Ketahui Sekarang Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Anda!

Apakah Anda ingin memiliki asuransi kesehatan syariah? Apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari asuransi kesehatan syariah?

Tidak dipungkiri bahwa asuransi syariah menjadi salah satu produk asuransi yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Yuk, kita simak apa saja manfaat dari asuransi kesehatan syariah!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan Syariah

Perekonomian syariah di Indonesia sudah berkembang, bila kita melihat beberapa tahun belakangan. Pencetus hadirnya ekonomi syariah di Indonesia muncul dari produk perbankan syariah.

Ingatkah Anda pada tahun 2005-an, mulai banyak perbankan-perbankan BUMN mengeluarkan produk perbankan syariah, seiring dengan adanya peraturan yang memperbolehkan bank BUMN mengeluarkan jasa perbankan syariah?

Setelah masyarakat Indonesia yang semakin sadar bahwa perekonomian dengan konsep syariah ini banyak memberikan keberkahan, maka tidak sedikit juga orang yang berbondong-bondong menggunakan jasa perbankan syariah.

Kehadiran perbankan syariah yang memberikan angin segar untuk masyarakat Indonesia ini menghadirkan sebuah asuransi syariah yang menjawab akan keraguan kebanyakan masyarakat Indonesia terhadap asuransi konvensional.

Asuransi syariah ini muncul dalam beberapa produk, ada asuransi kesehatan syariah, asuransi jiwa syariah, hingga asuransi umum syariah lainnya.

Salah satu asuransi syariah yang banyak digunakan adalah asuransi kesehatan syariah.

Asuransi kesehatan syariah ini dasar proteksinya sama dengan asuransi kesehatan konvensional, tetapi sanggup memberi proteksi secara menyeluruh karena bersifat syariah.

Ketahui Sekarang Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Anda 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional?]

 

Secara garis besarnya, asuransi kesehatan syariah ini merupakan opsi yang tepat bila Anda mencari sebuah perlindungan menyeluruh terhadap anggota keluarga Anda, karena asuransi kesehatan ini dikelola sesuai dengan syariat Islam.

Perbedaan yang paling umum adalah cara kerja dan konsep dari asuransi syariah ini bekerja berdasarkan asas tolong menolong, berbeda dengan konsep asuransi konvensional yang sering kita jumpai.

Selain itu, masih terdapat manfaat-manfaat asuransi kesehatan syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi kesehatan konvensional.

Berbicara asuransi, tidak akan pernah luput dari sebuah istilah asuransi, yaitu premi asuransi. Premi asuransi ini dihitung berdasarkan uang pertanggungan yang Anda butuhkan.

Cara untuk menghitung uang pertanggungan ini mudah sekali. Anda bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store dan menggunakan menu Tujuan Keuangan, Dana Asuransi.

 

Jika Anda bingung bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa melihat video berikut ini dalam menggunakan Aplikasi Finansialku.

 

Bagaimana mudah bukan?

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, Anda perlu menggunakan versi premium dari Aplikasi Finansialku. Anda perlu “berinvestasi” sebesar Rp350.000 untuk manfaat yang didapatkan selama 1 tahun penggunaan.

 

Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi syariah diperuntukkan oleh orang yang beragama Islam, padahal asuransi syariah diperuntukkan oleh semua orang.

Karena sistem yang digunakan berbasis syariah, yang berarti sistem asuransi syariah ini sudah pasti menguntungkan semua pihak, bukan hanya menguntungkan satu pihak saja.

Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah 3 Finansialku

[Baca Juga: Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi? Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah]

 

Mau tahu keuntungan dan manfaat menggunakan produk asuransi syariah, salah satunya adalah asuransi kesehatan syariah?

Yuk kita simak manfaatnya!

 

Manfaat #1: Bisa Dijadikan Sarana Untuk Menabung

Seperti yang kita tahu, bahwa harga untuk menjadi sehat itu mahal. Belum lagi kalau Anda terkena penyakit yang membutuhkan untuk rawat inap, tentu saja biayanya bukan hanya sekedar dokter dan obat-obatan.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan syariah, maka sebenarnya Anda diajak untuk menabung dana kesehatan Anda dalam bentuk premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya langsung yang besar, yang biasanya akan terasa berat jika harus mengeluarkan uang dalam nominal yang besar.

Dengan memiliki asuransi kesehatan syariah, secara tidak langsung Anda menyicil atau menabung untuk membayar kebutuhan saat Anda tertimpa musibah.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Manfaat #2: Premi yang Dibayarkan Menjadi Harta Abadi

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan syariah adalah premi Anda menjadi amal ibadah karena merupakan bentuk infak.

Seperti yang kita tahu, bahwa infak dan sedekah ini dapat menjadi tabungan yang sangat berarti saat kita menghadapi hari akhir, dan bisa menjadi pahala untuk kita.

Tentu saja, premi ini bisa diambil lagi oleh pemilik premi bila terjadi sesuatu kepada Anda, sehingga pihak asuransi akan mengembalikannya kepada Anda.

 

Manfaat #3: Mendapatkan Proteksi Sekaligus Rasa Aman

Manfaat selanjutnya, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan syariah ini tidak hanya untuk Anda, tetapi untuk semua anggota keluarga Anda dengan syarat polis yang bersangkutan harus menggunakan sistem kartu atau cashless.

Bagaimana jika nama yang tertulis dalam polis hanya nama salah satu anggota keluarga saja? Masih bisakah dipakai oleh anggota keluarga lainnya?

Tenang saja, meskipun yang tertulis hanya satu nama anggota keluarga atau kepala keluarga, manfaat dari polis asuransi ini dapat dirasakan oleh anggota keluarga lainnya dan juga mendapat perlindungan saat di rumah sakit.

Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan]

 

Dengan adanya fasilitas ini, semakin mempermudah para nasabah asuransi saat membayar premi, apalagi biaya premi yang dibayar juga sebenarnya semakin murah jika dapat menanggung semua anggota keluarga.

 

Manfaat #4: Dana Diproteksi Meskipun Telat Bayar

Apakah Anda pernah mengalami telat bayar asuransi konvensional? Biasanya Anda akan terkena biaya penalty atau bahkan dana proteksi Anda menjadi tidak berlaku.

Bagaimana dengan asuransi kesehatan syariah?

Jika Anda menunggak pembayaran premi asuransi, Anda sebagai nasabah tetap mendapatkan proteksi penuh sama seperti nasabah yang lainnya.

Jika Anda mengalami sebuah kecelakaan, maka asuransi akan meng-cover sebagian biaya perawatan di rumah sakit meskipun premi Anda sudah menunggak.

Uang yang dipakai oleh asuransi untuk meng-cover biaya perawatan Anda, bisa Anda lunasi di kemudian hari, jika Anda sudah mempunyai uang. Manfaat ini sangat sesuai dengan hukum syariah dimana nasabah harus selalu diuntungkan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Manfaat #5 Sistem Bagi Untung

Bagi Anda yang sudah mengenal konsep syariah, pasti Anda sudah tidak asing mendengar istilah bagi hasil. Bagaimana konsep bagi hasil ini dalam asuransi kesehatan syariah?

Dalam asuransi kesehatan syariah ini, tidak ada satu orang nasabah pun yang dirugikan secara finansial.

Saat premi yang Anda miliki sudah jatuh tempo, pihak asuransi akan membagikan pokok premi beserta bunga sesuai dengan yang telah dijanjikan sebelumnya.

Investasi Syariah 01 Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik: Sekarang Masuk Rumah Sakit Cukup Perlihatkan Kartu!]

 

Supaya nasabah tidak salah paham mengenai sistem bagi untung asuransi ini, tentunya petugas asuransi akan menjelaskan mekanisme secara detail untuk memastikan jika nasabahnya benar-benar memahaminya.

Hal itu perlu dilakukan, supaya nasabah tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Bagaimana jika nasabah tidak merasa diuntungkan dengan sistem bagi hasil ini?

Jika nasabah merasa sistem bagi hasil tidak menguntungkan, nasabah bisa meminta detail pengelolaan premi untuk menghindari apabila terjadi penyelewengan dana yang tidak sesuai dengan hukum Islam.

 

Manfaat #6: Premi Bisa Dicairkan Sebelum Jatuh Tempo

Jika Anda mengetahui bagaimana asuransi konvensional bekerja, Anda pun pasti paham bahwa asuransi konvensional memiliki aturan yang ketat terkait dengan pencairan premi.

Dimana premi asuransi konvensional ini hanya bisa dicairkan pada saat jatuh tempo saja.

Bagaimana dengan asuransi kesehatan syariah?

 

Keuntungan dari memiliki asuransi kesehatan syariah adalah premi yang sudah dibayarkan bisa dicairkan kapanpun sesuai dengan kebutuhan tanpa potongan apapun.

Hal tersebut bisa dilakukan oleh nasabah yang tidak sanggup melanjutkan pembayaran, nasabah akan diberi dua opsi, yaitu ingin menarik premi atau melanjutkan tapi membayar di kemudian hari.

Kesimpulannya, uang yang sudah disetorkan ke asuransi oleh nasabah tetap akan menjadi milik nasabah meski dalam kondisi apapun.

 

Manfaat #7: Polis Dibebaskan dari Kontributor Dasar

Dalam keadaan bagaimana nasabah dibebaskan dari biaya kontribusi dasar? Jika kesehatan nasabah terganggu atau sedang mengalami kecelakaan bahkan sedang terjangkit penyakit parah, nasabah dibebaskan dari biaya kontribusi dasar.

Selain dibebaskan dari biaya kontributor dasar, nasabah juga berhak mendapatkan biaya perawatan penuh selama proses penyembuhan tanpa harus ikut berkontribusi membayar biaya rumah sakit.

Asuransi Mobil Syariah 03 Finansialku

[Baca Juga: Bedah Polis Asuransi Unitlink? Apa Saja yang Perlu Anda Cermati Biar Perlindungan Maksimal Premi Optimal]

 

Manfaat #8: Berlaku Secara Universal Tanpa Terkecuali

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa asuransi kesehatan syariah ini berlaku untuk semua orang tanpa memandang ras, agama dan suku.

Perlu diingat bahwa nasabah harus taat pada seluruh aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi itu sendiri sehingga nasabah dapat merasakan manfaat asuransi secara maksimal.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengerti peraturan dari asuransi tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah bertanya kepada petugas asuransi, mereka akan dengan senang hati menjelaskannya kembali kepada Anda.

 

Manfaat #9: Keterbukaan

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu prinsip ekonomi syariah adalah keterbukaan, maka prinsip asuransi syariah ini harus terbuka terhadap nasabahnya.

Artinya, jika terdapat dana yang akan dikelola, maka dana tersebut yang digunakan harus diberitahukan kepada para nasabah.

Apakah dana tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat yang kesusahan, tetapi masih dalam konteks hal-hal yang religius, seperti menolong korban bencana alam dan memberi sumbangan untuk membangun tempat ibadah dan lain sebagainya.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Asuransi Kesehatan Syariah Menolong dan Menguntungkan

Dengan memiliki asuransi kesehatan syariah, Anda akan merasa aman dan akan tertolong dan tentu saja akan menguntungkan bagi Anda. Selain itu, Anda juga akan semakin berkah dengan penggunaan asuransi kesehatan syariah ini.

Berapakah tanggungan yang sesuai untuk Anda? Jika Anda ingin mengetahui berapa tanggungan yang seharusnya Anda dapatkan, Anda dapat membaca ebook mengenai perencanaan keuangan usia 20 an.

Melalui ebook ini, Anda akan mengetahui berapa besar uang pertanggungan yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa men-download-nya di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui apa saja manfaat asuransi kesehatan syariah.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat asuransi kesehatan syariah yang berguna bagi Anda.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Rifzan. 6 Agustus 2016. Alasan Asuransi Kesehatan Syariah Sangat Penting untuk Keluarga. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/Hcc8UU
  • Admin. 3 Februari 2016. Mengapa Harus Asuransi Kesehatan Syariah. Asuransime.com – https://goo.gl/nSbAP4

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah – https://goo.gl/9esryt
  • Asuransi Kesehatan Syariah – https://goo.gl/aT8o6j
Summary
Ketahui Sekarang Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Anda!
Article Name
Ketahui Sekarang Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah Bagi Anda!
Description
Apakah Anda ingin memiliki asuransi kesehatan syariah? Apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari asuransi kesehatan syariah?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo