Inilah Tanda-tanda Bahwa Anda Perlu Memulai Bisnis Sendiri

Merasa bosan bekerja kepada orang lain? Mengapa tidak memulai bisnis sendiri? 

Memang betul memulai bisnis bisa mengintimidasi, tetapi jangan pernah menyerah jika memang Anda bermimpi menjadi seorang pebisnis.

Mari kita lihat tanda-tanda bahwa Anda perlu memulai bisnis sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Memulai Bisnis Sendiri, Mengapa Tidak?

Pernahkah Anda merasakan jenuh dalam bekerja? Bangun pagi, berangkat kerja, lembur, pulang malam, tidur, begitu seterusnya setiap hari.

Belum lagi jika Anda tidak menyukai pekerjaan Anda. Mungkin karena atasan Anda galak, pekerjaan tidak sesuai dengan passion Anda, atau karena Anda lelah terus menjadi seorang karyawan.

Saat Anda merasakan ketidaknyamanan dalam bekerja, tentunya muncul mimpi-mimpi untuk memulai bisnis sendiri. Membayangkan jika Anda bisa menjadi atasan atas diri sendiri dan bisa mengambil keputusan sendiri.

Inilah Tanda-tanda Bahwa Anda Perlu Memulai Bisnis Sendiri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Jika Anda merasa demikian, maka Anda bisa saja memulai usaha sendiri selama Anda memiliki tekad yang kuat dan perencanaan yang matang. Mengapa tidak?

Apabila masih ada banyak keraguan, cobalah simak 50 tanda bahwa Anda siap memulai bisnis sendiri yang telah dirangkum Finansialku berikut ini:

 

#1 Muncul Jiwa Kewirausahaan dalam Diri Anda

Sebenarnya ada dua pandangan dalam pembentukan seorang pebisnis, yaitu pebisnis sejak lahir atau pebisnis yang dilatih.

Tidak peduli Anda termasuk jenis yang mana, pada suatu titik tentunya muncul jiwa kewirausahaan dalam diri Anda.

Saat Anda merasa dorongan luar biasa dalam diri untuk membangun usaha sendiri, mengapa tidak mencobanya?

 

#2 Otak Terus Berputar

Seorang pebisnis tidak pernah berhenti berpikir. Mereka selalu mencari peluang dalam segala keadaan.

Jika Anda juga demikian, inilah salah satu tanda bahwa Anda cocok menjadi seorang pebisnis dan Anda bisa mencoba memulai sebuah bisnis sendiri.

 

#3 Memiliki Ambisi

Saat Anda memiliki sebuah mimpi yang jelas dan terarah, mungkin Anda sebaiknya merealisasikannya. Itulah yang namanya ambisi, dan ambisi akan sia-sia jika tidak disertai tindakan.

 

#4 Mandiri

Bersikap mandiri tidak sama dengan anti sosial dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Mandiri artinya Anda merupakan seseorang yang mampu memecahkan masalah sendiri.

Saat Anda merasa bahwa diri Anda mandiri, maka Anda memiliki ciri-ciri seorang pebisnis yang mampu mencari solusi dan mengambil keputusan dengan baik.

 

#5 Memiliki Motivasi Tinggi

Anda memiliki sebuah motivasi dan keinginan untuk berbisnis meski tidak ada dukungan dari orang lain? Motivasi ini dapat diarahkan menjadi sebuah inisiatif untuk memulai bisnis sendiri.

 


 

#6 Anda Merupakan Pribadi yang Terorganisir

Memimpin sebuah bisnis, terutama bisnis yang besar membutuhkan sebuah kemampuan organisasi.

Meskipun Anda bisa meminta bantuan akuntan atau human resource yang ahli di bidangnya, seorang pebisnis selalu memiliki jiwa organisasi dari dalam dirinya.

 

#7 Ada Keinginan untuk Membantu Orang Lain

Jika Anda memiliki sebuah dorongan untuk membantu orang lain dengan produk atau jasa tertentu, pertimbangkan bahwa Anda sudah melangkah satu tahap dalam menjadi pebisnis.

Keinginan ini bisa dibilang sebuah dorongan untuk menyelesaikan masalah, dan itu merupakan salah satu tanda seorang pebisnis yang baik.

 

#8 Anda Yakin Bisa Membangun Perusahaan dengan Baik

Kepercayaan diri semacam ini menunjukkan bahwa Anda percaya bahwa Anda bisa membangun sebuah usaha lebih baik daripada orang lain.

 

#9 Anda Merasa Buntu dalam Pekerjaan

Saat Anda sudah lelah bangun pagi dan bekerja setiap hari, maka inilah tanda yang sangat besar bahwa Anda ingin memulai bisnis sendiri.

Saat muncul perasaan seperti itu, pertimbangkan untuk membuka usaha sendiri atau mencari alternatif pekerjaan lainnya.

 

#10 Ada Dorongan untuk Membuktikan Visi Anda

Bayangkan jika Anda memiliki sebuah ide brilian namun semua orang mengatakan bahwa itu mustahil. Apa yang akan Anda lakukan?

Kejadian seperti ini bisa menjadi sebuah pendorong yang kuat untuk membuktikan diri dengan merealisasikan ide tersebut menjadi nyata.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karier]

 

#11 Anda Tahu bahwa Diri Anda Spesial

Seorang wirausaha sejati selalu menyadari bahwa dirinya bukanlah sekadar pekerja yang harus banting tulang setiap hari.

Pebisnis seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan lainnya tahu bahwa diri mereka spesial. Jika Anda juga merasa demikian, mungkin Anda juga bisa menjadi salah satu pebisnis sukses seperti mereka.

 

#12 Anda Selalu Ingin Menjadi Atasan atas Diri Sendiri

Jika Anda tidak suka dikekang atau diatur, maka Anda juga memiliki sebuah jiwa kewirausahaan yang tinggi. Dengan kata lain, Anda memiliki keinginan untuk menjadi atasan atas diri Anda sendiri, alias tidak diatur oleh orang lain.

Keinginan tersebut tentunya sangat cocok untuk direalisasikan dengan cara memulai bisnis sendiri.

 

#13 Pekerja Independen Sedang Berada di Puncaknya

Dilansir dari Harvard Business Review, jumlah pekerja independen (pekerja lepas, pebisnis, dan sebagainya) sedang berada pada puncaknya. Jumlahnya diestimasikan sudah meningkat 7 juta banyaknya selama 4 tahun terakhir ini.

Dengan demikian, menjadi seorang pebisnis bukan sebuah ide yang buruk bukan?

 

#14 Semakin Sulitnya Mencari Pekerjaan

Dalam kondisi perekonomian yang semakin menurun dewasa ini, tak jarang pula perusahaan-perusahaan besar merampingkan perusahaannya atau bahkan memutuskan untuk menutupnya.

Jika Anda juga terjepit kondisi seperti itu dan sudah ada wacana PHK, mengapa tidak memutuskan untuk memulai bisnis sendiri saja?

 

#15 Anda Siap Mengambil Risiko

Setiap pebisnis memiliki jiwa risk taker, alias pengambil risiko. Mereka tidak takut akan kegagalan, dan selalu menyambut baik sebuah peluang meskipun kecil.

Nah, Anda harus melihat kondisi saat ini, apakah Anda juga siap menanggung risiko? Jangan lupa pertimbangkan juga jika Anda sudah memiliki keluarga. Jangan sampai Anda merugikan orang lain.

 

#16 Anda Bosan Terjerat Kemacetan Setiap Hari

Saat menjadi seorang pekerja, tentunya Anda juga merasakan malasnya berkendara ke kantor setiap hari. Pergi pagi pulang malam karena harus menerjang kemacetan yang tidak ada duanya.

Jika Anda jenuh akan semua kemacetan itu, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha sendiri di rumah Anda sehingga Anda bisa mengeliminasi transportasi dan kemacetan.

Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Nekat Mulai Bisnis, Modal Kartu Kredit. Coba Baca Dulu Penjelasannya!]

 

#17 Anda Memiliki Etos Kerja yang Baik

Jika Anda siap bekerja keras 12 jam sehari untuk pekerjaan Anda, mengapa tidak memanfaatkan etos kerja tersebut untuk membangun usaha Anda sendiri?

 

#18 Anda Bosan dengan Kondisi yang Begitu-begitu Saja

Jika Anda merasa rutinitas Anda yang begitu-begitu saja membosankan, mungkin Anda merupakan individu yang cinta akan ketidakpastian.

Jiwa seperti itu cocok menjadi seorang pebisnis yang selalu dihadapkan pada ketidakpastian dan risiko setiap harinya.

 

#19 Anda Selalu Bisa Melihat Peluang

Pernahkah Anda merasa ingin memperbaiki sesuatu saat berbelanja di pusat perbelanjaan? Atau mungkin sederhananya di kantor tempat Anda bekerja?

Jika iya, maka artinya Anda selalu ingin membuat perbaikan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Sifat seperti inilah yang umum dimiliki para pebisnis, dimana mereka selalu bisa melihat peluang dengan potensi yang lebih baik saat orang lain tidak menyadarinya.

 

#20 Banyak Proyek yang Bisa Anda Lakukan

Jika Anda melihat bahwa perusahaan tempat Anda bekerja kerap memberikan proyek kepada pekerja lepas, dan menyadari bahwa Anda bisa melakukannya sendiri dengan lebih baik, maka mengapa tidak berhenti kerja dan mengambil proyek-proyek tersebut?

 

#21 Anda Ingin Memiliki Tim

Jika Anda gemar bekerja dalam tim dan terkadang tidak bisa menyampaikan masukan-masukan berharga, maka artinya Anda ingin memiliki tim sendiri dan berperan sebagai pemimpin.

Dengan kata lain, Anda memiliki jiwa kepemimpinan yang umum dimiliki para pebisnis.

 

#22 Anda Benci Bekerja bagi Orang Lain

Anda tidak suka diperintah dan dilarang? Maka Anda tidak cocok bekerja bagi orang lain.

Mulailah membuat strategi dan rencana untuk membuat usaha sendiri, dan Anda bisa menjadi atasan yang tidak akan diperintah oleh orang lain.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#23 Anda Membutuhkan Pemasukan Lebih Besar

Namanya bekerja, pemasukan Anda ya segitu-segitu saja, tidak akan bertambah atau berkurang kecuali pada saat kenaikan gaji tiap tahunnya.

Saat Anda merasa tekanan akibat banyaknya utang yang menumpuk, dan merasa gaji Anda tidak akan pernah bisa melunasi utang tersebut, maka tandanya Anda perlu mencari solusi lain.

Misalnya, dengan membuka bisnis sendiri dengan peluang pemasukan lebih besar.

 

#24 Anda Ingin Membuka Lapangan Pekerjaan

Dalam kondisi perekonomian yang kurang baik, Anda terkadang berpikir bahwa semakin sulit mencari pekerjaan.

Jika Anda mengenal rekan-rekan kerja yang juga kesulitan memperoleh pekerjaan dan memiliki potensi tinggi, mengapa tidak membuka lapangan pekerjaan bagi mereka?

 

#25 Anda Memiliki Ide Jenius yang Belum Pernah Ada

Seorang pebisnis harus punya sebuah ide brilian yang diminati dan dibutuhkan masyarakat. Apakah Anda juga memendam sebuah ide jenius yang belum pernah ada?

Jika iya, cobalah merealisasikannya. Anda tidak akan pernah tahu jika ke depannya Anda bisa jadi seorang pebisnis andal.

 

#26 Anda Tidak Suka Pekerjaan Kantoran

Bosan duduk di belakang meja kantor dan menatap komputer seharian? Itu tandanya pekerjaan kantoran bukanlah pekerjaan idaman Anda.

Cobalah pikirkan apa passion Anda dan mulailah bisnis sendiri, dimana Anda bisa berpetualang dan tidak perlu lagi duduk seharian di kantor.

Solusi Menghadapi Stres Dan Tekanan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

#27 Anda Ingin Mengatur Jadwal Sendiri

JADWAL HARI INI: 10 Oktober 2017

Pukul 08.00 – Masuk kantor

Pukul 10.00 – Deadline bahan meeting dengan supplier

Pukul 11.30 – Deadline bahan meeting dengan atasan

Pukul 12.00 – Istirahat makan siang

Pukul 13.30 – Meeting dengan supplier

Pukul 15.00 – Meeting dengan atasan

Pukul 17.00 – Pulang kantor

 

Lelahkah Anda dengan seluruh jadwal yang padat tersebut?

Dengan menjadi seorang pebisnis, Anda bebas mengatur jadwal sendiri. Andalah atasannya, tidak ada yang bisa mengatur-atur Anda.

 

#28 Kreatif

Memiliki jiwa kreatif yang selama ini terpendam karena pekerjaan Anda yang monoton? Keluarkan jiwa kreatif Anda dan dapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan adanya kebebasan berkreasi, Anda akan kaget dengan kemampuan Anda sendiri.

 

#29 Anda Bisa Menginspirasi Orang Lain

Apakah Anda adalah orang yang dicari-cari saat orang lain mengalami masalah dan kebuntuan? Jika iya, maka bisa saja Anda memiliki bakat untuk menginspirasi orang lain.

Maksimalkan bakat itu dengan memulai bisnis sendiri dan gunakan bakat Anda untuk menginspirasi bawahan Anda.

 

#30 Anda Ingin Memiliki Warisan bagi Buah Hati

Warisan yang dimaksud disini bukanlah uang. Setiap orang, baik pebisnis maupun pekerja bisa mewariskan uang kepada buah hatinya. Namun maksudnya adalah Anda tentunya bisa mewariskan sebuah bukti kerja keras yang patut dibanggakan daripada hanya sekadar uang bukan?

 

#31 Anda Siap Bersusah Payah dengan Terjun Langsung

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus siap terjun ke bidang terkait secara langsung dan bekerja keras demi mencapai tujuan.

Apabila Anda malas dan tidak mau mengotori tangan, mungkin Anda tidak cocok memulai bisnis sendiri.

 

#32 Anda Mencari Tantangan Baru

Setiap orang memiliki karakteristik berbeda, ada yang menyukai tantangan, dan ada juga yang lebih senang berada dalam zona nyamannya.

Nah, apabila Anda menyukai tantangan dan ingin mencari tantangan baru, mengapa tidak memulai bisnis sendiri saja?

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#33 Mengerjakan Lebih dari Seharusnya

Saat melihat sebuah kebun penuh dengan tanaman kering, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan:

Menyiramnya dengan air agar tanaman tidak mati

Atau

Membersihkan dedaunan yang rontok, memberi pupuk, menyiramnya dengan air agar tanaman tidak mati dan tumbuh dengan baik

 

Jika Anda memilih pilihan kedua, maka artinya Anda selalu ingin melakukan sesuatu lebih dari seharusnya. Istilahnya extra mile, dimana Anda akan selalu mengerjakan sesuatu lebih baik dari umumnya.

Manfaatkan sifat ini untuk membangun sebuah usaha yang tentunya akan lebih baik daripada orang lain.

 

#34 Anda Senang Menambah Pengetahuan dan Kemampuan Baru

Sudahkah Anda puas dengan pengetahuan dan kemampuan Anda saat ini?

Seorang pebisnis biasanya tidak mudah puas dan selalu ingin mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik. Saat merasa buntu dan tidak berkembang dalam pekerjaan, menjadi pebisnis bisa menjadi solusinya lho!

 

#35 Anda Tidak Keberatan Melakukan Beberapa Pekerjaan Sekaligus

“Itu bukanlah job description saya, coba tanyakan pada orang lain.”

 

Jawaban inilah yang banyak diberikan pekerja saat diberi sebuah tugas baru yang asing baginya.

Namun jika Anda merupakan kebalikannya dan tidak keberatan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, maka Anda sudah selangkah lebih maju untuk menjadi pebisnis.

 

#36 Tidak Takut Gagal

Pola pikir pebisnis yang tidak bisa disamakan dengan pola pikir pekerja adalah:

Pebisnis cenderung melihat kegagalan sebagai sebuah kesuksesan yang tertunda, mereka tidak mencari siapa yang salah dan menyerah, namun mencari peluang di tengah kegagalan dan mencari solusinya.

Kepemimpinan dalam Organisasi Tipe Pemimpin Seperti Apakah Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Rumah Kontrakan Menguntungkan? Ketahui 4 Tips Saat Memilih Tenan dan Jalin Hubungan Baik Dengannya]

 

#37 Ingin Mencari Keamanan Jangka Panjang

Bekerja pada orang lain bisa dibilang berisiko tinggi. Anda bisa di-PHK kapan saja dan Anda tidak pernah tahu arah perusahaan bertumbuh.

Minimalkan risiko itu dengan membuka bisnis sendiri. Dengan demikian, nasib Anda berada di tangan Anda.

 

#38 Ada Celah yang Bisa Diisi

Saat melihat sebuah celah bisnis yang kosong, mungkin Andalah orang yang tepat untuk mengisi kekosongan tersebut.

 

#39 Anda Memiliki Kerabat Bertalenta Tinggi

Coba lihat di sekitar Anda, apakah Anda dikelilingi orang-orang bertalenta tinggi? Jika iya, mengapa tidak memulai bisnis sendiri dan merekrut talenta tersebut agar tidak sia-sia?

 

#40 Jika Tidak Sekarang, Kapan?

Setiap bisnis kerap gagal terealisasi akibat ada pikiran untuk menunda-nunda. Hingga suatu saat pikiran Anda akan berbicara, “Jika tidak sekarang, kapan?”

Saat pikiran itu muncul, mungkin Anda sudah mencapai titik jenuh sehingga membuka bisnis sendiri merupakan suatu ide tepat.

 

#41 Anda Memahami Insentif Pajak

Sebuah bisnis kecil memenuhi syarat untuk insentif pajak. Jika Anda memahami hal tersebut, maka manfaatkanlah dengan membuat bisnis sendiri.

 

#42 Ingin Melihat Hasil Kerja Keras Secara Nyata

Saat bekerja kepada orang lain, jarang sekali Anda bisa melihat kerja keras Anda memberikan manfaat bagi perusahaan. Dampak yang muncul terlalu kecil untuk dapat disadari.

Namun dengan memulai bisnis sendiri, Anda akan melihat betapa kerja keras Anda menghasilkan dan berdampak besar. Kepuasan tersebut akan muncul dari dalam diri Anda.

6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis UMKM: Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana? Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda]

 

#43 Anda Pandai Bersosialisasi

Saat menjadi pekerja dengan jabatan tertentu, tidak jarang kemampuan Anda untuk bersosialisasi terkekang.

Seseorang dengan jabatan rendah tidak akan diperbolehkan bergaul dengan pengusaha kelas atas. Yang ada Anda hanya dipandang sebelah mata.

Membuka usaha sendiri akan membuka peluang Anda untuk bersosialisasi dan membentuk network yang luas.

 

#44 Merasa Terisolasi

Saat bekerja, mungkin saja Anda merasa bahwa potensi Anda terkekang dan Anda kerap berjalan di tempat.

Dengan kata lain, kesempatan Anda berkembang tidak bisa dimaksimalkan dan Anda merasa tidak berharga. Hindari perasaan itu dengan membuka peluang sendiri, caranya? Mulailah mengatur rencana untuk bisnis Anda sendiri.

 

#45 Anda Memiliki Jiwa Kepemimpinan Tinggi

Terlahir dengan bakat kepemimpinan tinggi? Jika iya, selamanya Anda tidak akan pernah puas jika terus menjadi pekerja yang dipimpin oleh orang lain.

 

#46 Tidak Suka Bermain Aman

Berada di zona nyaman dan bermain aman memang baik, Anda tidak akan menghadapi banyak risiko. Tetapi untuk menjadi sukses dibutuhkan sebuah risiko. High risk, high return!

 

#47 Memiliki Bakat Street Smarts

Jika Anda memiliki bakat street smarts, jangan terus memendamnya dan manfaatkan bakat tersebut untuk meraih kesuksesan milik Anda sendiri!

 


 

#48 Mampu Memanfaatkan Instrumen Bisnis

Anda tentunya sudah tahu bahwa dewasa ini semakin banyak instrumen yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis. Sebagai contoh email marketing, media sosial, affiliate marketing, dan sebagainya.

Dengan adanya instrumen bisnis tersebut, tidak perlu takut terjun dalam bidang bisnis. Manfaatkan instrumennya dan rasakan manfaatnya!

 

#49 Siap Melepas Bakat Terpendam

Setiap orang bisa menjadi pebisnis. Namun seperti telah disebutkan sebelumnya, ada yang terlahir sebagai pebisnis, namun ada pula yang harus melatihnya.

Tetapi jika Anda memiliki bakat bisnis yang selama ini terpendam dan siap untuk memanfaatkannya, maka silakan mulai bisnis Anda sendiri.

 

#50 Ingin Melakukan Sesuatu yang Anda Gemari

Tidak puas dengan pekerjaan Anda? Memiliki sebuah passion yang belum tersampaikan? Mungkin ini tandanya Anda siap memulai bisnis sesuai dengan passion tersebut.

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri? Baca Penjelasan Berikut]

 

Miliki Bisnis Sendiri!

Nah, sudahkah Anda terbayang bisnis seperti apa yang tepat bagi Anda? Lalu siapkah Anda memulainya? Kini Anda sudah mengetahui tanda-tanda kesiapan diri Anda.

Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa memulai bisnis sukses milik Anda sendiri.

Jika Anda berhasil, jangan lupa untuk berikan komentar di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada teman-teman yang juga sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis sendiri.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tanda-tanda bahwa Anda perlu memulai bisnis sendiri? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • John Rampton. 27 Juni 2014. 50 Signs You Need to Start Your Own Business. Entrepreneur.com – https://goo.gl/aAtgxj

 

Sumber Gambar:

  • Memulai Bisnis Sendiri – https://goo.gl/bmwz6k
  • Tanda Memulai Bisnis Sendiri – https://goo.gl/ZNBAfd

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

2 Comments

  1. Ani Anjumu Zuriah 12 October 2017 at 18:06 - Reply

    saya mahasiswi semester akhir dari lampung.. mau memulai bisnis terhambat modal bagai mana solusinya??

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download