LinkedIn sangat bermanfaat untuk karier kita. Tapi, bagaimana cara memanfaatkannya untuk mengembangkan karier dan relasi?

Yuk, simak tipsnya dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu LinkedIn?

Mencari pekerjaan dan membangun karier seringkali tidak mudah. Prosesnya membutuhkan waktu banyak. Namun, dengan kehadiran LinkedIn, semuanya jadi lebih mudah.

LinkedIn merupakan situs jejaring sosial yang ditujukan untuk para profesional. Namun, platform yang satu ini berbeda dengan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

LinkedIn lebih banyak digunakan sebagai media untuk memasarkan diri pada perusahaan atau para profesional lainnya.

 

Cara Mengembangkan Relasi Di LinkedIn

LinkedIn akan sangat bermanfaat bila kita mengetahui cara memaksimalkan platform ini. Bila kamu ingin mengembangkan relasi dan menjadi bagian dari para profesional, ikuti tips berikut ini:

 

#1 Buat Profil yang Lengkap dan Menarik

Profilmu merupakan hal pertama yang akan dilihat orang lain. Kesan pertama tentunya sangat menentukan. Oleh karena itu, maksimalkan profilmu dengan lengkap dan semenarik mungkin.

Ada banyak cara untuk membuat profil yang menarik. Pertama, gunakan foto profil yang tepat. Berhubung LinkedIn adalah media sosial profesional, foto profilmu juga harus mencerminkan keprofesionalitasan-mu.

Foto profil LinkedIn yang baik harus fokus ke diri kita dan bukan gambar kelompok. Kualitasnya pun harus jelas sehingga mudah dikenali. Ingat, jangan gunakan foto selfie!

5 Tips Mengembangkan Relasi Di Platform LinkedIn 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Tips dan Trik Jitu Cari Lowongan Kerja Online]

 

Kedua, tuliskan pengalamanmu dengan detail. Mencantumkan perusahaan dan peran kamu saat ini tidak cukup. Banyak orang yang tidak mempedulikan bagian ini. Padahal, pengalaman mencerminkan seberapa profesionalnya kamu.

Kamu bisa mencantumkan pencapaian terbaik yang pernah dicapai selama menjabat posisi tertentu, publikasi yang pernah kamu buat di media, dan penghargaan yang pernah diraih.

Lengkapi nama, pendidikan, serta pengalaman pekerjaan atau bisnis sejelas mungkin supaya orang tidak perlu lagi bertanya “siapakah anda”.

Ketiga, jangan lupa menambahkan visual dan tautan ke situs web lain. Pasalnya, banyak orang lebih tertarik dengan gambar daripada tulisan.

 

#2 Perluas Jaringan Relasi

LinkedIn membantu kita membangun koneksi dengan orang yang tepat. Artinya, kita dapat memperluas koneksi dengan orang-orang dengan ketertarikan yang sama dengan kita.

Dengan begitu, kita bisa saling berdiskusi dan belajar dengan mereka. Selain itu, ada baiknya juga membangun relasi dengan orang-orang yang dapat mendukung kemajuan karier kita.

5 Tips Mengembangkan Relasi Di Platform LinkedIn 03 - Finansialku

[Baca Juga: Buka Lowongan? Ikuti 10 Tips Rekrutment Efektif Hasil Maksimal Ini!]

 

Memang, bagus sekali jika kita dapat terhubung dengan orang-orang yang kita kenal. Namun, terhubung dengan orang-orang baru juga penting demi kemajuan kita sendiri.

Perlu diingat juga, kamu bisa mengirim pesan pribadi pada orang tersebut supaya permintaan koneksimu diterima.

Kamu bisa memulainya dengan memperkenalkan nama, bagaimana kita mengetahui mereka, dan apa tujuan kita terkoneksi dengan mereka.

 

#3 Buat Konten yang Bagus di LinkedIn

Membuat konten yang bermanfaat bisa menjadi salah satu tips ampuh. Akan lebih baik jika konten yang kita buat bisa diambil makna dan ilmunya bagi perkembangan karier koneksimu.

Ada beberapa ide konten yang bisa kamu buat. Salah satu di antaranya menceritakan pengalaman pribadi. Tentunya, pengalaman ini berhubungan dengan pekerjaan dan kariermu.

Kamu juga bisa menawarkan bantuan sesuai kemampuanmu. Selain itu, melemparkan pertanyaan juga bagus untuk mengetahui reaksi dan jawaban koneksimu.

5+ Tips Mengembangkan Relasi Di Platform LinkedIn 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja 2020 yang Terpercaya]

 

#4 Berikan dan Minta Testimoni

Untuk menambahkan kredibilitasmu, jangan lupa minta testimoni dari rekan kerja atau pelangganmu. Selain itu, ada baiknya jika kamu pun memberikan testimoni untuk orang lain yang pernah bekerja denganmu.

Sedikit tips, sebaiknya kamu tidak menunggu orang memberikan testimoni untukmu. Berilah testimoni lebih dulu, setelah itu mintalah untuk menuliskan testimoni balik.

 

 

#5 Libatkan Diri dalam Grup Diskusi

Kamu dapat terlibat dalam sebuah grup yang sesuai dengan pekerjaan atau karier yang kamu jalani. Selain tampak profesional, kamu pun akan semakin dikenal.

Hal ini tentu akan memperbesar peluangmu dalam mengembangkan karier sampai mendapatkan pekerjaan atau proyek.

 

Tak Ada Ruginya Membuat Akun LinkedIn

Dengan segudang manfaatnya, LinkedIn seharusnya jadi pilihan tepat untukmu. Memang, tak ada ruginya membuat akun LinkedIn. Jadi, yuk, coba menggunakan LinkedIn untuk mengembangkan kariermu!

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan pun ada baiknya memiliki akun LinkedIn. Pasalnya, banyak perusahaan besar yang memberikan lowongan pekerjaan lewat LinkedIn.

Oh ya, jangan lupa tambah pengetahuanmu dalam hal finansial. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan fitur yang mendukung tujuan keuanganmu. Ditambah lagi, kamu bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku lewat aplikasi.

Download aplikasinya sekarang dan dapatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50 biar kamu bisa manfaatkan semua fasilitas Aplikasi Finansialku dengan leluasa.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia tips mengembangkan relasi di platform LinkedIn. Kamu sudah memaksimalkan profil LinkedIn-mu? Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini, ya. Because sharing is caring!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Andrew Prasatya. 22 Juli 2017. Strategi Memaksimalkan LinkedIn untuk Kemajuan Karier. Tirto.id – https://bit.ly/31kMMDA
  • Nabilah. 11 April 2018. Cara Efektif Memaksimalkan Linkedin Anda. Digitalentrepreneur.id – https://bit.ly/3gq35pe
  • Farid Wadjdi. 1 Desember 2013. Membangun Relasi Kerja dengan LinkedIn. Kompasiana.com – https://bit.ly/2Du3Qiv

 

Sumber Gambar:

  • Linkedin 1 – https://bit.ly/3k393i1
  • Linkedin 2 – https://bit.ly/2EHv9Gs
  • Linkedin 3 – https://bit.ly/2BZs03W