Apakah Anda termasuk orang yang cepat naik pitam atau marah-marah? Atau memiliki emosi yang negatif? Ada baiknya baca dulu artikel ini sehingga Anda mengetahui informasi yang benar!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai jadwal yang padat, tentunya Anda sulit mengontrol emosi terutama apabila terdapat hal yang berjalan tidak sesuai dengan ekspektasi atau harapan Anda. Untuk sebagian orang, emosi bekerja layaknya api yang dipendam, semakin Anda tak acuh, akan semakin besar kobaran api tersebut.

Mempunyai hobi marah-marah sangat tidak baik untuk lingkungan Anda. Mulai dari lingkungan keluarga Anda, jika Anda hobi marah, maka anak Anda akan mencontoh sifat buruk tersebut. Tidak hanya dari lingkungan pribadi, emosi negatif juga dapat berdampak buruk pada lingkungan kerja Anda. Atasan hingga bawahan Anda akan merasa bahwa Anda sulit bergaul dan enggan menjalin hubungan yang baik dengan Anda.

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk, yang Perlu Segera Dipraktekkan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengubah Kebiasaan Buruk, yang Perlu Segera Dipraktekkan]

 

Bentuk Penyaluran Emosi Negatif

Di manapun Anda, baik di rumah maupun tempat kerja, Anda harus menyadari bahwa emosi yang negatif dapat disalurkan dalam berbagai bentuk, beberapa di antaranya adalah:

  • Mengeluh
  • Merendahkan orang lain
  • Bergosip atau mengeluarkan rumor tanpa sepengetahuan orang tersebut
  • Fokus pada kesalahan orang lain
  • Fokus dan selalu mengeluarkan ekspektasi yang terburuk

Tentunya, Anda harus sadar bahwa emosi negatif tidak boleh dipelihara, Anda pastinya tahu bahwa harus ada perubahan yang perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan pikiran Anda untuk menenangkan diri Anda dan tetap positif pada saat Anda marah ataupun sedang menghadapi masalah.

Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Bahwa Pikiran adalah Kekuatan untuk Menuju Kesuksesan?]

 

Cara 1: Bertanggung Jawab

Salah satu cara yang paling cepat dan efektif ketika menghadapi emosi yang negatif adalah mengatakan pada diri sendiri “saya bertanggung jawab”. Sekitar 80% orang tidak pernah mengakui tanggung jawab mereka sepenuhnya, orang-orang tersebut lebih banyak menghabiskan hidup mereka untuk mengeluh, protes dan mengeluarkan kritik pada hal yang membuat mereka tidak senang.

Manusia sulit menerima tanggung jawab dan manusia lebih cenderung menyalahkan orang lain terlebih dahulu sebelum mereka ‘berkaca’. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang yang berada pada situasi negatif adalah “salah siapa ini?” dan faktanya, tidak ada satu orang pun yang rela mengemban kesalahan tersebut dan pada akhirnya mereka akan saling menyalahkan.

Jika Anda ingin lepas dari situasi negatif, sebisa mungkin berpikiran terbuka dan menerima tanggung jawab Anda daripada menyalahkan orang lain. Dengan cara ini, Anda akan menjadi lebih ikhlas dan tidak marah-marah, selain itu, Anda pun akan menemukan titik terang dan dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan banyak orang.

Beranikah Anda Melakukan Strategi Ini untuk Mencapai Keinginan dan Menjadi Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Beranikah Anda Melakukan Strategi Ini untuk Mencapai Keinginan dan Menjadi Kaya?]

 

Cara 2: Gunakan Logika Anda

Pikiran Anda merupakan salah satu kekuatan yang luar biasa hebat, dan Anda dapat mengontrol sifat Anda dengan pikiran Anda. Anda harus menggunakan nalar dibandingkan emosi Anda ketika menghadapi situasi negatif. Faktanya, Anda hanya mampu mempunyai satu pemikiran setiap saatnya, dan Anda memiliki kekuatan untuk menggunakan nalar Anda untuk memilih pemikiran yang positif.

Caranya, setiap Anda menghadapi situasi yang menekan Anda secara emosional, katakan pada diri Anda sendiri “saya memilih untuk menjadi positif”. Tidak peduli apa yang terjadi, hidup Anda dikontrol oleh hal-hal yang Anda biarkan berpengaruh pada pikiran dan perasaan Anda. Oleh karena itu, berhentilah memelihara pikiran negatif dan mulai mengubah pikiran menjadi lebih positif.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya yang Mempunyai Waktu?]

 

Cara 3: Jangan Pernah Mengeluh

Sifat negatif dapat timbul ketika Anda sering mengeluh dan melihat hal yang negatif pada situasi buruk yang menimpa Anda. Anda harus belajar untuk mengambil kontrol atas segala situasi yang terjadi di hidup Anda, baik ataupun buruk. Mengeluh tidak berbeda dengan menyalahkan orang lain atas apa yang salah.

Dibandingkan mengeluh, lebih baik Anda melakukan komunikasi atas masalah yang tengah Anda hadapi. Tidak ada salahnya melakukan curahan masalah, tetapi jika Anda memberitahukan masalah tersebut pada orang-orang lebih dari sekali, berarti Anda sedang mengeluh.

Anda harus membuat keputusan untuk berhenti mengeluh, marah ataupun sedih atas hal yang tidak dapat Anda ubah. Anda harus belajar cara yang lebih damai keluar dari suatu masalah. Selain itu, maafkan diri Anda atas hal yang pernah Anda lakukan dan belajar untuk melepaskan agar Anda dapat bergerak maju. Anda hanya dapat memengaruhi seseorang dengan positif jika Anda sendiri juga seseorang yang positif.

Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

Cara 4: Sibukkan Diri Anda

Orang yang sedang bosan atau depresi seringkali menunjukkan sikap yang negatif terhadap sebuah masalah. Jika Anda ingin menghindari sikap negatif Anda, sebisa mungkin sibukan diri Anda dengan bekerja mencapai objektif dan hal-hal yang berarti untuk Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda tidak akan memiliki waktu untuk merespons emosi negatif dari siapapun.

Daripada Anda marah-marah, lebih baik salurkan energi tersebut untuk perencanaan hidup Anda. Tentukan tujuan dan objektif yang ingin Anda gapai setiap harinya. Kemampuan Anda dalam disiplin diri dan keinginan yang kuat untuk bertanggung jawab atas masalah Anda, merupakan modal untuk mengontrol pikiran dan perasaan Anda.

70-cara-mengatasi-kesulitan-seperti-para-miliarder-yang-harus-andatiru-2-finansialku

[Baca Juga: 70+ Cara Mengatasi Kesulitan Seperti Para Miliarder, yang Harus Anda Tiru]

 

Cara 5: Lakukan Kebaikan Secara Acak

Random act of kindness adalah suatu bentuk kebaikan yang Anda lakukan pada orang asing secara acak. Hal ini dapat membantu Anda menyadari bahwa bahkan energi positif yang hanya sedikit jika disalurkan pada orang yang membutuhkannya akan sangat bermakna. Dengan cara ini, Anda pun akan merasakan pantulan energi positif datang dari mereka.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan adalah membantu orang yang sudah lanjut usia untuk menyeberang, membantu orang tua Anda membawa barang belanjaan mereka, membelikan makanan atau pakaian bagi orang-orang yang tidak memiliki rumah. Hal-hal kecil seperti tersebut akan memberikan perasaan yang indah karena Anda telah berbuat sesuatu untuk orang lain dan energi positif ini dapat mengalahkan mood terburuk Anda.

 

Bagaimana cara orang melatih dirinya sendiri untuk tidak melakukan marah-marah dan mengeluarkan emosi negatif? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini agar para pembaca mendapatkan informasi aplikatif yang dapat dilakukan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Richard Podsada. 4 Ways to Remove Negativity from Your Workplace. https://goo.gl/GJG3PO
  • Cephas Tope. 4 Ways to Eliminate Negative Emotions. https://goo.gl/jNTgcN

 

Sumber Gambar:

  • Angry Girl – https://goo.gl/KK0Ugv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang