Apakah kamu sudah mengetahui apa saja manfaat laporan keuangan? Ternyata laporan keuangan punya banyak manfaat untuk mahasiswa lho!

Yuk, langsung aja simak pembahasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manfaat Laporan Keuangan

Halo guys! Laporan keuangan mungkin sudah tidak asing didengar oleh kalangan mahasiswa ya. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang mengabaikan laporan keuangan.

Kalangan mahasiswa yang umumnya merupakan generasi milenial berpikir bahwa mereka YOLO (You Only Live Once) jadi mereka cenderung untuk menghabiskan dan menghambur-hamburkan uang mereka untuk kesenangan sesaat mereka saja.

Alhasil mereka tidak menghiraukan berapa banyak uang yang telah mereka keluarkan.

Orang Kaya Tidak Melakukan Pemborosan Uang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting Sekali Membuat Laporan Keuangan untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Bagaimana dengan kamu? Tentunya kamu tidak begitu dong ya. Perlu kalian ketahui, walaupun kalian masih mahasiswa ternyata laporan keuangan juga sangat penting lho untuk kamu.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari laporan keuangan. Mau tahu apa saja manfaat laporan keuangan bagi mahasiswa? Simak artikel ini sampai habis ya guys.

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

4 Manfaat Laporan Keuangan bagi Mahasiswa

Kali ini Finansialku akan berbagi manfaat laporan keuangan bagi mahasiswa. Berikut 4 manfaat laporan keuangan.

 

#1 Mengetahui Besarnya Pemasukan dan Pengeluaran

Setiap harinya, kamu bisa melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Sekecil apapun pemasukan atau pengeluaran kamu, tetap harus mencatatnya ya.

Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan, maka kamu menjadi tahu sebenarnya uang kamu telah dihabiskan untuk apa saja.

Sekarang ini kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu dengan mudah lho guys. Kamu dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu.

14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Pemasukan Puluhan Juta Rupiah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pendapatan Meningkat Pengeluaran Meningkat: Pendapatan Naik 8% Pengeluaran Naik 16%, Jadi?]

 

Oh ya, di Aplikasi Finansialku juga ada widget yang dapat sangat membantu kamu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu dengan lebih cepat dan mudah lho.

Kamu bisa download Aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store atau Apple Apps Store. Yuk tunggu apalagi guys, langsung aja download aplikasinya di smartphone kamu ya. Dijamin gak bakal nyesel deh!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Mengukur Kemampuan Finansial

Biasanya nih, para mahasiswa sering mengabaikan kemampuan finansial mereka. Terkadang mereka cenderung untuk konsumtif tanpa mempedulikan kemampuan finansial mereka yang sesungguhnya.

Nah dengan adanya laporan keuangan yang memuat rincian transaksi kamu secara detail, maka kamu dapat lebih memantau keuangan kamu. Kamu bisa mengetahui seberapa besar pemasukan kamu dan pengeluaran kamu.

Kamu bisa mengukur kemampuan finansial kamu dari pemasukan yang kamu terima. Jika pengeluaran kamu melebihi kemampuan finansial kamu, maka kamu bisa mencoba mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu ya.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Menganalisis Alokasi Pengeluaran

Kamu perlu menganalisis pengeluaran kamu dengan baik ya. Analisis pengeluaran diperlukan agar jumlah keperluan kamu sesuai dengan pendapatan kamu.

Sebesar apapun pemasukan yang kamu dapatkan, jika kamu tidak mengontrol jumlah pengeluaran kamu maka bisa-bisa kebutuhan utama yang harusnya kamu penuhi menjadi tidak bisa terpenuhi.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk alokasikan pengeluaranmu ya.

Cara-Bertahan-Hidup-Mahasiswa-01-Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ada 7 Langkah Mudah Dalam Mengurangi Pengeluaran yang Dapat Kamu Tiru]

 

#4 Memperkecil Anggaran Utang

Dengan keuangan yang terencana, maka kamu bisa mempersiapkan anggaran (budgeting) kamu. Kamu juga bisa mencicil dan menabung sedikit demi sedikit. Jadi, ketika ada kebutuhan mendesak kamu sudah punya dana darurat.

Apalagi bagi mahasiswa yang merantau dan jauh dari orang tua kalian perlu banget nih yang namanya dana darurat. Paling tidak kamu harus memiliki dana darurat sebesar 6x pengeluaran per bulan kamu ya.

728x90 hitung sekarang Anggaran Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Anggaran Keuangan

 

Sehingga, ketika ada kebutuhan mendesak kamu bisa terhindar dari utang, dan sebisa mungkin jauh-jauh deh dari yang namanya utang.

Dengan tidak memiliki utang maka keuangan kamu akan menjadi lebih teratur dengan baik. Tentunya kamu juga bisa lebih tenang karena tidak perlu memikirkan bagaimana cara membayar utangnya kan?

12 Tips Menabung untuk Mahasiswa 00 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Benar Utang Bisa Memberikan Motivasi Hidup?]

 

Lalu setelah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, banyak mahasiswa yang mempertanyakan bagaimana cara membuat laporan keuangannya? Bagaimana jika saya bukan  jurusan ekonomi? Bagaimana jika saya tidak mengerti cara membuat laporan keuangan?

Jangan khawatir guys! Sekarang kamu gak perlu susah-susah buat laporan keuangan kok. Kamu juga gak harus jadi anak jurusan ekonomi untuk membuat laporan keuangan.

Sekarang kamu sudah bisa mendapatkan laporan keuangan melalui Aplikasi Finansialku. Kamu bisa melihat berbagai laporan keuangan melalui aplikasi ini.

Laporan keuangan yang ditampilkan adalah laporan pendapatan vs pengeluaran, aset investasi, aset tetap, kartu kredit, serta financial health check up.

Apakah Perlu Mahasiswa Mencatat Pengeluaran Ini Rahasianya 04 Finansialku

[Baca Juga: Infografis: 5 Langkah Mengelola Arus Kas Keuangan Anda]

 

Setiap laporan keuangan mempunyai kegunaannya masing-masing.

  • Grafik Pendapatan vs Pengeluaran: Grafik ini berfungsi untuk menunjukkan pendapatan dan pengeluaran kamu pada periode tertentu. Kamu dapat mengubah periode sesuai dengan yang kamu perlukan
  • Grafik Pendapatan: Grafik ini berfungsi untuk menampilkan pengeluaran kamu bulan ini yang sudah dikelompokkan pada kategori tertentu berdasarkan data yang sudah kamu masukkan.
  • Grafik Pengeluaran: Grafik ini berfungsi menampilkan pengeluaran kamu bulan ini yang sudah dikelompokkan pada kategori tertentu berdasarkan data yang sudah kamu masukkan.
  • Aset Investasi: Aset investasi akan menampilkan investasi yang kamu punya sesuai dengan data yang kamu masukkan. Misalnya kamu berinvestasi di reksa dana, maka investasi reksa dana kamu akan muncul pada bagian aset investasi.
728x90 hitung sekarang Investasi Reksa Dana
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Reksa Dana

 

  • Kewajiban: Kewajiban berfungsi untuk menampilkan kewajiban yang masih harus kamu penuhi pada bulan berjalan. Misalnya kamu memiliki utang pada bulan ini, maka utang kamu akan muncul pada laporan keuangan bagian kewajiban ini.
  • Aset Tetap: Aset tetap berfungsi menampilkan aset tetap yang kamu miliki sesuai dengan data yang kamu masukkan.
  • Kartu Kredit: Kartu kredit berfungsi untuk menampilkan kewajiban yang pembayaran kartu kredit kamu yang masih harus kamu penuhi pada bulan berjalan.
  • Financial Health Check Up: Ada 6 rasio yang digunakan untuk menentukan apakah keadaan finansial kamu sehat atau tidak. Kamu bisa melihat keadaan finansial kamu secara real time sesuai dengan data yang sudah kamu masukkan.
728x90 hitung sekarang Deposito
300x250 - Hitung Sekarang Deposito

 

Lalu bagaimana cara melihat laporan keuangan tersebut di Aplikasi Finansialku?

Pertama-tama kamu harus mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran kamu terlebih dulu. Kamu dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran melalui pilihan menu Transaksi.

Sementara itu untuk mencatat investasi, kamu dapat memilih menu Investasi. Setelah itu kamu bisa memilih menu Laporan Keuangan dan tentukan periode yang kamu inginkan, misalnya 1-31 Desember 2018.

Laporan keuangan ini akan menunjukkan grafik yang membandingkan pemasukan dan pengeluaran kamu.

Manfaat Laporan Keuangan 03a Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Laporan Keuangan Aplikasi Finansialku

Manfaat Laporan Keuangan 04a Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Laporan Keuangan Aplikasi Finansialku

 

Pada menu ini juga kamu dapat mengecek kesehatan dari keadaan finansial kamu.

Manfaat Laporan Keuangan 05a Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Laporan Keuangan Aplikasi Finansialku

 

Sangat mudah kan penggunaan aplikasi ini? Tentunya juga akan sangat membantu kalian untuk membuat laporan keuangan.

 

Merasakan Manfaat Laporan Keuangan

Jika kamu melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran kamu setiap kali melakukan transaksi, kamu dapat merasakan manfaat laporan keuangan kamu.

Jangan lupa untuk download Aplikasi Finansialku untuk memudahkan kamu membuat laporan keuangan ya guys!

 

Baru-baru ini Finansialku mengeluarkan buku panduan rencana keuangan “Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True“.

Buku ini berisi strategi mudah dalam menyusun rencana keuangan mulai dari menyiapkan dana darurat hingga cara memilih investasi yang tepat untuk mewujudkan tujuan keuangan.

Untuk order buku Finansialku, Anda bisa langsung klik “Order Buku” di bawah ini:

Order Buku

 

Jadi, apakah kamu sudah memiliki laporan keuangan kamu sendiri?

Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Thank you guys! Have a nice day!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 3 November 2018. Laporan Keuangan Keluarga – Seberapa Pentingkah dan Manfaatnya? Satisejahtera.com – https://goo.gl/Km4YR7

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa 1 – https://goo.gl/uJ9UWg
  • Mahasiswa 2 – https://goo.gl/rZCyyT