Sebelum memutuskan mau pilih ambil utang melalui KTA atau kartu kredit, yuk ketahui dulu kriteria masing-masingnya. Biar kamu nggak menyesal karena salah ambil.

 

Summary

  • Penting untuk mengetahui karakteristik utang yang akan kita ambil serta tujuan mengambil utang agar utang yang kita ambil tetap sesuai dengan yang kita butuhkan.
  • KTA (Kredit Tanpa Agunan) diberikan oleh pihak bank untuk yang meminjam uang tanpa harus menjaminkan asetnya. Kartu kredit banyak digunakan karena banyaknya promo yang ditawarkan.
  • Baik KTA maupun Kartu Kredit, masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan.

 

Sama-Sama Utang, Tapi Mana yang Lebih Baik?

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, pastinya kebutuhan akan utang menjadi meningkat. Banyak karyawan yang dirumahkan, dengan posisi dana darurat yang hanya bisa menutupi enam bulan ke depan saja.

Sampai akhirnya mengambil jalan keluar untuk menggunakan KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau kartu kredit agar arus kas setiap bulan tetap berjalan.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kredit perbankan tumbuh 3,24% year on year (yoy) per Oktober 2021, hal ini mengartikan bahwa permintaan akan kredit mengalami kenaikan.

Meskipun demikian, kita tetap perlu mengetahui karakteristik utang yang akan kita ambil serta tujuan mengambil utang. Hal ini dilakukan agar utang yang kita ambil tetap sesuai dengan yang kita butuhkan.

Bukan hanya itu, jangan sampai kita salah langkah akibat ketidaktahuan karakteristik masing-masing program utang.

Mengambil utang tidaklah hal yang salah, namun tetap memastikan kemampuan finansial untuk mengambilnya. Kali ini saya akan membahas lebih baik mengambil utang menggunakan KTA atau kartu kredit?

Jika melihat dari keduanya memiliki kesamaan bahwa mengambil utang menggunakan KTA atau kartu kredit sama-sama tidak memerlukan agunan atau jaminan aset di bank, namun tetap memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Saat ini, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang biasanya dikeluarkan oleh pihak perbankan.

[Baca Juga: Keunggulan dan Pertimbangan Kredit Tanpa Agunan (KTA)]

 

Keuntungan KTA

KTA (Kredit Tanpa Agunan) diberikan oleh pihak bank untuk yang meminjam uang tanpa harus menjaminkan asetnya.

Biasanya, pihak bank menganalisis nasabahnya untuk diberikan pinjaman melalui rekening koran selama tiga bulan sebelumnya, atau dipastikan bahwa payroll gaji berasal dari bank yang sama untuk tempat mengambil pinjaman.

Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah melakukan pengecekan, tentunya tujuannya untuk diterimanya pengajuan pinjaman tersebut. KTA pasti memiliki keunggulan di antaranya adalah:

 

Tenor Pinjaman Lebih Panjang

Bagi kamu yang ingin mengambil pinjaman dan menginginkan pelunasan lebih panjang, maka KTA bisa menjadi alternatif.

Meskipun tergantung dari berapa banyak pinjaman yang kamu ambil, namun tetap, tenor yang KTA berikan lebih panjang, bisa saja satu tahun atau dua tahun pelunasan.

 

Syarat Mudah dan Pencairan Cepat

KTA sendiri memberikan layanan dengan syarat yang mudah. Hanya perlu KTP (identitas nasabah) NPWP, Kartu Keluarga (KK), slip gaji, dan tentunya alasan untuk mengambil utang ini.

Di saat seperti ini era teknologi dan bank digital makin canggih, maka pencairan yang cepat merupakan nilai jual yang diberikan bank kepada nasabahnya. Bahkan, pihak bank ada yang memberikan jaminan 60 detik cair, untuk pengajuan pinjamannya.

Jadi tidak perlu khawatir bahwa mengambil utang menggunakan KTA dengan syarat yang mudah dan tentunya juga pencairannya cepat.

[Baca Juga: Simak! Inilah Daftar Kredit Tanpa Agunan yang Pasti Disetujui]

 

Kekurangan KTA

Di luar keuntungan dan keunggulan yang KTA berikan, tentunya ada kekurangannya. Coba kamu ketahui juga kekurangan yang ada pada KTA.

Jangan sampai kamu sudah terlanjur mengambil utang menggunakan KTA namun kamu belum tahu kekurangan yang ada pada KTA, berikut ini:

 

Suku Bunga Relatif Lebih Tinggi

Jika berbicara kredit pinjaman, maka suku bunga menjadi salah satu pertimbangan yang harus kamu perhatikan. Sebabnya kamu akan mencicil pinjaman ini, jadi kamu harus memahami dan mengetahui berapa bunga yang harus kamu bayarkan setiap bulannya itu.

Untuk KTA, suku bunga yang ditawarkan bervariasi tergantung penyedia bank tersebut, namun berkisar dari 0,59% – 2% per bulan.

Kalkulasikan dengan tenor waktu yang akan kamu pilih, misal selama dua tahun maka menjadi 24 bulan x 2% = 48% selama dua tahun.

Jika memang kamu rasa mampu secara finansial untuk membayarkannya dan kamu mau mengambilnya, silakan saja.

 

Ada Pinalti

Jika sekiranya kamu ingin melunasi utang KTA, biasanya terdapat penalti yang perlu dibayarkan. Mengapa demikian?

Karena, pada dasarnya pihak bank sudah menghitung bunga yang diperkirakan akan dibayarkan setiap bulan. Namun jika saat ini kamu akan melunasi maka pihak bank merasa rugi.

Sehingga konsep pinalti dirasa tepat jika kamu ingin pelunasan dipercepat sebelum tempo.

Namun pinalti di mata pelanggan menjadi kekurangan KTA, karena ada biaya yang dikeluarkan jika ingin mempercepat pelunasan. Meskipun tujuannya baik yaitu melunasi sisa utang.

 

Keuntungan Kartu Kredit

Berbeda dengan KTA, pastinya kartu kredit juga memiliki keuntungan yang disenangi penggunanya. Kartu kredit banyak digunakan karena banyaknya promo yang ditawarkan.

Setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit saling berlomba mengambil hati para pelanggannya, dengan cara memperbanyak merchant yang ingin bekerjasama.

Semakin banyak merchant semakin banyak juga pengguna kartu kredit tersebut.

Zaman sekarang, orang-orang mencari promo dan keuntungan saat berbelanja. Jadi untuk kamu yang memang memiliki keperluan meeting di luar dengan klien, kartu kredit menurut saya sangatlah pas untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi.

Nantinya, poin yang sudah kamu kumpulkan bisa diubah menjadi miles potongan untuk berlibur. Jadi, mari kita jabarkan keuntungan kartu kredit, sebagai berikut:

 

Promo Menarik yang Ditawarkan

Rata-rata pelanggan yang menggunakan kartu kredit karena senang akan promo.

Promo yang diberikan memang benar-benar menguntungkan, selama kamu menjadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran bukan tempat membiarkan utang terus meningkat tanpa ingin membayarnya.

[Baca Juga: Kartu Kredit: Mempermudah atau Mempersulit Hidup?]

 

Bunga Lebih Kecil

Dalam kartu kredit pastinya ada bunga yang di-charge kepada pelanggan, bunga tersebut berkisar 1,75% per bulan.

Namun, pastikan saat kamu menggunakan kartu kredit hal tersebut benar menguntungkan untukmu, dan bisa membantu kamu melacak pengeluaranmu melalui kartu kredit.

Banyaknya orang menggunakan kartu kredit lupa bahwa pengeluarannya melalui kartu kredit harus tetap dibayar tanpa mengandalkan pembayaran minimal.

Jika kamu sudah mengambil manfaat pembayaran minimal di kartu kredit, tandanya kamu perlu memastikan kembali, apakah kamu perlu menggunakan kartu kredit.

Karena, pada dasarnya kartu kredit alat pembayaran dengan memberikan manfaat promo dan poin, bukan untuk sekadar mengambil utang dan tidak bisa membayarnya, ya, Sobat Finansialku.

Kamu bisa tonton video ini untuk mengetahui keuntungan pakai kartu kredit.

 

Kekurangan Kartu Kredit

Setelah kita mengetahui manfaatnya, pastinya kartu kredit juga memiliki kekurangan yaitu di antaranya adalah:

 

Biaya Tahunan

Dalam kartu kredit, kamu akan dikenakan biaya tahunan kartu yang perlu kamu bayarkan. Ini menjadi biaya yang harus kamu ambil jika kartu kredit telah kamu aktifkan.

Jika satu kartu kamu harus membayar kisaran Rp 250.000 – Rp 400.000, pastikan kamu bisa memanfaatkan fiturnya supaya biaya yang kamu keluarkan setara dengan manfaat yang kamu ambil.

Kamu juga bisa mengajukan tidak dikenakan biaya kepada bank asalkan kamu aktif menggunakannya.

 

Konsumtif

Terkadang kartu kredit seperti pedang bermata dua, kartu kredit memberikan manfaat dan berbagai promo. Namun, dengan begitu bisa membuat kamu menjadi konsumtif jika menggunakannya terus tanpa membatasinya.

Jadi tetap pastikan kemampuan finansial kamu untuk memanfaatkan fitur yang ada di kartu kredit, ya.

[Baca Juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak]

 

KTA Versus Kartu Kredit

Jika melihat dari penjelasan di atas, kamu jadi sudah bisa membedakan keuntungan dan kekurangan yang ada pada KTA dan kartu kredit. Saat ini silakan kamu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Fitur kredit pada perbankan bertujuan memberikan manfaat kepada kamu, jadi jangan sampai kamu malah sebaliknya terjebak dengan kredit atau manfaat yang diberikan.

Namun, pastikan kalau kamu mampu secara finansial sebelum kamu putuskan untuk mengambil utang. Cek Kesehatan keuangan kamu secara rutin agar tahu bagaimana kondisi keuangan kamu.

Kamu bisa menggunakan fitur Financial Check Up di aplikasi Finansialku dan hasilnya nanti kamu bisa langsung konsultasikan dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Yuk, coba semua fitur premiumnya sekarang gratis selama 30 hari untuk kamu pengguna baru!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Nah Sobat Finansialku, jadi mana yang akan kamu ambil? Tapi, alangkah baiknya jika utang yang akan kita ajukan bukan untuk kebutuhan konsumtif, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Bambang P. Jatmiko. 28 Februari 2021. Lebih Baik Mana, Utang Pakai KTA atau Kartu Kredit? Money.kompas.com – https://bit.ly/3qeTIP4
  • Fiki Ariyanti. 9 September 2020. Kartu Kredit vs Pinjaman KTA, Mana yang Lebih Untung? Cermati.com – https://bit.ly/3Fg5Nd5
  • Redaksi. Apa Beda KTA vs Kartu Kredit? Simulasikredit.com – https://bit.ly/3Eey0Qr
  • Redaksi. STATISTIK PERBANKAN INDONESIA. Ojk.go.id – https://bit.ly/30K3UXl