Untuk kamu si pecinta traveling, jajal wisata kuliner Cirebon yuk? Jangan sampai terlewatkan!

Jalan-jalan ke Cirebon kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner di sana. Mau tau apa saja kuliner Cirebon yang wajib kamu coba? Kali ini Finansialku akan mengulasnya khusus untuk kamu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kulineran di Kota Cirebon

Dikenal sebagai kota penghasil udang, Kota Cirebon ternyata juga memiliki segudang makanan enak lho. Makanan khas Cirebon ini layak kamu coba.

Walaupun beberapa nama di antaranya mungkin masih baru di telinga kamu, tapi rasanya tidak akan mengecewakan.

Soal harga juga kamu tak perlu khawatir, masih ramah di kantong kok. Yuk, jadikan perjalanan wisata ke Cirebon anti lapar!

 

Rekomendasi Kuliner Cirebon yang Dijamin Bikin Ngiler

Berbagai kuliner khas Cirebon siap menantimu ketika kamu berwisata ke sana. Nah, sudah tahu apa saja deretan makanan Cirebon yang bikin kamu auto ngiler? Simak daftarnya di bawah ini sebagai rekomendasi, ya.

 

#1 Empal Gentong

Nama empal gentong pasti sudah sering kamu dengar ya. Saking terkenalnya, menu ini sudah banyak dijual di beragam kota di luar Kota Cirebon.

Tapi tetap, akan lebih sah kalau kamu mencoba makanan yang satu ini langsung di kota asalnya. Sudah pernah coba?

Empal Gentong

[Baca Juga: Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan]

 

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon berupa sup daging dan jeroan. Makanan ini dimasak dengan kuah kuning menyerupai kari di dalam gentong yang dijerang di atas bara api.

Dengan kuahnya yang kental dan gurih, empal gentong menjadi sangat pas jika disajikan bersama semangkuk nasi hangat untuk teman makan siang kamu.

Karena menjadi salah satu makanan khas yang identik dengan Kota Cirebon, maka empal gentong menjadi makanan di urutan pertama dalam list wisata kulinermu yang harus banget dicoba ketika kamu berkunjung ke sana.

 

#2 Sega Jamblang

Sega jamblang atau yang akrab disebut dengan nasi jamblang adalah makanan khas Cirebon lainnya yang tak kalah populer.

“Jamblang” diambil dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut berasal.

Sega Jamblang

[Baca Juga: Ini 5+ Makanan Khas Bali yang HARUS Kamu Coba!]

 

Sega jamblang sebetulnya tak jauh berbeda dari nasi campur. Bedanya, nasi kamu akan dialasi dengan daun jati. Kamu juga akan menikmati nasi dengan beragam pilihan lauk yang disajikan secara prasmanan.

Mulai dari sambal goreng, sayur tahu, paru, semur daging, perkedel, sate kentang, sampai tahu dan tempe goreng.

Nah, biasanya pedagang sega jamblang juga menyediakan lauk cumi masak tinta yang biasa disebut dengan balakutak hideung. Pastikan kamu mencoba lauk yang satu ini karena menu inilah yang menjadi khas dari sega jamblang.

 

#3 Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

[Baca Juga: 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Harus Kamu Cicipi Langsung!]

 

Kamu pasti sudah tahu dong tentang makanan yang satu ini? Tahu gejrot merupakan salah satu kuliner asal Cirebon yang sangat terkenal.

Tahu kempus goreng disajikan dengan kuah bumbu racikan bawang merah, bawang putih, cabai, asam, dan gula merah. Rasanya yang gurih, pedas, dan segar berpadu menjadi satu!

Nah, apa kamu tahu kenapa makanan ini dinamakan tahu gejrot? Karena tahu disiram dengan kuah gula merah dari botol sehingga terdengar suara ‘jrot’ saat dituang.

 

#4 Mie Koclok

Mie koclok, bukan mie kocok. Sudah pernah coba? Kuliner Cirebon yang satu ini tergolong cukup unik dan digemari banyak pecinta mie, lho.

Dengan kaldu ayam yang berwarna putih kental seperti krim, mie ini disajikan. Dilengkapi dengan ayam suwir, tauge, kol, telur rebus, dan irisan daun bawang dijamin nikmat banget!

Mie Koclok

[Baca Juga: Wisata Kuliner Singapura: 5+ Makanan Murah Meriah Nan Lezat!]

 

Buat kamu yang penasaran kenapa dinamakan “koclok” ternyata nama ini berasal dari suara yang terdengar saat mie dituang ke dalam piring.

Namun ada juga yang bilang bahwa “koclok” merupakan singkatan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang lebih Okay ciptaan salah satu perintis kuliner mie koclok. Gimana? Tertarik mencoba kuliner unik yang satu ini?

 

#5 Empal Asem

Empal Asem

[Baca Juga: Liburan Ke Sumsel? Icip 5 Kuliner Palembang Ini Sebelum Pulang!]

 

Ada empal gentong, ada juga empal asem. Keduanya serupa tapi tak sama. Empal asem tidak menggunakan santan atau kunyit seperti yang digunakan untuk bumbu empal gentong.

Sehingga kuah empal asam berwarna bening dan memiliki citarasa asam yang cukup kuat dari belimbing wuluh. Tapi untuk isiannya tetap sama yaitu daging dan jeroan.

Jadi, jika kamu menyukai masakan dengan rasa yang ringan dan gak eneg, empal asem akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk lidahmu!

 

#6 Mie Petruk

Mie Petruk

[Baca Juga: 5 Kuliner Jakarta Olahan Lauk Harga Bersahabat, Dijamin Lezat]

 

Mie Petruk sebetulnya merupakan mie goreng jawa yang disajikan dengan bumbu uleg kecap manis. Mie Petruk disajikan bersama ayam suwir, sawi, kol, irisan tomat, dan kerupuk kulit.

Tak ketinggalan, sambal hijau yang diletakkan di dalam sendok untuk kamu yang menginginkan rasa pedas. Kamu juga dapat memesan beragam sajian Mie Petruk sesuai selera.

Mulai dari Mie Petruk goreng, Mie Petruk nyemek, hingga Mie Petruk kuah. Karena Mie Petruk dijual di gerobak kaki lima, jadi kamu tak perlu khawatir masalah harga ya.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#7 Docang

Docang

[Baca Juga: Yummy! Ini 7 Kuliner Medan Manis Manis Murah Meriah]

 

Cobain menu sarapan super enak yang satu ini! Docang kerap menjadi makanan yang disantap di pagi hari sebelum memulai aktivitas, termasuk kamu yang hendak berwisata di Cirebon.

Serupa dengan lontong sayur, docang merupakan sajian lontong yang disajikan bersama daun singkong, kucai, tauge, parutan kelapa, dan tentunya kerupuk.

Nah, yang membuat docang berbeda dengan lontong sayur biasa adalah kuah oncomnya yang berwarna kemerahan, atau yang disebut dengan “dage”. Enak banget!

 

#8 Nasi Lengko

Nasi Lengko

[Baca Juga: Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan!]

 

Nasi lengko merupakan sajian yang cukup sederhana namun terbukti lezat dan mengenyangkan.

Nasi putih yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan tauge rebus, irisan kol, serta mentimun dan bawang goreng akan sangat menggiurkan. Belum lagi ditambah dengan kriuknya remah kerupuk!

Kamu bisa menikmatinya tanpa lauk tambahan atau dengan lauk di wadah terpisah sesuai yang kamu inginkan. Mengenyangkan, bukan? Sayang banget kalau belum coba.

 

#9 Mie Colot

Mie Colot

[Baca Juga: 5 Kuliner Bandung yang Tidak Boleh Terlewatkan!]

 

Kalau kamu biasa mendengar “mie yamin”, nah mie colot ini merupakan mie yamin ala Cirebon. Terbuat dari mie yang direbus bersama sayuran sawi hijau yang segar, lalu diaduk dengan minyak ayam dan kecap manis.

Dalam semangkuk mie colot, kamu juga akan melihat topping ayam dan jamur masak kecap di atasnya. Kebayang kan rasanya segurih apa? Selain gurih, isiannya juga banyak!

Ketika kamu memesan mie colot, maka kamu juga akan mendapatkan satu mangkuk berisi siomay, bakso, dan bakso tahu dengan kuah segar. Kalau kamu mengaku pecinta mie, kamu harus coba dulu mie yang satu ini.

 

#10 Sate Kalong

Sate Kalong

[Baca Juga: Daftar Kuliner Surabaya yang Wajib Anda Cicipi! (Bagian 1)]

 

Jangan takut! Sate kalong bukan berbahan dasar daging kelelawar kok. Dinamakan sate kalong karena menu ini biasa dijajakan pada malam hari oleh para pedagang, di mana kelelawar baru mulai aktif mencari makanan.

Sate kalong sendiri sebenarnya merupakan sate daging kerbau yang disajikan secara tradisional. Jadi, kalau kamu sedang berwisata di Kota Cirebon pada malam hari, jangan melewatkan sate kalong sebagai santapan malammu ya.

Karena sate ayam dan sate kambing sudah biasa, cobain sate kerbau alias sate kalong!

 

#11 Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam

[Baca Juga: 10 Top Rekomendasi Kuliner Semarang yang WAJIB Banget Kamu Coba]

 

Kamu suka bubur dan suka sop ayam? Tenang, di Cirebon ada yang menggabungkan kedua menu ini di dalam satu mangkuk. Bubur sup ayam adalah bubur ayam yang disajikan bersama kuah yang melimpah.

Walaupun melimpah, kuahnya tidak terlalu encer. Lebih menyerupai nasi tim yang dimasak dengan air.

Disajikan dengan soun, kacang kedelai, ampela, irisan ayam, kol, seledri, daun bawang, dan bawang goreng yang membuatnya menjadi menu komplit. Tauco dan kerupuk kanji juga disajikan dalam bubur sop ayam. Kenyang!

 

#12 Gado-Gado Ayam

Gado-gado ayam

[Baca Juga: 10 Tempat Kuliner Malang Enak dan Lezat yang WAJIB Kamu Kunjungi]

 

Kalau gado-gado saja sudah enak, apalagi ditambah dengan topping ayam ya? Ya, di Cirebon ada menu gado-gado ayam nih. Berbeda dengan gado-gado biasa, gado-gado ayam disajikan dengan kuah kuning kental menyerupai opor.

Dalam satu porsi gado-gado ayam, kamu juga tak hanya mendapatkan lontong dengan suwiran ayam tapi juga telur, tahu, kentang, tauge, mentimun, emping, dan kerupuk kanji.

Dilengkapi dengan taburan bawang goreng pasti akan sangat sempurna untuk teman sarapan.

 

#13 Es Cuing

Es Cuing

[Baca Juga: Aneka Resep Sederhana Makanan Khas Korea yang Halal dan Lezat]

 

Es cuing ala Cirebon menjadi salah satu pilihan tepat untuk melepas dahaga ketika kamu berwisata ke sana. Cuing sendiri merupakan sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau.

Jadi, es cuing sendiri merupakan es cincau. Disajikan dengan kuah santan dan gula merah, es cuing akan terasa manis dan sangat segar. Cocok untuk menemani momen wisata kamu!

Terkadang, es cuing juga disajikan dengan cendol sagu dan kelapa muda.

 

#14 Kue Tapel

Kue tapel

[Baca Juga: Patut Dicoba, Jenis Pizza Ini Paling Populer di Dunia]

 

Kue tapel merupakan kue khas Cirebon yang bentuknya mirip dengan crepes. Berwarna kecoklatan, kue tapel memiliki aroma seperti ledre yang berbahan dasar pisang. Rasanya manis dan legit!

Terbuat dari tepung terigu, ketan, gula merah, pisang, dan kelapa. Kini, kue tapel sudah mulai sulit ditemukan jadi jika kamu menemukannya jangan sampai dilewatkan.

Pastikan juga saat kue dimasak, kamu berada di dekatnya dan rasakan sensasi aroma pisang dan kelapa yang menyeruak. Bikin ngiler!

 

Jalan-Jalan Sambil Icip-Icip Kuliner Cirebon

Pecinta kuliner jangan sampai kelewatan. Deretan makanan yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi daftar wisata kuliner wajib kamu nih ketika berkunjung ke Cirebon.

Walaupun beberapa di antaranya sudah dapat kamu temukan di luar Cirebon, tapi belum afdol dong kalau belum mencoba langsung di kota asalnya. Masalah rasa, jangan khawatir.

Semua yang sudah direkomendasikan di sini dijamin bikin ngiler. Tak kalah penting juga, gak bikin kantong jebol. Jadi, tunggu apa lagi? Bawa list ini ya ketika kamu wisata ke sana. Selamat icip-icip!

 

Itu dia ulasan menu kuliner Cirebon yang tidak bisa kamu lewatkan. Makanan apa yang sudah kamu coba? Tuliskan tanggapanmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada pecinta kuliner lainnya ya. Selamat menikmati kuliner!

 

Sumber Referensi:

  • Tantri Setyorini. 22 Desember 2019. 14 Kuliner Cirebon yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner. Merdeka.com – https://bit.ly/3frLtYH

 

Sumber Gambar:

  • Cirebon 01 – https://bit.ly/3abfFpZ
  • Kuliner Cirebon 1 – https://bit.ly/33sE0X2
  • Kuliner Cirebon 2 – https://bit.ly/2PtA4gc
  • Kuliner Cirebon 3 – https://bit.ly/2PrtWoY
  • Kuliner Cirebon 4 – https://bit.ly/30sZp06
  • Kuliner Cirebon 5 – https://bit.ly/2PqOjCA
  • Kuliner Cirebon 6 – https://bit.ly/3a4oy4I
  • Kuliner Cirebon 7 – https://bit.ly/3gusKNB
  • Kuliner Cirebon 8 – https://bit.ly/31oKX8I
  • Kuliner Cirebon 9 – https://bit.ly/3kdNhIw
  • Kuliner Cirebon 10 – https://bit.ly/2XoJ0bl
  • Kuliner Cirebon 11 – https://bit.ly/39YPx1C
  • Kuliner Cirebon 12 – https://bit.ly/2BZzmEB
  • Kuliner Cirebon 13 – https://bit.ly/3gv5m29
  • Kuliner Cirebon 14 – https://bit.ly/3ilPKPp