Siapa tidak mengenal Ace Hardware? Inilah kisah sukses Kuncoro Wibowo sosok hebat pelopor Ace Hardware Indonesia!

Ace Hardware merupakan salah satu toko ritel yang terbesar di Indonesia, ACE hardware sangat mudah untuk ditemukan dipenjuru kota-kota besar. Mau tau kisah sukses pendiri ACE hardware Indonesia? Yuk simak kisah berikut

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Siapakah Kuncoro Wibowo?

Sebagian besar dari kita pasti pernah berbelanja di ACE yang menjual bidang perlengkapan rumah dan produk gaya hidup, di toko ritel yang identik dengan kombinasi logo merah dan putih tersebut.

Kuncoro Wibowo merupakan warga Negara Indonesia kelahiran Jakarta 1956, yang merupakan pemegang tunggal toko ACE Hardware Indonesia sekaligus menjabat komisaris utama ACE Hardware Indonesia.

Kisah Sukses Kuncoro Wibowo, Pelopor Ace Hardware Indonesia 02 Kuncoro Wibowo 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry Rajin Menabung Gaji Tidak akan Membuat Kaya, Kalau Mau Begini Cara Menabung yang Bisa Bikin Kaya]

 

Ia menyelesaikan pendidikannya di London Business School, Program Non-Diploma, Inggris, 1977, dan di Universitas Terbuka Indonesia, jurusan Manajemen Ekonomi, pada tahun 1993.

Salah satu perannya adalah merumuskan rencana pengembangan strategis perusahaan. Posisinya sebagai Manajer Penjualan di PT Kawan Lama Sejahtera pada tahun 1977 adalah karier pertamanya di Grup Kawan Lama.

Selain sebagai Komisaris Utama, ia juga memegang posisi penting di beberapa perusahaan Grup Kawan Lama.

 

Awal Mula ACE Hardware Indonesia

Bisnis ACE Hardware dimulai di tahun 1995, dengan Kuncoro Wibowo sebagai pemegang lisensi utama.

Kuncoro memulai karier-nya dengan membantu sang ayah Wong Jin, dengan berjualan perkakas di daerah Glodok, Jakarta Pusat bersama adik-adiknya.

Toko yang dimiliki Wong Jin, ayah Kuncoro bukanlah toko retail yang besar, toko itu hanyalah toko berukuran 3×3 meter.

Pada tahun 1981 saat ayahnya wafat, Kuncoro memulai untuk semakin giat mengembangkan bisnis perkakas tersebut untuk menjadikannya lebih berkembang.

Kemudian akhirnya berekspansi dengan mendirikan PT ACE Hardware dan memiliki lisensi tunggal ACE Hardware, yaitu perusahaan perkakas yang berasal dari Amerika Serikat.

ACE Hardware untuk pertama kalinya dibuka di Supermal Karawaci, Kota Tangerang.

 

Merintis Usaha dari Bawah

Usaha yang dimiliki Kuncoro bukan merupakan warisan dari sang Ayah. Jangan bayangkan Kuncoro kecil merupakan anak juragan Glodok yang kaya raya Bermula dari toko perkakas di Glodok, Jakarta Pusat.

Kuncoro terus mengembangkan ACE Hardware Indonesia. Sementara sang ayah berjualan perkakas, sang ibu merupakan seorang ibu rumah tangga.

Kuncoro kecil dan saudara-saudara kandungnya sepulang sekolah sering membantu di toko perkakas milik ayahnya, dari siang hari hingga tutup jam lima sore.

 

Kuncoro Sempat Putus Sekolah

Pria kelahiran 1956 ini pernah  berhenti dari pendidikan formalnya dikarenakan  tragedi G 30 S PKI tahun 1965. Akhirnya, ia tetap melanjutkan pendidikannya melalui homeschooling alias mengundang guru kerumah

Saat mulai beranjak remaja, Kuncoro terbilang cepat untuk belajar dan mengembangkan bisnis.

Mulai dari remaja, Kuncoro sudah mulai berkeliling berbagai negeri untuk berinteraksi dengan perusahaan pemasok barang-barang perkakas dan bernegosiasi.

 

Jeli untuk Melihat Peluang Bisnis

Bisa dibilang, Kuncoro sangat jeli untuk melihat peluang bisnis yang menguntungkan buat masa depan.

Siapa sangka kegigihannya yang awalnya hanya membantu ayahnya untuk cari pemasok dan menghadiri beragam pameran perkakas itu menjadi cikal-bakal hadirnya Grup Kawan Lama. Plus, tentu aja ilmu marketing yang diwariskan oleh sang ayah.

 

Prinsip yang Dipegang oleh Kuncoro dalam Berbisnis.

“Jangan sampai orang sudah dua tiga langkah didepan, kita masih mikir” Hal tersebut Kuncoro terapkan dalam mengembangkan bisnisnya.

Kuncoro berprinsip jika ingin mengembangkan bisnisnya, kita harus berani berfikir selangkah lebih maju daripada orang lain.

Jangan banyak berfikir, Anda bisa menjalankan bisnis sambil berfikir. Jika kita terlalu banyak berfikir, kesempatan yang ada mungkin bukan milik Anda lagi tapi menjadi milik orang lain.

Kisah Sukses Kuncoro Wibowo, Pelopor Ace Hardware Indonesia 03 Kuncoro Wibowo 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Penghasilan untuk Millenial? Tanpa Korupsi, Tanpa Klenik dan Tanpa Goreng Gaji]

 

Kuncoro Wibowo mengatakan:

“I want to be something different. Saya kalau sudah punya keinginan harus sampai dapat, kalau masih ada yang belum tercapai saya usahakan sampai dapat.”

 

Kuncoro Wibowo sudah giat membantu ayahnya sejak masih SD. Prinsip Kuncoro Wibowo adalah learning by practicing, beliau terapakan. Lakukan saja jangan terlalu banyak berfikir, apabila salah, tinggal diperbaiki.

Dalam menjalankan bisnis pasti ada fase up and down, itu pasti. Tapi tinggal kami belajar terus untuk memperbaiki kesalahan tersebut sampai mandiri.

 

Jangan Sampai Bisnis Anda Stop di Third Generation

Pasalnya banyak bisnis yang sudah dibangun dengan besar tetapi tidak bisa dipertahankan, memang membangun sebuah prestasi lebih mudah daripada mempertahankannya, hal tersebut berlaku untuk menjalankan bisnis Anda.

Menurut Kuncoro, tantangan bagi generasi ketiga adalah untuk growing next generation. Hal ini pun bukan tanggung jawab yang ringan.

Pasalnya, Kuncoro mengamati banyak sekali perusahaan keluarga yang tidak bertahan hingga ke generasi ketiga dan generasi selanjutnya.

Maka untuk mempertahankan bisnisnya ia masih memegang teguh prinsip kerja keras dan inovasi, karena menurutnya apalah arti bisnis tanpa inovasi.

Jika Anda membutuhkan referensi untuk Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis Anda dapat membaca ebook di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Tips dari Pelopor Ace Hardware Indonesia

Simak beberapa tips yang bisa Anda tiru dari pemegang tunggal lisensi ACE Hardware Indonesia:

 

#1 Pelajarilah Bisnis dari Sedini Mungkin

Melihat histori Kuncoro, Anda harus memberikan tepuk tangan padanya karena Kuncoro sudah mulai belajar bisnis sedini mungkin.

Kalau kita memang memiliki kesempatan buat mencicipi gimana caranya berbisnis, why not? Belajarlah dari menjadi dropshipper atau membuka online shop kecil-kecilan.

Dari situ, Anda bisa belajar bagaimana caranya mempromosikan barang bisnis yang Anda miliki sekaligus berinteraksi dengan pembeli. Anda pun bisa belajar buat mencari distributor/supplier yang tepat.

 

#2 Jadilah berbeda

Kebanyakan toko perkakas yang menjual berbagai macam perabot barang hanya dalam usaha skala kecil. Salah satunya yang Kuncoro alami lingkungan masa kecilnya, yaitu daerah Glodok.

Kemudian Kuncoro melihat ini sebagai sebuah peluang. Bandingkan dengan konsep Ace Hardware dan Informa yang berani hadir dalam bentuk modern dan berbelanja perabot dengan nyaman dan bersih. Tentu ini menjadi sebuah peluang.

 

#3 Terus Kembangkan Bisnis Jangan Pernah Merasa Puas

Banyak pengusaha yang jika sudah memiliki revenue yang besar suka merasa puas dan tidak mengembangkan bisnisnya, akibatnya kedepannya bisnis akan mengalami jalan ditempat atau stuck.

Kuncoro pun bukan tipikal pengusaha yang puas dengan hasil apa yang ia sudah peroleh. Menurut Kuncoro jika sudah merasa puas, tidak akan muncul Kawan Lama Grup (KLG)

Kesuksesan Ace Hardware Indonesia dilanjutkannya dengan ekspansi bisnis merek lainnya, seperti Informa, Krisbow, Toys Kingdom, Ruparupa.com bahkan bisnis makan dan minuman seperti Chatime.

 

Ambil Pelajaran Berharga dari Kisah Sukses Kuncoro Wibowo

Kisah sukses Kuncoro Wibowo menginspirasi bukan? Ayo terapkan tips-tips yang sudah dijelaskan di atas agar Anda dapat mengikuti jejak kesuksesan Kuncoro Wibowo.

Tentunya banyak yang dapat diambil dari kisah sukses tersebut salah satunya ialah kesuksesan dapat diraih meskipun berawal dari hal kecil, semua akan terbayar karena kegigihan dan kerja keras.

Selain itu, banyak hal penting yang perlu diperhatikan salah satunya dalam mengatur keuangan. Apakah Anda sudah mengatur keuangan Anda dengan baik?

Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan baik. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Management Profile: Kuncoro Wibowo – President Commisioner. Acehardware.co.id – https://goo.gl/ifCLD5
  • Helda. 28 Juni 2018. Perkenalkan Ace Hardware ke Indonesia, Ini Kisah Sukses Kuncoro Wibowo. Moneysmart.id – https://goo.gl/K3fLZE
  • Admin. Kuncoro Wibowo, 26 Desember 1956 – Sekarang. Viva.co.id – https://goo.gl/dp77ri
  • Admin. Kuncoro Wibowo – Dari Glodok Menuju Orang Terkaya Indonesia. Cerdasin.com – https://goo.gl/UavscH
  • Admin. #18 Kuncoro Wibowo & family. Forbes.com – https://goo.gl/MXMVHt
  • Eddy Dwinanto Iskandar. 24 September 2017. Jurus Kawan Lama Group Bertumbuh Hingga Tiga Generasi. Swa.co.id – https://goo.gl/ZU5ao8
  • Admin. ACE Hardware Indonesia. Indonesia-investments.com – https://goo.gl/9xtLG8

 

Sumber Gambar:

  • Kuncoro Wibowo – https://goo.gl/t8W489
  • Kuncoro Wibowo 2 – https://goo.gl/Mw5RQo
  • Kuncoro Wibowo 3 – https://goo.gl/R1YrGn