Peluang usaha: Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha atau wirausahawan atau bos untuk diri sendiri? Banyak orang ingin memiliki perusahaan atau bisnisnya sendiri sebagai sumber pendapatan.

Selain bisa menentukan keuntungan dan gaji diri sendiri, menjadi pengusaha juga memberikan Anda pengaturan waktu yang leluasa dan juga badan yang lebih sehat. Kok bisa?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Peluang Usaha: Kenapa Jadi Pengusaha Atau Wirausahawan Lebih Sehat?

Bisa menjadi bos untuk diri sendiri bisa dikatakan adalah impian semua orang.

Tidak ada yang mengatur atau memarahi, bebas menentukan jam kerja, bisa menentukan gaji untuk diri sendiri, dan berbagai macam kelebihan yang tampaknya dimiliki oleh seorang bos.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi bos untuk diri sendiri, artinya Anda siap terjun dalam dunia bisnis sebagai seorang pengusaha dan juga lika-liku bisnis yang mengikutinya.

Tapi bagi Anda yang memang berjiwa pengusaha, tantangan dalam menjalankan usaha sendiri mungkin akan menjadi tantangan yang Anda nanti-nantikan.

Menjadi wirausaha, memiliki banyak kelebihan.

Beberapa di antaranya memang waktu yang lebih bebas, pendapatan yang lebih besar jika bisnis Anda sukses, juga pengalaman belajar yang berharga.

Di samping itu, menjadi seorang wirausaha ternyata juga memberikan dampak yang baik terhadap tubuh Anda, Seorang wirausaha dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Ada beberapa alasan mengapa seseorang yang memutuskan bekerja sebagai wirausaha memiliki tubuh yang sehat, yaitu:

 

#1 Kerja Otak Menjadi Lebih Baik

Menurut hasil riset dari Forbes, saat seseorang memutuskan untuk menjalankan pekerjaan sebagai pengusaha atau berwirausaha, maka otak mereka akan bekerja lebih baik.

Hal ini bisa saja disebabkan karena seorang pengusaha memiliki kewajiban untuk terus belajar.

Saat menjadi pengusaha, seseorang mau tidak mau harus terus menemukan inovasi-inovasi baru demi keberlanjutan bisnis yang dijalankannya.

Untuk itu, seorang pengusaha dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan mengelaborasi ide menjadi sebuah karya atau produk yang bisa diterima oleh target pasarnya.

Peluang Usaha Kenapa Jadi Pengusaha Atau Wirausahawan Lebih Sehat 02 Kreatif - Finansialku

[Baca Juga: 9 Buku yang Harus Dimiliki dan Dibaca Oleh Setiap Pengusaha Pebisnis]

 

Seorang pengusaha juga akan memikirkan strategi-strategi yang dapat mendukung bisnisnya agar terus berjalan. Bahkan memikirkan bagaimana cara yang tepat agar bisnis tersebut bisa semakin berkembang.

Seringkali, seorang pengusaha juga harus memiliki kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.

Berbagai hal ini menjadikan seorang pengusaha memiliki kemampuan berpikir yang terus meningkat dan tentunya kerja otak yang semakin baik.

 

#2 Kebutuhan atau Peluang

Setiap orang yang memulai usaha pasti memiliki tujuan awal mereka memulai usaha tersebut.

Ternyata, tujuan awal atau latar belakang seorang pengusaha memulai usahanya juga menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah wirausaha yang dilakukan dapat memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan fisik atau tidak.

Secara umum, seseorang dapat mulai berwirausaha karena satu dari dua alasan, yaitu karena kebutuhan untuk mendapatkan penghasilan atau karena adanya peluang usaha. Alasan ini akan menentukan bagaimana kemampuan seorang pengusaha akan meningkat saat menjalankan usahanya.

Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Miliki Pola Pikir Miliarder Dunia Mengejar Harta!]

 

Beberapa pengusaha ada yang mulai menjalankan usaha karena alasan “kebutuhan”. Hal semacam ini biasa dialami oleh seorang pengangguran yang mau tidak mau harus memulai usaha agar bisa memiliki pendapatan.

Para pengusaha yang memulai bisnisnya karena alasan kebutuhan ini, memang mengalami peningkatan mental yang baik. Akan tetapi, secara fisik, peningkatan fisik yang terjadi cenderung tidak terlalu signifikan atau sangat sedikit sekali.

Pengusaha lainnya adalah yang menjalankan suatu usaha karena mereka menemukan adanya “peluang usaha” dan tergerak untuk serius serta masuk ke dalamnya.

Misalnya saja seperti para pekerja yang menjalankan bisnisnya sendiri sebagai pekerjaan sampingan dan sumber pendapatan lain di samping pendapatan utama.

Karena adanya peluang untuk bisa mengembangkan bisnis sampingan ini, akhirnya mereka memilih untuk fokus kepada bisnis mereka sendiri lalu menjadi mandiri.

Para pebisnis seperti ini cenderung akan mengalami peningkatan secara mental dan juga secara fisik.

 

#3 Tidak Terkait dengan Pendapatan

Menjadi pengusaha memang akan memberikan keuntungan secara fisik.

Mungkin beberapa dari Anda berpikir, apakah peningkatan fisik ini juga akan berdampak positif terhadap pendapatan usaha?

Sayangnya, ternyata hal ini tidak memiliki pengaruh langsung terhadap peningkatan pendapatan atau keuntungan. Namun, dengan adanya peningkatan fisik pada diri seorang pengusaha, kondisi ini akan memberi pengaruh positif terhadap kemampuan berpikirnya.

Lakukan 7 Kebiasaan Pebisnis 01 Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 7 Kebiasaan Pebisnis Jika Ingin Bisnis Berhasil dan Sukses!]

 

Siapapun tahu, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Seorang pengusaha yang sehat secara fisik dapat lebih mudah menemukan ide-ide segar bagi bisnisnya.

Selain itu, ia juga akan lebih mampu membuat teori dan praktik kewirausahaan yang lebih baik. Juga menetapkan kebijakan-kebijakan usaha yang lebih tepat sasaran.

 

#4 Kepuasan Seorang Pengusaha

Selain tiga hal tersebut, faktor lain yang mempengaruhi kesehatan seorang wirausaha adalah kepuasan kerja yang ia rasakan.

Saat seorang pengusaha merasa puas akan hasil kerjanya, maka hal tersebut dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan dirinya. Apalagi jika pengusaha tersebut mulai membuka serta membangun usahanya sendiri.

Akan timbul perasaan puas dan bangga atas pekerjaan yang berada dalam kontrol mereka serta atas pencapaian yang berhasil mereka raih. Perasaan seperti ini juga akan memberikan dampak baik terhadap kondisi fisik seorang pengusaha.

Pebisnis Kalau Mau Sukses Harus Punya Program Kerja, Berikut ini Tips Menyusun Program Kerja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Start Up, Film Ocean’s Eleven (2001) Memberikan Nasihat Bagi Anda!]

 

Kadangkala, seorang pengusaha juga bisa mendapatkan bantuan atau hibah untuk membantu membuka usaha atau melakukan pengembangan terhadap usaha yang sudah ada.

Bantuan atau hibah yang didapatkan seorang pengusaha ini dapat memberikan dampak yang lebih luas, yaitu peningkatan kesehatan mental dan fisik bagi masyarakat sekitarnya.

Adanya pengaruh antara bantuan yang diterima pengusaha dengan kondisi masyarakat bisa jadi disebabkan dengan meningkatnya kebutuhan akan pekerja sehingga menyebabkan adanya pertambahan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Selain itu, dengan adanya usaha yang hidup di satu daerah, maka peluang usaha bagi warga sekitar juga akan mengikuti. Atau dengan adanya usaha tersebut maka banyak warga yang akhirnya terbantu dan mendapat banyak kemudahan.

 

Diimbangi Dengan Gaya Hidup yang Benar

Itulah beberapa alasan mengapa menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan akan lebih sehat untuk Anda. Tentu saja di samping itu, Anda juga tetap perlu menjaga pola makan dan gaya hidup yang Anda jalani.

Menjadi wirausaha memang cukup menggoda. Tawaran pendapatan yang terlihat lebih besar, waktu kerja yang terkesan lebih fleksibel, bahkan manfaat secara fisik.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi pengusaha, Anda harus bisa menyiapkan diri dan mental Anda dengan baik. Modal utama seorang pengusaha adalah tekad dan mental yang kuat, serta usaha yang gigih.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kualitas hidup Anda dan mencintai apa yang Anda kerjakan. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah menjadi pengusaha yang sehat secara fisik dan juga mental.

 

Menurut Anda, apalagi alasan yang bisa membuat seorang pengusaha memiliki kondisi fisik yang lebih sehat dan prima?

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Putri Syifa Nurfadilah. 2 Oktober 2018. Menjadi Bos Diri Sendiri Itu Sehat! Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/ApNeYg

 

Sumber Gambar:

  • Pengusaha dan Wirausahawan Sehat – https://goo.gl/K4fzRD
  • Pengusaha dan Wirausahawan Kreatif – https://goo.gl/aqihdX
Summary
Peluang Usaha: Kenapa Jadi Pengusaha Atau Wirausahawan Lebih Sehat?
Article Name
Peluang Usaha: Kenapa Jadi Pengusaha Atau Wirausahawan Lebih Sehat?
Description
Peluang usaha: Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha atau wirausahawan atau bos untuk diri sendiri? Banyak orang ingin memiliki perusahaan
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo