Berawal dari keisengan, Marissa Haryati berhasil meraup omzet puluhan juta rupiah dengan membuat produk Ant Man.

Apa sebenarnya produk Ant Man? Bacalah artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara wanita asal Bandung ini berhasil membuat bisnis yang sukses.

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Start It Up

 

Produk Ant Man

Pasti Anda pernah mendengar atau menonton cerita seorang pahlawan super yang bernama Ant Man?

Yang membuat Ant Man berbeda dari pahlawan super lainnya adalah sebuah jubah yang mampu membuatnya mengecil hingga sekecil semut dan membesar hingga sebesar sebuah gedung.

Seluruh barang yang ditempelkan mesin khusus tersebut dapat mengecil dan membesar kembali.

Produk Ant Man adalah sebutan untuk barang-barang yang kecilnya sangat kecil, layaknya Ant Man. Ide ini dipakai oleh seorang wanita asal Bandung sebagai bisnis UMKM, yaitu Marissa Haryati.

Kisah Sukses UMKM Marissa Haryati, Pembuat Produk Ant Man yang Unik dan Meraih Perhatian Masyarakat 1 Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)]

 

Marissa menjual produk Ant Man yang merupakan miniatur dari produk keperluan sehari-hari. Produk tersebut misalnya, makanan kemasan, obat pembasmi nyamuk, tabung gas elpiji 3 kg.

Merek yang dipilih oleh Marissa juga merupakan merek terkenal dan pasti Anda temui sehari-hari, misalnya pasta gigi Pepsodent, Indomie, sampo Clear, Kecap Bango dan masih banyak lagi.

Bukan hanya menjadi pajangan, produk tersebut dibentuk untuk dijadikan gantungan kunci, tempelan magnet pada kulkas atau anting-anting.

Karena jenisnya beragam, banyak perusahaan yang memesan untuk dijadikan suvenir perusahaan mereka.

Harga miniatur imut tersebut juga beragam. Mulai dari yang paling murah yaitu magnet kulkas yang berharga Rp8 ribu hingga gantungan kunci yang harganya Rp35 ribu.

Untuk yang paling mahal adalah anting mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Perbedaan harga juga ditentukan dari tingkat kesulitan pembuatan hingga detail produk yang ditawarkan.

Icha, nama panggilan Marissa, mengaku bahwa ia terinspirasi dari produk sejenis dari luar negeri seperti Thailand dan Jepang. Usaha yang dinamakan Ini.Kreasi dimulai pada bulan Juli 2013. Icha dibantu oleh suaminya untuk membuat seluruh produksi sendiri.

 

Modal dan Keberanian Icha dalam Mengawali Bisnis

Modal pertama yang Icha dan suaminya butuhkan adalah Rp5 juta yang digunakan untuk membeli mesin percetakan dan laminasi.

Untuk desain dan pembuatan menggunakan laptop yang telah mereka miliki sebelumnya.

Tahap awal membuat produk ini adalah mendesain produk sesuai dengan aslinya dan kemudian dibentuk semirip mungkin tetapi dalam bentuk miniatur.

Untuk pemasaran awal, Icha memasarkan produknya ke teman dan kerabat dekat.

Kemudian ia mencoba berjualan di pameran dan membuka toko di salah satu pusat perbelanjaan besar di Bandung yaitu PVJ, Paris van Java.

Kisah Sukses UMKM Marissa Haryati, Pembuat Produk Ant Man yang Unik dan Meraih Perhatian Masyarakat 2 Finansialku

[Baca Juga: Cara Bertahan dan Menangani Perusahaan Startup yang Mengalami Krisis Keuangan]

 

Awalnya toko tersebut dinamakan Minie Craft, kemudian di tahun 2016 berganti nama menjadi Ini.Kreasi.

Awalnya Icha hanya menerima pesanan dari pribadi atau perusahaan, kemudian, karena ia akan berjualan di pameran, barulah ia membuat banyak model dan jenisnya untuk dijadikan stok.

Lama kelamaan, Ini.Kreasi pun menjadi sangat besar dan penjualannya meningkat.

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, saya ingin bertanya, apakah Anda ingin memulai usaha seperti Icha? Rencanakan bisnis Anda dengan matang, termasuk membuat perhitungan modal usaha yang rinci.

Jika Anda kesusahan menghitung modal usaha dengan cara manual, gunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung modal usaha!

 

 

Omzet Ini.Kreasi

Di awal Icha menjual produk tersebut, Icha dapat menjual 3.000 item setiap bulannya, hingga sekarang ia mampu menjual 18.000 item per bulannya.

Ini Kreasi pun merambah beberapa kota mulai dari Pulau Jawa hingga luar Pulau Jawa seperti Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Tidak hanya di dalam negeri, produk mereka pun mampu merambah pasar luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.

 Karena perkembangan drastis tersebut, Icha yang memulai usahanya hanya berdua dengan suaminya, kini telah mempekerjakan 22 orang. Penjualannya pun sudah tembus Rp100 juta yang dulunya hanya Rp25 juta.

 

Kelebihan Ini.Kreasi

Mungkin penjual miniatur serupa sudah banyak di Indonesia, apalagi di luar negeri, tetapi apa yang membuat bisnis Icha lebih unggul dari lainnya?

Berikut adalah beberapa poin yang dapat disimpulkan dari cara kerja Ini.Kreasi yang dapat Anda contoh untuk mengembangkan usaha Anda sendiri.

Oh iya, sebelum itu, saya ingin menginformasikan sebuah ebook yang bisa membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses.

Agar sukses mengembangkan usaha Anda, Anda harus bisa mengelola keuangan bisnis Anda dengan tepat. Satu hal yang paling utama: jangan pernah menggabungkan arus kas pribadi dan bisnis Anda!

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan Anda baca di ebook Finansialku berikut ini:

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Cepat Dalam Merealisasikan Ide

Icha terinspirasi dari produk sejenis yang ia lihat di luar negeri, dan di tahun 2013, yaitu 5 tahun yang lalu, Icha sudah berani mencoba membuat produk tersebut sendiri dan menjualnya.

Dengan tanggapan Icha yang cepat, ia sudah menang 1 langkah, yaitu lebih awal dibandingkan kompetitornya.

Dengan waktu yang lebih cepat, ia akan memiliki jangka waktu yang lebih panjang untuk memperbaiki kesalahannya dan mencoba kembali.

Selain itu, untuk menjadi pengusaha yang baik, bukan hanya dibutuhkan ide yang cemerlang, tetapi juga keberanian untuk mengeksekusi ide.

 

#2 Menggunakan Teknologi untuk Berjualan

Kemajuan teknologi memungkinkan para pengusaha memasarkan produknya dengan cepat dan murah.

Selain berguna untuk pemasaran, teknologi pun memudahkan pengusaha untuk berjualan, dari mana saja dan ke mana saja tanpa modal yang mahal.

Anda dapat melihat portofolio dan model-model produk yang dijual oleh Ini.Kreasi dari berbagai media sosial serta platform online shopping. Mulai dari Instagram, Tokopedia, Shopee hingga di platform chatting online, Line, Anda dapat melihat koleksi Ini.Kreasi.

Kisah Sukses UMKM Marissa Haryati, Pembuat Produk Ant Man yang Unik dan Meraih Perhatian Masyarakat 4 Finansialku

[Baca Juga: Butuh Dana Untuk Usaha? Pahami Manfaat Kredit Usaha Rakyat Berikut!]

 

Selain menggunakan teknologi, Icha pun tidak melupakan pentingnya toko fisik agar konsumen dapat melihat dan merasakan langsung barang-barang yang Icha.

Icha juga memiliki toko di Paris Van Java, Bandung sebagai pelengkap toko online-nya.

Dengan cara ini, Icha dapat merambah segala penjuru pelanggan. Selain itu, pasar online sekarang telah memberikan keleluasaan untuk konsumennya untuk dapat membayar dengan mudah dan tanpa repot.

 

#3 Pelayanan Adalah yang Utama

Dari wawancara Detik.com dengan Icha, wanita ini mengatakan bahwa ia tidak terlalu mengambil pusing pesaingnya karena ia lebih fokus kepada memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen.

Setelah memberikan pelayanan terbaik, sisanya ia memberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih.

Hal ini patut dicontoh oleh pengusaha lainnya, karena dengan pelayanan yang baik, konsumen pasti akan membeli produk Anda.

Jangan mengutamakan penjualan dan merugikan kepuasan pelanggan. Hal itu tidak akan membuat bisnis Anda bertahan lama karena kepuasan konsumen adalah tujuan yang utama.

 

Jangan Pantang Menyerah

Sebuah bisnis pasti akan mengalami masa sulit dan masa cemerlang. Akan tetapi, semuanya harus dilalui dengan semangat dan dengan pikiran yang positif. Oleh karena itu, jangan menyerah dan teruslah berusaha.

 

Apakah Anda pernah melihat produk miniatur kebutuhan sehari-hari dari online atau toko fisik? Apakah Anda juga memiliki ide menarik yang dapat dibuat untuk bisnis?

Silakan bagikan komentar dan pertanyaan Anda pada kolom bawah ini. Selamat membaca.

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 1 Juli 2018. Bikin Produk Buat ‘Ant-Man’, Wanita Ini Raup Omzet Ratusan Juta. Finance.detik.com – https://bit.ly/2NjtJBO

 

Sumber Gambar:

  • Ini kreasi – https://goo.gl/BBtAVf
  • Ini kreasi 2 – https://goo.gl/7db6N9
  • Ini kreasi 3 – https://goo.gl/eHH7Wp
  • Ini kreasi 4 – https://goo.gl/6fBCuQ