Sebenarnya membeli rumah bekas juga dapat mendatangkan keuntungan. Apa saja sih keuntungan membeli rumah bekas?

Artikel ini akan membahas 5+ keuntungan membeli rumah bekas. Yuk simak artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5+ Keuntungan Membeli Rumah Bekas

Meningkatnya kebutuhan hunian masyarakat, membuat pilihan rumah bekas menjadi sebuah pertimbangan yang layak dipikirkan.

 Selain biaya mahal dan sulitnya membangun rumah baru, membeli rumah bekas ternyata menyimpan beberapa keuntungan.

Berikut adalah 5+ keuntungan membeli rumah bekas.

 

#1 Harga Lebih Murah

Tentu membeli rumah bekas pasti harganya akan lebih murah. Harga murah ini juga dipengaruhi dengan kondisi rumah pada saat ditinggalkan oleh pemilik rumah.

Biasanya semakin tinggi biaya renovasi atau perbaikan rumah yang dibutuhkan oleh pemilik baru, akan semakin murah pula rumah dijual.

Selain itu, rumah bekas biasanya dijual lebih murah karena surat-surat yang harus diperbarui atau terdapat beban biaya yang terutang seperti iuran pengelola atau Pajak Bumi dan Bangunan. Biaya ini nantinya harus dibayarkan oleh pemilik baru.

Namun, sebagai pembeli yang smart, Anda harus menghitung biaya yang nantinya harus dikeluarkan untuk kembali membangun rumah. Apakah seimbang dengan harga jual rumah yang ditawarkan.

Harus diingat, jangan sampai Anda tergiur dengan rumah yang dijual dengan harga ‘terlalu murah’. Anda harus jeli melihat status dan riwayat rumah agar dapat terhindar dari hal yang merugikan nantinya.

 

#2 Siap Huni

Keuntungan kedua membeli rumah bekas adalah biasanya rumah tersebut telah siap huni. Pemilik rumah bekas pasti telah memiliki perabotan rumah sederhana. Anda pun dapat menghemat waktu dan biaya untuk mengisi rumah dari nol.

Sangat berbeda dengan rumah baru  terutama yang dibeli dari pengembang. Kebanyakan dari mereka menggunakan sistem indent dan clustering.

5+ Keuntungan Membeli Rumah Bekas yang Bisa Anda Dapatkan 02

[Baca Juga: Sebelum Beli Rumah, Tengok Dulu Rumah Subsidi Jabodetabek]

 

Dengan metode ini, proses pembangunan akan dikerjakan apabila pengembang telah mencapai nilai ekonomis.

Tentu keadaan siap huni ini dengan syarat bahwa rumah tidak rusak parah dan layak ditinggali. Selain itu, Anda harus bernegosiasi kapan rumah tersebut dapat Anda huni, apakah setelah pembayaran lunas sepenuhnya atau lunas setengah.

 

#3 Lingkungan Sudah Terbentuk

Rumah bekas biasanya telah ada dari lama. Ini berarti telah terbentuk lingkungan di sekitar rumah. Selain memiliki lingkungan sosial yang lengkap dan telah aktif, rumah bekas biasanya telah berada pada lingkungan yang memiliki fasilitas memadai.

Jika sebuah hunian berada di lokasi ramai, maka Anda tidak akan sulit mendapatkan transportasi umum, fasilitas kesehatan atau pendidikan.

5+ Keuntungan Membeli Rumah Bekas yang Bisa Anda Dapatkan 03

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah dengan KPR? Ini 5 Tahapannya]

 

Anda pun dapat langsung menanyakan hal tersebut kepada penduduk sekitar.

Bayangkan apabila Anda menghuni rumah baru, biasanya tentu rumah baru tersebut berada di komplek yang baru saja dibangun.

Keadaan pun masih sepi dan belum banyak tetangga, hal ini dapat meningkatkan risiko kriminalitas serta akan sulit untuk mencari bantuan sekitar.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#4 Pajak Lebih Murah

Nilai bangunan rumah bekas biasanya telah mengalami depresiasi sehingga nilainya lebih kecil dibandingkan ketika baru dibangun.

Nilai bangunan ini akan berpengaruh pada nilai jual objek pajak yang menjadi dasar perhitungan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Nilai pajak rumah bekas tersebut tidak akan sebesar bangunan rumah baru.

 

#5 Lebih Mudah di-KPR

Jika Anda mempertimbangkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk membiayai rumah Anda, maka biasanya Anda akan lebih mudah mendapatkan KPR untuk rumah bekas dibandingkan rumah baru.

5+ Keuntungan Membeli Rumah Bekas yang Bisa Anda Dapatkan 04

[Baca Juga: Supaya Gak Ketipu, Pahami Dulu Langkah Aman Beli Rumah Bekas]

 

Hal ini disebabkan rumah bekas yang telah memiliki bentuk fisik, harga dan kepemilikan yang telah pasti. Tentu hal ini akan sangat meringankan pembiayaan rumah Anda.

 

#6 Kemungkinan Negosiasi Harga

Salah satu keuntungan membeli rumah bekas adalah Anda dapat bernegosiasi langsung dengan pemilik rumah. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan harga lebih murah. Anda pun dapat langsung menanyakan dan mengetahui kondisi rumah dari pemiliknya.

Apabila pemilik membutuhkan uang, maka Anda dapat menawar harga lebih rendah dengan pembayaran tunai. Cara ini akan menguntungkan kedua belah pihak, pemilik mendapatkan dana cepat dan Anda mendapatkan harga murah.

 

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Tentu pilihan membeli rumah baru atau rumah bekas harus disesuaikan dengan kondisi dan prioritas Anda. Apabila Anda ingin memilih rumah siap huni dengan harga rendah, maka Anda dapat memilih rumah bekas.

Baik rumah baru dan rumah bekas, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, untuk itu pilihlah dengan bijak.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, apakah Anda mulai mempertimbangkan membeli rumah bekas? Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Kartika Ratnasari. 5 September 2019. Rumah Baru Vs Rumah Second, Lebih Untung Beli yang Mana?. Rumah123.com – https://bit.ly/2FXSl0o
  • Ryan Sugandy. 27 Oktober 2017. 5 Alasan Lebih Untung Beli Rumah Bekas. Kreditgogo.com – https://bit.ly/2G6kVNz

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 01 – https://bit.ly/2tsp1gg
  • Rumah 02 – https://bit.ly/2THriPa
  • Rumah 03 – https://bit.ly/30Ceo6C
  • Rumah 04 – https://bit.ly/2RytEgJ