Memilih tempat fitnes: Ingin dapat tubuh yang sehat dan bugar dengan menjadi anggota di gym center, tempat fitnes atau pusat kebugaran? Jangan buru-buru menjadi anggota!

Sesuaikan tujuanmu untuk fitnes dengan budget yang kamu keluarkan melalui berbagai pertimbangan yang akan diulas berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Memilih Tempat Fitnes

Ingin sehat sebetulnya sederhana. Melakukan olahraga pun bisa dilakukan dimana saja, entah itu di kantor dengan mengambil waktu beberapa menit untuk stretching atau lari pagi sebelum ke kantor atau dilakukan sesaat sepulang kantor dengan menjadi anggota di pusat kebugaran atau tempat fitnes.

Ada banyak pilihan jenis olahraga yang dapat dilakukan agar menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan bahkan membentuk tubuh menjadi ideal sehingga menambah rasa percaya diri.

Di antara segudang pilihan olahraga, fitnes di pusat kebugaran bisa menjadi salah satu opsi yang dapat kamu pilih.

Selain perlengkapan olahraga yang sudah tersedia dan memadai, ada instruktur yang juga dapat memberikan arahan agar setiap gerakan yang kamu lakukan tidak salah dan malah berakibat cidera pada otot dan sendi.

Memang, untuk beranggota di salah satu pusat kebugaran, kamu perlu merogoh kocek sebagai biaya pengganti dari setiap fasilitas yang tersedia.

Perhatikan 7 Hal Ini Saat Memilih Tempat Fitnes yang Sesuai Budget 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Belanja Cepat dan Hemat Tanpa Menguras Kantong]

 

Tapi, sebelum menetapkan pilihan untuk menjadi anggota di salah satu pusat kebugaran, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal, termasuk budget yang harus kau keluarkan dengan benefit atau keuntungan yang kamu terima.

Simak pembahasannya berikut ini!

 

#1 Pilih Pusat Kebugaran yang Jaraknya Lebih Dekat

Karena kesehatan adalah nomor satu, tentu kita harus memprioritaskannya bukan?                     

Tapi, bagi kamu yang tinggal di kota besar, misalnya Jakarta, olahraga bisa menjadi sebuah tantangan, apalagi jika jarak tempat kebugaran dengan kantor atau tempat tinggalmu cukup jauh.

Kamu harus berjuang melewati kepadatan jalan dan macetnya kota Megapolitan, belum lagi menjaga api semangatmu sebelum padam karena sudah lelah setelah bekerja seharian di kantor dan boring di jalanan. 

Saran pertama yang dianjurkan dalam memilih tempat kebugaran atau tempat fitnes adalah usahakan untuk memilih yang dekat dengan kantor atau tempat tinggalmu.

Selain tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkaunya, biaya perjalanan pun relatif lebih murah, apalagi jika jarak tempat tersebut dapat ditempuh dengan jalan kaki. Tentu akan sangat menghemat biaya dan waktu, kan?

Bagaimana Cara Mengatasi Mobil Mogok Di Tengah Jalan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Nikah Pakai Wedding Organizer? Hemat atau Boros ya?]

 

Sama seperti kesehatan yang perlu menjadi prioritas dalam hidup, merencanakan dana hari tua juga seharusnya menjadi sebuah prioritas utama dengan memperbesar tabungan yang dapat dialokasikan untuk dana investasi di hari tua.

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Semakin Lengkap, Semakin Mahal

Kamu bisa perhatikan dan membandingkan bahwa semakin lengkap fasilitas penunjang di sebuah tempat fitnes, maka semakin mahal tarif atau biaya yang kamu bayarkan setiap bulan sebagai anggota.

Apalagi jika fasilitas tempat fitnesmu ada fasilitas spa, sauna, kolam renang, perlengkapan fitnes yang super lengkap dan lain sebagainya.

Yang perlu menjadi pertimbanganmu adalah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

Apakah kamu akan menggunakan semua fasilitas dan perlengkapan yang ada?

Misalnya, apakah kamu menggunakan kolam renang yang tersedia? Jika kamu tidak bisa berenang, atau tidak mau menggunakan fasilitas kolam renang, mengapa kamu harus membayar lebih untuk fasilitas yang kamu tidak gunakan?

Atau misalnya, jika kamu hanya ingin menggunakan mesin tread-mill saja dan tidak mau menggunakan perlengkapan fitnes yang lain, seperti angkat beban, untuk apa kamu memilih berlangganan di tempat fitnes tersebut?

Bukankah lebih baik mencari tempat fitnes yang sesuai dengan kebutuhanmu?

Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan kelengkapan perlengkapan dengan sasaran yang ingin kamu raih dan program pelatihan sebelum memilih tempat fitnes.

Tiru 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Berhasil 02 Olahraga Fitness - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan ke China Saat Imlek? Ketahui 6 Tips Berhemat Untuk Travelling Kamu!]

 

Sudahkah kamu mengatur keuangan pribadimu dengan mencatat setiap pengeluaran dan anggaran bulanan dengan teratur?

Agar lebih praktis dan mudah, gunakan Aplikasi Finansialku untuk mengurus pencatatan keuangan pribadimu bahkan untuk merencanakan dana hari tua dan lain sebagainya.

Nikmati fitur Aplikasi Finansialku yang lebih lengkap seperti berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan dengan menjadi anggota Premium. Gunakan kode POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan biaya sebesar Rp50.000. Menguntungkan yahh…

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Sesuaikan Kelas Peminatan yang Diambil

Biasanya di tempat fitnes akan menyediakan beragam program latihan di dalam kelas-kelas dengan jadwal tertentu seperti Body Balance, Body Combat, Body Pump, kelas Yoga, kelas Aerobik dan lain sebagainya.

Sesuaikan minatmu dengan kelas yang sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Jika merasa bosan dengan salah satu kelas, kamu bisa mempertimbangkan kelas lainnya yang dapat diambil.

 

#4 Perhatikan Jumlah dan Segmen Anggota

Di beberapa pusat kebugaran, ada yang didominasi oleh para kaum hawa karena banyaknya kelas-kelas olahraga peminatan. Tapi ada juga pusat kebugaran yang didominasi oleh para atlet atau binaraga.

Pertimbangkan tempat fitnes yang nyaman untukmu, disamping jumlah anggota dan rata-rata kedatangan harian dengan luas dari ruangan fitnes dan ketersediaan perlengkapan.

5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Keuangan Mahasiswa: Trik Hemat Bertahan Hidup Sampai Akhir Bulan]

 

Jika tempat fitnes tidak terlalu besar dan perlengkapan tidak terlalu banyak, tapi pengunjung cukup banyak, tentu kamu harus mengantre sebelum menggunakan fasilitas atau perlengkapan yang kamu perlukan.

Pertimbangkan durasi waktu selama kamu mengantre untuk mendapatkan fasilitas yang kamu inginkan agar lebih efisien.

 

#5 Lihat Kebersihan Tempat dan Perlengkapan

Kebersihan tempat dan perlengkapan juga menjadi salah satu pertimbangan yang harus pikirkan sebelum memilih tempat fitnes.

Kamu tidak mau kan berolahraga di tempat yang kotor dengan sirkulasi udara yang kurang baik untuk kesehatan atau misalnya beberapa anggota diperbolehkan merokok di tempat kebugaran itu?

Ini malah mengundang penyakit lainnya bersarang dalam tubuhmu.

Rencana ingin sehat malah kamu terkena sakit.

Selain cek juga kebersihan dari perlengkapan yang tersedia, apakah pihak pengelola merawat dengan baik atau sebaliknya.

 

#6 Cari Diskon atau Pengurangan Harga

Biasanya di setiap tempat fitnes akan menawarkan diskon atau potongan harga jika kamu berlangganan atau menjadi anggota tetap dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Misalnya, jika mendaftar dalam jumlah grup kecil dan membayar biaya bulanan selama satu tahun penuh di awal, maka kamu akan mendapat potongan sekian persen, ditambah lagi mendapat tambahan fasilitas, seperti gratis sauna, spa, personal trainer (PT) dan berenang.

Tanya juga mengenai promo potongan harga dengan kartu kredit atau pembayaran tertentu. Siapa tahu bisa mendapatkan potongan harga yang sesuai dengan budget-mu.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 02 - Discount - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Mudah! 4 Cara Simpel Penghematan Listrik yang Dapat Segera Anda Lakukan]

 

Sudahkah kamu merencanakan keuangan pribadi sesuai dengan usia?

Miliki panduan lengkapnya dengan mengunduh ebook Gratis Panduan Perencanaan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini: 

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sehat Tidak Selamanya Mahal!

Tubuh sehat bukan berarti harus mahal bukan? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa ulasan di atas sebelum memilih tempat fitnes yang sesuai dengan kondisi kocekmu.

Tetap sehat, tetap hemat dan tentu saja tidak membuat kantong jadi cekak!

 

Menurutmu, apakah ada opsi lainnya yang menjadi pertimbangan sebelum memilih tempat fitnes yang ramah dengan isi dompet?

Berbagi itu indah bukan? Kamu dapat membagikan setiap informasi di atas kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan informasi tentang cara memilih tempat fitnes yang sesuai dengan budget.

 

Sumber Referensi:

  • Arfan Wiraguna. 30 Juni 2015. 9 Cara Memilih Tempat Fitnes Sesuai Bujet. Cekaja.com – https://goo.gl/R7sy9D
  • Admin. 6 Juli 2018. Cara Tepat Memilih Tempat Fitness Sesuai Budget. Planetolahraga.com – http.goo.gl/S9v1bS
  • Admin. Tips Memilih Tempat Fitness yang Baik. Bisikan.com – https://goo.gl/exVG9U
  • Admin. 27 April 2017. Tips Memilih Tempat Nge-Gym yang Tepat. Binaragaindonesia.com – https://goo.gl/MAikYa
  • Program Fitnes. 8 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Memilih Gym. Programfitnes.com – https://goo.gl/DFMjBB
  • Wolipop. 8 September 2011. Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Tempat Fitnes. Wolipop.detik.com – https://goo.gl/amvbh7

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Tempat Fitnes 01 – https://goo.gl/ZkE7eM
  • Memilih Tempat Fitnes 02 – https://goo.gl/5R5jeK