Tahukah Anda apa itu bursa saham atau bursa efek? Ayo kenali sekarang juga!

Mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal Bursa Efek: Penjualan dan Pembelian Produk

Bursa efek merupakan sebuah pasar yang terorganisasi, dimana para pialang melakukan transaksi jual beli saham atau surat berharga dengan berbagai perangkat aturan yang telah ditetapkan.

Bursa efek atau bursa saham memiliki arti yang sama dengan pasar saham. Bursa atau pasar adalah mempertemukan antara penjual dengan pembeli, dan di dalam nya akan terjalin komunikasi.

Biasanya istilah pasar ini digunakan untuk perdagangan tradisional dan konvensional yang melibatkan produk secara langsung. Sedangkan kata bursa biasa digunakan dalam perdagangan yang tidak menjual produk secara fisik.

Jika di lihat perbedaan antara pasar tradisional dengan bursa saham adalah, pasar tradisional pada awalnya berasal dari beberapa petani yang sudah panen, kemudian menjajakan hasil panennya di sebuah lahan lapang.

Lahan ini biasanya berada di dekat jalan raya yang bisa dilewati setiap orang. Karena jika berdagang di pinggir jalan, mungkin orang-orang kebetulan lewat dan berhenti dan melihat barang dagangan yang dijajakan.

Beberapa dari pengunjung pasar mungkin akan membeli beberapa produk sesuai dengan kebutuhannya masing-masing sehingga makin lama dikenal, maka akan banyak petani yang berkumpul dijual hasil taninya.

Mengenal Apa itu Bursa Saham dan Bursa Efek 02 Bursa Efek 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Bursa Efek Indonesia/IDK dan Sejarahnya]

 

Untuk jenis suplai barangnya pun sangatlah beragam tergantung masuknya barang-barang hasil pabrik. Jika makin banyak pembeli yang berkunjung ke pasar maka akan makin ramai pula pedagang yang menjual barangnya.

Hasil tani yang telah dipanen oleh petani nantinya akan dibeli oleh para pedagang yang akan menjualnya kembali ke pembeli atau konsumen. Namun ada pula petani yang langsung menjual hasilnya sendiri.

Dengan berkembangnya pasar tradisional ini maka akan membuat pemerintah setempat menata pasar tersebut.

Seperti dibuatkan kios-kios, meja, kursi. Dibentuklah pengelola pasar yang biasanya disebut dengan PD atau perusahaan daerah. Setelah kios terbuat, nantinya akan disewakan kepada para pedagang.

Di pasar ada 4 pihak utama yang terlibat diantaranya, Pengelola Pasar, Penyuplai Produk (petani, pabrik), Pedagang, dan Konsumen.

Selanjutnya jika di dalam bursa saham atau bursa efek terdapat beberapa lembaga yang terlibat.

Diantaranya Bursa Efek Indonesia selaku pengelola, Perusahaan Publik (emiten) selaku supplier saham, Perusahaan Sekuritas, selaku pedagang efek, dan Investor selaku konsumen.

Namun ada pula lembaga lainnya yang terlibat di bursa saham yang berada di belakang layar adalah KSEI, KPEI, Bank Kustodian dan profesi penunjang lainnya.

Secara garis besar yang diperjualbelikan di Bursa Efek adalah saham atau stocks yang merupakan bukti kepemilikan perusahaan seseorang karena telah menyetor penyertaan modal.

Dalam hal ini, pemegang saham berhak atas bagian laba sebanding dengan persentase modal yang ia setorkan terhadap modal perusahaan seluruhnya.

Kemudian ada obligasi yang merupakan bukti peminjaman modal jangka panjang antara perusahaan emiten dengan obligor atau pemegang obligasi yang membeli obligasi perusahaan.

Tertarik Investasi Saham? Jangan tergesa-gesa, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mengetahui perhitungan keuntungan Investasi saham. Anda dapat download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Definisi Bursa Saham dan Bursa Efek

Bursa Saham dan Bursa Efek menurut UU nomor 8 tahun 1995, Bab I, Pasal 5 didefinisikan sebagai:

Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivative dari Efek.

 

Saham disini merupakan bagian dari Efek. Jadi bursa saham merupakan bagian dari bursa efek. Semua transaksi di bursa saham dapat dilakukan secara elektronik.

 

Bursa Saham Saat Ini

Biasanya bursa efek ini terdapat suatu lokasi pusat atau untuk catatan saja, namun perdagangan kini semakin sedikit dikaitkan dengan tempat seperti itu, karena bursa saham modern kini menggunakan jaringan elektronik.

Hal ini dapat memberikan kemudahan dan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Sebuah bursa saham sering kali menjadi komponen terpenting dari sebuah pasar saham.

Jika kini Anda sudah mantap untuk berinvestasi, Anda bisa membaca ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang Bursa saham dan bursa efek? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apa Itu Bursa Saham dan Bursa Efek? Sahamok.com – https://goo.gl/M12wuS

 

Sumber Gambar:

  • Bursa Efek – https://goo.gl/B3Jajx
  • Bursa Efek 2 – https://goo.gl/FNPQMd