Di tengah pandemi, maka lebaran Idul Fitri 2020 disarankan untuk tidak mudik. Namun, ada hal yang masih bisa dilakukan saat lebaran ini lho!

Penasaran apa saja kegiatan serunya? Simak ulasannya di artikel Finansialku kali ini.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Lebaran di Tengah Pandemi: Saatnya Berbagi Kisah Inspirasi

Menjalani Ramadhan di tengah pandemi corona bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang berubah dari Ramadhan sebelumnya, seperti tarawih berjamaah, berburu takjil, sampai berbuka bersama.

Tak cuma kehilangan momen khas Ramadhan saja, umat muslim dihadapkan pula pada suasana lebaran Idul Fitri 2020 yang berbeda.

Pasalnya, pemerintah secara resmi melarang masyarakat untuk mudik. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menyambut momen spesial tersebut?

 

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan di Lebaran Tahun Ini

Meskipun kehilangan momen mudik yang ditunggu-tunggu, sebenarnya ada banyak hal khas lebaran yang masih bisa dilaksanakan. Sayangnya, perayaan ini memang bakal dilakukan terpisah dari anggota keluarga besar lainnya.

Biar Anda tetap bisa berbahagia dengan orang-orang terkasih, lakukan hal-hal berikut di lebaran kali ini.

 

#1 Video Call Dengan Orang Terdekat

Jangan jadikan pandemi sebagai halangan untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga tercinta. Demi merasakan kehangatan khas lebaran, jalin komunikasi yang lancar melalui teknologi.

Video call bisa jadi upaya paling menyenangkan untuk bertatap muka dengan orangtua, pasangan, maupun anak di manapun berada. Anda bisa mengucapkan permohonan maaf serta rindu yang sudah lama terpendam.

Teknologi video call menggantikan kehadiran Anda secara virtual di tengah keluarga. Asyiknya, Anda bisa melihat langsung wajah orang-orang terdekat tanpa harus datang langsung.

Sangat memudahkan dan aman bukan di tengah pandemi? Lebaran 2020 Anda bakal terasa berbeda sekaligus tetap menyenangkan tanpa harus kehilangan makna.

Ini yang Masih Bisa Kita Lakukan Saat Lebaran Idul Fitri 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tipe Pemberi THR Saat Lebaran, Kamu yang Mana?]

 

#2 Saling Berkirim Parsel

Dari tahun ke tahun, momen Ramadhan dan lebaran jadi ajang saling berkirim parsel atau bingkisan. Bagi banyak orang, parsel menjadi pertanda kasih sayang dan perhatian antara satu dengan yang lain.

Tak cuma itu, parsel bisa pula mempererat tali silaturahmi yang mungkin sempat terputus. Toh, tak ada salahnya memberi hadiah kepada orang lain bukan?

Sama halnya dengan hari besar lainnya, pengiriman parsel bisa diwakilkan orang lain. Anda tak mesti datang langsung ke rumah kerabat untuk mengantarkan bingkisan tersebut.

Cukup hubungi jasa pembuatan parsel yang sesuai budget, paket bakal sampai dengan selamat. Kerabat senang, Anda pun merasa tenang, sebab tetap menjalani tradisi khas Idul Fitri 2020.

Ini yang Masih Bisa Kita Lakukan Saat Lebaran Idul Fitri 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: Evaluasi Keuangan: Inilah 7 Pengeluaran Terbesar Saat Lebaran]

 

#3 Ucapan Virtual

Tak bisa saling berkunjung bukanlah halangan berkomunikasi di hari raya. Momen saling berjabat tangan dan berpelukan sembari meminta maaf bisa diwakilkan dengan ucapan virtual.

Buat Anda yang gagal mudik, ucapan virtual semacam ini mampu mengobati rasa sedih.

Setidaknya, penerima ucapan mengerti kondisi yang tengah dihadapi saat ini. Agar lebih berkesan, pilihlah ucapan selamat lebaran yang benar-benar pribadi dan menyentuh.

Anda bisa membubuhkan beberapa kata-kata yang ditulis dan dipilih sendiri, tanpa harus meniru template.

Ini yang Masih Bisa Kita Lakukan Saat Lebaran Idul Fitri 2020 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jelang Ramadan: 5+ Persiapan Lebaran yang Wajib Dilakukan]

 

#4 Sajikan Menu yang Sama dengan Kampung Halaman

Apa saja yang biasanya ada di meja makan Anda saat lebaran?

Nah, supaya tetap terasa sukacita lebaran, sajikanlah menu yang sama. Misalnya saja, ketupat, opor ayam, maupun rendang yang jadi menu wajib keluarga.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

#5 Buat Kue Kering Khas Lebaran

Tak lupa buatlah beberapa kue kering yang bisa dinikmati bersama orang-orang terdekat saat di rumah saja. Dijamin, Anda tak akan kehilangan momen indah lebaran, meskipun pandemi corona tengah melanda.

Ini yang Masih Bisa Kita Lakukan Saat Lebaran Idul Fitri 2020 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Perlu Pusing! Ini Dia Tren Model Hijab Lebaran Tahun 2019]

 

Tak Kehilangan Momen Menyenangkan

Jadi, itu tadi 5 hal yang masih bisa dilakukan untuk menyambut lebaran di tengah pandemi corona.

Walaupun tak bisa berkumpul bersama keluarga besar seperti tahun-tahun sebelumnya, Anda tetap bisa menikmati indahnya lebaran Idul Fitri 2020.

Hari besar satu ini tak boleh terlewati begitu saja tanpa momen menyenangkan, sebab umat Muslim telah menantinya selama 1 tahun.

 

 

Jadi, kegiatan apa yang akan Anda lakukan pada lebaran kali ini? Yuk bagi inspirasi dalam artikel di atas pada orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Gilar Ramdhani. 28 April 2020. 5 Ide Menikmati Libur Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19. liputan.com – https://bit.ly/2Z8nFV3

 

Sumber Gambar:

  • Lebaran Idul Fitri 2020 1 – https://bit.ly/2AqmFRV
  • Lebaran Idul Fitri 2020 2 – https://bit.ly/2T9LqbK
  • Lebaran Idul Fitri 2020 3 – https://bit.ly/2z31yVp
  • Lebaran Idul Fitri 2020 4 – https://bit.ly/3cDYZYu