Apakah Anda ingin mendapat keuntungan bisnis? Suatu pertanyaan retoris, namun sebelum Anda menuju kepada keuntungan bisnis Anda, simak beberapa nilai-nilai dalam berbisnis yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Keuntungan Bisnis Bernilai Tinggi Belum Cukup

Apakah perusahaan Anda bernilai bisnis tinggi dan belum pernah dibangun oleh siapapun? Sebetulnya, menciptakan nilai saja tidak cukup, Anda perlu menikmati sebagian nilai yang Anda ciptakan.

Dapat diartikan bahwa bisnis yang sangat besar pun dapat menjadi bisnis yang buruk. Sebagai contoh, maskapai-maskapai penerbangan Amerika Serikat melayani jutaan penumpang dan menghasilkan miliaran dolar tiap tahunnya.

Namun pada tahun 2012, ketika rata-rata harga tiket penerbagan adalah 178 dolar, maskapai penerbangan hanya menghasilkan 37 sen per penumpang. Bandingkan dengan Google yang hanya mendapatkan 50 miliar dolar pada tahun 2012, namun menyimpan 21% dari pendapatan itu sebagai laba (lebih dari 100 kali margin laba industri penerbangan tahun itu).

Google menghasilkan begitu banyak uang sehingga nilainya sekarang tiga kali lebih besar daripada gabungan semua perusahaan penerbangan Amerika Serikat.

Mendapat Keuntungan dari Bisnis yang Sukses – Perusahaan Kompetisi Sempurna vs Perusahaan Monopoli 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Kompetisi Sempurna vs Monopoli

Perusahaan-perusahaan penerbangan bersaing satu sama lain, sementara Google berdiri sendirian. Hal ini memperlihatkan antara perusahaan dengan kompetisi sempurna dan monopoli. Kompetisi sempurna dipandang baik sebagai keadaan yang ideal maupun terjadi dengan sendirinya.

Namun, setiap perusahaan dalam sebuah pasar kompetitif tidak memiliki keistimewaan dan menjual produk-produk homogen yang sama. Karena tidak ada perusahaan yang memiliki kekuasaan atas pasar, mereka semua harus menjual dengan harga berapapun yang ditentukan oleh pasar.

Perusahaan-perusahaan baru akan masuk ke dalam pasar, meningkatkan pasokan, menekan harga dan apabila banyak perusahaan yang memasuki pasar, mereka akan merugi dan sebagian besar akan gulung tikar. Jangka panjangnya dalam kompetisi sempurna adalah tidak akan ada perusahaan yang mendapatkan keuntungan ekonomi.

Kebalikan dari kompetisi sempurna adalah monopoli. Sebuah perusahaan monopoli menguasai pasar sendirian dan dia dapat menetapkan harganya sendiri. Oleh karena tidak adanya persaingan, perusahaan ini membuat kombinasi antara kuantitas dan harga dengan pertimbangan memaksimalkan laba.

Ingin Sukses Berbisnis dan Berinvestasi Ini Salah Satu Kuncinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis dan Sukses Berinvestasi? Ini Salah Satu Kuncinya]

 

Bagi seorang ekonom, setiap monopoli tampak sama, entah perusahaan itu dengan kejam menggilas pesaing-pesaingnya, memperoleh hak istimewa dari negara atau menemukan jalannya sendiri menuju puncak.

Namun yang dimaksud dengan monopoli dalam rubrik yang dibahas kali ini adalah jenis perusahaan yang begitu bagus dalam kiprahnya sehingga tidak ada perusahaan lain yang mampu menggantikannya.

Google dapat dijadikan sebagai contoh bagus untuk menggambarkan perusahaan yang berangkat dari 0 ke 1, dimana perusahaan itu tidak memiliki pesaing sejak awal tahun 2000-an ketika prestasinya melejit cepat meninggalkan Microsoft dan Yahoo!

Sebuah pesan menyiratkan, apabila Anda ingin menciptakan dan mendapatkan nilai yang langgeng, jangan membangun sebuah bisnis dengan komoditas yang tidak memiliki keistimewaan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Monopoli seperti Google tidak harus mengkhawatirkan persaingan dengan siapapun dan perusahaan itu mempunyai kebebasan yang lebih besar untuk peduli kepada karyawannya, produknya serta dampaknya terhadap dunia yang lebih luas.

Pelaku monopoli memiliki kesempatan untuk memikirkan hal-hal lain yang bukan uang, sedangkan yang tidak mempunyai monopoli, tidak mampu melakukannya.

Dalam kompetisi sempurna, sebuah bisnis begitu fokus pada margin hari ini sehingga mustahil membuat rencana untuk sebuah masa depan jangka panjang. Hanya satu hal yang memungkinkan sebuah bisnis dapat melepaskan diri dari kerja keras sehari-hari untuk bertahan hidup: laba dari monopoli.

Monopoli menguntungkan mereka yang berada di dalam tetapi bagaimana dengan semua orang yang ada di luar? Sebetulnya, dunia tempat kita hidup ini adalah dinamis. Menemukan hal-hal baru dan hal-hal lebih baik, masih mungkin terjadi.

Pemegang monopoli kreatif memberi pelanggan berbagai pilihan yang lebih banyak dengan menambahkan kategori-kategori yang sepenuhnya baru dan berlimpah ke dunia. Monopoli-monopoli kreatif tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga mampu menjadikan masyarakat lebih baik.

Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya?]

 

Tahukah Anda bahwa sesuatu seperti laba monopoli perusahaan Apple dari perancangan, pembuatan dan pemasaran iPhone merupakan penghargaan atas penciptaan variasi baru yang memperkaya pasar, bukan atas kelangkaan yang dibuat-buat. Melalui karya Apple, para pelanggan senang ketika mereka akhirnya mempunyai pilihan-pilihan untuk membayar harga yang tinggi guna mendapatkan sebuah telepon pintar yang benar-benar canggih dan andal.

 

Dinamisme Monopoli yang Kreatif

Dinamisme monopoli ternyata tidak mencekik inovasi. Jika kecenderungan bisnis monopoli adalah menahan kemajuan, itu bisa membahayakan dan kita berhak menentang. Namun, sejarah kemajuan adalah sejarah tentang bisnis monopoli lebih baik yang menggantikan pemegang monopoli terdahulu.

Monopoli menggerakkan kemajuan karena janji laba monopoli bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun dan menyediakan insentif yang kuat untuk berinovasi. Selanjutnya pelaku monopoli dapat terus berinovasi karena laba yang didapatkan memungkinkan mereka menyusun rencana-rencana jangka panjang dan membiayai proyek-proyek penelitian yang hanya menjadi mimpi bagi perusahaan-perusahaan yang terbelenggu dalam kompetisi.

Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda]

 

Pengertian Bisnis yang Sukses

Di dunia nyata di luar teori ekonomi, suatu bisnis bisa sukses jika melakukan sesuatu yang tidak mampu dikerjakan oleh orang lain. Dengan demikian, monopoli adalah sebuah patologi atau pengecualian. Monopoli adalah kondisi setiap bisnis yang sukses.

Semua perusahaan yang bahagia (sukses) berbeda satu sama lain. Mereka masing-masing memiliki monopoli melalui pemecahan sebuah masalah yang unik. Semua perusahaan yang gagal itu serupa. Mereka gagal membebaskan diri dari kompetisi.

 

Apakah bisnis Anda merupakan bisnis yang bernilai kompetisi sempurna atau perusahaan monopoli? Sejauh apa pencapaian keberhasilan dari bisnis yang sedang Anda jalankan? Berikan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Setiap artikel yang publikasikan oleh Finansialku dapat Anda bagikan kepada rekan-rekan atau kenalan Anda sebagai sumber referensi bagi mereka dalam menjalankan usaha atau bisnis. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

 

Sumber Gambar:

  • Perusahaan Google – https://goo.gl/bJQmYS
  • Inovasi Bisnis – https://goo.gl/q4swD4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang