Investasi menjadi salah satu hal yang sedang naik daun. Tapi, ternyata kita tidak bisa asal investasi. Ketahui cara investasi milenial berikut ini!

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Cara Investasi Bagi Generasi Milenial dan Gen Z

Kaum milenial, khususnya generasi Z, sudah tak asing lagi dengan investasi. Sebab investasi bagi generasi milenial sangat diperlukan, untuk mengamankan masa depannya.

Untuk itu dibutuhkan cara investasi dan kelola penghasilan yang tepat untuk milenial. Seperti kita tahu, investasi ini dianalogikan sebagai kendaraan yang akan membawa kita sampai ke tujuan keuangan kita.

Maklum saja, kita hidup dikejar-kejar waktu dan inflasi. makanya butuh bantuan dari investasi untuk membuat uang bekerja untuk kita.

Lalu, apa saja tips investasi bagi generasi Z? Ada 5 tips investasi menurut Widya Yuliarti CFP, perencana keuangan Finansialku, yaitu:

  • Milikilah dana darurat terlebih dahulu, minimal 6 kali dari pengeluaran bulanan jika kita masih single.
  • Usahakan cicilan tidak lebih dari 35 persen pendapatan per bulan.
  • Punya asuransi, karena kita tidak tahu kapan kita sakit dan membutuhkan banyak biaya untuk pengobatan,
  • Biasakan memiliki tujuan dari setiap investasi yang akan dilakukan,
  • Berinvestasilah pada instrumen investasi yang kita ketahui.

Milenial, Jangan Asal Investasi, Kelola Penghasilanmu Dulu 02

[Baca Juga: Fokuskan Investasi Jangka Panjang! Cari Tahu Alasannya Di Sini]

 

Jika, kita sudah punya tujuan keuangan dan sudah paham tentang investasi yang akan dilakukan, maka itu saat tepat untuk memulai investasi pertama kita.

Lalu, sesuaikan dengan tujuan keuangan dan pemahaman kita dengan investasi tersebut. Karena, semua investasi pasti ada tujuannya masing-masing. Jadi pilihlah investasi yang memang sudah dipahami.

Terus, bagaimana cara mengelola keuangan pribadi dan uang investasi untuk dana darurat bagi generasi Z?

  1. Biasakan membuat anggaran keuangan terlebih dahulu, untuk tahu pengeluaran dan kebutuhan kita seperti apa.
  2. Cek Kesehatan keuangan, apakah kita sudah memiliki dana darurat yang ideal atau belum? Apakah cash flow kita sudah sehat? Ini bisa terlihat dari hasil financial check-up
  3. Setelah tahu kondisi keuangan seperti apa, maka kita akan tahu juga langkah apa yang harus dilakukan pertama kali untuk berinvestasi.
  4. Jika dana darurat kita belum terpenuhi, maka kita bisa fokus di dana darurat terlebih dahulu.
  5. Jika memang sudah ada tujuan keuangan yang urgent banget, maka tidak masalah jika dana darurat dibarengi dengan investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan.

 

Jadi jangan asal-asal untuk berinvestasi ya? Lakukan financial check-up apakah sudah sehat atau justru minus, dan pahami investasi seperti apa yang cocok untuk kita.

 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Apa pendapatmu Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berdiskusi lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku.com dengan Cerdasbelanja.grid.id, isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cerdasbelanja.grid.id

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3d0wc1C
  • 02 – https://bit.ly/39jodM6