Tips Mengatur Gaji dengan Bijak (2)

Berlanjut dari artikel sebelumnya, ini dia tips-tips mengatur gaji dengan bijak berikutnya.

 

#3 Eliminasi Utang

Yang namanya utang akan selalu membebanimu jika tidak dilunasi, dan kabar buruknya adalah utang akan semakin besar jika tidak cepat dilunasi. Singkatnya, semakin lama beban utang akan semakin tinggi.

Jadi, jika kamu ingin mengatur gaji dengan lebih baik, yuk mulai eliminasi utang-utangmu. Caranya adalah dengan membuat prioritas utang.

Komik_ Yuk Mengatur Gaji Dengan Bijak Biar Bebas Finansial 03

 [Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Kamu perlu menjabarkan setiap utang berikut tanggal jatuh temponya, bunganya, serta jumlahnya untuk menentukan prioritas pembayaran.

Setelah itu, metode penentuan prioritas pelunasan utang yang paling cepat, yakni Debt Avalanche atau Debt Stacking Method. Caranya adalah membuat ranking dari bunga yang paling tinggi ke yang paling rendah.

Strategi debt stacking menyarankan untuk membayar minimum semua tagihan atau cicilan Anda. Kemudian fokus melunasi hutang dengan bunga paling besar.

Kelebihan strategi debt stacking adalah kamu dapat menghemat pembayaran bunga. Sedangkan kekurangannya adalah dibutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan utang pertamanya.

 

#4 Catat Keuangan

Poin yang satu ini sangat terkait dengan komik tadi, dimana kita sering bingung kenapa gaji cepat habis tanpa mengetahui uangnya kemana.

Nah, atasi hal tersebut dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran serta melakukan review setiap bulan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk melakukan pencatatan harian dan akan mendapatkan laporan keuanganmu di akhir bulan untuk memudahkanmu mengetahui kemana larinya uangmu.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja pemborosan yang tidak kamu sadari.

Sebagai contoh, jika kamu pekerja tetap yang kerap lembur dan jarang di rumah, kamu perlu mengecek tagihan dan mengeliminasi beberapa hal berikut:

  • Internet dan TV cable di rumah

Jika jarang di rumah, buat apa internet dan TV cable? Kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk seluruh aktivitas itu. Kini sudah banyak kok streaming online atau situs untuk mengunduh film terbaru.

  • Membership gym

Jika kamu sangat sibuk dan kerap lembur, kamu pastinya sering membolos berolahraga. Dengan demikian, membership gym hanya akan menjadi pemborosan saja. Lebih baik luangkan waktu di akhir pekan untuk berolahraga di kebun depan rumah. Hemat dan sehat bukan?

Jika kamu mengecek pengeluaran bulanan, kamu bisa menyadari pemborosan yang seharusnya tidak perlu dan mengeliminasinya. Pada akhirnya, tidak ada lagi istilah “Saya sudah bekerja keras, tetapi entah uangnya kemana.”

 

#5 Berkomitmen dan Selalu Memotivasi Diri

Setiap perubahan harus disertai “kebiasaan”. Jika kamu ingin berubah menjadi lebih baik, namun tidak berkomitmen untuk mengambil tindakan yang tepat, maka semua akan sia-sia.

Ketika baru mulai belajar menabung dan mengatur keuangan, cobalah untuk berkomitmen untuk selalu merencanakan setiap pengeluaran.

Puluhan Juta! Inilah Daftar Gaji Pejabat Negara dari Tahun 2014-2019 01

[Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

Komitmen ini jugalah yang akan terus membantu kamu agar tetap semangat dan termotivasi untuk terus maju, demi keuangan yang lebih baik. Dengan begitu, mengatur keuangan tidak akan terasa berat, justru malah menyenangkan.

 

Yuk Mengatur Gaji Dengan Bijak Biar Bebas Finansial!

Masih pasrah dengan kondisi akhir bulan makan nasi kecap? Yuk berubah! Mulailah mengatur gaji agar akhir bulan kamu tambah untung dan bukannya buntung.

Jangan pernah berpikir bahwa mengatur gaji itu mustahil. Mungkin setelah membaca artikel kamu beranggapan bahwa teori lebih mudah dari praktiknya.

Ternyata tidak. Jika kamu mengaplikasikannya, maka kamu juga bisa memiliki gaji yang cukup bahkan bersisa di akhir bulan.

Kami yakin kamu juga bisa mengatur gaji dengan cara mengaplikasikan beberapa tips di atas. Jika kamu berhasil, berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini ya. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips mengatur gaji dengan baik? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Bagikan artikel ini kepada rekan-rekanmu jika informasi ini berguna buatmu dan kawan-kawanmu.

 

<< Sebelumnya

 

 

Sumber Referensi:

  • Agung Candra Setiawan. Menabung: 7 Cara Aman Mengelola Uang Penghasilan Anda. Keluarga.com – http://bit.ly/37yIcEf
  • Nadya Hafida. Mei 2019. Atur Pendapatan dengan Formula 40-30-20-10, Biar Gaji Bulananmu Nggak Cuma Lewat Doang. Hipwee.com – http://bit.ly/36b3TJ8

 

Sumber Gambar:

  • Tips Mengatur Gaji Dengan Bijak 01 – http://bit.ly/2PdCUWk
  • Tips Mengatur Gaji Dengan Bijak 02 – http://bit.ly/33Qo9Op
  • Tips Mengatur Gaji Dengan Bijak 03 – http://bit.ly/350SFGY