Dunia modifikasi memang tiada matinya. Seiring berlalunya waktu, model-model yang bermunculan juga semakin lebih banyak.  Model modifikasi mobil mana yang menjadi pilihan Anda?

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Banyak Orang yang Ingin Memodifikasi Mobilnya?

Bagi sebagian besar kaum awam, pertanyaan ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang umum. Terlebih lagi, untuk memodifikasi sebuah mobil saja sudah membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Tapi kok masih banyak sih mereka yang mau memodifikasi mobil?

Mungkin salah satu jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena hobi. Mengisi waktu senggang dengan melakukan banyak hal yang sesuai dengan hobinya.

Hobi setiap orang tentulah tidak sama, namun satu hal yang dapat dipastikan bahwa ketika seseorang melakukan sesuatu yang menjadi hobinya, maka hal tersebut akan membawa suatu kesenangan tersendiri.

Tidak hanya itu, banyak orang sampai membentuk suatu komunitasnya sendiri, hanya karena ingin menuangkan apa yang menjadi hobi mereka.

Begitu pula dengan memodifikasi mobil. Hal ini merupakan salah satu hobi yang terbilang unik dari antara hobi yang berbau otomotif.

Memodifikasi mobil agar menjadi lebih indah tentu merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Selain itu, setiap orang juga dapat mengeluarkan semua kreativitasnya dan merasa dirinya produktif.

Bukan hanya itu saja, dari modifikasi mobil seseorang juga bisa mendapat penghasilan loh!

Inspirasi, Contoh dan Model Modifikasi Mobil yang Kreatif dan Keren 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Mobil? Pelajari Dulu Kiat Sukses Melakukan Cicilan Mobil Bekas]

 

Salah satunya adalah dengan ikut dalam acara-acara lomba yang diselenggarakan khusus untuk mobil-mobil hasil modifikasi.

Selain itu, dengan mengadakan pameran berbayar, sebuah komunitas juga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Ada juga sebagian orang yang ingin memodifikasi mobilnya memang karena sebuah keperluan.

Misalkan saja, seseorang yang hendak berpergian jauh dengan mobilnya dan kemudian memberikan modifikasi kecil-kecilan agar mobil yang digunakan menjadi lebih nyaman.

Ataupun mereka yang memodifikasi mobil untuk kepentingan usahanya, misalnya seperti pada food truck yang saat ini sudah mulai marak di beberapa kota di Indonesia.

Namun terlepas dari semua itu, sebuah kesimpulan tentunya mulai terlintas di benak Anda, bahwa memberikan modifikasi sedemikian rupa pada sebuah mobil bukanlah sebuah kegiatan yang tanpa arti.

Seni, kreatifitas, bakat dan ketelitian, semua dapat Anda temui saat memodifikasi sebuah mobil.

Jadi meskipun selama ini Anda tidak mempunyai pengalaman apa-apa dalam memodifikasi mobil ataupun bahkan sempat berpikiran bahwa itu adalah sesuatu yang tidak berguna, maka mungkin Anda bisa mulai mencoba kegiatan ini secara perlahan.

Melakukan sesuatu yang baru tentu bukanlah hal yang salah bukan? Ada kalanya justru saat melakukan hal yang baru, kita memperoleh perasaan senang yang mungkin belum pernah kita rasakan.

 

Model Modifikasi yang Keren dan Kreatif

Seiring berjalannya waktu, model dan jenis modifikasi mobil juga semakin berkembang dan bervariasi.

Bahkan jika diperhatikan secara seksama, tidak jarang mobil yang dimodifikasi dengan begitu ekstrem sehingga menjadi berbeda jauh dengan model aslinya.

Tentunya ini bukanlah hal yang aneh lagi, karena memang berdasarkan kreativitas seseorang lah yang menentukan mobilnya akan menjadi seperti apa.

Selain itu, setiap orang juga memiliki selera yang berbeda-beda.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan model yang akan diterapkan pada mobil Anda, beberapa contoh berikut mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

 

#1 Rocket Bunny

Kalau sudah bicara soal gaya modifikasi mobil, maka Rocket Bunny bukanlah sesuatu yang asing lagi.

Model ini diciptakan oleh seorang modifikator jenius asal Negeri Matahari Terbit, Jepang, yaitu Kei Miura.

Inspirasi, Contoh dan Model Modifikasi Mobil yang Kreatif dan Keren 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Perlu Memiliki dan Memilih Mobil SUV Sebagai Kendaraanmu?]

 

Sosok yang satu ini sangat terkenal dengan kegilaannya dalam memodifikasi mobil. Selain itu karya hasil modifikasinya sampai saat ini tetap diakui oleh pecinta otomotif di berbagai Negara.

Yang paling ditonjolkan dari model ini adalah wide body, overfender, ducktail dan lowered, sehingga mobil akan terkesan lebih lebar dan sangar.

Awalnya body-kit ini pertama kali dibuat untuk Toyota GT-86 yang sukses menggebrak dunia otomotif internasional. Namun untuk saat ini, model Rocket Bunny sudah mulai banyak diterapkan pada mobil jenis lain.

Salah satu mobil yang sering diberi modifikasi dengan model ini adalah mobil jenis Brio. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

 

#2 Modifikasi Ala VIP

Dari namanya saja, bisa ditebak dong seperti apa model yang satu ini.

Disebut ala VIP karena memang merupakan jenis modifikasi yang tergolong mahal. Tidak hanya itu saja, mobil yang dimodifikasi juga termasuk mobil yang berkelas, seperti BMW dan sejenisnya.

Inspirasi, Contoh dan Model Modifikasi Mobil yang Kreatif dan Keren 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Kenali Dulu Serba Serbi Asuransi Mobil Mewah]

 

Inti utama dari modifikasi ini adalah kenyamanan. Biasanya mobil mewah ini akan dimodifikasi sedemikian rupa lagi, agar semakin tampak lebih mewah lagi dan tentunya semakin nyaman dikendarai.

Penambahan beberapa komponen seperti jok yang terbuat dari kulit, televisi yang berukuran cukup besar dan bahkan mini bar biasanya tidak pernah dilewatkan.

Tidak lupa juga dengan bagian eksterior, mengganti velg biasa dengan yang lebih besar akan menambah kesan elegan.

 

#3 Street Racing

Meskipun bukan termasuk jenis baru, konsep yang satu ini terbukti masih banyak digandrungi para pecinta otomotif sampai sekarang. Terlebih bagi kalangan muda.

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 04 Modifikasi Mobil Bekas 4 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi]

 

Sesuai dengan namanya, model ini memiliki interior yang mengusung model mobil-mobil balap.

Tidak hanya itu, street racing juga didesain sedemikian rupa agar memiliki tampilan yang lebih agresif.

Meskipun namanya terkesan sebagai mobil untuk balapan, namun bukan berarti jenis ini tidak dapat Anda gunakan untuk bepergian juga loh.

Meskipun sudah banyak mobil yang menggunakan konsep ini, namun mobil jenis sedan masih dianggap sebagai jenis yang paling cocok.

 

#4 Bus Vintage Untuk Jenis Food Truck

Jenis yang satu ini tentu memiliki tujuan untuk menghasilkan uang.

Yaps.. jika Anda memiliki sebuah bus berukuran medium yang sudah berumur cukup lama sehingga tidak digunakan lagi, maka alangkah baiknya jika Anda memanfaatkannya untuk menambah penghasilan.

Cara Jitu Usaha Food Truck 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Jitu Agar Usaha Food Truck Di Industri Waralaba Dikenal?]

 

Bus yang sudah tua ini dapat di modifikasi menjadi food truck. Agar memiliki kesan vintage, Anda dapat menerapkan warna yang kalem pada bagian eksteriornya.

Menambahkan beberapa aksesoris dan tulisan kaligrafi juga dapat menambah nuansa vintage-nya.

Untuk ventilasi atapnya, Anda juga dapat memodifikasi menjadi sedemikian rupa asalkan jangan sampai mengganggu nilai penampilannya.

 

#5 Menambahkan Aksesoris

Untuk mendapat sebuah tampilan baru, tidak harus melakukan modifikasi dalam skala besar.

Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesoris pada mobil Anda.

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 05 Modifikasi Mobil Bekas 5 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Aksesoris Mobil Yang Paling Berguna Bagi Mobil Anda!]

 

Salah satunya adalah dengan menambahkan lampu LED pada bagian interior mobil. Lampu-lampu ini akan menambah kesan menarik pada mobil Anda.

Selain itu, memberikan sentuhan-sentuhan kecil seperti ini tentu tidak akan terlalu menguras isi dari dompet Anda.

 

Model Seperti Apakah yang Ngetren Tahun Ini?

Agar tidak terlihat ketinggalan zaman, sebagian besar orang akan berusaha untuk mengikuti trend yang ada. Demikian juga dengan dunia modifikasi mobil.

Dilansir dari Oto.detik.com dalam wawancaranya pada beberapa modifikator, ada beberapa model yang diyakini akan tetap eksis di tahun 2019 ini.

Diantaranya konsep street racing dan juga simple elegant yang diyakini akan turut meramaikan belantika modifikasi di Tanah Air.

Selain itu model ceper atau “down to earth” juga masih akan banyak diminati.

Namun terlepas dari semuanya itu, baik jenis modifikasi ringan ataupun yang ekstrem semua terletak pada selera masing-masing orang.

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan sebuah konsep, maka cobalah untuk melirik model modifikasi yang lainnya.

Jika perlu, ada baiknya Anda menanyakan setiap detail dari konsep tersebut pada mereka yang sudah ahli di bidangnya.

Selamat bersenang-senang dengan hobi Anda! Tapi ingat, jangan terlalu boros ya.. Anda harus merencanakan keuangan Anda dengan baik.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai sesuai dengan rencana.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel di atas? Model mobil manakah yang menjadi pilihan Anda? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda terutama pada sesama pecinta otomotif. Semoga bermanfaat..

 

Sumber Referensi:

  • Ridwan Arifin. 31 Desember 2018. Mobil Modifikasi Model Apa yang Bakal Ngetren di 2019?. Detik.com – https://bit.ly/2WWL77b
  • Admin. 16 November 2017. Bingung Memodifikasi Mobil? 7 Aliran Ini Bisa Menjadi Referensi Anda. Seva.id – https://bit.ly/2Zfe1Nk
  • Admin. 10 Inspirasi Desain Food Truck Yang Super Kreatif. Hock.id – https://bit.ly/2ZgJLBC

 

Sumber Gambar:

  • Modifikasi Mobil 1 – http://bit.ly/2WSeFDE
  • Modifikasi Mobil 2 – http://bit.ly/2WVWxDY
  • Modifikasi Mobil 3 – http://bit.ly/2N0HA3O
  • Modifikasi Mobil 4 – http://bit.ly/31PRzwa