Saat hamil, Anda dan pasangan pasti sangat menginginkan berkonsultasi ke dokter kandungan untuk perawatan terbaik.

Lalu, berapa biaya konsultasi dokter kandungan? Inilah ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Konsultasi Dokter Kandungan Selama Hamil

Siapa yang tidak ingin hamil dan punya anak pada setiap pasangan yang sudah menikah. Harus ada usaha tertentu yang harus dilakukan oleh pasangan-pasangan tersebut.

Salah satu usaha yang paling standar atau lazim adalah konsultasi pada dokter spesialis kandungan. Setelah itu barulah dibuat program untuk melakukan usaha tersebut secara medis. Dengan konsultasi pada dokter maka Anda akan tahu apa permasalahan Anda dan pasangan selama ini.

 

Tapi kadang bagi sebagian orang yang kurang secara finansial, konsultasi dokter kandungan merupakan sesuatu yang berat untuk dilakukan. Mengingat biaya konsultasi sekarang ini untuk ke dokter spesialis kandungan lumayan besar.

Untuk itu, sebelum Anda terlanjur keluar uang banyak karena terlanjur datang ke tempat yang agak mahal ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu.

 

Rincian Konsultasi Dokter Kandungan

Melakukan konsultasi pada ahlinya memang merupakan solusi dari suatu masalah, termasuk dalam permasalahan kehamilan kita bisa berkonsultasi pada dokter ahli kandungan.

Biasanya bisa dilakukan di klinik ataupun rumah sakit, tapi biasanya memang tidak dengan harga yang sedikit. Untuk itu, cek dulu sebelum periksa. Bagaimana cara mengeceknya, berikut rinciannya.

 

#1 USG

Pada saat kita sedang hamil dan ingin memeriksakan kandungan ke dokter kandungan di klinik atau rumah sakit, pasti Anda akan di USG terlebih dulu. Fungsi USG adalah untuk melihat perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

Beberapa tempat ada yang hanya menawarkan USG dengan 2 dimensi atau 3 dimensi, bahkan tidak diprint sehingga tidak terlalu mahal. Tetapi, ada juga yang menawarkan 4 dimensi itu yang membuat sangat mahal.

Berikut adalah beberapa rincian harga USG:

  • USG Puskesmas: gratis dengan BPJS atau KIS
  • USG di Bidan: mulai Rp100 ribu
  • USG 2 Dimensi: Rp200 ribu sampai Rp500 ribu
  • USG 3 Dimensi: Rp500 ribu sampai Rp750 ribu
  • USG 4 Dimensi: Rp750 ribu sampai Rp1 juta

 

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mainan Anak Bayi, Usia 0-12 bulan untuk Tumbuh Kembang Anak]

 

#2 Vitamin

Di beberapa tempat, jika kita memeriksakan kandungan dan tidak mengalami masalah apapun maka dokter hanya memberikan vitamin ataupun penguat janin hingga penambah darah. Biasanya sekedar vitamin tidaklah menjadi sangat mahal harganya. Adapun harganya bisa mulai dari 50 ribu hingga beberapa ratus ribu rupiah.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Tumbuh Kembang Bayi 0 – 12 Bulan Pertama]

 

#3 Obat-obatan

Sama dengan jenis vitamin, beberapa kasus ibu hamil ada yang memiliki kondisi kurang sehat sehingga perlu diberikan obat-obatan yang bisa dikonsumsi si ibu atas resep dokter. Obat-obatan tersebut yang memiliki biaya melambung tinggi.

Selain ada beberapa jenis obat yang mahal, kadang di klinik-klinik pribadi yang lumayan besar juga memberi harga yang lumayan tinggi walaupun hanya sekedar vitamin yang paling simpel. Harganya jika tidak dicover BPJS Kesehatan kurang lebih mulai 100 ribu rupiah.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keadaan Ini Mengharuskan Ibu Melahirkan Dengan Operasi Caesar, Siapkan Biayanya]

 

#4 Konsultasi Dokter

Begitu kita sudah mendapatkan informasi tempat-tempat yang bisa datangi, Anda bisa mendatangi tempat-tempat yang biasa agar tidak terlalu mahal. Tapi biasanya, kalau hanya sekedar biaya konsultasi untuk jasa dokter saja tidak akan terlalu mahal.

Adapun jasa tersebut kurang lebih mulai Rp100 ribu jika di klinik atau rumah sakit. Namun bisa lebih terjangkau jika di Puskesmas atau bidan.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Barang-Barang Persiapan Melahirkan yang Harus Ada di Tas Anda!]

 

#5 Pemeriksaan Tertentu

Selain memeriksakan kandungan, ada beberapa pemeriksaan lain yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil. Misalnya pemeriksaan darah secara keseluruhan, Anda bisa mencari perbandingan di beberapa tempat untuk melihat biaya pemeriksaan yang dianjurkan oleh dokter kandungan.

Adapun biayanya bisa mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung penyakitnya.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Berikut Ini Dana Persiapan Setelah Melahirkan yang Perlu Moms Ketahui!]

 

#6 Program Kehamilan

Pada saat Anda yakin untuk mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan, maka pilih dokter kandungan yang tepat. Karena jasa konsultasi ini juga kadang adalah biaya yang bisa jadi tinggi, apalagi jika ingin melakukan program kehamilan dari dokter kandungan. Itulah yang membuat biaya menjadi besar.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Moms Sudah Menyusun Budget Persiapan Melahirkan? Ketahui Jumlah Dananya]

 

#7 Tindakan Operasi

Setelah berkonsultasi seputar kehamilan, tindakan lain yang membuat biaya menjadi tinggi adalah tindakan operasi, yaitu, tindakan operasi baik operasi persalinan maupun operasi yang berhubungan dengan rahim atau keguguran.

Untuk tindakan operasi caesar sendiri mulai 9 juta sampai 25 juta rupiah.

Harga Selangit Cek Dulu Biaya Konsultasi Dokter Kandungan 07 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Bersalin Bisa Merogoh Kocek Ratusan Juta!]

 

Siapkan Dana Persalinan dengan Tepat

Begitu Anda dan pasangan tahu apa saja yang perlu dilakukan pada saat konsultasi ke dokter kandungan, maka Anda bisa memilih tempat mana saja yang tidak terlalu mahal sesuai kebutuhan Anda.

Selain konsultasi tentang kandungan, konsultasi keuangan juga penting untuk Anda. Aplikasi Finansialku mempunyai fitur konsultasi dengan Certified Financial Planner untuk Anda yang ingin berkonsultasi. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau di Apple App Store segera.

 

Setelah membaca artikel tersebut, pasti Anda jadi memiliki gambaran tentang bagaimana mengatur keuangan sebelum melahirkan.

Jangan lupa ajak sesama calon Moms and Dads untuk ikut membaca informasi ini, terima kasih.

 

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mommy and Money

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Konsultasi Program Hamil. Alodokter.com – https://bit.ly/2SZ4dWn

 

Sumber Gambar:

  • USG – https://bit.ly/3bPW4fj
  • Vitamin – https://bit.ly/39TVyLH
  • Obat – obatan – https://bit.ly/2SYvDLP
  • Konsultasi – https://bit.ly/2SGqmcS
  • Pemeriksaan tertentu – https://bit.ly/3bVpusn
  • Program Kehamilan – https://bit.ly/38V3aO1
  • Tindakan Operasi – https://bit.ly/3bSMo3P