Apa saja keuntungan rumah subsidi bagi pembelinya? Temukan keuntungan membeli rumah subsidi pada artikel ini.

Rumah subsidi ini pun menyimpan berbagai keuntungan. Artikel ini akan membahas keuntungan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan sebuah bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya. Rumah subsidi dijual dengan harga yang cukup rendah agar para masyarakat mampu membelinya. Untuk harganya sendiri beragam disetiap pulaunya.

Misalnya di Pulau Jawa rumah subsidi akan lebih murah dibandingkan di pulau Kalimantan. Untuk memiliki rumah subsidi, terdapat beberapa syarat.

Yang pertama adalah Anda haruslah WNI (Warga Negara Indonesia). Usia Anda minimal 21 tahun atau telah menikah dan usia maksimal adalah 45 tahun.

5+ Keuntungan Membeli Rumah Bekas yang Bisa Anda Dapatkan 02

[Baca Juga: Milenial, Mending Beli Rumah Atau Ngontrak Aja Ya?]

 

Anda pun wajib memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh pribadi. Selain itu, penghasilan maksimal Anda adalah Rp4 juta per bulan untuk rumah tapak dan Rp7 juta per bulan untuk rumah susun.

Anda juga diperkenankan untuk membeli rumah subsidi apabila belum pernah mengambil KPR.

Kehadiran rumah subsidi ini tentu akan sangat membantu dan menggembirakan. Apalagi bagi para masyarakat yang merasakan sulitnya memiliki hunian yang layak.

 

5 Keuntungan Membeli Rumah Subsidi

Selain mendapatkan hunian yang layak, ternyata rumah subsidi juga mendatangkan beberapa keuntungan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan membeli rumah subsidi.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#1 DP (Down Payment) dan Angsuran Ringan

DP dengan biaya rendah merupakan sebuah teknik marketing yang dinilai berhasil. Mengapa tidak? Uang muka merupakan salah satu faktor yang cukup penting ketika seseorang ingin membeli rumah.

Rata-rata DP (Down Payment) yang dibutuhkan oleh rumah subsidi adalah kurang lebih Rp10 juta.

Dengan kisaran harga rumah subsidi di wilayah Jabodetabek sekitar Rp148 juta. Harga rumah subsidi yang murah, selain mempengaruhi besaran DP, juga mempengaruhi besaran cicilan pembayaran rumah.

Untuk membeli rumah subsidi, biasanya Anda akan hanya dikenakan Rp1 juta per bulan.

Harga Naik Lagi Tahun Depan, Ayo Beli Rumah Subsidi! - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti 5 Tips Beli Rumah Tanpa Riba Berikut Ini]

 

Selain itu, bunga cicilan yang dikenakan adalah fixed rate atau bunga tetap, hingga masa tenor kredit selesai. Jangka waktu yang diberikan oleh rumah subsidi pun biasanya panjang.

Umumnya hingga 20 tahun. Hal ini akan sangat membantu masyarakat agar tidak terbebani oleh cicilan bulanan. Selain itu, cicilan rumah subsidi biasanya bebas PPN dan bebas asuransi.

 

#2 Pengembang Terpercaya 

Pembangunan rumah subsidi adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan para pengembang terpercaya.

Sangat kecil kemungkinan adanya ‘pengembang nakal’. Beberapa pengembang berkualitas tersebut terdaftar di dalam APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia) dan REI (Perusahaan Real Estat Indonesia).

Selain telah berpengalaman di bidangnya, para pengembang tersebut juga pastinya telah memiliki nama dan hasilnya tidak perlu diragukan lagi.

Pengembang tersebut pun mendapatkan keuntungan dari rumah subsidi ini dari meningkatnya daya beli masyarakat serta permintaan properti yang semakin tinggi.

 

#3 Lokasi Potensial

Banyak yang beranggapan bahwa rumah subsidi berlokasi sangat jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, lokasinya sering menjadi halangan untuk membeli rumah subsidi.

Sebenarnya wajar saja, karena pastinya harga tanah di pinggir kota lebih murah dibandingkan pusat kota.

Ikuti 5 Tips Beli Rumah Tanpa Riba Berikut Ini 00

[Baca Juga: Sebelum Beli Rumah, Tengok Dulu Rumah Subsidi Jabodetabek]

 

Namun pinggir kota tidak seharusnya menjadi kekurangan dari rumah subsidi. Padahal sebaliknya, rumah subsidi dibangun di kawasan industri yang sedang dan akan berkembang.

Dengan industri yang semakin berkembang, lokasi tersebut akan membantu para masyarakat sekitar untuk mendapatkan kesempatan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

 

#4 Keuntungan Rumah Subsidi, Siap Huni

Selain harga yang sangat menarik, rumah subsidi biasanya telah siap huni. Dengan kata lain, rumah yang dibangun adalah rumah jadi bukan rumah inden.

Selain rumah siap huni, para calon pembeli juga mendapatkan kesempatan untuk memastikan apakah kondisi rumah dibangun dengan baik.

Ini akan menghemat waktu dan biaya Anda. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama dan biaya yang dikeluarkan untuk renovasi atau mengisi rumah pun sangat minimal.

 

#5 Keuntungan Rumah Subsidi Ketiga Persyaratan Mudah

Keuntungan terakhir membeli rumah subsidi adalah persyaratan mudah. Jika dibandingkan membeli rumah dengan KPR, rumah subsidi ini memiliki persyaratan yang mudah dipenuhi dan langkahnya Juga mudah.

Ikuti 5 Tips Beli Rumah Tanpa Riba Berikut Ini 02

[Baca Juga: Belum Punya Rumah? Kenali Dulu Rumah Subsidi di Indonesia]

 

Beberapa persyaratan membeli rumah subsidi menurut Peraturan Kemenpera No. 3 Tahun 2014 adalah:

  • WNI berusia minimal 21 tahun
  • Berpenghasilan tetap (maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk rumah sejahtera susun)
  • Memiliki NPWP
  • Mengumpulkan fotokopi SPT dan PPh
  • Tidak memiliki rumah pribadi
  • Belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk proses kepemilikan rumah.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga lebih meyakinkan Anda untuk mengambil keputusan membeli rumah subsidi. Bila Anda merasa informasi yang terkandung dalam artikel ini bermanfaat, mengapa tidak untuk berbagi informasi yang sama pada rekan-rekan Anda?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Maret 2019. Simak 5 Untung Rugi Sebelum Memilih Beli Rumah Subsidi. Merdeka.com – https://bit.ly/37ifmra