Pernah mendengar istilah KIK EBA? Adalah Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset. Kira-kira sudahkah Anda merasakan manfaat dari pembelian KIK EBA ini?

Oleh karena itulah, Finansialku ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman Anda tentang KIK EBA dan seperti apa variatifnya manfaat KIK EBA.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Polling: Apa yang Anda Ketahui tentang KIK EBA?

Produk investasi yang tersedia saat ini sangat beragam, bahkan masing-masing memiliki ciri khas yang kerap dijadikan unggulan.

Belum lama ini santer terdengar jenis investasi Reksa dana, tapi bukan itu yang akan dibahas dalam artikel kali ini melainkan salah satu produk investasi berbentuk hukum Kontrak Investasi Kolektif (KIK), yakni Efek Beragun Aset atau sering disingkat KIK EBA.

Seperti dilansir dari Kontan.co.id (Senin, 4/3/2019), KIK EBA adalah kontrak antara Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK) yang mengikat pemegang EBA, saat MI diberi wewenang mengelola portofolio kolektif dan BK diberi wewenang melaksanakan penitipan kolektif.

Nah sebelum mengulas KIK EBA lebih jauh, Finansialku ingin bertanya:

Apa yang Anda pahami tentang KIK EBA?

 

Berikan jawaban Anda dengan mengisi polling berikut ini ya:

[total-poll id=106528]

 

Saya yakin, setelah mengisi polling ini Anda sedikit demi sedikit mulai memahami apa itu KIK EBA.

Supaya lebih memahami KIK EBA, Finansialku akan menjabarkan lebih jelas mengenai salah satu investasi tersebut. Check it out.

 

Mengenal KIK EBA

Jika portofolio KIK reksa dana adalah efek-efek di pasar uang (surat utang) dan pasar modal (saham perusahaan publik atau surat utang), maka lain halnya dengan KIK EBA.

Reksa Dana KIK-EBA - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Efek Beragunan Aset (EBA) Syariah?]

 

Portofolio pada investasi ini berupa aset keuangan, misalnya tagihan yang timbul dari pemberian kredit (kredit rumah/KPR) atau tagihan kredit lainnya.

Lebih luas, KIK EBA bisa juga aset yang menghasilkan arus kas masa depan dari suatu tagihan atau penjualan produk atau jasa, atau dari aset keuangan lainnya. Selain itu, Efek bersifat hutang yang dijamin oleh Pemerintah, Sarana Peningkatan Kredit (Credit Enhancement)/Arus Kas (Cash Flow), serta aset keuangan setara dan aset keuangan lain yang berkaitan dengan aset keuangan tersebut  juga termasuk dalam EBA.

 

Pembentukan KIK EBA

KIK EBA pada dasarnya dibentuk melalui proses sekuritisasi aset.

Melansir Dosenpendidikan.com (Senin, 4/3/2019), sekuritisasi didefinisikan sebagai sebuah proses mepaketkan (packaging) pinjaman individu atau perusahaan dan instrumen utang yang dikonversikan kepada sebuah instrumen investasi dan memperbaiki status kredit atau peringkatnya ditingkatkan untuk dijual kepada perusahaan.

Adapun instrumen atas hasil sekuritas ini dikenal dengan Efek Beragun Aset (EBA).

Sementara itu, sumber lainnya yakni Sikapiuangmu.ojk.co.id, menjabarkan proses pembentukan KIK EBA adalah kreditur awal sebagai pihak yang memiliki tagihan masa depan “menjual” hak tagih atas pokok dan bunga dari suatu pembayaran kredit kepada KIK EBA.

Investor secara kolektif akan membeli di awal aset berupa tagihan tersebut melalui KIK EBA. Kemudian investor akan menerima imbal hasil sebagai kompensasinya.

 

Manfaat dan Keunggulan KIK EBA

Bagi kreditur awal, KIK EBA bermanfaat karena penjualan aset tagihan akan mendatangkan dana segar yang kemudian bisa diinvestasikan kembali.

Sedangkan di mata investor, dengan membeli aset tagihan dapat menjadi alternatif investasi untuk diversifikasi serta memperoleh imbal hasil lebih tinggi dari investasi di deposito atau obligasi.

Selain itu, KIK EBA bagi investor menjadi alternatif pendanaan jangka panjang misalnya 3-10 tahun karena KIK EBA lebih menarik dibandingkan surat utang lainnya seperti obligasi dan promes.

Sekalipun penerbit EBA (Originator) pailit, tagihannya akan tetap ada.

Inilah yang membedakan dari pembeli obligasi atau promes yang akan kehilangan dananya jika perusahaan penerbit obligasi atau promes yang bersangkutan mengalami kepailitan.

Nah, sudah mulai tergambar kan manfaat dari KIK EBA ini? Sebagai investor ataupun kreditur awal, Anda bisa mempertimbangkan manfaat berikut sebagai bahan rekomendasi dan pertimbangan ya.

Oia for more information, dibalik manfaatnya KIK EBA juga mempunyai beberapa keunggulan lho. Berikut adalah keunggulan KIK EBA:

 

#1 Biaya Dana Murah

Maksudnya adalah para penerbit EBA akan mengeluarkan biaya yang lebih murah yaitu dengan meningkatnya rating atas kualitas piutang yang dijaminkan berarti terjaminnya pasokan arus kas dari EBA.

Sehingga dapat ditawarkan dengan tingkat pengembalian rendah untuk investor dan investornya menyukainya karena investasinya lebih aman.

 

#2 Efisiensi Penggunaan Modal

Dengan adanya EBA maka struktur neraca perusahaan akan semakin besar daya ungkitnya (leverage).

Dimana pengelolaan manajemen keuangan perusahaan akan semakin pruden taat asas dan efisien dalam menggunakan dana yang dimiliki karena relatif tingginya struktur daya ungkit (leverage) sebagai akibat dari adanya EBA tersebut.

 

#3 Sumber Pembiayaan dan Likuiditas

Artinya diversifikasi sumber pembiayaan bukan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar tetapi juga perusahaan kecil atau perusahaan non-investasi.

Selain itu, sumber likuiditas khususnya untuk perusahaan menengah kecil yang sering menghadapi masalah peminjaman secara tradisional maka sekuritisasi sangat membantu perkembangan perusahaan tersebut.

 

Apakah KIK EBA Memiliki Risiko Tersendiri?

Dibalik keuntungan dan keunggulannya tentunya ada juga risiko yang bisa saja terjadi pada KIK EBA. Salah satunya terletak pada suku bunga.

EBA akan mengalami fluktuasi harga yang merupakan pengaruh dari perubahan suku bunga. Nantinya harga EBA akan turun bila terjadi peningkatan suku bunga.

Kenali Investasi DIRE, Reksa Dana Penyertaan Terbatas dan KIK Efek Beragun Aset dalam Dunia Investasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Investasi DIRE, Reksa Dana Penyertaan Terbatas dan KIK Efek Beragun Aset dalam Dunia Investasi]

 

Case lainnya adalah risiko jika terjadi pelunasan lebih awal “early call” yang akan memengaruhi yield yang diterima bila terjadi pelunasan lebih awal.

Selanjutnya adalah risiko pada gagal bayar. Pemegang EBA akan mengalami kerugian apabila debitur dari aset jaminan mengalami kebangkrutan atau tidak mampu membayar tepat pada waktunya atas bunga dan pinjaman pokok.

Guna menghindari risiko yang tentunya tidak Anda harapkan, tidak ada salahnya jika Anda pahami risiko investasi KIK EBA salah satunya investor dapat melihat rating yang diberikan oleh Lembaga Pemeringkat Efek atas penerbitan KIK EBA.

Rating ini memberikan gambaran kualitas aset tagihan dalam memenuhi kewajiban pembayaran imbal hasil dan pokok investasi kepada investor.

Selanjutnya, jika Anda sudah memantapkan pilihan maka pembelian KIK-EBA dapat dilakukan secara langsung melalui perusahaan Manajer Investasi.

Perusahaan Manajer Investasi ini yang menerbitkan dan mengelola Reksa Dana, melalui underwriter (penjamin), atau melalui Bank sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Jika Anda membutuhkan panduan investasi reksa dana untuk pemula, Anda bisa membaca ebook di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Sebelum Memilih, Pahami dan Pelajari Investasi KIK EBA

Setelah dijelaskan aspek-aspek penting terkait KIK EBA, maka sebelum Anda menentukan pilihan sebaiknya pahami dan pelajari terlebih dulu secara saksama.

Salah satu tujuan investasi adalah memperoleh keuntungan, jika Anda sudah paham dengan dunia investasi salah satunya KIK EBA maka sesuaikan investasinya dengan tujuan Anda.

Sebelum Anda berinvestasi alangkah baiknya Anda memiliki rencana keuangan yang matang. Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku yang bisa Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda mempunyai pengalaman dengan investasi KIK EBA? Jika ada, jangan ragu untuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya.

Bagikan artikel ini kepada teman dan Kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Eko Pratomo. Jumat 6 Juli 2018. KIK Efek Beragun Aset. Kontan.co.id – https://goo.gl/hfGdVE
  • Redaksi. Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK). Sikapiuangmu.ojk.go.id – https://goo.gl/PqTtdA
  • Redaksi. “Efek Beragun Aset ( EBA )” Pengertian & ( Manfaat – Risiko – Contoh ). Dosenpendidikan.com – https://goo.gl/8XHxzj

 

Sumber Gambar:

  • Investasi – https://goo.gl/auuNed