Tips Mempertahankan UMKM: Belum selesai tantangan industri 4.0, kini dunia bisnis dihantam dengan pandemi covid-19 yang berdampak buruk pada sejumlah sektor usaha termasuk UMKM.

Apakah UMKM bisa bertahan dan bangkit di kondisi saat ini? Artikel Finansialku akan membagikan tipsnya. Yuk simak baik-baik!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menghadapi Dunia Bisnis yang Dinamis

Sobat Finansialku, layaknya kehidupan yang kita jalani dimana selalu ada tantangan, begitu pula gambaran yang juga terjadi pada dunia bisnis.

Maka dari itu, saat mengambil langkah untuk membuka bisnis atau usaha bukanlah perkara mudah. Selain ide, konsep, dan tentunya modal, kesiapan mental pebisnis pun sangat diperlukan.

Tujuannya agar bisnis yang dijalankan bisa survive saat menghadapi berbagai tantangan, termasuk yang tak terduga.

Kiat UMKM Bertahan di Tengah Pandemi dan Industri 4.0 02

[Baca Juga: PENTING! Cara Mengelola Keuangan UMKM Agar Bertahan]

 

Tantangan dalam dunia bisnis ibarat ujian. Jika Anda mengambil langkah tepat, maka ujian pun lulus yang artinya bisnis Anda mampu bertahan bahkan berkembang.

Tapi ketika salah langkah dalam melewati ujian ini, jangankan berkembang, untuk bertahan pun diragukan, mengingat persaingan bisnis akan semakin ketat terlebih saat ini Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0 bersamaan dengan pandemi Covid-19.

Kondisi ini terbilang mengejutkan banyak pihak bahkan diluar dugaan. Hampir seluruh sektor kehidupan merasakan dampaknya, termasuk dalam aspek bisnis.

Mulai dari turunnya daya beli masyarakat yang berpengaruh pada merosotnya omzet. Alhasil, perusahaan besar yang terbilang sudah stabil pun banyak yang kocar-kacir untuk menutupi biaya operasional bisnisnya. Belum lagi jika ada cicilan utang yang harus dibayarkan.

Tak heran, beberapa waktu ke belakang terjadi PHK besar-besaran karena ketidakmampuan perusahaan menggaji karyawannya.

Jika bisnis yang sudah besar saja bisa bernasib demikian, bagaimana dengan usaha kecil atau menengah seperti para UMKM?

 

Menjadi UMKM Siap Bertahan Hadapi Tantangan

Sobat Finansialku, seperti disampaikan sebelumnya bahwa tantangan yang saat ini dirasakan para pebisnis atau pelaku usaha memang tidaklah mudah.

Saat Indonesia sepakat untuk memberlakukan industri 4.0 saja sudah cukup membuat pebisnis memutar otak agar mampu mengimbanginya.

Belum selesai dengan itu, terjadi pandemi Covid-19 yang semakin memberi tekanan pada dunia bisnis, termasuk yang dirasakan para UMKM.

Tidak sedikit diantara UMKM yang melumpuhkan usahanya selama beberapa waktu. Bahkan ada yang harus gulung tikar karena tidak bisa bangkit dari kondisi ini.

Kiat UMKM Bertahan di Tengah Pandemi dan Industri 4.0 03

[Baca Juga: Pemilik UMKM Tetap Digaji, Bagaimana Sistem Penggajiannya?]

 

Namun, tidak semua UMKM bernasib demikian. Percaya atau tidak, banyak juga yang bisnisnya tetap stabil bahkan cenderung mengalami peningkatan omzet.

Bagaimana caranya? Ketahui tipsnya berikut ini!

 

#1 Libatkan Teknologi

Apapun bisnis yang digeluti, saat ini mau tidak mau kita mengarah pada inovasi digital. Artinya, libatkan teknologi ketika Anda berbisnis.

Dalam hal ini, Anda bisa memulainya dengan melakukan digital marketing atau pemasaran via online. Manfaatkan berbagai media sosial yang ada, sesuaikan dengan target pasarnya.

Bisa melalui Facebook, Instagram, Youtube, bahkan WhatsApp dan media sosial lainnya. Jangan lupa, keberadaan marketplace juga sangat mendukung keberlangsungan bisnis Anda.

Era “the power of online” memang tengah terjadi. Apalagi kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan kita lebih banyak dirumah dan mengurangi aktivitas diluar rumah, menjadi peluang besar untuk bisnis yang sudah go online.

 

#2 Fleksibel dalam Beradaptasi

Dunia bisnis itu dinamis, maka janganlah kaku ketika menjalankannya. Cobalah fleksibel untuk melihat peluang yang bisa dimanfaatkan dan pintarlah beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.

Misalnya, ketika bisnis yang dijalankan sudah stuck, bahkan terus menerus terjadi penurunan omzet, maka tidak ada salahnya berpindah haluan.

Mungkin yang semula berjualan pakaian, tetapi penjualannya kurang memuaskan, Anda bisa beralih sebagai produsen masker kain yang notabene diperlukan saat kondisi seperti ini.

Jadi proses adaptasi ini sangat diperlukan supaya geliat bisnis yang dijalankan tetap bertahan.

 

#3 Terus Berinovasi

Selain adaptasi, UMKM juga harus terus berinovasi. Salah satunya bisa dari packaging produk.

Jika Sobat Finansialku memasarkan produk secara online, artinya para calon pembeli tidak bisa melihat atau merasakan produk yang dijualnya secara langsung.

So, di sinilah ide kreatif dan inovasi harus dikolaborasikan misalnya dengan menciptakan packaging yang menarik perhatian. Harapannya dari packaging tersebut menjadi daya tarik calon pembeli meski tidak bisa melihat produk secara langsung.

Selain packaging, masih banyak inovasi lainnya yang bisa diciptakan oleh para pebisnis termasuk UMKM. Yuk gali idenya kira-kira inovasi apa yang bisa diterapkan pada produk Anda?

 

#4 Peningkatan Kualitas

Tips lain agar UMKM siap bertahan hadapi tantangan adalah melakukan peningkatan kualitas. Seperti diketahui bahwa persaingan bisnis itu semakin ketat, maka produk berkualitas baik yang umumnya unggul di pasaran.

Dalam hal ini, Anda bisa memulainya dari feedback atau review yang disampaikan pembeli.  Sehingga peningkatan kualitas yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Kiat UMKM Bertahan di Tengah Pandemi dan Industri 4.0 04

[Baca Juga: Perlukah UMKM Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis?]

 

#5 Pantau Laporan Keuangan

Lagi dan lagi ketika berbicara bisnis pasti tidak terlepas dari laporan keuangan. Ternyata adanya laporan keuangan ini bisa membantu UMKM Anda tetap bertahan. Caranya?

Laporan keuangan menjadi acuan pebisnis ketika akan mengambil langkah dalam pengembangan usaha. Entah itu menambah modal, melakukan pinjaman, dan sebagainya.

Celakanya bagi pebisnis yang mengabaikan laporan keuangan ini, seringkali tidak tepat saat mengambil keputusan. Misalnya dia meminjam uang dengan sejumlah tertentu, tanpa mempelajari laporan keuangan.

Padahal sebelumnya dia sudah mempunyai cicilan wajib yang harus dibayar. Karena tidak ada track record dalam laporan keuangan, alhasil ia terlilit utang piutang mengingat income bisnis tidak mencukupi bayar cicilan.

Jadi, sudah tergambarkan pentingnya laporan keuangan?

 

Pengembangan UMKM juga Berkembangnya Kemampuan Berbisnis

Seiring berjalannya waktu, setiap bisnis tidak hanya ingin bertahan tapi juga berkembang.

Jika Anda sudah mencoba menerapkan beberapa tips agar UMKM bertahan, giliran Anda sendiri sebagai pebisnis cari ilmu untuk mengembangkan kesiapan berbisnis.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut.

 

#1 Diskusi dengan Sesama UMKM

Tidak ada salahnya jika Anda berdiskusi atau sharing dengan sesama UMKM. Tujuannya untuk menambah wawasan dan pengalaman baru dalam berbisnis.

Siapa tahu, strategi ataupun konsep bisnis yang dilakukan berbagai UMKM bisa menjadi referensi dan diterapkan pada bisnis yang Anda jalani. Paling tidak, bisa meningkatkan jiwa bisnis pada diri Anda.

 

#2 Ikuti Pelatihan

Saat ini sudah banyak pelatihan yang diberikan kepada UMKM, yang diselenggarakan oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk upgrade skill Anda sebagai pebisnis. Jika ada kendala yang ditemui pada bisnis tersebut, Anda juga bisa berkonsultasi karena biasanya pada kegiatan seperti ini akan dihadirkan para pembicara yang kompeten di bidang bisnis.

Misalnya kendala soal digitalisasi bisnis yang dijalani, Anda bisa ikuti pelatihan terkait supaya lebih memahami bagaimana taktik penjualan menggunakan media online.

 

#3 Belajar dari Berbagai Literatur

Cara lain yang bisa Sobat Finansialku lakukan adalah belajar dari berbagai literatur, seperti online course, ebook seputar bisnis, dan sebagainya.

Apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang, informasi yang dibutuhkan lebih mudah didapatkan. Tinggal menumbuhkan keinginan yang terkadang masih sulit diwujudkan, betul?

Semoga Anda termasuk yang semangat untuk upgrade skill berbisnis ya..

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Tantangan Bisnis, Siapa Takut?

Sobat Finansialku, itulah informasi seputar tips mempertahankan UMKM di tengah berbagai tantangan bisnis yang harus dihadapi.

Jika Anda sudah membekali diri dengan kesiapan berbisnis, dan mengikuti perkembangan zaman, jangan takut usaha Anda akan terpuruk. Anda bisa mengubah tantangan menjadi sebuah harapan.

Namun, jika dalam prosesnya Anda mengalami kesulitan menemukan titik terang, saya siap membantu Anda dan kita lakukan konsultasi lebih lanjut untuk bersama-sama menemukan solusinya.

Sobat Finansialku bisa berkonsultasi langsung dengan saya, melalui dua cara. Cara pertama yaitu mendaftarkan diri lewat di konsultasi.finansialku.com. Nanti, di link tersebut, Sobat Finansialku bisa mendaftarkan diri untuk melakukan konsultasi dengan saya sesuai dengan jadwal yang tersedia.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, Sobat Finansialku tinggal menunggu informasi lebih lanjut dari Admin.

step booking konsul-01 (1)

 

Sementara cara kedua yang bisa dilakukan adalah konsultasi melalui aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Setelah itu, Sobat Finansialku bisa langsung melakukan konsultasi GRATIS tanpa mengantre, di mana saja dan kapan saja selama jam kerja bersama perencana keuangan dari Finansialku.

Fitur ini bisa dinikmati sepuasnya oleh Sobat Finansialku yang berlangganan akun premium, hanya dengan harga Rp 350.000 untuk 365 hari atau satu tahun penuh!

Jadi, ini sama saja dengan Sobat Finansialku menganggarkan dana Rp 986 per hari, ‘kan? Mau untung lagi? Gunakan kode voucher CUAN50 untuk mendapatkan potongan Rp 50.000.

Sobat Finansialku bisa mendapat banyak ilmu baru dan solusi untuk mengatasi permasalahan dalam dunia bisnis. Selamat mencoba…

 

 

Mengenai artikel kali ini, jangan ragu untuk menyampaikan tanggapan di kolom komentar di bawah ini.

Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan bisa membantu bisnis Anda siap bertahan di berbagai keadaan. Terima kasih

 

Sumber Gambar:

  • UMKM – https://bit.ly/3byIZJT, https://bit.ly/35rJeCq, https://bit.ly/3snR89Y, https://bit.ly/2LobsY3