Moms, apakah anak Anda sering bermain gadget? Ternyata ada juga lho game mengajarkan keuangan.

Game tersebut dapat memberikan pengetahuan mengenai keuangan kepada anak Anda. Yuk simak apa saja game yang mengajarkan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Game yang Mengajarkan Keuangan

Melihat anak terus menerus bermain dengan gadget-nya mungkin menimbulkan kekhawatiran sendiri di kalangan para ibu. Apalagi saat ini harga game dapat dikatakan cukup mahal.

Tapi ternyata, bermain game tidak selalu berarti menghabiskan uang dan waktu, karena ada beberapa game yang bisa membantu Anda memberikan pemahaman mengenai keuangan kepada anak Anda.

Sebagai orang tua, apakah Anda pernah terpikir untuk mengajarkan anak Anda mengenai keuangan sedari dini? Materi seperti kredit, investasi, dan lain sebagainya mungkin terdengar berat dan membosankan bagi anak-anak.

Tapi saat ini sudah ada cara agar anak Anda bisa memahami materi keuangan tersebut dengan lebih mudah dan juga menyenangkan. Yaitu dengan menggunakan game.

Usia anak-anak memang merupakan usia bermain. Sehingga wajar jika anak Anda lebih suka bermain game dibandingkan dengan belajar. Apalagi jika materi pelajarannya adalah tentang keuangan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain berat hal ini juga terdengar membosankan bagi anak-anak. Tapi akan berbeda jika materi keuangan tersebut disisipkan dalam bentuk permainan.

Anak tidak akan merasa sedang mempelajari sesuatu yang berat, dan memahami hal-hal keuangan bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi mereka.

Ada banyak game yang bisa anak Anda mainkan agar dapat lebih memahami materi keuangan. Beberapa game tersebut adalah sebagai berikut.

 

#1 Monopoli

Permainan papan ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Bahkan mungkin Anda juga pernah memainkannya saat Anda di usia yang lebih muda.

Permainan yang muncul sejak tahun 1930 ini menuntut para pemainnya agar mampu mengumpulkan uang lebih banyak dibanding pemain lainnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Permainan dilakukan di atas papan dan setiap pemain mendapat giliran sesuai dengan urutan. Setiap pemain akan mengocok dadu untuk menentukan berapa langkah yang ia miliki untuk dapat membuat pion mereka berjalan maju.

Setiap langkah maju akan membuat kita untuk menentukan pilihan-pilihan tertentu yang berhubungan dengan uang yang kita miliki, seperti contohnya membeli tanah atau membeli rumah.

Pemenang permainan ini ditentukan dengan menjumlah uang tunai dan properti yang mereka miliki. Dalam permainan ini setiap pemain dituntut untuk mampu mengelola keuangan dan menganalisa dampak pilihan yang mereka buat.

Ada banyak pelajaran keuangan yang bisa didapat melalui permainan ini.

Misalnya tentang bagaimana cara berinvestasi, menghadapi pukulan keuangan, pajak, kondisi darurat, juga bagaimana menyeimbangkan arus kas dan mendapatkan penghasilan.

Selain itu, anak juga akan belajar mengenai matematika keuangan dasar.

Monopoli

Monopoli Board Game

[Baca Juga: 4 Jenis Pola Asuh yang Bisa Orangtua Gunakan untuk Mendidik Anak]

 

#2 The Game of Life

Permainan ini memiliki sistem yang mirip dengan monopoli, namun memiliki kompleksitas yang lebih tinggi.

Dalam permainan ini, anak akan belajar bagaimana keputusan-keputusan dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap kehidupan.

Beberapa masalah yang dapat ditemukan dalam permainan ini adalah tentang pilihan pendidikan yang nantinya akan berpengaruh terhadap karir dan pendapatan.

Selain itu juga hal-hal mengenai biaya bunga majemuk dan pinjaman pembayaran. Lalu mengenai efek kehilangan pekerjaan, memiliki anak, dan mendapatkan gugatan.

Anak juga akan belajar mengenai pentingnya investasi awal dan juga dampak dari pajak, utang, dan pemborosan pada kekayaan bersih.

Pemenang permainan ini ditentukan dari kepemilikan nilai bersih yang paling besar dengan pilihan jalan dan simulasi kehidupan yang sesuai dengan gambaran kehidupan di dunia nyata.

Misalnya seperti ukuran keluarga dan juga karier.

Permainan ini akan membuat anak Anda semakin memahami kompleksitas keputusan dan juga bagaimana cara menghadapi suatu situasi keuangan di dunia nyata.

[Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Karakter Pada Anak]

 

#3 Hay Day

Mau mencoba mencicipi pengalaman menjadi pengusaha sukses? Anda atau anak Anda bisa mencobanya melalui game Hay Day.

Pada game ini, Anda atau anak Anda akan mencoba menjadi pemilik dari suatu perkebunan atau peternakan.

Game simulasi ini mengajak pemainnya agar mampu membuat pendapatan dan pengeluarannya menjadi stabil. Selain itu, pemain juga dituntut agar mampu menyediakan semua permintaan dari konsumen.

Oleh karena itu, mengembangkan kebun dan peternakan menjadi kunci penting dalam memainkan game ini.

Game Hay Day akan mengajak Anda atau anak Anda menikmati simulasi berkebun secara digital.

Dari mulai menanam bibit tanaman, memelihara hewan ternak, memancing ikan, dan berbagai kegiatan lain yang umum dilakukan di kebun dan peternakan.

Seluruh kegiatan tersebut akan menghasilkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan kebun dan peternakan.

Selain itu, di bagian shop Anda juga bisa membeli berbagai aksesori yang dapat membuat kebun dan peternakan yang Anda miliki semakin keren.

[Baca Juga: Mom and Dad! Ketahui 15 Cara Jitu Mengajarkan Anak Tentang Keuangan]

 

#4 Cashflow

Game ini juga merupakan salah satu board game atau permainan yang dilakukan dengan menggunakan papan permainan. Melalui game ini, Anda dan anak Anda akan berlatih bagaimana mengasah kemampuan dalam mengelola keuangan.

Dibandingkan dengan board game sejenis tentang manajemen keuangan, Cashflow memang termasuk game dengan kompleksitas yang cukup tinggi.

Game ini cocok untuk Anda mainkan bersama dengan anak Anda yang telah memasuki usia yang cukup besar.

Permainan ini dibuat berdasarkan teori 4 kuadran yang dikemukakan oleh Robert T. Kiyosaki. Empat kuadran tersebut mewakili pembagian kategori hidup sesuai dengan jumlah penghasilan yang dimiliki oleh orang tersebut.

Untuk menjalankan permainan ini Anda membutuhkan 1 buah papan permainan, 3 buah dadu, 6 buah pion berbentuk tikus, 6 buah keju, dan koin-koin Cashflow yang berwarna-warni.

Seluruh kelengkapan game ini telah tersedia dalam paket permainan saat Anda membelinya. Selain itu, setiap pemain juga akan mendapatkan lembar kerja finansial yang membantu Anda agar bisa mengelola arus kas secara efisien.

Pengisian lembar kerja finansial ini bisa Anda lakukan sendiri atau berdua dengan teman jika permainan dilakukan secara berkelompok.

[Baca Juga: Para Orang tua, Ini Dia Manfaat Menerapkan Literasi Keuangan Pada Anak]

 

#5 Football Manager

Hampir semua kaum pria mungkin pernah memainkan game ini. Melalui game ini, Anda dapat menikmati kemewahan sebagai seorang manager atau pelatih kepala dari sebuah klub sepak bola.

Meskipun memiliki tema tentang sepak bola, ternyata game ini juga menawarkan berbagai pembelajaran lain di luar tema sepak bola.

Dalam permainan ini, Anda akan dituntut untuk bisa mengurusi sebuah klub sepak bola. Karena itu, Anda juga harus mengatur keuangan yang dimiliki klub tersebut.

Terlalu boros melakukan belanja bagi pemain atau memberikan gaji yang terlalu tinggi kepada setiap pemain akan memberikan dampak kebangkrutan bagi klub Anda.

Untuk bisa melakukan pengaturan klub yang tepat, Anda akan belajar bagaimana cara melakukan negosiasi, mengelola keuangan, dan juga bagaimana cara melakukan manajemen keuangan dengan baik.

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp3 Juta]

 

Game yang Mendidik Bagi Anak

Itulah 5 game yang dapat membantu Anda dan juga anak Anda untuk bisa memahami materi keuangan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Meskipun berbentuk permainan, beberapa game tersebut juga menuntut kemampuan berpikir, daya analisa, dan juga kemampuan mengambil keputusan yang baik.

Karena itu, selain menyenangkan untuk dimainkan oleh anak-anak, game tersebut juga cukup menantang untuk dimainkan oleh orang dewasa. Bahkan dapat juga dimainkan secara berkelompok.

 

Apakah Anda sudah memutuskan game manakah yang akan Anda mainkan bersama anak Anda? Anda bisa membagikan artikel ini kepada kerabat dan teman Anda lainnya.

Selain itu, jika Anda mengetahui game lain yang bagus untuk mempelajari keuangan, Anda juga bisa membagikannya dengan menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Gambar:

  • Game – https://goo.gl/fkeDjt
  • Monopoli – https://goo.gl/NWjcMi
  • The Game of Life – https://goo.gl/9dRqSv
  • Hay Day – https://goo.gl/6Dckov
  • Cashflow – https://goo.gl/qymgKb
  • Football Manager – https://goo.gl/cSp7Mv