Bagaimana cara tingkatkan kredibilitas meskipun pengalaman kerja masih minim? Pernahkah Anda melihat persyaratan dari sebuah lowongan pekerjaan?

Ya, salah satu persyaratannya adalah pengalaman kerja. Bagi para perusahaan, seseorang yang memiliki pengalaman pekerjaan yang banyak akan memiliki suatu nilai tambah pada saat melamar.

Lalu bagaimana jika kita memiliki pengalaman kerja yang masih minim? Bagaimana cara kita meningkatkan kredibilitas meskipun memiliki pengalaman kerja yang masih minim?

Mari kita simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Pengalaman Kerja

Ada sebuah meme di dunia maya, yang menggambarkan dilema yang sedang dihadapi oleh generasi muda saat ini ketika mereka ingin masuk ke dalam dunia pekerjaan yang penuh dengan kompetisi.

Meme tersebut adalah sebuah gambar, dimana ada dua orang yang sudah lebih tua yang menatap seorang pelamar muda dengan berkata, “Kami mencari seseorang yang berusia 22-26… Tetapi dengan pengalaman kerja selama 30 tahun.”

Dilema tentang kredibilitas ini memang merupakan dilema utama yang dihadapi banyak generasi muda sekarang ini.

Untuk menjadi sukses, biasanya karyawan muda atau seseorang yang baru memulai kariernya dengan pengalaman yang masih minim, harus terlihat dapat dipercaya (kredibel) sebelum mereka diberikan kesempatan untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, bagi anak muda yang masih memiliki pengalaman kerja yang minim, menjadi hal yang sangat penting untuk mengatasi tantangan dan dilema ini.

Bro, Sis! Ini 5 Cara Tingkatkan Kredibilitas Meskipun Pengalaman Kerja Masih Minim! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para HRD, Selain Bonus Berikut Ini Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan yang Efektif]

 

Masuk ke dalam dunia kerja semasa kuliah akan membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman sehingga terbuka kesempatan bagi Anda untuk terlihat bahwa Anda sudah lebih berpengalaman ketika Anda melamar ke perusahaan setelah Anda lulus kuliah.

Dan ini bukan hanya memberikan keuntungan bagi karyawan muda untuk keluar dari dilema tersebut tetapi ini juga menjadi hal yang penting bagi perusahaan yang sudah menghabiskan biaya yang besar untuk menemukan orang yang tepat bagi perusahaan mereka.

Lalu bagaimana agar dilema akan kredibilitas ini dapat diatasi?

Sebenarnya generasi muda zaman sekarang memiliki sumber daya yang sangat banyak melebihi yang mungkin mereka sadari untuk mengatasi pengalaman kerja mereka yang masih minim.

Dan mereka dapat mengambil sebuah tindakan langsung untuk mengatasi kekurangan pengalaman kerja yang dibutuhkan agar kredibilitas mereka meningkat di mata perusahaan.

 

5 Cara Tingkatkan Kredibilitas Meskipun Pengalaman Kerja Masih Minim

Dibawah ini ada 5 cara atau hal yang dapat langsung dilakukan agar Anda dapat meningkatkan kredibilitas Anda agar karier Anda dapat meningkat dengan lebih cepat.

 

#1 Maksimalkan Kemampuan Anda Dengan Melakukan Riset

Salah satu cara ampuh untuk dapat menjadi berbeda di dalam sebuah perusahaan adalah dengan memiliki suatu pengetahuan tertentu, dimana hanya Anda yang memilikinya.  

Salah satu cara yang paling efektif untuk menemukan pengetahuan ini adalah dengan menggunakan kemampuan riset Anda untuk memperdalam pengetahuan, informasi atau tren tertentu yang sedang beredar di masyarakat.

Jika Anda baru saja lulus kuliah dan memiliki sebuah riset yang dapat Anda langsung gunakan di perusahaan, maka Anda dapat langsung menggunakannya di perusahaan tempat Anda bekerja. Tetapi, jika Anda belum menemukannya, Anda harus mencarinya sekarang.

Para HRD, Selain Bonus Berikut Ini Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan yang Efektif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Working Mom: Antara Pekerjaan Rumah, Usaha Sampingan dan Pekerjaan Kantor Harus Seimbang!]

 

Temukan apa jenis pengetahuan tertentu yang sedang dicari dan sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Anda harus membaca majalah atau buku yang berhubungan dengan tren masa kini atau Anda dapat melihat YouTube untuk menemukannya.

Jika Anda dapat membuat diri Anda unik dan menjadi seseorang yang pandai untuk memberikan solusi dari suatu permasalahan, Anda akan meningkatkan kredibilitas dengan cepat dan menjadi seorang yang penuh dengan pengetahuan di mata rekan kerja Anda.

 

#2 Berikan Kontribusi Yang Spesifik

Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan untuk menemukan kekuatan dalam diri Anda dan dimana Anda dapat berkontribusi lebih.

Di area mana Anda merasa dapat bekerja paling optimal?

Dalam hal apa Anda paling sering mendapatkan pujian?

Jika Anda bayangkan diri Anda, kapankah Anda merasa diri Anda paling baik dalam melakukan sesuatu?

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Gunakan jawaban tersebut untuk menemukan kekuatan dan sumber daya di dalam diri Anda yang dapat meningkatkan kemampuan Anda dan mempercepat perkembangan Anda di perusahaan.

Karena ketika Anda dapat melakukan apa yang menjadi kekuatan Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan semangat dan pastinya akan berkontribusi lebih daripada Anda hanya sekadar melakukan sesuatu hanya karena rutinitas di kantor atau hanya karena pekerjaan tersebut merupakan tanggung jawab Anda.

 

#3 Mengerjakan Tugas Secara Sukarela Atas Inisiatif Sendiri

Jangan anggap remeh keinginan dan kemauan yang keras untuk mengambil tanggung jawab atau tugas yang bukan menjadi bagian Anda.

Jika pada akhir pertemuan kelompok, atasan Anda meminta agar seseorang untuk menuliskan kembali hasil yang sudah didiskusikan atau mempersiapkan sesuatu hal yang memang bukan tanggung jawab dari salah satu anggota kelompok, ambil inisiatif untuk mengerjakan tugas tersebut.

Mengenal Manajer Investasi Reksa Dana Peranan, Tugas, Kewajiban [Plus Cara Memilih] 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja!]

 

Jika ada seorang senior Anda menawarkan apakah ada orang yang ingin untuk merekap sejumlah data yang besar yang dapat digunakan untuk menolong tim, ambil kesempatan tersebut (jika memang Anda mempunyai kemampuan untuk merekap data).

Banyak sekali kesempatan yang datang kepada Anda untuk membuktikan diri. Ambil kesempatan tersebut dan berikan gambaran tentang diri Anda yang dapat diandalkan dan merupakan seorang pekerja keras.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Selesaikan Pekerjaan Anda dan Komunikasikan Secara Proaktif

Walaupun pengetahuan dan pengalaman membutuhkan waktu, tetapi kenyataannya di tempat kerja, Anda dapat menciptakan kepercayaan antar sesama rekan kerja Anda ataupun dengan atasan Anda secara langsung.

Anda harus melaksanakan dan menyelesaikan komitmen dan tanggung jawab pekerjaan Anda.

Anda harus tahu jika Anda telah mengambil terlalu banyak tanggung jawab dan harus berani berkata ‘tidak’ atau ‘iya’ dengan pasti (meskipun sebagai seorang staff junior, Anda harus dapat berani menolak jika jumlah pekerjaan Anda sudah terlalu banyak).

Dan juga pada saat di tempat kerja, Anda harus secara proaktif berkomunikasi dengan sesama rekan kerja atau atasan Anda.

Wasapada! Jangan Lakukan Hal ini Ketika Wawancara Kerja! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Untuk Para Mahasiswa Sambil Kuliah]

 

Jika Anda merasakan adanya kesulitan dengan suatu pekerjaan yang sudah akan jatuh tempo, Anda harus proaktif bertanya dan berdiskusi dengan atasan Anda sesegera mungkin.

Minta pertolongan dan arahan ketika Anda memerlukannya. Jangan merasa takut untuk bertanya.

Dan juga jangan lupa untuk terus memastikan bahwa setiap pekerjaan dan tanggung jawab Anda terlaksana dengan baik.

Perhatikan dengan saksama, jangan biarkan ada tanggung jawab yang tidak memiliki solusi atau bahwa pekerjaan yang sudah sampai pada deadline-nya tetapi masih belum terlaksana. Anda mungkin orang yang masih memiliki pengalaman yang minim, tetapi Anda dapat menjadi seseorang yang paling dapat diandalkan.

 

#5 Bangun Jaringan dan Berelasi Dengan Lebih Dekat Kepada Sesama

Yang harus Anda lakukan adalah untuk membangun sebuah jaringan dan relasi yang intim dan bervariasi dengan rekan-rekan kerja. Hal ini dapat memberikan kepada Anda nasihat, masukan dan bahkan menjadi pembimbing Anda ketika Anda sedang menjalani karier Anda.

Hal ini sebenarnya sudah Anda lakukan di masa Anda masih berada di bangku atau kuliah dulu, Anda hanya perlu menggunakan metode atau cara yang sama.

Anda berteman baik dan dekat dengan teman-teman Anda, sehingga para saat Anda ingin mencari pekerjaan, mereka akan menjadi salah satu jaringan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Tingkatkan kemampuan ini dan gunakan di dalam situasi Anda di tempat kerja. Anda dapat mengajak rekan kerja Anda yang lebih senior untuk pergi makan bersama.

Anda dapat juga mengajak supervisor Anda atau bahkan di beberapa perusahaan tertentu, Anda bahkan dapat memperoleh kesempatan untuk pergi makan atau bersantai sambil minum secangkir kopi bersama atasan Anda.

Ketika Anda menunjukkan ketertarikan Anda kepada mereka, maka mereka akan dapat memberikan masukan, nasihat atau pendapat berdasarkan pengalaman mereka nantinya. Dan Anda dapat belajar dari sana.

Untuk beberapa orang tertentu, mungkin Anda perlu pengalaman kerja atau tingkat jabatan yang lebih tinggi ketika Anda ingin membangun relasi dengan mereka.

Jadi, bangun perlahan-lahan jaringan dan relasi Anda.

 

Pengalaman Kerja Masih Minim Bukanlah Halangan

Yang terutama adalah Anda harus bekerja keras untuk mengenal setiap orang lebih dalam, bukan hanya sebatas rekan kerja saja.

Teman-teman atau rekan kerja Anda dapat menjadi penasihat atau orang-orang kunci yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan Anda di perusahaan dimana Anda bekerja.

Tunjukkan kepada mereka motivasi, komitmen dan kemampuan Anda, dan bahkan jika mungkin temukan kesempatan dan cara untuk dapat melayani mereka membantu mereka dengan pekerjaan mereka.

Bagaimana PPh WNI yang Bekerja Di Luar Negeri Bagaimana Cara Bayarnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja yang Membuat Anda Bisa Dipanggil Tes Psikotes]

 

Rekan kerja Anda tidak akan melihat Anda sebagai seseorang yang penting bagi perusahaan Anda sampai Anda dapat membuktikannya.

Tetapi dengan mempunyai kepercayaan diri yang baik untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas yang telah Anda miliki sebagai karyawan muda, Anda dapat mengalahkan dilema akan kredibilitas dan pengalaman kerja, sehingga Anda dapat meningkatkan karier Anda di perusahaan.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai habis.

Apakah artikel ini menolong Anda agar Anda lebih percaya diri meskipun Anda memiliki pengalaman kerja minim?

Apakah ada teman atau rekan kerja Anda yang membutuhkan wawasan ini juga? Bagikan artikel ini kepada mereka!

 

Sumber Referensi:

  • Andy Molinsky and Jake Newfield. 6 Oktober 2017. How to Gain Credibility When You Have Little Experience. Hbr.org – https://goo.gl/m5xFy6

 

Sumber Gambar:

  • Pengalaman Kerja 1 – https://goo.gl/YBzumN
  • Pengalaman Kerja 2 – https://goo.gl/GTGj5P

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang