Bagaimana cara meraup keuntungan dari bisnis jastip? Ternyata, tak hanya jasa titip biasa, bisnis ini membutuhkan strategi lho!

Temukan tips sukses bisnis jastip di artikel Finansialku kali ini.

 

Jastip, Tren Bisnis Kekinian yang Berawal dari Titip Souvenir

Tren bisnis jastip belakangan ini ramai di kalangan millennial. Bisnis ini memberikan peluang keuntungan bagi penggemar traveling yang cukup membuat dompet menjadi tebal.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu bisnis jasa titip dan bagaimana jika ingin memulai bisnis jasa titip? Simak ulasan berikut.

Jastip merupakan singkatan dari jasa titip atau layanan informal yang menawarkan jasa pembelian barang. Umumnya, jasa titip ini dilakukan masyarakat  yang membutuhkan sesuatu namun tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan, untuk membeli sendiri karena berbagai alasan.

 

Cara Memulai Bisnis Jastip

Memulai bisnis jasa titip belanja memang menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik. Bisnis jasa titip ini banyak dijadikan pilihan karena dianggap mudah untuk dijalankan dan tidak perlu membutuhkan modal yang begitu besar.

Karena hanya perlu untuk membelikan barang yang dititipkan dan mereka akan memberikan tip sebagai bayaran atas jasa yang telah Anda lakukan.  Selain itu, bisnis yang satu ini dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun tanpa harus terpatok pada target.

[Baca Juga: Apa Saja 5 Pantangan Dalam Investasi Saham? Ketahui Sekarang]

Orang yang menjalankan bisnis ini pada saat berlibur akan membuka pemesanan oleh-oleh khas daerah tempat yang dikunjungi.

Umumnya, barang yang paling laris diburu yaitu mulai dari peralatan rumah tangga, kosmetik, mainan anak, hingga jasa titip makanan dan minuman. Berikut merupakan langkah-langkah tersendiri yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis jasa titip belanja.

 

Menghasilkan Keuntungan Melalui Bisnis Jastip 02-Finansialku

Sumber: Unsplash.com – https://bit.ly/2T33YNX

 

#1. Menentukan Target Pasar

Pertama kali yang harus untuk dilakukan yaitu menentukan target pasar. Target pasar yang paling tepat untuk memulai bisnis jasa titip online adalah teman-teman, keluarga, dan kerabat yang ada di sosial media Anda.

Ketika sudah menentukan target pasar barulah Anda dapat memulai pada tahap selanjutnya. Karena jika tidak adanya target pasar, maka jangan heran jika bisnis ini menjadi tidak teratur karena tidak adanya target pasar yang terarah.

 

#2. Lebih Proaktif Mencari Event

Meski pada intinya jasa yang diberikan adalah dengan membelikan barang yang diinginkan konsumen. Namun, diperlukan sikap yang aktif dengan tidak hanya menunggu orderan yang masuk.

Diperlukan untuk rajin mengunjungi event obral barang-barang yang sesuai dengan segmen pasar yang Anda bidik. Sehingga konsumen dapat berkesempatan untuk mendapatkan barang-barang dengan harga lebih murah.

 

#3. Cara Menentukan Harga

Penentuan harga jasa titip ini bergantung pada berbagai faktor. Faktor tersebut misalnya dengan lokasi barang yang jauh dipesan oleh konsumen bisa mempengaruhi penentuan tarif.

Tentunya jauh lebih besar resiko yang didapatkan apabila pembeli memesan barang-barang dari luar negeri. Selain itu, jasa titip makanan juga paling sering untuk dipesan oleh konsumen. Para pebisnis dapat memikirkan cara menentukan biaya jastip makanan dengan tergantung kesulitan untuk mendapatkan makanan tersebut.

[Baca Juga: Mengenali Risiko Berinvestasi Saham di Pasar Modal]

 

#4. Promosi Sosial Media

Di era yang serba digital, terdapat banyak sekali platform yang menyediakan tempat untuk melakukan promosi. Menciptakan konten yang menarik di media sosial juga diperlukan untuk menarik konsumen.

Dengan memajang foto produk dengan kualitas yang baik serta detail harga yang lengkap dan dengan informasi yang lengkap. Akan membuat konsumen melirik promosi yang anda tawarkan. Bahkan dengan memberikan contoh proposal usaha jasa titip juga bisa dilakukan untuk promosi usaha

 

#5. Cara Kerja Bisnis Jastip

Bisnis jasa titip ini memiliki cara kerjanya sendiri. Apakah pengguna jasa titip akan memberikan uang full di awal, atau hanya uang muka kemudian melunasi ketika pesanan mereka datang. Atau bahkan Anda menalangi terlebih dahulu untuk membelikan produk yang sudah dititipkan.

Karena perlu diketahui, di dalam dunia jasa titip hal yang paling utama adalah keterbukaan. Oleh karena itu, sangat diperlukan kejujuran seperti harga asli produk, dan tarif jasa yang dikenakan kepada konsumen.

[Baca Juga: Mau Buka Tabungan Saham, Bukanya Di Sekuritas atau Bank?]

 

#6. Pelayanan untuk Mendapat Pelanggan Setia

Mendapatkan pelanggan setia itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena diperlukan hubungan yang baik dengan konsumen. Selain itu, perlu untuk meyakinkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan mempunyai kualitas yang baik dan diimbangi dengan tarif jasa yang ditawarkan.

Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan promo. Promo seperti harga jasa yang lebih murah dibandingkan dengan jasa titip di tempat lain atau dengan memberikan souvenir sebagai bonus konsumen.

Hal ini dapat dengan mudah untuk menarik hati konsumen untuk terus menggunakan jasa titip Anda. Selain promo, sangat perlu diperhatikan untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen.

 

#7. Omset Bisnis Jasa Titip

Besarnya omset jasa titip ini akan bisa mencapai nilai yang tinggi apabila barang yang dipesan cukup banyak. Omset ini bisa dijadikan sebagai target yang perlu dicapai oleh pebisnis untuk mencapai keuntungan yang besar dalam sekali membuka jasa titip.

[Baca Juga: 8 Langkah Memilih Karier yang Sesuai Dengan Anda]

Omset dari jasa titip ini akan semakin besar apabila barang yang dipesan oleh konsumen merupakan barang dengan harga jual yang mahal. Selain itu, omset yang paling mudah untuk didapatkan yaitu apabila barang yang dipesan adalah makanan. Karena, tarif jasa titip makanan relatif stabil.

Omset yang didapatkan dalam satu pesanan barang kisaran antara Rp 5000 hingga Rp 20.000. Para pebisnis jasa titip dapat memanfaatkan omset ini untuk menutupi modal yang dikeluarkan pada saat memulai bisnis.

 

#8. Besar Keuntungan yang Diperoleh

Banyak diluar sana yang menganggap dengan membuka jasa bisnis titip mendapatkan keuntungan dengan cara yang cukup mudah. Padahal, pada kenyataannya, untuk menjalankan bisnis harus mengetahui cara untuk mendapatkan keuntungan yang benar.

Pada saat membuka pelayanan jasa titip seorang pebisnis harus dapat memperhitungkan keuntungan yang akan diambil. Jumlah keuntungan yang diambil pebisnis harus sesuai dengan rata-rata pasar.

Hal ini, wajar untuk dilakukan karena sebanding dengan tingkat kesulitan yang harus dihadapi oleh para pebisnis jasa titip dalam mendapatkan barang yang diinginkan konsumen.

[Baca Juga: Perusahaan Dagang (PD): Apa Saja Syarat Pendirian dan Apa Bedanya dengan Perseroan Terbatas (PT)?]

 

Yuk Mulai Bisnis Jastip Sekarang Juga!

Seiring dengan popularitasnya yang tinggi, kini bisnis usaha titip banyak diminati oleh para anak muda untuk mendapatkan keuntungan dengan santai dan menyenangkan. Di Indonesia sendiri terdapat banyak situs yang menawarkan bisnis jastip barang luar negeri maupun barang dalam negeri

 

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

 

Apakah Anda tertarik untuk segera memulai bisnis ini? Yuk ajak teman-teman Anda untuk membaca artikel di atas, terima kasih. Jangan lupa berikan komentar kamu di kolom komentar yang disediakan ya.

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 November 2020. Apa Itu Jastip dan Bagaimana Caranya Menghasilkan Untung? Lifepal.co.id – https://bit.ly/35RKDSM

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/3vPAbFX