facebook_pixel

Ketahui Tips dan Info Mudik Gratis 2017

Apa rencana mudik Anda tahun ini? Bagaimana cara untuk lebih menghemat biaya mudik? Kali ini Finansialku akan membahas tips dan info mudik gratis 2017.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tradisi Mudik di Indonesia

Lebaran merupakan momentum yang tepat bagi umat Islam untuk mudik atau pulang ke kampung halamannya. Pada saat Lebaran tiba peluang untuk pulang ke kampung halaman bertemu dengan keluarga dan sanak saudara dan merupakan dambaan banyak orang Muslim di Indonesia. Hal ini dikarenakan selama satu tahun jarang bisa bertemu dengan keluarga dan sanak saudara. Kebutuhan hidup yang begitu kompleks menjadikan manusia terkadang harus pergi keluar dari kampung halamannya untuk mendapatkan rezeki guna mencukupi kebutuhan hidup.

Fenomena mudik Lebaran di Indonesia termasuk hal yang unik dan jarang ditemukan di negara lain. Pemudik di Indonesia rela untuk antre berjam-jam untuk mendapatkan tiket. Bahkan diantara pemudik banyak yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Pada saat mudik dimulai, hampir semua jasa penjualan tiket yang ada habis terjual. Hal tersebut menandakan bahwa antusias mudik dari masyarakat Indonesia sangat besar.

Jasa transportasi yang populer digunakan oleh pemudik diantaranya adalah jasa transportasi kereta api. Transportasi kereta api pada saat musim mudik tiba mengalami peningkatan yang signifikan. Alat transportasi darat lainnya yang juga tidak kalah ramai diperjualbelikan oleh para pemudik adalah bus. Antusias untuk mudik tidak hanya terlihat di transportasi darat saja. Transportasi laut dan udara juga mengalami peningkatan drastis.

Ketahui Tips dan Info Mudik Gratis 2017 02 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba]

 

Penggunaan jasa transportasi laut dan udara meningkat drastis pada minggu sebelum Lebaran. Banyaknya pemudik yang menggunakan berbagai jalur transportasi menjadikan transportasi menjadi ramai pada saat Lebaran. Banyaknya orang yang mudik pada saat Lebaran juga menjadikan jalanan menjadi macet. Pemudik tetap antusias untuk tetap melakukan aktivitas mudiknya agar bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan saudara yang ada di kampung halaman.

 

Informasi Mudik Gratis 2017

Pada Lebaran tahun 2017 ini para calon pemudik bisa segera bersiap-siap untuk bisa melakukan pendaftaran mudik gratis. Salah satu informasi mudik gratis, adalah mudik gratis yang dilakukan oleh Jasa Rahardja. Jasa Rahardja menyediakan mudik gratis dengan transportasi kereta api maupun dengan menggunakan bus. Pendaftaran mudik gratis oleh Jasa Rahardja untuk moda kereta api akan dibuka pada tanggal 10-16 April 2017, sedangkan untuk moda bus dibuka mulai tanggal 1-25 Mei 2017.

Mudik gratis juga diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Mudik yang diselenggarakan memfasilitasi angkutan motor secara gratis. Pemudik yang mendaftarkan satu motor, bisa memesan tiket 2 orang dewasa dengan satu anak sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Keluarga. Jalur yang ditawarkan ada dua jalur yaitu jalur utara dan juga jalur selatan. Pendaftaran untuk mudik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini dimulai pada tanggal 16 Februari 2017.

Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan1 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan?]

 

Tips Mudik Gratis 2017

Momen libur Lebaran bersama keluarga terkadang dinikmati dengan cara rekreasi. Tentunya pemudik sebaiknya menyiapkan anggaran jika tiba-tiba keluarga di kampung halaman secara spontan mengajak rekreasi, karena momen libur Lebaran bersama keluarga dan saudara akan lebih nyaman dinikmati dengan cara rekreasi. Keperluan lain yang pemudik perlu perhatikan selama libur Lebaran adalah perlunya menjaga tubuh agar tetap sehat. Pemudik perlu menyiapkan anggaran untuk membeli vitamin agar kondisi tubuh terjaga tetap sehat sehingga kegiatan mudik tidak terganggu dan berjalan lancar. Selain itu, berikut adalah tips mudik yang bisa dilakukan.

 

Tips 1: Ditemani Orang Terdekat

Pemudik hendaknya pada saat akan mengikuti mudik gratis hendaknya menyiapkan teman yang akan menemaninya untuk mudik ke kampung halamannya. Adanya teman yang menemani perjalanan pemudik akan lebih memberikan rasa aman.

5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney]

 

Tips 2: Bawa Barang Secukupnya

Pemudik diharapkan membawa barang secukupnya saja untuk dibawa ke kampung halaman. Pemudik yang membawa barang terlalu banyak akan lebih ribet dengan barang bawaannya. Pemudik yang ribet dengan barang bawaannya bisa menjadikannya kurang bisa lebih sigap dalam mengantisipasi kejahatan seperti pencopetan.

 

Tips 3: Tidak Membawa Barang Mewah

Pemudik diharapkan untuk tidak membawa perhiasan atau barang lain yang cenderung mewah. Pemudik tidak membawa perhiasan dan lainnya yang dianggap bisa memicu terjadinya tindakan kriminalitas demi  keamanan pemudik.

Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Keuanganku Setelah Lebaran]

 

Tips 4: Menaruh Uang

Apabila membawa uang sebaiknya diletakan di tempat yang aman. Pemudik juga bisa menempatkan uang tidak hanya pada satu tempat saja. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan, serta mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pemudik masih tetap bisa melanjutkan perjalanan mudiknya.

 

Tips 5: Selalu Waspada

Pemudik sebaiknya tidak pernah lengah selama perjalanan. Pemudik harus senantiasa waspada agar bisa memperkecil peluang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang tentunya akan menggangu kenyamanan maupun keamanan pemudik.

Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang, Bisa Kok!]

 

Siapkah Anda Mudik Pada Tahun 2017 Ini?

Setelah mendapatkan penjelasan tentang tips dan info mudik gratis ini, Anda seharusnya sudah memulai untuk mempersiapkan mudik saat hari Lebaran nanti. Siapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk hari pelaksanaan. Jika Anda mempersiapkan sedini dan sebaik mungkin, maka Anda akan sedikit sekali dalam mengalami kesulitan saat mudik nanti.

 

Biaya mana yang menurut Anda paling bisa ditekan? Bagaimana dengan biaya lainnya? Uraikan jawaban Anda dan bagilah informasi ini pada teman yang juga akan berlebaran, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Januari 2017. Mudik Gratis Jasa Raharja 2017. Mudikgratis.com – https://goo.gl/CmLeqq
  • Ilyas Istianur Praditya. 16 Februari 2017. Pendaftaran Mudik Gratis Motor Lebaran 2017 Dibuka, Cek Rutenya!. Liputan6.com – https://goo.gl/Eu6dOF

 

Sumber Gambar:

  • Bus Tingkat – https://goo.gl/WkZSoH
  • Mudik Gratis – https://goo.gl/zxzFBW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-05-10T14:35:47+00:00 May 10th, 2017|Categories: Dana Liburan, Lebaran|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download