Pernikahan umumnya diawali dengan acara lamaran, yuk cari tahu bagaimana cara merencanakan dana lamaran pernikahan dengan aplikasi Finansialku. Karena acara lamaran identik dengan harga mahal.

Mari kita hitung anggaran biaya lamaran pernikahan dan melihat beberapa tips cara merencanakan dana lamaran berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pernikahan Adalah Awal, Bukan Akhir

Mungkin Anda merasa bahwa pernikahan adalah tujuan hidup, akhir dari perjalanan mencari pasangan. Namun nyatanya pernikahan barulah awal kehidupan Anda bersama pasangan.

Oleh karena itu, hendaklah Anda bersikap bijak dalam menghitung anggaran biaya lamaran dan pernikahan agar dapat memulai pernikahan dengan baik.

Jangan selalu beranggapan bahwa lamaran haruslah mewah dan mahal untuk menarik perhatian calon mertua.

Banyak pasangan yang melakukan kesalahan tersebut: pesta mewah yang menghabiskan ratusan juta namun belum punya rumah, kendaraan bermotor, investasi, bahkan dana darurat.

Apakah Anda ingin menjadi salah satunya? Tentunya tidak kan?

Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

Memang betul saat merencanakan pernikahan, acara lamaran pernikahan indah selalu menjadi bayangan. Namun bukan berarti Anda mengeluarkan uang lebih banyak dari kemampuan lantas berujung utang.

Jika Anda juga menginginkan lamaran pernikahan mewah dan indah tanpa perlu menguras kantong, coba deh merencanakan dana lamaran pernikahan dengan aplikasi Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan demikian Anda bisa memperoleh dananya tanpa harus berutang.

Bagaimana caranya? Simak pembahasan step by step-nya berikut ini:

 

Langkah 1: Tentukan Budget dan Membuat List Kebutuhan Lamaran Pernikahan

Langkah pertama yang menjadi penentu budget lamaran pernikahan Anda adalah membuat list kebutuhan lamaran.

Tentukan dahulu seberapa besar budget lamaran pernikahan dan apa saja kebutuhan acara lamaran pernikahan Anda berikut vendor-vendor yang memungkinkan dan sesuai dengan anggaran Anda.

Beberapa kebutuhan lamaran pernikahan standar yang digunakan antara lain:

  • Tempat (Venue): Anda dapat memilih tempat mulai dari hotel, gedung serba guna, hingga aula pertemuan yang biasa digunakan untuk acara. Tanyakan apakah dekorasi sudah termasuk paket sewa tempat atau tidak, jika belum Anda dapat mencari jasa dekorasi terpisah.
  • Jasa Catering: Hitunglah jumlah tamu yang ingin diundang baik saudara maupun teman, karena hal ini mempengaruhi biaya makanan. Anda dapat menentukan jasa katering yang sesuai dengan tema pernikahan Anda dan menu yang diinginkan.
  • Jasa Dekorasi: Jika jasa dekorasi belum termasuk paket gedung, maka Anda perlu menentukan tema dan menyewa jasa dekorasi.
  • Undangan: Buat undangan yang sesuai dengan budget dan sesuai jumlah tamu yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Souvenir: Souvenir merupakan suatu pilihan, karena souvenir sudah jarang digunakan akhir-akhir ini. Jika Anda menginginkannya, pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.
  • Baju dan Jas Calon Pengantin: Pilihan baju dan jas pengantin cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan budget. Contohnya adalah Anda dapat membelinya, menyewa, atau bahkan membuat baju sesuai keinginan Anda.
  • Panitia: Anda dapat menggunakan panitia atau wedding organizer atau mengatur lamaran pernikahan Anda sendiri.
  • Rias: Rias pengantin adalah salah satu kebutuhan pernikahan yang dapat dihemat, mulai dari menggunakan jasa teman sebagai Make Up Artist, atau biasanya sudah disediakan di bridal tempat Anda menyewa baju pengantin.
  • Fotografi dan Videografi: Tentukan jasa fotografi dan videografi yang Anda inginkan, usahakan dari vendor yang sama untuk menghemat biaya.
  • MC dan Music Entertainment: Anda juga perlu mencari MC dan hiburan musik untuk mengisi acara Anda.

 

Menghitung Biaya Pernikahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mau Menikah Tahun Ini? Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan]

 

Langkah 2: Mengatur dan Mengalokasikan Anggaran Dana Lamaran

Setelah Anda menentukan budget dan membuat list kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengalokasikan anggaran tersebut. Mulailah dari prioritas tertinggi terlebih dahulu.

Finansialku akan memberikan sebuah contoh alokasi anggaran pernikahan sederhana untuk memudahkan Anda.

Misalkan Anda menentukan anggaran lamaran sebesar Rp30 juta, maka dapat dialokasikan sebagai berikut:

NoKebutuhan PernikahanRincianAnggaran (Rp)
1Tempat: rumah pasangan0
2DekorasiDekorasi sederhana dan seluruh perlengkapan acara adat5.000.000
3Bridal: rias dan sewa baju dan jasTermasuk rias kedua orangtua pengantin10.000.000
4Jasa catering terpisahTermasuk 5 menu buffet dan 2 dessert dan 2 minuman untuk 50 undangan (100 orang)10.000.000
5Fotografi dan Videografi16 jam fotografi dan liputan videografi (jasa teman)2.000.000
6UndanganSoft cover dengan harga @Rp5.000250.000
7SouvenirBuku notes dengan harga @Rp5.000250.000
8MC dan Music Entertainment3 jam MC (jasa teman) dan 3 jam music entertainment2.000.000
TOTAL  29.500.000

*jumlah tamu: 50 undangan (± 100 orang)

 

Langkah 3: Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan

Langkah ketiga yakni mulai mempersiapkan dananya. Seperti telah diungkapkan sebelumnya, jika tidak dipersiapkan #UangDarimana?

Daripada berujung utang dan memasuki dunia pernikahan dengan rasa stres dan bersalah, lebih baik segera buat perencanaan dana lamaran pernikahan Anda.

Pertama-tama Anda bisa memanfaatkan tools perencana keuangan yang sudah banyak beredar di pasaran. Namun kami sangat menyarankan aplikasi Finansialku, mengapa?

  1. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS.
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan.
  3. Anda bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini.

 

Cara Menghemat Biaya Pernikahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita]

 

Nah, tunggu apa lagi, berikut tutorial perencanaan dana lamaran pernikahan dengan aplikasi Finansialku:

  1. Jika Anda pengguna baru silakan klik daftar di sini atau download di Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

  1. Selanjutnya, masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”
  2. Lalu pilih menu “Dana Rencana Pernikahan”
  3. Input/masukkan data
  4. Klik “Hitung”
  5. Maka akan langsung muncul hasil perhitungan dana yang harus mulai disiapkan per periodenya untuk mengumpulkan seluruh dana lamaran pernikahan Anda.

 

Langkah 4: Menghemat Biaya Lamaran

Biaya lamaran cenderung mahal meskipun Anda sudah mengalokasikannya sedemikian rupa, maka banyak pasangan yang menunda pernikahan karena beban finansial tersebut.

Oleh karena itu, perlu adanya beberapa penghematan yang dapat mempengaruhi anggaran biaya lamaran pernikahan secara signifikan, antara lain:

 

#1 Memilih Lokasi Lamaran yang Tepat

Pada umumnya, lokasi yang digunakan untuk acara lamaran adalah rumah dari pihak mempelai wanita. Tapi ada beberapa orang yang menginginkan acara lamaran lebih berkesan dengan cara menyewa gedung serba guna atau bahkan hotel.

Selain membutuhkan dana lebih besar, penyewaan gedung atau hotel berarti Anda membutuhkan dekorasi besar-besaran dengan jumlah undangan yang tentunya lebih banyak. Anda tidak ingin acara lamaran Anda terkesan sepi bukan?

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-03-Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

Dengan demikian, pilihlah lokasi sesuai anggaran dan jangan memaksakan diri untuk terkesan mewah. Acara lamaran merupakan sebuah momen berharga, yang penting adalah kenangan dan kesannya, bukan kemewahan gedungnya.

Tips tambahan adalah jika memang Anda terpaksa menyewa gedung, sewalah pada hari kerja untuk menghemat beberapa biaya, karena biasanya biaya sewa gedung yang ditawarkan lebih murah pada hari biasa daripada akhir pekan.

 

#2 Mengurangi Jumlah Undangan

Pernahkah Anda melihat sebuah undangan pernikahan yang dipenuhi oleh kerabat kerja orangtua dan kerabat jauh yang tidak dikenal?

Nah, apabila Anda tidak ingin merasa asing pada hari pernikahan Anda, maka mengapa perlu mengundang banyak orang yang tidak familiar?

Pernikahan adalah acara yang penuh keakraban, hingga tidak perlu mengundang terlalu banyak orang. Undanglah keluarga dan kerabat dekat yang akan membuat momen pernikahan semakin berkesan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

#3 Gunakan Undangan Online

Seiring kemajuan teknologi, kini Anda tidak perlu lagi menggunakan undangan berupa kertas atau kartu yang bernilai puluhan ribu rupiah.

Kini Anda dapat menggunakan undangan pernikahan online, terutama untuk teman Anda, sehingga biaya undangan pernikahan dapat diminimalisasi.

Namun memang biasanya undangan fisik juga diperlukan untuk kerabat dekat yang masih harus dihormati. Namun Anda bisa menghemat banyak lho. Karena undangan online bisa Anda dapatkan dengan sangat murah bahkan gratis.

Apabila Anda tetap mencetak undangan, maka mintalah softcopy undangan untuk dijadikan undangan online. Namun, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan undangan online sepenuhnya, maka Anda bisa mencari jasa design undangan yang terjangkau.

Menarik bukan?

 

#4 Menyewa Pakaian daripada Membeli

Berbeda dengan cincin pernikahan yang harus Anda gunakan dalam jangka panjang, beberapa hal dalam pernikahan hanya perlu digunakan pada saat momen pernikahan terjadi.

Sebagai contoh adalah gaun pengantin dan tuksedo, sepatu heels, dan masih banyak lagi.

Menyiapkan-Biaya-Pernikahan-Setahun-03-Finansialku

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

Nah, tips untuk menghemat biaya pernikahan bisa dengan cara menyewa daripada membeli. Gaun pengantin hanya akan digunakan satu kali saja, sehingga tidak ada gunanya jika Anda membelinya.

Pertimbangkan pula designer baru yang harganya masih terjangkau daripada designer ternama.

Begitu pula halnya dengan tuksedo, heels, Anda sebaiknya memilih untuk menyewa yang masih bagus daripada harus membeli baru. Dijamin Anda bisa menghemat banyak uang dari sini.

 

#5 Mengatur Pernikahan Sendiri

Tahukah Anda? Per tahun 2017 biaya event organizer di Bandung sudah mencapai angka Rp20 jutaan? Padahal sesungguhnya Anda bisa menghemat biaya ini lho!

Aturlah pernikahan Anda sendiri untuk menghemat biaya panitia atau wedding organizer. Anda bisa memulai dengan membuat list kebutuhan pernikahan.

Tentukan dahulu seberapa besar budget pernikahan dan apa saja kebutuhan pernikahan Anda berikut vendor-vendor yang memungkinkan dan sesuai dengan anggaran Anda.

 

#6 Menggunakan Cincin Warisan daripada Membeli

Cincin lamaran merupakan suatu tanda pernikahan yang penting, namun kata siapa harus mahal?

Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cincin warisan dari kakek nenek alih-alih membeli.

Selain lebih murah, ada nilai kenangan yang tersimpan di dalamnya.

 

#7 Manfaatkan Keterampilan Teman dan Kerabat

Jika Anda memiliki kerabat atau teman dengan keterampilan tertentu, misalkan fotografi atau make up artist, tidak ada salahnya menggunakan jasa teman untuk menghemat biaya.

Selain bisa memperoleh harga teman yang tentunya lebih murah, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman karena vendor pernikahan Anda adalah teman dekat.

 

#8 Eliminasi Biaya yang Tidak Penting

Apakah perlu mendekor rumah dengan bunga besar bertuliskan nama pengantin? Mungkin bagus untuk dilihat, namun sebenarnya malah menyulitkan tamu undangan saling berbincang-bincang.

Atau Anda ingin menggunakan karpet bertabur bunga untuk jalan masuk? Selain tidak terlalu penting, hal ini malah bisa menimbulkan bahaya tersandung. Terutama saat Anda mengenakan gaun yang panjang, bunga-bunga malah akan terseret di dalam gaun.

Persiapan Pernikahan 15 Checklist untuk Memeriksa Kesiapan Anda Berdua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Buat Biaya Pernikahan Lebih Baik Invest Emas atau Reksa Dana?]

 

Anda bisa mengeliminasi beberapa hal yang memang tidak memberi nilai lebih dan mengalokasikan dana tersebut untuk hal lain yang mungkin lebih penting.

 

#9 Meminimalisasi Biaya Souvenir

Dewasa ini, souvenir merupakan suatu pilihan, karena souvenir sudah jarang digunakan akhir-akhir ini. Jika Anda menginginkannya, pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.

Atau Anda juga bisa membuat (DIY) souvenir sendiri.

Sebagai contoh, buatlah souvenir yang mudah, seperti pouch bermodalkan kain dan tali serut, atau tatak gelas berbahan anyaman.

 

Menjalani Lamaran Pernikahan tanpa Beban Keuangan

Seperti telah diungkapkan di awal, menikah bukanlah akhir, namun awal kehidupan berkeluarga bagi Anda dan pasangan. Oleh karena itu, mulailah segera perencanaan dana acara lamaran dan pernikahan Anda.

Rencanakanlah acara lamaran pernikahan Anda dengan matang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan gunakan aplikasi Finansialku agar perhitungan lebih praktis dan cepat.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai biaya lamaran pernikahan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Riza Dian. Pingin Acara Lamaran Berkesan dengan Budget Seadanya? Intip Caranya Disini!com – https://goo.gl/MGx2qS

 

Sumber Gambar:

  • Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan – https://goo.gl/ePuycD
  • Dana Lamaran Pernikahan – https://goo.gl/n8rxos
Summary
Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku
Article Name
Cara Merencanakan Dana Lamaran Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku
Description
Pernikahan umumnya diawali dengan acara lamaran, yuk cari tahu cara merencanakan dana lamaran pernikahan dengan aplikasi Finansialku.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo