Kabarnya, bunga kartu kredit diperingan demi meningkatkan tingkat konsumtif masyarakat dan memperbaiki perekonomian nasional. Meski demikian, kamu tetap harus memantau penggunaan kartu kredit dengan bijak, ya!

 

Pandemi Bikin Pemerintah Meringankan Denda Kartu Kredit

Kedahsyatan pandemi masih dirasakan hingga saat ini yang membuat dunia menjadi lumpuh di segala lini, tidak terkecuali dalam hal perekonomian masyarakat global. 

Dampak dari penyebaran Virus Corona ini membuat berkurangnya mobilitas masyarakat sehingga menurunkan tingkat konsumsi seperti yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik dimana daya beli masyarakat masih lemah pada kuartal I 2021 yang tercermin dari masih terkontraksinya konsumsi rumah tangga sebesar 2,23% secara tahunan (year on year/yoy) pada Januari-Maret 2021.

Keadaan ini pun mempengaruhi anjloknya penggunaan kartu kredit seperti yang dilansir dari laman Kata Data mengungkapkan nilai transaksi kartu kredit sepanjang tahun 2020 hanya mencapai Rp 238,9 triliun, anjlok 30,3% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 342,7 triliun. 

Menanggulangi anjloknya konsumsi masyarakat dalam penggunaan kartu kredit, Pemerintah melalui Bank Indonesia membuat kebijakan dengan memperpanjang keringanan denda keterlambatan pembayaran kartu kredit hingga 31 Desember 2021 dengan tujuan untuk mendorong penggunaan kartu kredit sebagai penyangga konsumsi masyarakat dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

 

Pahami Kinerja Kartu Kredit & Penggunaanya 

Meski pemerintah memberikan kelonggaran dalam hal bunga kartu kredit demi meningkatkan angka konsumtif masyarakat, penggunaan kartu kredit harus tetap dalam porsi kewajaran. 

Oleh sebab itu, masyarakat perlu memahami dengan benar penggunaan dan kinerja dari kartu kredit itu sendiri. 

Penggunaan kartu kredit ternyata juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Kartu kredit memberikan banyak kenyamanan dalam aktivitas berbelanja dan menawarkan berbagai hadiah atas pembelanjaan yang Anda lakukan. 

Selain itu, kartu kredit juga dapat membantu Anda dalam membangun credit history untuk mempermudah proses pengajuan pinjaman ke bank jika Anda memerlukannya.

Namun masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana menggunakan kartu kredit dan segala manfaatnya dengan bijak.

[Baca Juga: 3+ Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik!]

 

Selain dapat membangun riwayat kredit atau credit history, penggunaan kartu kredit juga menjadi cara untuk meningkatkan skor kredit dengan memahami masa tenggang dan juga biaya bunga yang serta annual fee yang harus dibayarkan. 

Kartu kredit memungkinkan Anda melakukan pembelian dan membayarnya nanti. Hal ini seperti pinjaman jangka pendek.

Saat Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian, pada dasarnya Anda menggunakan uang perusahaan kartu kredit.

Anda kemudian membayar uang itu kembali ke perusahaan kartu kredit, dengan atau tanpa bunga, tergantung pada waktu pembayaran Anda.

Perusahaan kartu kredit akan memberi Anda batas kredit yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelian. Batas ini akan didasarkan pada beberapa indikator seperti skor kredit, pendapatan, dan riwayat akun Anda. 

Saat Anda menggunakan limit pembelian dengan, maka kredit yang tersedia akan menyusut. Saat Anda melakukan pembayaran terhadap saldo Anda, limit pinjaman Anda akan kembali bertambah.

Setiap bulannya perusahaan kartu kredit akan mengirim Anda laporan penggunaan kartu dan aktivitas pembelanjaan Anda terkait kartu kredit yang Anda gunakan seperti jumlah saldo, pembayaran minimum, dan tanggal jatuh tempo.

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat kartu kredit, perhatikan dahulu beberapa hal sebelum membuat kartu kredit yang ada di video ini. Jangan sampai akhirnya Anda malah menyesal.

 

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara kerja kartu kredit cukup sederhana, namun dalam praktiknya tak jarang penggunaan kartu kredit yang tidak sesuai porsinya membuat banyak orang terlilit utang dan membuat keuangan mereka menjadi berantakan. 

Oleh sebab itu, pahami penggunaan kartu kredit dengan bijak berikut ini!

 

Sesuaikan Limit Kartu Kredit dengan Pendapatan Bulanan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan kartu kredit adalah sesuaikan antara pendapatan dengan pengeluaran

Mengapa demikian? Agar setiap orang bisa terhindar dari berbagai masalah seperti berbelanja hingga melebihi limit yang telah ditetapkan.

Umumnya, lembaga keuangan penyedia kartu kredit akan menetapkan limit sesuai dengan penghasilan Anda setiap bulannya.

Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat catatan pengeluaran yang menggunakan kartu kredit agar dapat memantau limit pembayaran setiap bulannya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk memudahkan mencatat keuangan Anda. Aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur keuangan lain yang bisa membantu Anda dalam pengaturan keuangan. Download aplikasi Finansialku di App Store atau Play Store sekarang!

 

Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Selanjutnya, Anda perlu menjaga kerahasiaan informasi pribadi agar tidak tersebar kepada orang lain.

Ada baiknya jika Anda diberikan fasilitas kartu kredit, hanya anggota keluarga saja yang mengetahuinya, seperti orang tua, suami, maupun istri. 

Selain itu, jangan berikan kode OTP dan selalu merahasiakan cvv yang terdapat di balik kartu Anda, dan selalu gunakan PIN supaya lebih terjaga keamanannya.

Cara ini adalah sebagai bentuk perlindungan diri sendiri agar terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan dan tidak menimbulkan peluang bagi pelaku kejahatan yang tidak bertanggung jawab. 

 

Memilih Suku Bunga yang Terendah

Setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit memiliki kebijakan yang berbeda-beda, namun tetap patuh pada peraturan, khususnya dalam menetapkan besarnya suku bunga. 

Penetapan bunga yang rendah bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kartu kredit. 

Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak 01 - Finansialku

Ilustrasi  Kartu Kredit. Sumber: Envato

 

Jika Anda memiliki cicilan selama 6 hingga 12 bulan, hal ini perlu Anda perhatikan agar saat membayar tagihan tersebut tidak terasa berat, selain itu biasanya Bank juga memiliki promo cicilan 0% yang bisa Anda manfaatkan.

 

Hindari Penarikan Dana Tunai

Cara menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah sebaiknya hindari penarikan dana tunai secara berkala.

Sesekali, Anda boleh saja menggunakan fasilitas Cash Advance yang ditawarkan oleh Bank yang memberikan fasilitas kartu kredit untuk Anda demi keperluan mendadak serta fungsi yang bermanfaat. 

Tapi, satu hal yang perlu Anda pahami bahwa ketika Anda menarik dana tunai dengan menggunakan kartu kredit, maka Anda akan dikenakan tarif bunga sekitar 4% tergantung dengan kebijakan setiap bank, dan bunga harian sejak tanggal transaksi Anda lakukan. 

[Baca Juga: Hati-hati! Ini Akibatnya Kalau Telat Bayar Kartu Kredit]

 

Atur Penggunaan Kartu Kredit dengan Aplikasi di Smartphone

Selanjutnya Anda perlu mengatur penggunaan kartu kredit pada aplikasi di smartphone Anda. 

Penggunaan kartu kredit dengan aplikasi di smartphone sendiri akan memberikan beberapa kemudahan kepada Anda untuk mengakses beberapa fitur yang dapat memudahkan Anda mendapatkan informasi penting seperti pemakaian kartu kredit, riwayat tagihan kartu, mutasi rekening, dan informasi sisa limit kartu tanpa harus menghubungi pihak bank terlebih dahulu. 

 

 

Melunasi Pinjaman Cicilan Kartu Kredit sesuai Jadwal yang ditentukan

Dengan adanya aplikasi kartu kredit pada smartphone akan mempermudah Anda agar tidak terlambat membayar tagihan kartu kredit. 

Jangan biarkan bunga pinjaman semakin berbunga dan membuat Anda harus menumpuk tagihan setiap bulannya. Pasalnya, semakin lama Anda membayar dapat membuat bunga tagihan terus bertambah. 

Jadi, pastikan Anda tidak terlambat bayar tagihan setiap bulannya.

Kartu kredit bisa menjadi kartu sakti untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan, namun di saat yang bersamaan, kartu kredit bisa jadi senjata makan tuan jika Anda kurang bijak dalam menggunakannya. Pahami cara kerjanya dan gunakan untuk belanja yang bersifat kebutuhan.

Kamu bisa mengetahui cara-cara bijak lainnya dalam audiobook di bawah ini. Tak hanya cara bijak, kamu juga akan mendapat informasi mengenai do’s and don’ts penggunaan kartu kredit yang benar.

Dengarkan sekarang dan bijaklah dalam menggunakan kartu kredit!

banner -milenial membuat kartu kredit mudah

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin Anda diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H

 

Sumber Referensi: 

  • Agatha Olivia Victoria. 17 Juni 2021. Pacu Konsumsi Masyarakat, BI Perpanjang Keringanan Denda Kartu Kredit. katadata.co.id – https://bit.ly/3leaprk
  • Martha Ruth Thertina. 5 Februari 2018. Sri Mulyani: Tak Semua Transaksi Kartu Kredit Diintip Ditjen Pajak. katadata.co.id – https://bit.ly/3trNi0q
  • Rebecca Lake. 25 Maret 2021. How to Use a Credit Card. investopedia.com – https://bit.ly/3E0TOjv
  • Promo BRI. 21 Februari 2020. 6 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Yang Bisa Anda Ikuti. promo.bri.co.id – https://bit.ly/38Tui1h