Fakta unik yang menarik seputar uang akan membuat persepsi Anda berubah mengenai uang. Mungkin beberapa fakta tersebut tidak pernah Anda dengar dan akan menambah pengetahuan Anda mengenai uang. Untuk itu, tim Finansialku akan membahas fakta-fakta menarik tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sejarah Uang

Uang membuat dunia berputar. Anda mendapatkan uang melalui gaji, kemudian membelanjakannya untuk memenuhi kebutuhan atau menyimpan uang tersebut di dalam bank. Uang mendapatkan nilainya dari keberadaan barang tersebut sebagai sarana mediasi pertukaran, suatu satuan ukuran dan sebagai bukti kekayaan. Tetapi dari manakah sebenarnya uang tersebut berasal?

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Fakta Unik tentang Uang yang Akan Membuat Anda Terperangah]

 

Pada tahun 600 SM (Sebelum Masehi), para penduduk Tiongkok mengubah uang logam menjadi uang kertas dan ketika Marco Polo mengunjungi Tiongkok, ia mengadaptasikan uang kertas ini. Hingga tahun 1600, warga Eropa masih menggunakan uang logam. Tetapi, perbankan sudah mulai menggantikan uang logam yang dibawa oleh depositor atau peminjam sehingga mereka tidak perlu membawa uang logam kemana-mana.

 

Fakta Mengenai Uang

Setelah Anda mengetahui latar belakang uang, maka sekarang Anda dapat mengetahui fakta unik mengenai uang. Mulai dari kandungan bakteri di dalam uang kertas, hingga penemuan mesin ATM pertama dan inflasi yang menyebabkan uang kertas berjumlah 100 triliun akan dibahas di bawah ini.

 

Fakta 1: Uang Terkontaminasi Oleh Kokain dan Bakteri

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa sekitar 90%-94% uang kertas yang disirkulasikan memiliki jejak kokain. Ini disebabkan karena para penyelundup narkoba memindahkan uang kertas dengan tangan mereka dan uang kertas tersebut juga digunakan sebagai alat bantu konsumsi kokain. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa sikat dan gulungan di dalam mesin ATM menyebarkan kokain tersebut menjadi lebih luas.

94% uang kertas yang beredar telah terkontaminasi oleh bakteri, di mana uang ini berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Studi di tahun 2002, menunjukkan bahwa sebagian besar bakteri tersebut tidak membahayakan untuk kesehatan Anda, tetapi ada 7% yang dapat merusak kesehatan Anda. Bakteri ini yang berbahaya ini terdiri dari bakteri yang menyebabkan pneumonia, penyakit yang menyerang paru-paru dan sistem pernapasan, serta penyakit infeksi stafilokokus.

Ketahuilah Fakta Unik yang Menarik Seputar Uang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Transaksi Elektronik dari ATM, Sampai Mobile Banking]

 

Fakta unik lainnya adalah virus yang menyebabkan influenza yang mana hanya dapat bertahan di luar tubuh manusia selama 48 jam, dapat hidup di uang kertas lebih dari 10 hari. Oleh karena itu, karena permukaan uang penuh dengan kuman dan bakteri penyebab penyakit, sebisa mungkin Anda mencuci tangan setelah memegang uang kertas, terutama sebelum mengkonsumsi makanan.

 

Fakta 2: Hanya 8% Dari Mata Uang Dunia Adalah Uang Dalam Bentuk Fisik

Meningkatnya teknologi dan pemakainya, membuat mata uang yang beredar sebagian besar di dalam bentuk digital. Hanya 8% dari seluruh “uang“ yang ada di dunia berupa uang kertas dalam bentuk fisik. Coba Anda bayangkan betapa sering Anda membeli atau menjual sesuatu secara online. Pemindahan uang antara satu pihak ke pihak lainnya pun dilakukan dengan fasilitas transfer.

Uang tersebut berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya, tetapi kita tidak pernah melihat uang tersebut atau menyentuh uang tersebut. Oleh karena itu, eksistensi mata uang secara digital telah membentuk sebagian besar mayoritas uang tunai yang Anda di dunia.

 

Fakta 3: ATM Pertama di Dunia

ATM pertama di dunia ditemukan oleh John Sheperd Barron dari Skotlandia, alasan ia membuat mesin ATM ini adalah ia menginginkan sebuah mesin yang dapat mengeluarkan uang kertas sepanjang hari dan ia memikirkan ide ini pada saat ia sedang berendam. John memberikan kuasa atas mesin ATM ini kepada Bank Barclays, sebuah bank di London, Inggris. Model pertama dari mesin ini dibangun pada tahun 1967 dan dipasang di London.

Ketahuilah Fakta Unik yang Menarik Seputar Uang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pakai Mesin ATM dan Biayanya]

 

Fakta 4: Bank “Meminjam Uang” Dari Nasabahnya

Sebenarnya, uang yang kita simpan di dalam bank bukanlah milik kita, melainkan kita hanyalah memberi pinjaman atau memberikan piutang kepada bank dan pada saat Anda ingin menggunakannya, bank wajib menyediakan uang tersebut. Ini berarti Anda dapat membayangkan akibat negatif yang dapat dirasakan oleh masyarakat jika terjadi sesuatu pada sistem perbankan.

Fakta lainnya adalah mengenai cek atau giro yang dikeluarkan oleh bank. Cek atau giro tersebut sebenarnya merupakan perintah atau instruksi untuk pihak bank dan oleh karena itu dapat ditulis di mana saja. Pada zaman dahulu, cek ini tertulis pada batu, pisang hingga sapi!

Ketahuilah Fakta Unik yang Menarik Seputar Uang 04 - Finansialku

[Baca Juga: Waspadalah, Ini Celah-Celah Penipuan Perbankan yang Dapat Merugikan]

 

Fakta 5: Inflasi Terparah

Zimbabwe merupakan negara yang pernah mengalami inflasi terparah sepanjang masa, dimana inflasi naik hingga 231 juta % dan sebuah roti harus dibeli dengan harga 300 miliar dolar Zimbabwe. Untuk menangani hal ini, pemerintah Zimbabwe mengeluarkan uang kertas dengan nominal 100 triliun dolar Zimbabwe. Ini adalah denominasi tertinggi untuk uang kertas di seluruh dunia, dengan 14 angka 0.

Ketahuilah Fakta Unik yang Menarik Seputar Uang 05 - Finansialku

[Baca Juga: Inflasi Indonesia Tahun 2014 dan Rencana Keuangan Keluarga]

 

Hargai Uang

Semoga seluruh fakta unik di atas dapat membantu Anda untuk lebih menyadari pentingnya dan keberadaan uang sebagai sarana kehidupan ekonomi Anda dan pencapaian tujuan finansial Anda. Walaupun uang telah berevolusi dan berkembang, uang akan selalu mempunyai efek yang jelas dan permanen terhadap cara Anda berbisnis.

 

Apakah Anda pernah mendengar fakta unik mengenai uang yang lainnya? Adakah informasi menyenangkan lainnya yang belum dimasukkan ke dalam artikel ini? Anda dapat memberikan informasi serta membagikan pengetahuan Anda sehingga lebih banyak lagi yang dapat menghargai uang.

 

Sumber Referensi:

  • Andrew Beattie. 29 Desember 2015. The History of Money: From Barter to Banknotes. Investopedia.com – https://goo.gl/WcV9kW
  • Ferdinand Chen. 12 Mei 2016. 5 Fakta Unik Seputar Uang yang Belum Tentu Pernah Kamu Dengar. Halomoney.co.id – https://goo.gl/BG6jZU
  • Jennifer Leonhardi. 7 Mei 2016. 20 Weird Facts about Money Most of Us Don’t Know. Supermoney.com – https://goo.gl/NZ92gq

 

Sumber Gambar:

  • Rupiah – https://goo.gl/SJnMg7
  • Kuman di Uang – https://goo.gl/eQ3FqM
  • ATM Pertama – https://goo.gl/Cm93n6
  • Menghitung Uang – https://goo.gl/5kcEua
  • Zimbabwe Dollar – https://goo.gl/Ly49O9

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang