Apa saja yang bisa dilakukan sebelum liburan ke gurun pasir?

Inilah persiapan yang tidak boleh dilewatkan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Serunya Liburan ke Gurun Pasir

Jika membahas tentang gurun pasir, hal pertama yang kita pikirkan adalah panas, kering, gersang. Tetapi gurun pasir ini bisa menjadi tempat liburan yang sangat menarik dan seru.

Anda jangan hanya melihat sisi panas, keringnya saja. Jika Anda berkunjung ke gurun pasir, banyak hal yang menarik yang Anda dapatkan. Apa lagi gurun pasir di Indonesia sangat jarang kita temukan.

Gurun pasir di dunia yang terkenal dengan keindahan alamnya adalah Gurun Sahara, Gurun Arabia, Gurun Gobi, Gurun Kalahari, Gurun Patagonia, dan Gurun Great Victoria.

Gurun Sahara terkenal dengan gurun terpanas di dunia, tetapi dengan suhu yang panas tersebut ada masanya Gurun Sahara juga bersalju.

Sangat menakjubkan bukan? Beda lagi dengan gurun Gobi, gurun yang terdapat di China ini memiliki keindahan yang luar biasa.

 

6 Tips Sebelum Travelling ke Gurun Pasir

Gurun dengan suhu yang panas terdapat di Crescent Lake, yaitu danau yang seperti bulan sabit. Setiap gurun memiliki keindahan yang berbeda-beda, dimana perbedaan ini sangat menarik untuk kita nikmati.

Jika Anda ingin menikmati keseruan berlibur ke gurun-gurun tersebut, baca dulu 6 tips travelling ke gurun pasir berikut ini!

 

#1 Pakai Baju yang Sesuai

Saat liburan ke gurun pasir, pakailah baju yang sesuai untuk kondisi panas gurun tersebut. Bila kondisi gurun panas maka baju yang cocok untuk Anda pakai yaitu baju yang tipis dan berwarna cerah.

Jenis bahan baju yang nyaman dipakai untuk suhu panas seperti katun, linen, sutra, jersey, dan yang lainnya.

Jenis-jenis baju tersebut mengandung serat alami dan mudah menyerap keringat, sehingga akan memberikan kenyamanan untuk Anda selama liburan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Hindari memakai baju tebal dan berwarna gelap, karena baju berwarna gelap akan lebih cepat menyerap panas dan tidak dipantulkan lagi.

Hal inilah yang menyebabkan baju berwarna gelap terasa panas. Selain itu jangan pakai baju berbahan denim dan poliester, walaupun bahannya tipis, tetapi tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Baju dengan bahan yang tebal sudah memberikan panas ke tubuh kita, ditambah lagi dengan suhu gurun yang panas.

Maka baju tebal ini tentu sangat mengganggu dan berbahaya bagi kesehatan Anda selama berlibur di gurun pasir.

Liburan Ke Gurun Pasir 02 Gurun Pasir 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Dunia atau Kerja Di Luar Negeri? Buat Paspor Dulu Dong!]

 

#2 Sunblock

Sinar UV kawasan gurun pasir sangat bahaya untuk kesehatan kulit Anda, untuk menjaga kulit Anda tetap sehat setelah pulang liburan jangan lupa pakai sunblock.

Produk sunblock ini terbuat dari bahan anorganik yang mampu melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV. Dengan memakai sunblock maka kulit Anda akan terlindungi.

Cara kerja sunblock ini yaitu dengan memantulkan radiasi matahari sebelum radiasi matahari tersebut menyentuh kulit Anda.

Sinar UV yang mencoba menyentuh kulit Anda akan dihadang dulu oleh sunblock sehingga sinar UV tidak meresap masuk ke dalam kulit Anda.

728x90 hitung sekarang - asuransi
300x250 - Hitung Sekarang - asuransi

 

Selain manfaat di atas, sunblock juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menghindari terjadinya flek-flek hitam pada wajah akibat dari radiasi sinar matahari di gurun pasir.

Anda jangan menganggap pemakaian sunblock ini hanya di pakai oleh kaum hawa saja untuk kecantikan. Tetapi sunblock ini dipakai untuk semua kalangan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita butuh sunblock untuk melindungi kulit dari cahaya matahari. Apalagi kondisi di gurun pasir, yang panasnya dua kali lipat lebih panas dibandingkan dengan daerah tropis.

Maka dari itu untuk melindungi tubuh kita dari efek buruk sinar matahari ini, kita perlu memakai sunblock.

Liburan Ke Gurun Pasir 03 Gurun Pasir 3 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

#3 Gunakan Pelindung Kepala

Panas gurun pasir suhunya dua kali lipat lebih panas dari suhu bumi biasa yang kita temui.

Dengan kondisi panas yang luar biasa ini Anda membutuhkan penutup kepala berupa topi, scarf, bandana, atau sejenis kain lain yang bisa melindungi kepala Anda dari terik matahari di gurun pasir.

Bahan penutup kepala seperti scarf yang bagus Anda gunakan adalah bahan katun. Bahan katun ini sangat bagus untuk melindungi kepala Anda dari cahaya matahari.

Selain itu scarf juga berfungsi sebagai penahan keringat, debu dan pasir yang ada di gurun pasir.

Suhu gurun memiliki panas yang sangat tinggi, jika Anda tidak melindungi kepala Anda, suhu gurun ini akan memicu pusing bahkan Anda bisa pingsan.

Supaya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat liburan, Anda harus membekali diri Anda semaksimal mungkin supaya Anda bisa menikmati indahnya suasana liburan di gurun pasir.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Gunakan Kaca Mata Hitam

Kaca mata hitam sangat diperlukan ketika Anda berada di gurun pasir.

Menggunakan kaca mata hitam ini bukan hanya untuk mendukung penampilan Anda, tetapi yang penting yaitu kaca mata ini melindungi mata Anda dari cahaya matahari yang ada di gurun pasir.

Kondisi panas yang sangat terik dapat membuat mata Anda rusak jika mata Anda tidak dilindungi. Karena itu memakai kaca mata hitam adalah salah satu cara untuk melindungi mata Anda dari radiasi cahaya matahari di gurun.

Selain untuk melindungi mata dari cahaya matahari, kaca mata hitam juga berfungsi untuk melindungi mata Anda dari bahaya-bahaya lain seperti pasir ketika ada angin di gurun.

Pasir-pasir di gurun ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan mata Anda. Apalagi kalau terjadi badai di gurun, ini sangat berbahaya bagi Anda jika Anda tidak membawa pelindung mata.

 

#5 Banyak Minum

Kondisi gurun yang panas, gersang dan terik membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan.

Untuk tetap menyeimbangkan kondisi tubuh dengan kondisi cuaca di padang pasir, Anda perlu membawa air mineral dalam jumlah yang banyak, supaya Anda tidak kehausan atau mengalami dehidrasi.

Jika biasanya Anda pergi travelling hanya membawa air minum secukupnya, saat liburan ke gurun harus membawa air sebanyak-banyaknya.

Dengan membawa persediaan air yang banyak maka akan memberikan kesegaran untuk Anda di saat Anda membutuhkan air, dan Anda tetap bisa menikmati liburan dengan kondisi tubuh yang sehat.

Liburan Ke Gurun Pasir 04a Gurun Pasir 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

 

#6 Sediakan Jaket

Jaket berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari bahaya pasir yang dibawa angin saat kondisi gurun terdapat angin kencang atau badai.

Badai pasir merupakan fenomena alam yang sering terjadi di gurun pasir. Saat terjadi badai, maka banyak pasir dan material-material kecil yang beterbangan.

Jika saat Anda liburan bertemu dengan fenomena gurun pasir yang seperti ini, tentu pasir-pasir ini akan merusak kulit Anda jika tidak dilindungi dengan jaket.

Selain itu, selama di perjalanan menuju gurun pasir, jaket ini sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh Anda dari fenomena-fenomena alam yang tidak kita tahu kapan akan terjadi. 

Liburan Ke Gurun Pasir 05a Gurun Pasir 5 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Persiapkan Liburan Ke Gurun dengan Tepat

Demikianlah 6 tips travelling yang perlu Anda ketahui sebelum Anda berlibur ke gurun pasir. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum berlibur ke gurun pasir.

 

Apakah Anda sudah pernah berlibur ke gurun pasir? Atau Anda sedang merencanakan liburan ke gurun pasir?

Tuliskan pengalaman Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Juni 2018. Travelling Ke Gurun Pasir? Siapa Takut? Simak Saja 6 Tips Di Bawah Ini! Superadventure.co.id – https://goo.gl/MhYuvN

 

Sumber Gambar:

  • Gurun Pasir 1 – https://goo.gl/N3LuvX
  • Gurun Pasir 2 – https://goo.gl/Dwwzhy