Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA) perlu kamu ketahui, karena KTA bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang benar-benar membutuhkannya. 

 

Setiap jenis utang memiliki ciri-ciri tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan peminjam.

Saya berharap untuk Sobat Finansialku yang mengambil utang harus memahami jenis kredit yang diambil, perhitungan suku bunga, dan juga penalti jika terjadi sengketa.

Selain itu tentunya adalah kemampuan membayar utang, karena jika sudah terikat dengan utang, maka selanjutnya adalah bagaimana bisa membayarnya. 

Pinjaman tanpa agunan memiliki manfaat dan juga pastinya memiliki risiko. Untuk itu simak penjelasan saya mengenai Kredit Tanpa Agunan (KTA).

 

Apa Keunggulan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sebuah produk pinjaman yang dikeluarkan lembaga keuangan yaitu bank yang diperuntukkan bagi masyarakat tanpa perlu menyiapkan aset sebagai jaminan

Pada umumnya kredit melalui bank memerlukan jaminan atau kita sebut sebagai agunan sebagai nilai taksir agar pinjaman kamu bisa lolos oleh pihak bank tersebut. Namun KTA dibentuk tanpa harus melampirkan agunan kepada pihak bank.

Menarik, bukan? Tentunya hal ini menarik, namun bukan berarti pihak bank tidak melihat riwayat utang kamu ya, due diligence tetap dilakukan. Perhitungan kemampuan membayar kamu pun juga diperhitungkan oleh pihak bank.

Selain tanpa agunan, KTA memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah:

 

Pengajuan Relatif Cepat dan Tanpa Penaksiran Agunan

Untuk kamu yang benar-benar terdesak dan membutuhkan dana, KTA bisa menjadi alternatif untuk kredit yang bisa diambil. Tetapi bukan hanya karena kamu terdesak sehingga tidak mempertimbangkan faktor lain ya, Sobat Finansialku.

Pengajuan untuk KTA relatif lebih cepat, biasanya proses pengajuan kredit di bank bisa memakan waktu 1-2 bulan jika memang diperlukan.

Namun dikarenakan KTA tidak memiliki agunan aset yang perlu dinilai oleh pihak bank, sehingga proses pengajuan menjadi lebih cepat.

Dokumen yang dibutuhkan adalah secara umum, KTP, NPWP, Kartu Keluarga (KK), slip gaji, dan tentunya ditanyakan alasan untuk mengambil utang ini, ya.

Hal tersebut normal ditanyakan oleh pihak bank untuk diketahui, bahwa utang yang diambil benar-benar digunakan untuk hal yang dibutuhkan, dan agar kamu tetap bisa membayarnya.

[Baca Juga: 5 Jenis KTA – Kredit Tanpa Agunan, Salah Satunya KTA Tanpa Kartu Kredit]

 

Masa Pencairan Cepat

Belakangan ini bank-bank digital berlomba-lomba memenangkan hati masyarakat, salah satu bentuk keunggulannya adalah cepat. Cepat dalam arti memverifikasi data dan juga dalam melakukan pencairan dana pinjaman, dsb.

Hal ini pastinya disukai oleh masyarakat, karena semakin cepat pastinya akan semakin diminati, bahkan untuk KTA sendiri sudah ada yang bisa dicairkan dalam waktu kurang lebih 60 detik alias satu menit. 

Keunggulan dan Pertimbangan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 01 - Finansialku

Ilustrasi pencairan uang cepat. Sumber: Envato

 

Sungguh luar biasa ya Sobat Finansialku, di era serba instan dan dengan mobilitas tinggi maka hal ini menjadi suatu keunggulan dari KTA.

Karena tidak adanya agunan, verifikasi dan pencairan bisa dilakukan cepat. Untuk kebutuhan mendesak dan sifatnya mendadak, KTA seolah penyelamat.

Eits, tapi bukan berarti karena cepat kamu jadi dengan gampang bisa mengambil utang secara cuma-cuma untuk kebutuhan konsumtif, ya.

 

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Lalu setelah melihat KTA dengan berbagai keunggulannya, tentunya KTA juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Risiko apa sajakah itu?

 

Bunga yang Ditawarkan Relatif Lebih Tinggi 

Wajar sekali ya, karena tidak adanya agunan kepada pihak bank, bank jadi tidak memiliki kemampuan menyita aset kamu jika terjadi ketidakmampuan melunasi utang.

Maka dari itu, skema yang diberikan adalah bunga menjadi lebih tinggi dibandingkan kredit lainnya.

Bunga yang ditawarkan rata-rata adalah 2,1% per bulan atau dalam setahun 25,2% p.a.  Kondisi seperti ini harus kamu pastikan kalau kamu sanggup membayarnya, jangan sampai utang yang kamu ambil melebihi 30% dari penghasilan bulanan.

Selain itu memastikan bunga yang diambil merupakan bentuk tanggung jawab, bahwa kamu sudah menerima risiko membayar bunga yang ditetapkan oleh pihak bank tersebut.

[Baca Juga: Pahami Ini Sebelum Terlilit Hutang Kredit Tanpa Agunan Berbunga Tinggi!]

 

Waktu Pelunasan Lebih Singkat

Dalam KTA tidak ada agunan yang dijaminkan kepada pihak bank, maka wajar jika waktu pelunasan yang diberikan oleh pihak bank menjadi lebih singkat.

Untuk itu, pastikan kalau kamu sanggup membayar dengan bunga yang relatif dan waktu pelunasan yang singkat.

Sebelum mengajukan KTA, saya sarankan kamu untuk berkonsultasi dahulu dengan Perencana Keuangan Finansialku untuk mendapatkan jawaban bijak atas pengambilan utang dengan menyesuaikan kondisi keuanganmu saat ini.

Kamu bisa pilih jadwal konsultasimu melalui konsultasi.finansialku.com atau Whatsapp dengan klik link ini. Jika kamu sudah install aplikasi Finansialku, kamu juga bisa konsultasi lewat menu Konsultasi Keuangan.

 

Bolehkah Mengambil Utang KTA?

Jika melihat keunggulan dan juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam utang KTA, lalu selanjutnya keputusan akan ada di tangan kamu, apakah akan mengambil utang KTA atau tidak.

 

Kredit Tanpa Agunan atau jenis utang lainnya bisa kamu sesuaikan dengan beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apa kamu benar membutuhkannya?
  • Apa kamu bisa membayarnya?
  • Apa kamu sudah tahu bunga yang dibayarkan?
  • Apa kamu bisa menerima itu semua?

 

Jika ke empat pertanyaan di atas jawabannya “IYA” maka kamu bisa mengajukan utang menggunakan KTA, namun jika ada satu pertanyaan yang kamu jawab “TIDAK” maka silakan evaluasi kembali keputusan mengambil utang tersebut.

Utang tidak salah Sobat Finansialku, yang menjadi masalah jika kamu tidak menyiapkan dan mengetahui keunggulan ataupun risiko yang diperhatikan saat mengambil utang-utang tersebut.

Yuk, bijak terhadap setiap keputusan keuangan, jangan mengambil keputusan finansial menggunakan emosi dan keinginan sesaat, ya.

Alangkah baiknya perbaiki pula pengelolaan keuangan kamu agar sebisa mungkin kamu memiliki utang yang sedikit. Untuk membantu kamu mengatur keuangan, kamu bisa dengarkan audiobook di bawah ini.

Di dalamnya kamu bisa mengetahui tips mengatur keuangan yang tepat. Dengarkan sekarang, yuk!

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Semoga informasi mengenai kredit tanpa agunan yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin Anda diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

 

Sumber Referensi:

  • Kabrina Rian Ferdiani. 14 November 2019. Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA). Modalrakyat.id – https://bit.ly/3z5MY8U
  • Admin. 15 Mei 2015. 5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang. Cermati.com – https://bit.ly/2X3sDUJ