Bagaimana cara mempersiapkan biaya tak terduga saat libur Lebaran tiba? Apa saja pengaturan yang bisa dilakukan? Kali ini Finansialku akan membahas persiapkan biaya tak terduga saat libur Lebaran tiba.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Momen Libur Lebaran

Libur Lebaran biasanya menjadi momen paling seru sepanjang tahun. Selain menjalani ibadah dan ritual keagamaan, banyak orang yang akan bertemu saudara saat Lebaran. Tidak heran, saat libur Lebaran dijadikan waktu yang tepat untuk menyenangkan diri. Banyak dari para perantauan yang memilih mudik saat Lebaran. Hal ini tentunya juga dapat melepas kerinduan pada keluarga.

 

Biaya Tak Terduga Saat Libur Lebaran Tiba

Namun, dibalik meriahnya liburan Lebaran ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah biaya tidak terduga yang meningkatkan jumlah budget tambahan. Ada beberapa biaya yang sudah tidak terelakkan lagi sehingga selama setahun harus dipersiapkan agar dapat terakomodasi dengan baik. Berikut ulasannya!

 

Biaya 1: Perawatan Kendaraan

Merawat kendaraan sebelum mudik harus dilakukan demi keamanan perjalanan. Karena saat mudik kendaraan akan melewati rute tidak biasa yang panjang. Bisa jadi rute menuju desa atau kampung tidak sebaik di kota besar. Oleh karena itu, servis keseluruhan ditambah pembelian spare part cadangan seperlunya juga akan menambah biaya.

Meskipun kendaraan sudah diservis, jangan membawa barang bawaan yang berlebihan. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja mobil atau motor Anda. Terutama jika Anda adalah seorang pengendara motor, maka tidak diperkenankan membonceng lebih dari satu orang dengan barang bawaan yang sangat banyak. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan jangan sampai hal itu menimpa Anda.

Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Keuanganku Setelah Lebaran]

 

Biaya 2: Jika Ada yang Sakit

Perjalanan dan berpuasa seringkali menyebabkan beberapa orang menjadi tumbang. Terutama bagi anak-anak, mabuk perjalanan sering melanda. Hal ini juga merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan. Jika dalam keadaan sakit, sebaiknya segera ke dokter dan jangan menunda supaya penyakit tidak menjadi lebih parah. Tidak hanya itu, jika penyembuhan semakin cepat dilakukan, maka momen libur Lebaran pun bisa dilewati dengan lebih meriah.

 

Biaya 3: Oleh-Oleh

Keluarga di desa biasa menunggu oleh-oleh khas kota tempat Anda merantau. Hal ini sangat wajar mengingat sebagian dari mereka mungkin belum pernah ke tempat tersebut. Dengan demikian, oleh-oleh khas akan menambah kebahagiaan keluarga. Pilih saja makanan atau pakaian yang murah meriah tetapi bisa dibagikan pada banyak orang.

Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran? Ikuti 8 Tips Ini]

 

Biaya 4: Akomodasi di Kampung Halaman

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, maka biaya tambahan berupa anggaran naik angkutan atau sewa mobil harus menjadi prioritas. Ada kalanya beberapa desa harus diakses dengan perahu yang tidak mungkin bisa di-handle sendiri. Namun, apabila Anda membawa kendaraan pribadi, biaya ini akan bisa ditekan dengan biaya bahan bakar saja.

Lebih baik jika Anda melakukan diskusi dengan saudara. Apakah ada saudara yang jarak tempuhnya lebih dekat dari desa bisa membawa kendaraan. Jika hal ini mungkin dan kapasitasnya mencukupi, maka sistem “piket kendaraan” bisa diberlakukan. Sehingga, kendaraan yang dibawa lebih menghemat tempat dan efisien dalam pembiayaannya.

Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba 04 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang, Bisa Kok!]

 

Biaya 5: Kebutuhan Logistik

Makanan dan obat-obatan adalah logistik penting baik selama perjalanan mudik maupun saat berada di kampung halaman. Selama perjalanan, selalu sediakan air mineral, roti, dan makanan ringan lain yang cukup bisa mengenyangkan. Jangan lupa pula membeli obat-obatan di apotek. Sebaiknya jangan membeli makanan atau obat-obatan di jalan yang kurang meyakinkan, terutama jika Anda naik kendaraan umum. Biaya obat-obatan sebaiknya tidak ditekan. Jika ingin mengurangi biaya, pilih makanan yang tetap bergizi dengan harga lebih terjangkau. Contohnya buah-buahan yang sedang musimnya.

Persiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney]

 

Biaya 6: Internet

Siapa sangka, biaya internet jadi melonjak saat Lebaran. Hal ini dipengaruhi karena banyak grup di media sosial yang memanfaatkan momen Lebaran untuk mengunduh acara-acara, ceramah agama atau ucapan selamat Idul Fitri dengan akses internet. Hal ini tentu akan menambah biaya. Namun, penggunaan internet hemat bisa dilakukan dengan mematikan data seluler saat tidak memungkinkan membuka HP.

 

Tips Persiapan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran Tiba

Agar biaya tak terduga saat libur Lebaran tiba bisa diminimalkan, maka Anda sebaiknya membuat daftar hal-hal yang primer dan sekunder. Dalam list di atas, kebutuhan perawatan kendaraan, makanan, obat-obatan, serta transportasi adalah yang harus diutamakan. Selebihnya merupakan kebutuhan sekunder. Meskipun juga penting, namun kebutuhan sekunder bisa diminimalkan dengan berbagai macam alternatif.

Misalnya saat memilih oleh-oleh, gunakan harga yang wajar untuk makanan. Terutama makanan yang tidak tahan lama, jangan terburu-buru membeli dalam jumlah banyak. Alokasikan saja dana untuk hal lain misalnya salam tempel bagi anak-anak.

 

Biaya mana yang menurut Anda paling bisa ditekan? Bagaimana dengan biaya lainnya? Uraikan jawaban Anda dan bagilah informasi ini pada teman yang juga akan berlebaran, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Futuready Team. 28 Juni 2016. Waspadai Pengeluaran Tak Terduga Saat Mudik. Futuready.com – https://goo.gl/fvZf8M
  • Gemintang. Siapkan Dana Tak Terduga Selama Libur Lebaran. Gemintang.com – https://goo.gl/iO2fJq
  • Tribun Batam. 26 Juni 2016. Jangan Lupakan Biaya-biaya Tak Terduga Ini Saat Anda Libur Lebaran. Tribunnews.com – https://goo.gl/7c25Ro

 

Sumber Gambar:

  • Lebaran – https://goo.gl/4x9R2A
  • Perawatan Kendaraan – https://goo.gl/mn5B7b
  • Oleh-oleh – https://goo.gl/cDyH7v
  • Transportasi Umum – https://goo.gl/Ptc1e4
  • Buah-buahan – https://goo.gl/HZL5JK

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang