Yuk kepoin 7 pola hidup sehat keuangan untuk masa kini dan masa depan keluarga Anda! Masih banyak keluarga yang gagal mengatur keuangannya sehingga banyak utang dan masa depannya berantakan.

Cek apakah Anda sudah melakukan satu atau lebih dari beberapa pola hidup sehat keuangan yang bisa memperbaiki masa depan keluarga Anda?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menjalani Kehidupan Berkeluarga dengan Baik

Hampir seluruh manusia memiliki intuisi untuk menjadi lebih baik dan umumnya ada satu titik dalam hidup dimana Anda ingin menjadi lebih kaya. Untunglah bahwa generasi usia produktif di Indonesia termasuk generasi yang optimis.

Hal ini dapat dilihat melalui sebuah riset yang dilakukan oleh lembaga riset Nielsen yang menghitung indeks keyakinan konsumen atau consumer confidence index. Diketahui bahwa pada kuartal kedua 2016, Indonesia menduduki level 119, atau ketiga tertinggi di Asia setelah Filipina dan India.

Artinya, usia produktif di Indonesia memiliki keyakinan menghadapi segala tantangan dan menganggap tak ada hal buruk yang akan menimpa di kemudian hari.

Hal ini tentu kedengarannya seperti kabar baik, artinya usia produktif Indonesia optimis akan masa kini dan masa depannya. Namun, ada kekurangannya juga lho, dimana mereka cenderung tidak memikirkan masa depannya.

Tiru 7 Pola Hidup Sehat Keuangan untuk Masa Kini dan Masa Depan Keluarga Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Tips Merencanakan dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda]

 

Badan Pusat Statistik mencatat, angka harapan hidup penduduk di Indonesia selama rentang 2010 hingga 2015 mencapai 70 tahun.

Asumsinya, Anda akan menghabiskan usia 20 hingga 55 an untuk bekerja kemudian pensiun.

Jika diasumsikan kembali bahwa kita akan hidup hingga usia 70 tahun, artinya kita masih memiliki sisa masa pensiun selama 15 tahun.

Masa pensiun tersebut hampir separuh masa produktif Anda, dan ini masih bisa berubah jika Anda ternyata melebihi usia 70 tahun.

Dengan kata lain, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana cara mempersiapkan keuangan agar bisa hidup sejahtera di masa depan.

Sayangnya, banyak keluarga yang kesulitan mengatur keuangan, sehingga berujung pada banyak utang dan tidak pernah bisa nabung.

Sebenarnya bagaimana sih pola hidup sehat keuangan yang bisa diadopsi demi masa depan keluarga yang lebih baik?

Kabar baik bagi Anda dan keluarga, Finansialku sudah merangkum beberapa pola hidup sehat keuangan yang dengan mudah bisa Anda aplikasikan. Buktikan sekarang juga apakah tips ini memang efektif atau tidak!

Jika Anda berhasil, jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar di bawah dan jangan lupa bagikan tips ini kepada teman-teman yang juga buntu keuangannya.

Dengan demikian, Anda sudah ikut membantu perencanaan keuangan rumah tangga lainnya.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

7 Pola Hidup Sehat Keuangan untuk Masa Kini dan Masa Depan

Bagaimana sih rasanya setelah beberapa tahun berkeluarga, namun keuangan masih sulit dan banyak utang? Anda pastinya was-was dengan masa depan keluarga.

Tentu Anda dan keluarga tidak ingin terus menerus hidup dalam kondisi keuangan seperti itu dan menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik bukan?

Agar Anda bisa memperbaiki keuangan berantakan, cek 7 pola hidup sehat yang bisa Anda adopsi sekarang juga:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Memahami Pentingnya Perlindungan atau Asuransi Kesehatan

Saat ini Anda bukanlah seorang yang masih single, dengan kata lain Anda kini memiliki tanggungan yaitu istri/suami dan anak-anak.

Coba Anda bayangkan jika suatu hari terjadi sesuatu kepada Anda, siapa yang akan membayar biayanya dan siapa yang akan menanggungnya? Tentunya Anda tidak ingin membebani keluarga jika terjadi sesuatu yang tidak terduga bukan?

Asuransi memberi ketenangan bagi Anda jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi.

Dewasa ini, asuransi memang menjadi salah satu investasi yang cukup menguntungkan, dimana salah satu asuransi yang cukup penting di kalangan masyarakat adalah asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang fokus memberikan perlindungan pada kesehatan pengguna asuransi. Mengingat biaya kesehatan yang terus meningkat setiap waktunya dan tergolong sangat mahal, maka asuransi kesehatan akan sangat membantu untuk memberikan perlindungan finansial pada kondisi tak terduga.

8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

DAN tipsnya adalah Anda harus mulai mempersiapkannya selagi Anda masih dalam usia produktif.

Tipsnya adalah memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda saat ini. Jika suatu hari dibutuhkan penyesuaian, Anda bisa melakukan perubahan sesuai tingkat kematangan profil finansial seseorang.

Oleh karena itu, besaran nilai asuransi memang perlu ditinjau setiap setidaknya dua tahun sekali.

Jika Anda masih bingung dalam memilih jenis asuransi dan cakupan polis yang sesuai, Anda bisa meminta bantuan perencana keuangan seperti Finansialku lho!

Konsultasikan kebutuhan asuransi jiwa Anda dengan menghubungi Finansialku sekarang juga.

Anda dapat menghubungi kami melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com).

 

#2 Cerdas dalam Berutang

Apa maksudnya cerdas dalam berutang? Sesungguhnya, tidak semua utang itu buruk selama Anda bisa mengelolanya dengan cerdas.

Pada umumnya, definisi utang adalah proses meminjamkan uang dari satu pihak ke pihak lainnya dengan imbalan yang biasanya berupa bunga. Namun, nyatanya beberapa utang yang dikelola malah bisa membawa keuntungan bagi Anda.

Sebagai contohnya adalah saat Anda mengetahui bahwa bunga kartu kredit Anda adalah 0% selama Anda membayar tepat waktu (per bulan) dan tepat jumlah.

Top 6 Faktor Penilaian Bank Terhadap Pengajuan Kartu Kredit Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Anda bisa memanfaatkan ini sebagai utang jangka pendek bebas bunga. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan mengingat Anda bisa mengalokasikan uang Anda dahulu selama sebulan untuk menghasilkan keuntungan lebih.

Selain itu banyak juga promo yang biasanya diberikan kartu kredit, sehingga bisa saja Anda malah menghemat sedikit uang. Lumayan banget kan?

Tipsnya adalah selalu kenali utang dengan segala ketentuannya, dan kelola dengan cerdas agar seluruh utang tersebut sudah selesai alias lunas sebelum Anda memasuki masa pensiun.

 

#3 Jangan Berinvestasi dalam Satu Pundi Saja

Usia produktif memang masa yang sibuk, namun bukan berarti Anda menolak untuk berinvestasi. Berbagai alasan seperti: “Masih banyak kebutuhan, mana bisa investasi” harus segera dihentikan sekarang juga!

Waktu terus berjalan dan Anda tidak akan pernah bisa mengembalikan waktu ke masa lalu.

Dengan kata lain, segera mulailah berinvestasi sebelum terlambat jika Anda menginginkan masa depan yang cerah!

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu mengatur keuanganmu sehingga tidak ada alasan lagi uang tidak cukup untuk investasi.

Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang dapat kamu akses di Finansialku.com atau kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Manfaatkan aplikasi Finansialku untuk membuat anggaran dan mengalokasikan setiap dana dengan tepat. Kemudian ubah pola pikir bahwa investasi itu penyisihan, dan mulai UTAMAKAN.

Setelah Anda siap mengalokasikan dana ke pundi investasi, tipsnya adalah jangan menginvestasikan seluruh dana dalam satu pundi saja. Mengapa?

Karena Anda harus meminimalisasi risiko, dimana banyak pundi tentunya memiliki lebih sedikit risiko daripada satu pundi saja.

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

 

Sebagai contoh, saat Anda mengalokasikan seluruh dana investasi dalam investasi saham, kemudian suatu hari harganya jatuh pesat. Anda tentunya mengalami kerugian sangat besar bukan?

Berbeda halnya jika Anda membaginya ke dalam beberapa instrumen investasi, dimana saat yang satu merugi, Anda masih aman karena pundi lainnya memberi untung.

Tujuan idealnya adalah kita memakai sebagian penghasilan kita untuk berinvestasi, dan investasi itu menghasilkan uang kembali yang kemudian diinvestasikan kembali.

Demikian seterusnya hingga Anda memiliki penghasilan pasif yang cukup untuk masa pensiun.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#4 Mempersiapkan Dana Pensiun

Masa pensiun merupakan masa dimana Anda berhenti bekerja saat memasuki usia atau kondisi tertentu. Dengan kata lain, Anda tidak akan memperoleh pemasukan bulanan dari pekerjaan sejak memasuki masa pensiun.

Nyatanya pensiun merupakan salah satu tahap kehidupan yang akan datang cepat atau lambat. Setiap manusia pasti mencapai suatu titik dimana dirinya sudah tidak produktif dan harus berhenti bekerja.

Jika Anda juga menginginkan masa pensiun yang sejahtera, tentunya Anda paham betul bahwa sekarang Anda harus mulai mempersiapkan dananya.

Mencukupi Dana Pensiun Dengan Investasi 100 Ribu Setiap Hari, Emang Bisa 02 Pasangan Baru - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?]

 

Banyak pilihan atau opsi dalam menabung demi masa pensiun Anda, sebagai contoh adalah

 

Program pensiun dari perusahaan tempat Anda bekerja

Tanyakan pada perusahaan apa program pensiun yang diberikan, dan apa saja cakupan layanan yang bisa didapatkan.

 

Program pensiun dari pemerintah

Anda juga bisa menyokong masa pensiun dengan program pensiun wajib dari pemerintah Indonesia yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Mengutip dari bpjsketenagakerjaan.go.id, beberapa program pensiun yang tersedia adalah:

 

Program-program ini bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

 

Investasi dana pensiun yang menguntungkan, dan lainnya

Apabila Anda masih ragu dengan beberapa program di atas, Anda juga bisa menambahkan program pensiun Anda dengan dana pensiun dari hasil investasi.

Pilihlah lembaga keuangan yang memberikan manfaat tinggi bagi masa pensiun untuk menjamin masa pensiun yang sejahtera dan bahagia.

 

#5 Memahami Pentingnya Proteksi Aset

Memang betul Anda perlu memfokuskan diri untuk menabung demi masa pensiun. Tetapi bukan berarti Anda melupakan faktor perlindungannya. Anda perlu mengantisipasi risikonya juga lho!

Caranya adalah dengan memikirkan apa saja risiko keuangan yang bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi atau mengeliminasi risiko tersebut.

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa diversifikasi (menaruh dana di beberapa pundi) membantu untuk mengurangi risiko dari kehilangan seluruh aset berharga Anda apabila terjadi kerugian.

apakah-investasi-di-p2p-lending-aman-dan-terdiversifikasi-1-finansialku

[Baca Juga: 6 Langkah Perencanaan Pensiun yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Sebelum Usia 50 Tahun]

 

Namun Anda juga perlu mempertimbangkan proteksi atau asuransi bagi aset yang sudah atau sedang dalam proses untuk dimiliki.

Sebagai contoh, apabila Anda masih memiliki KKB atau KPR, penting untuk membeli asuransi jiwa yang menyediakan uang pertanggungan (UP) berupa pelunasan sisa kredit jika nasabah meninggal di tengah masa angsuran.

Contoh lainnya adalah apabila memiliki bisnis, pastikan Anda mengikuti program asuransi yang menyediakan UP jika sewaktu-waktu bisnis kita bangkrut. UP ini kelak dapat kita gunakan untuk membayar pesangon karyawan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#6 Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Salah satu tujuan lain dari persiapan dana masa pensiun adalah untuk bisa memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Jika Anda tidak mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, maka #UangDarimana nanti setelah Anda pensiun?

Sekadar info untuk membukakan mata Anda, 7 dari 10 Mahasiswa di Amerika, bayar kuliah pakai utang. Setelah lulus kuliah, mahasiswa tersebut langsung menanggung beban utang yang cukup besar.

Tidak percaya? Cobalah baca artikel berikut ini:

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 02- Finansialku

[Baca Juga: Gila! UtangUangSekolahatau Student Loan di AmerikaMencapai US$1,3Triliun. KenapaSekolahAjaNgutang?]

 

Dengan demikian, mulailah persiapkan dana ini dari sekarang agar kelak Anda tidak menghabiskan dana pensiun untuk membayarnya. Sebesar apapun cinta Anda terhadap buah hati, sangat tidak disarankan menggunakan dana pensiun demi membayar dana pendidikan.

 

#7 Berbagi Pola Hidup Sehat Keuangan dengan Lingkungan Sekitar

Berjuang bersama akan lebih ringan daripada berjuang sendiri. Anda akan kesulitan mempersiapkan masa depan jika orang-orang di sekitar Anda tidak sejalan atau tidak mendukung Anda.

Ajaklah keluarga dan teman sekitar Anda agar sama-sama mengadopsi pola hidup sehat keuangan ini. Dengan demikian Anda dan keluarga akan lebih mudah menjalaninya dan tentunya dalam meraih tujuan.

 

Masa Depan Sehat bisa Menjadi Milik Anda dan Keluarga

Jangan pernah berpikir bahwa memiliki masa depan sehat itu mustahil. Mungkin setelah membaca artikel Anda beranggapan bahwa teori lebih mudah dari praktiknya.

Ternyata tidak. Jika Anda mengaplikasikannya, maka Anda juga bisa mempersiapkan masa pensiun lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Kami yakin Anda juga bisa meraih keuangan sehat dengan cara mengatur keuangan berantakan melalui beberapa tips di atas.

Jika Anda berhasil, berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 pola hidup sehat keuangan untuk masa kini dan masa depan keluarga lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Astra Life. 17 Oktober 2016. 7 Kebiasaan Baik untuk Bahagia di Masa Kini dan Bahagia di Masa Tua. Astralife.co.id – https://goo.gl/5uZifQ

 

Sumber Gambar:

  • Pola Hidup Sehat Keuangan – https://goo.gl/o7QqHK
  • Usia Produktif Indonesia – https://goo.gl/pkjHmJ
Summary
Mau Bahagia? Tiru 7 Pola Hidup Sehat Keuangan untuk Masa Kini dan Masa Depan Keluarga Anda
Article Name
Mau Bahagia? Tiru 7 Pola Hidup Sehat Keuangan untuk Masa Kini dan Masa Depan Keluarga Anda
Description
Yuk kepoin 7 pola hidup sehat keuangan untuk masa kini dan masa depan keluarga Anda! Masih banyak keluarga yang gagal mengatur keuangannya
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo