Yeiy! Lomba 17 Agustus yang meriah akan datang sebentar lagi. Bukan hanya upacara dan acara ceremonial yang khidmat, ada banyak juga hal-hal seru lainnya dalam peringatan HUT RI setiap tahunnya.

Mau tahu lomba 17 Agustus yang hemat dan anti mainstream? Intip yuk di inspirasi Finansialku berikut ini, siapa tahu Anda bisa melakukan lomba-lomba tersebut di lingkungan sekitarmu!

 

17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya menjadi satu hari yang penting bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal tersebutlah negara Indonesia pertama kali terjadi proklamasi, khususnya pada tahun 1945.

17 Agustus kita peringati sebagai hari kemerdekaan negara Indonesia. Dalam memperjuangkan kemerdekaan tersebut pribumi dan para pahlawan memperjuangkan banyak hal, mulai dari tenaga, hingga nyawanya sendiri.

Maka dari itu, peringatan 17 Agustus selalu kita lakukan setiap tahun, sejak 1945. Hal ini bertujuan agar semangat nasionalisme dan jiwa patriot selalu membara pada warga negara Indonesia dari generasi ke generasi.

Selain memiliki nilai sejarah, nasional dan patriotik, peringatan 17 Agustus juga memiliki nilai sosial masyarakat, yaitu berkumpulnya masyarakat untuk mengikuti berbagai lomba khas 17-an.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa peringatan 17 Agustus sering terisi dengan lomba-lomba yang menyenangkan dan mempererat tali persaudaraan.

[Baca juga: Contoh Proposal Acara 17 Agustus Terbaru, Lengkap!]

 

Kenapa Sih Harus Ada Lomba Tiap 17 Agustus?

Kemerdekaan sebuah negara merupakan impian bagi setiap warga negara, kala penjajah masih menduduki tanah air.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia memiliki catatan sejarah yang panjang. Bahkan Indonesia menjadi jajahan Belanda hingga mencapai waktu 350 tahun lamanya.

Tanah air Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Siapapun yang mengetahui potensi alam di Indonesia pasti menginginkan untuk menguasai kekayaan tanah nusantara ini.

Hal ini terbukti saat Indonesia kedatangan pedagang dari Hindia-Belanda yang bertujuan untuk mencari rempah-rempah.

Karena menyadari kekayaan luar biasa di tanah air, niat untuk mencari rempah-rempah atau berdagang berubah menjadi hasrat untuk menguasai segala kekayaan yang ada dalam negara dengan julukan zamrud khatulistiwa ini.

Namun, dengan semangat juang untuk memperoleh kemerdekaan para pejuang dan pahlawan tak kenal lelah untuk membela tanah air sehingga pada tahun 1945, tepatnya tanggal 17 Agustus, kemerdekaan Indonesia pertama kali Ir. Soekarno proklamasikan sebagai presiden pertama negara Indonesia.

Lalu, kenapa sih harus ada lomba tiap 17 Agustus atau di bulan bersejarah ini? Karena dengan adanya lomba kita akan jadi lebih semangat dalam berkompetisi ke arah yang positif untuk melawan “musuh” kita di masa merdeka seperti saat ini, yaitu kemalasan.

Lomba juga akan dapat memompa semangat nasionalisme yang memang harus selalu kita tumbuh kembangkan dalam diri kita.

[Baca juga: 88 Kata Motivasi Kemerdekaan yang Membakar Semangat]

 

Ragam Lomba 17 Agustus yang Unik dan Hemat Biaya

Perayaan 17 Agustus, selain berisi dengan upacara pengibaran bendera juga berisi dengan acara lainnya, seperti arak-arakan budaya, festival, nobar hingga perlombaan.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan lomba balap karung dan panjat pinang yang selalu ada dalam perayaan tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Jika Anda termasuk dalam panitia perayaan hari kemerdekaan dan bertugas menentukan lomba apa saja yang harus terlaksana. Maka sebagai referensi, berikut ini adalah lomba 17 Agustus anti mainstream dan hemat biaya.

 

#1 Mengupas Kulit Buah

Siapa sih yang tidak suka makan buah-buahan? Hampir setiap orang menyukai makanan sehat satu ini.

Selain bisa kita konsumsi sebagai pencuci mulut atau teman diet, buah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu bahan untuk membuat perlombaan seru pada perayaan 17 Agustus, yaitu mengupas kulit buah.

Lomba 17 Agustus 01 Mengupas Kulit - Finansialku

[Baca Juga: Mari Rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus HUT RI dengan Meraih Kemerdekaan Finansial Anda!]

 

Namun, bukan hanya sekadar mengupas ya, peraturannya Anda harus mengupas kulit buah dengan hasil kupasan yang paling panjang atau bahkan tidak terputus.

Kupasan kulit buah yang paling panjang itulah pemenangnya. Anda dapat memilih jenis buah seperti apel, kiwi atau bahkan kentang dan nanas.

Anda hanya perlu membeli buah saja, dengan anggaran Rp50.000-Rp100.000.

 

#2 Menggambar Dengan Mata Tertutup

Lomba ini tidak memerlukan banyak biaya. Karena Anda hanya membutuhkan kertas, pensil dan penutup mata.

Lomba 17 Agustus 02 Menggambar - Finansialku

 

Lomba ini sangat melatih kepekaan imajinasi. Pada Lomba menggambar yang satu ini, peserta bisa memanfaatkan lidi dan pasir, cat air, atau bahkan media kanvas sesuai budget dari karang taruna setempat.

 

#3 Meniup Balon

Tidak semua orang bisa meniup balon. Apalagi jika ada batasan waktu tertentu. Karena itu, meniup balon bisa menjadi salah satu lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

Lomba 17 Agustus 03 Meniup Balon - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Kemerdekaan Indonesia yang HARUS Kamu Ketahui]

 

#4 Sepak Bola Sarung

Sepak bola merupakan olahraga populer yang banyak masyarakat gemari. Karena itu, sepak bola bisa menjadi salah satu lomba yang kita adakan saat 17 Agustus.

Lomba 17 Agustus 04 Sepak Bola - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Kemerdekaan Untuk Membakar Semangat Perjuangan]

 

Akan tetapi tidak sembarang sepak bola ya, karena peraturannya pemain harus mengenakan sarung saat bermain sepak bola ini.

 

#5 Lomba Permainan Rakyat

Indonesia memang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Hal ini juga bisa kita lihat dari aneka permainan rakyat yang ada di tanah air.

Lomba 17 Agustus 05 Lomba Permainan - Finansialku

[Baca Juga: 9 Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia?]

 

Permainan rakyat ini bisa mengisi kemeriahan saat perayaan di hari kemerdekaan, seperti mengadakan lomba balap egrang, congklak, maupun sebagainya.

 

#6 Membuat Boneka dari Daun Singkong

Kreativitas tanpa batas menggambarkan lomba ini. Ya, Anda yang lahir pada tahun 90-an mungkin masih ingat dengan boneka terbuat dari daun singkong.

Lomba 17 Agustus 06 Membuat Boneka - Finansialku

 [Baca Juga: Polling: Apa Saja Kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang Biasanya Anda Lakukan?]

 

Nah, untuk mengenalkan kembali alat bermain tradisional ini, bisa menjadi sebagai lomba 17 Agustus yang hemat karena bahan yang kita butuhkan mudah kita dapatkan.

 

#7 Menerbangkan Pesawat Kertas

Siapa yang ingin menerbangkan pesawat? Anda dapat menerbangkan pesawat sekaligus memeriahkan hari kemerdekaan pada lomba menerbangkan pesawat kertas ini.

Siapa yang paling jauh menerbangkan pesawatnya maka itulah pemenangnya.

Lomba 17 Agustus 07 Pesawat Kertas - Finansialku

[Baca Juga: Hari Kemerdekaan Indonesia 2019: 9 Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia]

 

#8 Makan Pedas

Anda yang suka dengan pedas bisa mengikuti lomba yang satu ini. Namun, jangan lupa kesehatan lambung yah.

Lomba 17 Agustus 08 Makan Pedas - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Sejarah Kemerdekaan: 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia]

 

Sementara Anda yang bertugas sebagai panitia bisa memilih jenis makanan yang akan dilombakan. Tapi, jika punya penyakit atau alergi jangan sampai nekad mengikuti lomba ini ya!

 

#9 Estafet Air

Ada banyak cara memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Cara-cara unik bisa Anda pilih untuk memeriahkan perlombaan saat 17 Agustus tiba.

Memindahkan air bisa menggunakan sendok, sedotan, mangkuk kecil atau bahkan tangan kosong lho! Pasti deh, basah-basahan sekampung dan pasti meriah banget.

Lomba 17 Agustus 09 Estafet Air - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Merdeka Finansial Atau Bokek Finansial? Begini Cara Meraih Kemerdekaan Finansial]

 

Peralatan yang kita butuhkan dapat kita peroleh dari perabotan rumah tangga sehingga hal ini akan sangat menghemat biaya.

 

#10 Mengiris Bawang

Mengiris bawang memang memiliki kesulitan tersendiri ya. Kadang juga membuat seseorang sampai menangis.

Dalam perlombaan ini yang paling lama bertahan mengiris bawang adalah pemenangnya.

Lomba 17 Agustus 10 Mengiris Bawang - Finansialku

[Baca Juga: Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan]

 

#11 Lomba Membuat Syair atau Yel-yel Kemerdekaan

Kalau Anda sudah sering melihat orang mengikuti audisi menyanyi, kini lomba sejenis bisa kita lakukan untuk daftar lomba 17 Agustus. Yaitu, lomba membuat syair hymne kemerdekaan atau lomba yel-yel kemerdekaan.

KREATIF, Ini Daftar Lomba 17 Agustus yang Bisa Dicoba Saat Pandemi! 03

 

#12 Video Tiktok Kemerdekaan Challenge Ala Cosplay

Selain stand up comedy, satu hal lagi yang juga sedang marak dan viral adalah bermain video tiktok.

Di mana kita merekam video lucu dan kita masukkan ke dalam akun tiktok, dan biasanya dalam tiktok tersebut banyak diadakan challenge atau tantangan untuk membuat sebuah video tertentu.

KREATIF, Ini Daftar Lomba 17 Agustus yang Bisa Dicoba Saat Pandemi! 05

 

#13 Lomba Menghias Kue

Satu hal yang juga sering kita lakukan secara online adalah video demo masak, kenapa tidak hal tersebut kita buat menjadi sebuah perlombaan merayakan kemerdekaan versi virtual.

Yaitu, dengan cara lomba membuat dan menghias kue dengan tema kemerdekaan.

Penilaian terdapat pada kreativitas menghias kue tersebut, namun perlombaan yang ditampilkan adalah proses dalam membuat kue hingga menghiasnya.

KREATIF, Ini Daftar Lomba 17 Agustus yang Bisa Dicoba Saat Pandemi! 02 (1)

 

#14 Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini adalah salah satu lomba 17 Agustus yang legendaris dalam perayaan hari kemerdekaan. Dari Sabang sampai Merauke rasanya setiap komplek akan selalu menyisipkan lomba yang satu ini.

Lomba ini memang bisa terbilang lomba yang paling mudah di antara lomba lainnya.

Anda tentu masih ingat, tangan Anda simpan di belakang, kerupuk berloncat-loncatan dan mulut Anda akan pergi ke manapun mengikuti si kerupuk pergi.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 04 Makan Kerupuk - Finansialku

 

Dalam mengikuti lomba ini peserta tidak perlu memiliki skill yang mumpuni. Asalkan bisa mengunyah dan menelan secara cepat dan sporadis dapat kita pastikan ia akan keluar sebagai pemenang.

Di beberapa daerah untuk membuat lomba menjadi lebih sulit, kerupuk yang ada adalah kerupuk berukuran jumbo.

Dari lomba ini kita bisa belajar bahwa dalam menggapai sesuatu kita harus pergi mengikuti apa yang kita cari. Bagi siapa pun yang berdiam diri, sesuatu tersebut tidak akan pernah mendatangi kita.

 

#15 Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan salah satu lomba legendaris lainnya pada perhelatan perlombaan 17 Agustusan.

Berbeda dengan lomba kerupuk yang individualis, panjat pinang merupakan lomba kolektif yang menjunjung tinggi kerja sama.

Pinang tinggi nan kokoh akan menancap di lapangan komplek. Untuk menyulitkan para pemanjat, pinang ini akan diolesi dengan oli bekas dan diberi gundukan lumpur basah di dasarnya.

Sementara belasan hadiah menarik telah tergantung di puncak menanti dipetik oleh tim yang berhasil.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 05 Panjat Pinang - Finansialku

Peserta panjat pinang saling bahu membahu meraih impiannya

 

Lomba ini menuntut kerja sama yang baik oleh para peserta agar bisa mencapai puncak. Mulai dari keberadaan pemanjat yang ahli, pondasi yang kokoh dan strategi yang tepat.

Selain skill perorangan, kerja sama dan komunikasi wajib kita miliki agar tidak terjadi miskomunikasi yang berujung robohnya pondasi dan pupusnya impian.

Panjat pinang mengajarkan kepada kita bahwa dalam menggapai tujuan kerja sama adalah kunci utama. Kerja sama yang menuntut kita saling memahami satu sama lain dan percaya pada rekan bahwa tugas masing-masing dapat dikerjakan.

Tanpa ada kerja sama, hadiah yang kita kejar akan selalu bergantung di atas kita dan tak bisa kita raih.

 

#16 Lomba Mengambil Koin

Lomba mengambil koin merupakan lomba adu cepat dalam mengambil koin menggunakan mulut. Koin tersebut ditancapkan di semangka atau jeruk yang telah dilumuri oli bekas atau tepung.

Sama halnya dengan lomba kerupuk, semangka atau jeruk akan digerakkan untuk mempersulit pengambilan koin.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 06 Koin - Finansialku

Meskipun wajah kotor dipenuhi oleh oli, tetap membuat anak-anak semangat mengikuti lomba ini

 

Lomba ini menjanjikan hiburan yang menarik ketika melihat para peserta bersusah payah mengambil koin sembari muka sudah belepotan terkena oli bekas. Tak jarang muka peserta juga terpukul semangka yang bergerak tidak karuan.

Peserta yang terbanyak mengumpulkan koin akan keluar sebagai juaranya.

Melalui lomba ini kita dapat menarik pembelajaran bahwa siapa pun yang ingin meraih sesuatu, harus siap menerima segala risiko. Mulai dari bersusah payah hingga bisa saja tertampar realita yang diibaratkan dengan terkena semangka.

 

#17 Lomba Balap Karung

Lomba balap karung merupakan lomba pada tanggal 17 Agustus yang sebenarnya mudah dan tidak memerlukan skill khusus. Cukup masuk ke dalam karung, lalu meloncat-loncat secepat mungkin mendahului peserta lain menuju garis finish.

Meski terlihat sederhana, lomba yang satu ini memerlukan tingkat hati-hati yang sangat tinggi. Bila terlalu cepat dalam meloncat, dapat dipastikan Anda akan mencium tanah air. Namun bila terlalu berhati-hati, Anda juga bisa saja ditinggalkan oleh peserta lain.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 07 Balap Karung - Finansialku

Jatuh pun tak masalah, mereka tetap semangat menyelesaikan perlombaan hingga garis finish

 

Berkat lomba ini kita dapat mempelajari bahwa dalam mengejar impian kita diharuskan melakukannya secepat mungkin agar tidak terdahului oleh orang lain.

Namun jika mengutamakan kecepatan dan tidak berhati-hati, justru kita yang akan tertimpa masalah. Sementara impian kita semakin jauh dan orang lain yang lebih berhati-hati akan mendahului kita.

 

#18 Lomba Balap Kelereng

Jika lomba balap karung mengutamakan kecepatan, lomba yang satu ini justru sebaliknya. Lomba balap kelereng menuntut tingkat kehati-hatian yang ekstra.

Pada dasarnya, lomba ini mengharuskan kita cepat-cepatan sampai garis finish sembari menggigit sendok yang terdapat kelerengnya.

Jika hanya bermodalkan kecepatan, niscaya kelereng akan terjatuh dan kita memulai lagi dari awal. Sementara jika kita hati-hati dan menjaga keseimbangan, mencapai garis finish bukanlah sesuatu yang sulit.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 08 Kelereng - Finansialku

Butuh konsentrasi dan kehati-hatian dalam menyelesaikan perlombaan ini

 

Lomba ini memberikan pelajaran bagi kita untuk melangkah dengan hati-hati, meski pelan yang penting bisa sampai garis finish. Daripada cepat dan salah langkah justru menjatuhkan kita dan membuatnya semuanya dimulai dari awal lagi.

 

#19 Lomba Memasukkan Belut ke Botol

Lomba ini identik dengan para pemberani karena banyak orang yang terkadang sudah kalah sebelum bertanding. Mereka kalah karena sudah keburu jijik dengan belut dan akhirnya tidak mengikuti perlombaan.

Lomba ini sebenarnya sangat sederhana, hanya perlu memindahkan belut yang ada di ember ke dalam botol sirup.

Namun kesulitan mulai ketika menangkap belut yang licin. Setelah bersusah payah menangkapnya, kita juga harus memegang dengan erat agar belut tidak terlepas dalam proses pemindahan.

Kesulitan terakhir adalah memasukkan si belut ke botol. Belut yang licin dan tidak mau diam ini membuat memasukannya pada botol menjadi pekerjaan yang menyusahkan dan menuntut kesabaran.

Sejenak Bernostalgia Lomba Agustusan yang Penuh Dengan Kebahagiaan 09 Belut - Finansialku

Seorang pemuda sedang memasukkan belut ke dalam sebuah botol

 

Dalam aspek kehidupan, kita bisa mendapatkan ilmu dari lomba ini, bahwasanya kesempatan itu sesuatu yang sulit diraih dan harus dipegang erat-erat agar tidak lepas dari genggaman kita.

Selain menggenggam erat, kesempatan tersebut harus kita eksekusi secara sabar dan hati-hati agar berhasil dan bermanfaat bagi kita.

 

Meriahkan Momen 17 Agustus dengan Lomba yang Bermanfaat

Ada banyak lomba yang bisa kita adakan untuk mengisi kemeriahan saat perayaan hari kemerdekaan. Lomba-lomba tersebut selain sebagai sarana hiburan juga menjadi ajang masyarakat dalam bersilaturahmi dan menjaga tali persaudaraan.

Meskipun lomba-lomba tersebut sebelumnya sangat asyik dilakukan, namun jangan kehilangan esensi dari peringatan dan perayaan 17 Agustus, yaitu mengenang jasa pahlawan dan sebagai penguat jiwa cinta tanah air Indonesia.

Sebelum melakukan lomba, jangan lupa untuk menganggarkan biayanya ya, meskipun dengan anggaran kecil sekalipun lho!

Hal ini bertujuan sebagai pedoman Anda dalam mengeluarkan biaya saat melakukan lomba 17 Agustus.

 

Jadi, jenis lomba 17 agustus apa yang akan Anda ikuti? Pastikan untuk bergabung dalam kemeriahan 17 Agustus tahun ini ya! Siapa tahu, tahun depan Anda harus melewatkan momen ini di luar negeri. Pasti kangen kan?

Share artikel ini agar lebih banyak orang tahu bahwa lomba 17 Agustus bukan hanya untuk seru-seruan, tapi punya makna filosofis tersendiri, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Nashrul Aziz. 50 Aneka Lomba 17 Agustus Terbaru yang Lucu, Gokil, Unik, Kreatif dan Seru. Pasberita.com – https://bit.ly/2TtbeOW