Coba cek artikel Finansialku berikut! Artikel ini akan membantu Anda untuk dapat mengelola stres kerja. Pasti Anda pernah mengalaminya bukan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Stres Adalah…

A: “Duh kerjaan kok ga beres-beres ya, pusing dah gue.”

B: “Iya sama kaya makan lu tuh ga beres-beres dari tadi nambah mulu.”

A: “Biar dah stres gue sama kerjaan.”

 

Apakah sobat Finansialku sering mengalami kejadian seperti cerita tersebut?

Ya, stres karena pekerjaan dan melampiaskannya dengan berbagai cara seperti makan, belanja dan lain-lain.

Stres dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena pekerjaan. Stres akibat pekerjaan disebut sebagai stres kerja. Nah, sebelumnya apa sih itu stres?

Stres adalah suatu bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi, dan mental yang dialami oleh seseorang sehingga dapat mempengaruhi kegiatan orang tersebut.

Dari sisi psikologi stres disebut juga suatu gangguan mental yang terjadi pada seseorang akibat adanya tekanan, baik itu tekanan dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri.

Para Karyawan, Ayo Mengelola Stres Kerja Supaya Bahagia Terus! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar]

 

Berbeda dengan stres, depresi adalah penyakit mental yang berdampak buruk pada suasana hati, perasaan, stamina, selera makan, pola tidur dan tingkat konsentrasi penderitanya.

Depresi dapat diakibatkan karena stres yang sangat berat, tetapi dalam beberapa kasus depresi muncul tanpa didahului oleh stres.

Stres yang dialami seseorang dapat mengakibatkan penurunan produktivitas seseorang dalam berkegiatan lho! Bahkan dapat menimbulkan rasa sakit pada tubuh juga, contoh: sakit kepala, mual dan lain sebagainya.

Stres dapat diakibatkan karena faktor diri sendiri, lingkungan dan pekerjaan/organisasi. Beberapa penyebab stres yang berasal dari faktor pekerjaan antara lain:

  1. Target pekerjaan yang tinggi.
  2. Tekanan dari atasan.
  3. Persaingan tidak sehat dengan rekan kerja.
  4. Karir yang tak kunjung meningkat.
  5. Fasilitas kantor yang tidak memadai.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Mengelola Stres Kerja

Stres dapat mengganggu produktivitas kerja bahkan dapat mengganggu kesehatan kita. Tetapi stres dapat kita hadapi kok, kita dapat mengelola stres kerja agar tidak merugikan.

Berikut beberapa cara untuk mengelola stres:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Membuat Prioritas Kerja

Seperti ilustrasi diatas, stres kerja dapat terjadi karena pekerjaan yang terlalu banyak dan menumpuk. Kita harus mempunyai strategi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Strategi yang salah dapat membuat pekerjaan lama belum selesai, sementara pekerjaan baru sudah datang. Hal tersebut dapat membuat kita semakin frustasi dan tertekan.

Skala Prioritas Salah Satu Kunci Menuju Sukses - Finansialku 01

[Baca Juga: Peluang Usaha: Kenapa Jadi Pengusaha Atau Wirausahawan Lebih Sehat?]

 

Kita harus mulai dengan menyusun prioritas pekerjaan. Prioritas pekerjaan disusun mulai dari yang paling penting sampai pekerjaan yang dapat ditunda atau diselesaikan belakangan.

Tentu saja target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut harus ditentukan.

 

#2 Menghilangkan Kebiasaan Negatif

Stres kerja juga dapat diakibatkan karena diri sendiri lho. Seorang perfeksionis yang menetapkan tujuan kerja tidak realistis dapat dengan mudah terkena stres kerja.

Berpikiran negatif dan kekhawatiran yang tidak perlu juga membuat diri sendiri stres.

Sikap perfeksionis dan berpikir negatif harus dapat kita kendalikan dan hilangkan. Janganlah hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi fokuslah pada proses kerja yang sedang dilakukan dan melakukan yang terbaik dalam prosesnya.

 

#3 Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap bugar dan sehat. Saat fisik kita lemah, produktivitas kerja kita akan menurun karena kita akan kesulitan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Kesulitan ini dapat menjadi salah satu penyebab stres kerja.

Karena ketidakmampuan kita menyelesaikan tugas-tugas dengan baik, tugas-tugas akan semakin menumpuk. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga tubuh kita untuk tetap prima, salah satu caranya dengan berolahraga.

 

#4 Cukup Tidur

Kurang tidur, dapat membuat produktivitas terganggu. Mengapa demikian? Kurang tidur akan membuat kreativitas menurun dan hilangnya fokus saat bekerja.

Hal ini dapat menyebabkan kita stres, karena saat kita memerlukan kreativitas dan fokus saat mengerjakan pekerjaan kita kita malah menemui jalan buntu.

13 Kebiasaan Orang Sukses Di Malam Hari Sebelum Tidur 01 Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Mudah! 4 Cara Simpel Penghematan Listrik yang Dapat Segera Anda Lakukan]

 

Mulailah untuk memperbaiki pola tidur dari sekarang. Tidurlah lebih cepat dan dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Jika mengalami kesulitan untuk tidur, kita dapat menyesuaikan dan mengatur kondisi kamar agar nyaman dan membuat kita dapat segera terlelap. Mematikan lampu kamar dan tidak bermain ponsel saat di tempat tidur akan membantu untuk dapat tidur lebih cepat.

 

#5 Memperhatikan Pola Makan dan Nutrisi

Sarapan dan makan siang tepat waktu merupakan hal yang sangat penting. Perut kita sebaiknya terisi saat kita akan beraktivitas. Kita memerlukan energi untuk dapat bekerja dengan baik. Melewatkan sarapan atau menunda makan siang akan membuat kita kehilangan fokus kerja.

Pilihan makanan yang buruk juga dapat mempengaruhi mood dan menjadi penyebab stres kerja.

Maka dari itu, mulailah disiplin terhadap urusan makan. Biasakanlah meluangkan waktu untuk sarapan dan makan siang tepat waktu. Hindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet, gula terlalu banyak, kafein dan lemak tak jenuh.

Perhatikan asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Pilihlah makanan yang dapat memberikan nutrisi baik, menjaga kesehatan kita serta membantu memperbaiki suasana hati kita.

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan mood adalah coklat.

5 Usaha Rumahan Membantu Orang Diet 04 Makanan Sehat - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Pilih Bekerja atau Berbisinis? Kenali Plus Minusnya]

 

#6 Curhat/Berbagi

Terkadang penyebab stres kerja adalah akibat tidak mengutarakan perasaan maupun masalah-masalah kecil di kantor. Berbagi pikiran dengan keluarga, rekan kerja atau teman akan membantu meringankan beban kita.

Kita tidak harus selalu mendapatkan solusi saat bercerita atau berbagi masalah, perasaan dan stres yang kita alami.

Memiliki seseorang yang dapat menyimak, mendukung dan memberikan simpati terhadap masalah yang sedang kita hadapi akan membuat kita lebih tenang.

 

Yuk, Kelola Stres Kerja!

Setiap orang memiliki beban kerja dan masalah berbeda di pekerjaannya. Stres kerja yang dialami pun berbeda-beda.

Tetapi, perlu diingat jangan sampai stres yang dialami malah menghalangi kita untuk dapat bekerja dengan baik dan menyelesaikan tanggung jawab kita dengan baik.

Cara seseorang untuk mengelola stres berbeda-beda. Beberapa cara yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya adalah sebagian cara untuk dapat mengelola stres dengan baik.

Tetapi jika stres Anda tidak kunjung hilang dan malah semakin buruk dan berpotensi atau bahkan sudah pada tahap depresi, sebaiknya Anda mengelola stres tersebut dengan bantuan tenaga kesehatan, seperti psikolog atau psikiater. 

Jangan ragu untuk meminta dukungan keluarga, teman-teman atau bahkan tenaga kesehatan untuk mengelola stres kerja yang Anda alami. Bantuan mereka akan sangat membantu dan meringankan beban Anda.

 

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam mengelola stres kerja di tempat kerja Anda.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan kerja, kolega keluarga atau teman-teman Anda, agar mereka mengetahui cara untuk mengelola stres kerja.

 

Sumber Referensi:

  • Eka Utami. Juli 2018. Cara Mengelola Stress Kerja Berdasarkan Penyebabnya. Qerja.com – https://goo.gl/D2RtnV
  • Irene Anindyaputri. Apa Bedanya Stress dan Depresi? Kenali Gejalanya. Hellosehat.com – https://goo.gl/Av38YL
  • Admin. Pengertian Stress Adalah, Jenis dan Faktor Penyebab Stress. Maxmanroe.com – https://goo.gl/yDkz1t

 

Sumber Gambar:

  • Mengelola Stres Kerja – https://goo.gl/tSysDP
  • Stres Kerja – https://goo.gl/t532E2
Summary
Para Karyawan, Ayo Mengelola Stres Kerja Supaya Bahagia Terus!
Article Name
Para Karyawan, Ayo Mengelola Stres Kerja Supaya Bahagia Terus!
Description
Coba cek artikel Finansialku berikut! Artikel ini akan membantu Anda untuk dapat mengelola stres kerja. Pasti Anda pernah mengalaminya bukan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo