Takut memulai bisnis karena tidak punya modal? Jangan khawatir, bank menyediakan program pinjaman modal, lho! Apa saja manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini?

Mari simak penjelasan dan manfaatnya di artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dukungan Pemerintah untuk UMKMK

Perkembangan zaman dan teknologi membuat masyarakat semakin inovatif dan terus mengembangkan diri dengan membangun berbagai macam usaha, di antaranya adalah di sektor pertanian, perikanan, perindustrian, dan lain sebagainya.

Siklus usaha meliputi proses produksi yang dimulai dari pengumpulan bahan baku, pencarian sumber daya alam atau manusia, pengolahan, maintenance, distribusi, hingga produk atau jasa usaha dinikmati oleh konsumen dan membuahkan keuntungan jelas membutuhkan waktu dan dana.

Jumlah dana yang diperlukan pengusaha untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya pasti tidak sedikit, di samping itu uang cash yang ada harus terus diputar agar dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Tak jarang banyak pengusaha yang mengalami stuck karena kehabisan dana untuk memberi modal untuk ekspansi usahanya.

Beruntung, Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mendorong para pelaku usaha di Indonesia gencar mengembangkan usahanya.

Pemerintah pun memperbaharui skema pemberian kredit untuk usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) dan mempermudah regulasi pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat dalam rangka pengembangan usaha skala kecil dan menengah.

Tujuan pemerintah, dengan pesatnya perkembangan usaha rakyat ini dapat membuka banyak kesempatan kerja dan dengan demikian menumbuhkan perekonomian serta menekan angka pengangguran.

Dengan adanya fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), banyak usaha di negeri ini yang bisa bertahan dan berkembang pesat. Mari kita simak informasi mengenai KUR berikut ini.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah fasilitas kredit yang dijamin oleh pemerintah melalui PT Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara melalui usaha segmen mikro, kecil dan menengah, maupun koperasi rakyat yang masih unbankable. Pemerintah menilai usaha-usaha tersebut feasible dan memiliki prospek bisnis yang baik.

Untuk memperlancar penyaluran KUR kepada masyarakat, pemerintah bekerja sama dengan banyak bank, di antaranya adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan lain sebagainya.

Kredit-Pensiun-Murah-4-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kredit Menguntungkan? Sebenarnya Apa Sih Manfaat Kredit?]

 

Melalui fasilitas KUR yang disediakan, pemerintah berharap terjadi peningkatan sektor riil dan pemberdayaan UMKMK.

Jelas sekali bahwa banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya fasilitas KUR oleh Pemerintah.

Besaran kredit yang dapat diberikan untuk UMKMK ini maksimal Rp20 juta.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan oleh pelaku usaha atau wirausahawan bila mendapat KUR?

Sebelum kita lanjut, sudahkah Anda memisahkan keuangan pribadi dan hasil bisnis?

Penting untuk Anda ketahui, mencampur uang pribadi dan uang bisnis dapat berdampak buruk untuk perkembangan bisnis Anda!

Pelajari tips dan manfaat memisahkan arus kas uang pribadi dan uang bisnis di ebook gratis dari Finansialku berikut ini!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Manfaat KUR bagi Wirausahawan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa secara umum suatu siklus usaha meliputi proses produksi, distribusi sampai akhirnya dapat dinikmati konsumen dan membuahkan keuntungan.

Dengan demikian, KUR merupakan pembiayaan yang bersifat produktif dan bermanfaat untuk membuka atau mengembangkan usaha, membeli bahan baku produksi, membiayai proses distribusi, dan pemeliharaan alat produksi.

 

#1 Membuka Usaha Baru

KUR dapat dipakai untuk membuka usaha baru yang sesuai dengan regulasi dan memiliki potensi bisnis yang baik.

Namun, pihak bank masih sangat selektif dalam memberikan KUR untuk membuka usaha baru, dikarenakan belum ada garansi yang pasti mengenai prospek usaha yang akan dijalankan.

Agar dapat memperoleh KUR untuk pembiayaan usaha baru, Anda perlu memberikan agunan yang lebih bernilai kepada bank sebagai jaminan bahwa Anda tidak akan menyebabkan kredit macet.

Manfaat Kredit Usaha Rakyat 1 Finansialku

[Baca Juga: Top 6 Faktor Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit Anda]

 

#2 Membiayai Proses Produksi

Selain bermanfaat untuk pembiayaan usaha baru, KUR juga memberikan manfaat besar untuk pembiayaan proses produksi, misalnya untuk pembelian bahan baku, pembiayaan persediaan (inventory), pengolahan bahan baku menjadi finish good, pembiayaan untuk alat produksi, dan lain sebagainya.

KUR memberi manfaat untuk membantu menjaga likuiditas keuangan dari usaha yang dikembangkan sehingga dana yang ada dapat lebih cepat diputar dan menghasilkan keuntungan.

Sebagai contoh, Bapak Arfin adalah seorang pengusaha pakaian batik, kemudian ia mengajukan KUR untuk membiayai proses produksi yang meliputi pembelian bahan baku yaitu benang, zat pewarna dan alat-alat tenun batik dan hal lainnya yang berhubungan dengan proses produksi kain batik.

 

#3 Membiayai Proses Distribusi

Mari kita lanjutkan cerita usaha pakaian kain batik Pak Arfin. Ketika Pak Arfin sudah selesai memproduksi kain batik, tentu proses dilanjutkan dengan distribusi kain batik untuk dapat digunakan oleh konsumen.

Dalam contoh ini, kita misalkan pak Arfin ingin membangun sebuah merchant di pusat kota, dengan tujuan agar kain batik lebih banyak terjual di tempat yang memiliki target pasar yang bagus.

Dengan demikian, pak Arfin mengajukan KUR untuk membiayai proses distribusi, yaitu pembiayaan untuk membangun merchant yang akan digunakan untuk mendistribusikan kain batik kepada konsumen.

KUR dengan tujuan untuk membiayai proses distribusi juga akan menolong para pelaku usaha dalam menjaga likuiditas keuangannya dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar demi kelancaran ekspansi usahanya.

 

#4 Membiayai Pemeliharaan Alat

Salah satu manfaat lain dari KUR adalah untuk membiayai pemeliharaan alat-alat yang digunakan pada proses produksi.

Dalam contoh usaha kain batik Pak Arfin, ia mengajukan KUR untuk memperbaharui alat-alat produksi yang sudah usang atau sudah tidak layak digunakan untuk kelancaran proses produksi.

Dengan adanya alat-alat baru, tentu proses produksi diharapkan menjadi lebih efisien dan keuntungan yang didapat juga lebih besar.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Usaha Lebih Produktif dengan KUR

Fasilitas KUR yang dicanangkan pemerintah merupakan salah satu alat pendorong pasar untuk terus berkembang dan memajukan ekonomi bangsa.

Apabila Anda ingin mengajukan fasilitas KUR untuk membiayai usaha Anda, Anda dapat mencari informasi seputar KUR di bank terkait ataupun melalui internet.

Dengan Anda memahami lebih dalam mengenai fasilitas KUR beserta prosedur pengajuan dan persyaratannya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas KUR secara lebih maksimal untuk kemajuan usaha Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang Kredit Usaha Rakyat? Bila ada, silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan dan kerabat yang membutuhkan. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Azizah Rahman. 30 Januari 2017. Manfaat Kredit Bagi Seorang Wirausaha Mulai Membuka Usaha Hingga Membeli Mesin Produksi. Ktabank.com – https://goo.gl/jCZqaw

 

Sumber Gambar:

  • KUR – https://goo.gl/sSv84h
  • KUR 2 – https://goo.gl/w9tLek