa nafsu.

Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa saran yang bisa dipertimbangkan dan dilakukan:

  • Ketika akan membeli produk tertentu, pertimbangkan tingkat keperluannya.
  • Carilah produk pengganti lainnya yang memiliki kualitas serupa namun dengan harta yang lebih miring jika memang barang tersebut memang menjadi barang kebutuhan.

 

#8 Tidak Dapat Menahan Diri Saat Berbelanja

Menahan diri saat belanja apalagi ketika melihat diskon bisa menjadi salah satu tantangan terbesar bagi mereka yang “gila diskon”.

Jika Anda salah satunya, sebaiknya Anda segera mencatat segala keperluan yang harus dibeli dan membeli berdasarkan catatan keperluan.

Ajak pasangan atau teman belanja yang bisa menahan Anda untuk tidak berbelanja secara “hedon”.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Tips Menabung

Setelah mengetahui berbagai penyebab kebocoran keuangan yang membuat Anda susah menabung, berikut ini beberapa tips agar Anda bisa memprioritaskan diri untuk menabung.

 

#1 Buat Otomatis

Kini zaman sudah semakin canggih dan modern.

Setoran pajak tentu sudah terpotong secara otomatis dari perusahaan, jika Anda bekerja kantoran. Selain itu, untuk tagihan asuransi, Anda bisa juga gunakan autodebet yang memudahkan Anda tanpa harus repot-repot membayar ke ATM atau bank.

Selain itu, Anda juga membuat tabungan otomatis, misalnya ketika Anda mendapat gaji di tanggal 25, Anda bisa langsung setor secara otomatis ke rekening tabungan lainnya atau rekening investasi Anda. Mudah bukan?

 

#2 Pisahkan Rekening Tabungan dengan Rekening Biaya Bulanan

Untuk mempermudah, tips menabung lainnya adalah dengan pisahkan rekening tabungan Anda dengan rekening biaya bulanan. Selain itu, hindari untuk membuat kartu ATM yang membuat Anda dengan mudah menarik uang dari rekening tabungan Anda.

 

#3 Mengunci Tabungan Anda

Ini bisa menjadi salah satu tips menabung yang cerdas dengan mengunci tabungan Anda dalam bentuk deposito berjangka.

Dengan demikian, Anda mengunci uang Anda di sebuah tempat dalam kurun waktu tertentu dan Anda tidak dapat mengambilnya.

 

#4 Jadikan Aset Riil

Masih sulit menabung? Tidak bisa melihat uang menganggur di ATM dan lapar mata untuk membelanjakan uang tabungan yang mulai mengisi ATM?

Anda bisa menjadikan uang Anda menjadi aset rill, seperti membeli emas.

Selain itu, emas juga tidak akan jatuh karena inflasi yang meningkat. Ini akan menjadi sebuah keuntungan lebih bagi Anda.

Jika uang Anda sudah menjadi emas, Anda juga perlu usaha lebih untuk bisa mencairkannya jika hendak membelanjakannya untuk sesuatu yang Anda inginkan.

 

Tahukah Anda bahwa berinvestasi adalah salah satu jalan menuju kebebasan keuangan dan juga menambah sumber pendapatan pasif Anda?

 

Pelajari dengan seksama book Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini untuk membantu Anda dalam berinvestasi:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Prioritaskan Masa Depan

Ketahui sejak dini apa yang menjadi kendala Anda tidak bisa menabung. Segera prioritaskan menabung untuk mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik.

Dengan memprioritaskan tabungan, Anda juga sedang menomorsatukan masa depan Anda sendiri.

 

Bagaimana pengalaman Anda dalam menabung? Apakah Anda bisa memprioritaskan tabungan Anda untuk investasi? Berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda dapat membagikan artikel Finansialku di atas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan informasi mengenai tips menabung atau setiap artikel Finansialku lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Dais Daliyah. 31 Agustus 2018. Meski Sudah Hidup Hemat, 6 Penyebab Ini Bisa Membuat Anda Jadi Sulit Menabung Lho! Uangonline.com – https://goo.gl/pDxoDU
  • Liputan 6. 9 Desember 2016. 5 Penyebab Anda Sulit Menabung. Liputan6.com – https://goo.gl/eQrK88
  • Kompas. 22 April 2018. Susah Menabung? Coba Jalankan 5 Trik Ini. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/UHWCsH
  • Finley Susanto. 25 Oktober 2018. Ternyata Inilah 4 Alasan Mengapa Kita Sulit Menabung. Amanlah.com – https://goo.gl/ykdPNH

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir dan Tips Menabung – https://goo.gl/T8CVAs
  • Tips Menabung – https://goo.gl/zbbhpQ
Summary
Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar
Article Name
Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar
Description
Tips Menabung: Masalah keuangan tidak ada habisnya. Baru bulan kemarin naik gaji, tapi kok tetap saja uangnya ga cukup dan tetap ga menabung?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo