Mau coba menabung reksadana tapi takut rugi? Simak dulu tips menabung reksadana berikut ini.

Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda bisa memperoleh banyak informasi dan mempelajarinya dahulu sebelum berinvestasi. Sebagai contohnya dari ulasan tips menabung reksadana dari Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Untung dengan Reksadana

Mengapa sih banyak jenis investasi yang berbeda-beda ragamnya? Tentu saja perkembangan ini disebabkan oleh perbedaan permintaan (demand) dari masyarakat.

Jika tidak, untuk apa pihak bank atau lembaga keuangan lainnya repot-repot membuat jenis investasi baru?

Semuanya semata-mata karena setiap manusia berbeda, dan meski bisa dikelompokkan berdasarkan karakteristiknya, pasti preferensi dalam berinvestasinya juga berbeda.

Namun seringnya ketidaktahuan dan ketidakpedulian masyarakat menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari. Ketidaktahuan yang dimaksud disini adalah ketidaktahuan akan fitur instrumen investasi yang dipilih.

Akibatnya? Tentunya ada penyesalan atau kerugian yang dialami akibat ketidaktahuan ini. Sebagai contohnya adalah kisah berikut ini.

Semua Orang Bisa Dapat Untung 02 Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: 30 Nasihat Investasi Dari Peter Lynch, Salah Satu Manajer Investasi Tersukses di Amerika]

 

Bapak A merupakan seorang pemula di bidang investasi. Saat ingin memulai berinvestasi, beliau bertemu dengan seorang marketing produk investasi, dan ditawari investasi dalam bentuk unitlink.

Dewasa ini memang banyak sekali asuransi yang menggabungkan skema proteksi dan investasi dengan konsep unit (unitlink).

Nah, Bapak A menilai bahwa skema unitlink ini sangat menarik karena menawarkan proteksi asuransi dan investasi dalam satu produk. Pilihan investasinya pun cukup beragam mulai dari saham, obligasi, campuran dan pasar uang.

Belum lagi pihak marketing mengiming-iming dengan imbal hasil tinggi, yakni lebih tinggi dari suku bunga tabungan dan deposito.

728x90 hitung sekarang Investasi Reksa Dana
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Reksa Dana

 

Singkat cerita, tanpa pikir panjang lagi Bapak A langsung menginvestasikan sejumlah uang pada produk asuransi unitlink ini. Namun beberapa tahun kemudian Bapak A mengalami penyesalan besar.

Saat ditanya apa yang membuatnya menyesal, Bapak A bercerita:

“Saya awalnya diajak marketing untuk berinvestasi di unitlink. Saat itu konsep unitlink tampak menarik dan alternatif saya yang lain hanya deposito bank. Jadi saya pilih unitlink karena iming-iming imbal hasilnya yang besar.”

 

Bapak A menjelaskan bahwa dirinya merasa sudah mengatasi inflasi karena tidak mengandalkan tabungan atau deposito semata. Ditambah lagi banyak godaan untuk membelanjakan uangnya jika hanya ditabung.

Namun setelah 10 tahun berinvestasi melalui unitlink, Bapak A mulai mendengar bahwa masih banyak instrumen investasi lain yang memberikan imbal hasil lebih besar, salah satu contohnya adalah reksadana.

Beliau mengungkapkan:

“Saya pernah mencoba untuk berinvestasi reksadana selama satu tahun. Hanya saja, saya merasa prosesnya cukup merepotkan. Unitlink hanya menambah dana setiap bulan melalui ATM dan tidak perlu mengirimkan bukti transfer ke perusahaan asuransi, sementara reksadana mewajibkan nasabah mentransfer dana langsung ke rekening reksadana di bank kustodian dan setelah itu harus mengirimkan bukti transfer dana.”

 

Alhasil beliau menghentikan investasi reksadananya hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Beberapa tahun kemudian berlalu, teknologi berkembang pesat, termasuk dalam prosedur reksadana yang mulai dipasarkan melalui sistem online.

Semua Orang Bisa Dapat Untung 03 Investasi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Reksadana Syariah, Bisa Dibeli dengan Modal Rp100 Ribu! Tunggu Apa Lagi?]

 

Pengisian formulir, pengiriman dokumen, dan perintah transaksi semua bisa dilakukan melalui perangkat mobile.

Bapak A kembali melirik instrumen yang satu ini dan mencoba menghitung proyeksi keuntungannya. Dirinya pun kaget.

Ternyata jika selama ini Bapak A memilih reksadana ketimbang unitlink, maka Bapak A bisa memperoleh dua kali lipat!

Anda juga bisa memperoleh banyak informasi yang lengkap dan mudah diakses, yaitu melalui Ebook Reksadana Finansialku. Ebook ini dapat Anda peroleh secara gratis.

Ebook ini juga tentunya bisa menjadi panduan dasar bagi Anda yang ingin memulai investasi reksadana.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Tips Menabung Reksadana agar Bisa Dapat Untung

Kini Finansialku akan membagikan beberapa tips menabung reksadana agar Anda bisa dapat untung. Apa saja tips-tipsnya?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang merupakan pola pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa perlu pusing akan instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

728x90 hitung sekarang Investasi Emas
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Emas

 

Investasi ini disebut cocok bagi pemula yang belum memahami dunia saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya karena dalam skema investasi reksadana akan ada Manajer Investasi (MI) yang membantu mengelola uang Anda.

Secara singkat fitur reksadana antara lain adalah sebagai berikut:

  • Reksadana merupakan jenis investasi yang tidak membutuhkan banyak modal, karena uang tersebut akan digabungkan dengan orang lain barulah dikelola bersama demi memperoleh keuntungan.
  • Adanya diversifikasi dalam investasi reksadana, dimana penempatan dana atau aset investasi ke dalam beberapa instrumen yang berbeda dengan pertimbangan potensi keuntungan (return), risiko, serta likuiditasnya.
  • Merupakan produk investasi.
  • Cocok untuk investasi jangka pendek.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Kelebihan Reksadana

Reksadana tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kelebihan reksadana adalah sebagai berikut:

  • Dana investasi dikelola oleh Manajer Investasi yang professional, sehingga investor tidak perlu repot mengelola investasi sendiri.
  • Likuiditas tinggi, yaitu investasi dapat dicairkan/dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku saat penjualan.
  • Tidak membutuhkan banyak modal, karena uang tersebut akan digabungkan dengan orang lain barulah dikelola bersama demi memperoleh keuntungan.

  • Mudah diakses, karena sudah sangat banyak yang menawarkan transaksi reksadana secara online, sehingga Anda bisa melakukan pembelian atau penjualan unit lewat situs yang telah disediakan oleh beberapa perusahaan Manajemen Investasi saja.
  • Imbal hasilnya cenderung besar.
  • Dana milik Anda akan disimpan di Bank Kustodian yang menjadi pihak ketiga, sehingga aman dan minim upaya pencegahan perusahaan bodong yang ingin melarikan dana nasabahnya.

 

Kelemahan Reksadana

Sementara itu beberapa kelemahan reksadana adalah sebagai berikut:

  • Adanya risiko berkurangnya nilai investasi yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang masuk dalam portfolio reksadana tersebut.
  • Adanya risiko likuiditas, yakni terlambat dibayarnya perintah penjualan, biasanya dikarenakan adanya kesalahan administrasi penjualan atau risiko umum pasar modal seperti perubahan kondisi ekonomi dan politik.
  • Adanya risiko bangkrutnya saham dan obligasi yang menjadi portofolio reksadana.

 

Tips Investasi Reksadana

Meski terdapat kelebihan dan kekurangannya, yang terpenting disini adalah Anda perlu tahu apa saja yang yang harus dilakukan saat memutuskan untuk berinvestasi atau menabung reksadana. Yuk simak tipsnya berikut ini.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

#1 Menentukan Tujuan dan Jangka Waktu

Pada dasarnya ini merupakan langkah pertama, tidak peduli apapun instrumen investasi yang Anda pilih. Jangankan untuk berinvestasi, segala hal butuh tujuan.

Bayangkan saja jika Anda mengikuti sebuah lomba lari, namun tidak mengetahui titik akhir yang menjadi tujuan Anda.

Akankah Anda bersemangat mengikuti lomba tersebut? Percayakah Anda bahwa Anda bisa mencapainya? Akankah ada motivasi untuk melakukannya?

Betul sekali! Mengerjakan sesuatu tanpa sebuah tujuan memiliki kemungkinan gagal yang besar. Mengapa? Karena Anda seolah-olah mengerjakan sesuatu tanpa ada kepuasan akan pencapaian.

Dengan demikian, penting untuk menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum Anda mulai berinvestasi reksadana. Pikirkan matang-matang, apa yang ingin Anda capai dengan berinvestasi reksadana? Berapa lama jangka waktunya?

Semua Orang Bisa Dapat Untung 04 Investasi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Tetapi jangan lupa untuk selalu menetapkan tujuan yang feasible, alias masuk akal. Tujuan yang mengawang-awang dan mustahil untuk dicapai hanya akan memadamkan semangat Anda dalam meraihnya.

Sebagai contoh, investor dengan profil risiko rendah dan masih belum dapat menerima fluktuasi yang tinggi dalam jangka pendek investasi, tujuan investasi untuk kebutuhan dana jangka pendek, maka investasi yang cocok adalah reksadana pasar uang.

Sebab reksadana pasar uang menempatkan mayoritas asetnya pada deposito yang pergerakannya cukup stabil dengan fluktuasi pasar yang rendah. 

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

#2 Memilih Jenis dan Produk Serta MI-nya

Setelah Anda tahu tujuan dan jangka waktu investasinya, kini saatnya memilih produk reksadana yang tepat. Seperti Anda ketahui, terdapat beberapa jenis reksadana yang memiliki karakteristik berbeda dalam hal return dan risiko.

Karena itu pemilihan produk reksadana juga disesuaikan dengan profil risiko setiap investor.

Anda dapat membandingkannya dan memilih sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Anda. Setelah memilih, maka Anda perlu mengecek kembali track record dan pengalaman manajer investasi yang mengelola produk tersebut.

Sebab kinerja reksadana yang menjadi pilihan investor ditentukan oleh keahlian manajer investasi dalam mengelola reksadana tersebut. 

Reksadana Bukan Objek Pajak 02 Pajak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur Lagi. Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

#3 Membaca Prospektus

Tips ketiga dalam menabung reksadana adalah dengan membaca prospektusnya.

Prospektus merupakan gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan yang menjadikannya dokumen penting bagi perusahaan atau lembaga untuk memberi informasi tertulis yang berkaitan dengan IPO.

Tujuan dari prospektus adalah untuk memberi informasi ke khalayak ramai sehingga tertarik membeli suatu produk reksadana serta memberikan gambaran nilai saham perusahaan tersebut untuk ditawarkan ke publik untuk dijual.

Umumnya pembuatan prospektus dibantu oleh pialang saham yang berperan sebagai manager penerbitan saham.

Umumnya prospektus meliputi informasi produk seperti biaya transaksi (pembelian, penjualan kembali, dan pengalihan unit penyertaan reksadana) dan komposisi aset portofolio.

 

#4 Review dan Evaluasi Imbal Hasil dan Risikonya

Tips selanjutnya adalah melakukan review atas investasi yang Anda lakukan. Hal ini wajib dilakukan untuk melihat apakah investasi sudah sejalan dengan rencana investasi dan tujuan Anda.

Anda dapat melihat beberapa hal disini, misalnya saja keuntungan (return) yang akan diterima dan risiko yang ditanggung.

Umumnya semakin tinggi risiko maka potensi return yang akan diterima juga semakin besar (high risk high return). Jadi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan setiap keuntungan dan risiko dari setiap jenis reksadana.

728x90 - Entrepreneur
300x250 Kotak - entrepreneur

 

Dalam reksadana, urutan risiko yang paling tinggi dengan potensi keuntungan paling besar adalah reksadana saham.

Kemudian reksadana campuran memiliki risiko lebih rendah dari reksadana saham dengan potensi return di atas reksadana pendapatan dan pasar uang. 

Sedangkan risiko paling rendah adalah reksadana pasar uang dengan potensi keuntungan yang tidak jauh berbeda dengan bunga deposito.

Nah, jika reksadana yang Anda pilih dirasa tidak sesuai dengan keuntungan dan toleransi risiko tujuan Anda, maka kini saatnya mengevaluasinya.

Anda sebaiknya segera mengubah instrumen Anda jika memang dirasa kurang menguntungkan.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#5 Melihat Kinerjanya

Tips terakhir merupakan pengecekan kinerja reksadana itu sendiri. Setiap bulan Manajer Investasi yang mengelola produk reksadana akan menerbitkan laporan kinerja (performance) reksadana yang disebut fund fact sheet

Fund Fact sheet ini diterbitkan untuk memberikan informasi terkini mengenai komposisi porsi dan aset apa saja yang berada di dalam portofolio serta perkembangan aset dari reksadana.

Nah, Anda bisa melihat kinerja reksadana berdasarkan pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB), return dan risiko.

Penting diingat bahwa semakin panjang data historis yang dipergunakan untuk mengevaluasi, maka akan menghasilkan pertimbangan yang makin baik sebelum membuat suatu keputusan investasi.

Disarankan bahwa penilaian kinerja dilakukan pada data historical minimal 5 tahun.

Kinerja tersebut akan dinilai baik bila hanya mengalami kerugian kecil di saat krisis, serta jika kenaikannya di atas persentase kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan reksadana sejenis lainnya (benchmark indeks reksadana sejenis).

TTS Kenali Istilah Reksadana Sebelum Anda Investasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Kalkulator Reksadana Aplikasi Finansialku

Apakah Anda sudah mengunduh Aplikasi Finansialku di smartphone Anda? Jika belum, Anda ketinggalan banyak benefit-nya lho. Mengapa demikian?

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda. Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran.
  • Mencatat keuangan.
  • Merencanakan keuangan.
  • Memantau kinerja investasi.
  • Mengecek kesehatan keuangan.
  • Mencatat daftar aset.
  • Mengikuti kursus online
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi.

 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis dan mudah. Tidak perlu lagi menghitung secara manual, disini Anda bisa memperoleh hasil perhitungan hanya dengan klik tombol saja.

Beberapa benefit lainnya yang bisa Anda peroleh dari Aplikasi Finansialku antara lain sebagai berikut:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda.
  • Anda memiliki kontrol atas keuangan Anda.
  • Anda dapat mencari tahu dan memperbaiki kebocoran-kebocoran keuangan Anda.
  • Anda dapat memperbaiki kondisi utang konsumtif.
  • Anda dapat merencanakan dan mewujudkan kepemilikan kebutuhan mulai dari dana darurat, rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

 

Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa didapat? Jadi tunggu apa lagi? Langsung download Aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, Aplikasi Finansialku tersedia gratis bagi Anda. Yuk download Aplikasi Finansialku sekarang di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Nah, jika Anda masih ragu untuk mengunduh Aplikasi Finansialku, mari melihat sekilas fitur pemantauan kinerja investasi di Aplikasi Finansialku.

Fitur ini dapat digunakan untuk menghitung keuntungan investasi reksadana Anda. Takut gaptek dan tidak bisa melakukannya?

Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan tutorial menghitung keuntungan transaksi saham seperti tercantum berikut ini:

 

Melalui Aplikasi Finansialku, selain membeli investasi reksadana, Anda juga bisa menghitung berapa keuntungan yang akan didapat dari hasil investasi tersebut.

Caranya sangat mudah, yaitu pertama-tama Anda harus download terlebih dulu Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pilih menu Investasi. Kemudian pilihlah menu Kalkulator untuk Reksadana.

Reksadana Bukan Objek Pajak 04b Aplikasi 1a - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

Reksadana Bukan Objek Pajak 04b Aplikasi 1b - Finansialku

Tampilan Menu Investasi, Kalkulator Investasi

 

Langkah selanjutnya yaitu Anda akan diminta untuk mengisi berapa jumlah investasi awal, harga beli, fee beli, harga jual, dan fee jual.

Misalkan jumlah investasi awal Anda adalah sebesar Rp10 juta, harga beli Rp1.285, fee beli Rp0, harga jual Rp1.527, dan fee jual Rp0.

Reksadana Bukan Objek Pajak 05b Aplikasi 2 - Finansialku

 

Setelah semua kolom terisi selanjutnya Anda bisa menekan Hitung. Maka Anda akan mendapat hasil kalkulasi berapa keuntungan dari investasi reksadana Anda.

Hasil kalkulasi dari asumsi sebelumnya yaitu Anda akan mendapat keuntungan Rp1.883.268 atau sebesar 18,83% dari hasil penjualan sebesar Rp11.883.268.

Reksadana Bukan Objek Pajak 06b Aplikasi 3 - Finansialku

Selain menghitung keuntungan investasi reksadana, melalui aplikasi ini Anda juga dapat menghitung keuntungan deposito dengan mengikuti tutorial singkat berikut ini:

  1. Pertama-tama masuklah ke dalam Aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Investasi”.
  2. Pilih menu Kalkulator “Deposito”.
  3. Masukan data yang diperlukan.
  4. Kemudian tekan tombol “Hitung”.
  5. Anda akan dapat melihat hasil perhitungan pada bagian atas Aplikasi Finansialku.

 

Cara Investasi Reksadana Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Kapan Memilih Reksadana?

Kesimpulannya adalah disini Anda terlebih dahulu harus memahami tujuan keuangan dan kebutuhan Anda sebelum memilih instrumen investasi.

Jika Anda mencari instrumen investasi dengan harapan imbal hasil yang lebih besar dengan modal terbatas, pilih reksadana yang memang merupakan produk investasi. Namun jangan mengharapkan adanya manfaat proteksi.

Jangan jadi seperti Bapak A yang memperoleh penyesalan di belakang karena memilih unitlink saat dirinya mencari produk investasi, bekali diri Anda dengan informasi yang cukup sebelum mengambil keputusan.

 

Bagikan artikel ini kepada teman dan orang lain di lingkungan sekitar Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan orang lain ya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips menabung reksadana lainnya?

Tuliskan pertanyaan dan pendapat Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Evi Rahmayanti. 23 Juli 2018. Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai. Bareksa.com – https://goo.gl/N57DJv

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://goo.gl/teGVcC
  • Investasi 2 – https://goo.gl/hyqeT3
  • Investasi 3 – https://goo.gl/n1SFw8
  • Investasi 4 – https://goo.gl/m77dC3