Bagaimana cara terbaik untuk belajar berinvestasi? Apa saja langkah-langkah yang tepat ketika memulai untuk berinvestasi? Penjelasan berikut akan memberikan berbagai pengetahuan mengenai cara terbaik dalam belajar berinvestasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ingin berinvestasi dan memiliki sejumlah pendapatan yang besar di masa yang akan datang? Anda mungkin perlu memikirkan banyak hal sebelum menjalankan kegiatan ini di dalam keuangan. Investasi akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkannya dengan penuh perhitungan. Investasi juga memiliki sejumlah risiko sehingga kegiatan ini memang membutuhkan keahlian yang mumpuni bagi Anda yang ingin memilikinya.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar orang memang beranggapan bahwa investasi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, terutama pada beberapa portofolio yang belum dipahami dengan baik. Padahal bisa saja berbagai portofolio inilah yang justru lebih menjanjikan sejumlah return terbaik (paling besar), sangat rugi jika ternyata Anda tidak memahami seluk-beluknya dengan tepat, dimana hal ini justru bisa berakibat tidak maksimalnya imbal hasil yang Anda dapatkan. Namun, berinvestasi tanpa mengenal dan memahami portofolio yang Anda beli juga sebuah tindakan yang salah, sebab bisa saja hal ini berujung pada timbulnya sejumlah kerugian di masa yang akan datang. Anda tentu tidak ingin bangkrut hanya karena memilih portofolio yang tidak tepat, bukan?

Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi?]

 

Belajar Dengan Cara yang Tepat

Seberapa sulit pun untuk mendalami sebuah ilmu, jika Anda berupaya keras dan menempuh jalan yang tepat, maka Anda pasti bisa menguasainya dengan baik. Hal ini juga seharusnya berlaku ketika Anda sedang mempelajari dunia investasi. Setiap orang mungkin akan memiliki metode dan juga guru yang berbeda-beda ketika mendalami hal ini, namun tidak sedikit juga yang mempelajarinya secara mandiri. Beberapa orang bahkan mungkin akan mempelajarinya dengan cara yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Simak beberapa cara belajar investasi berikut ini:

 

#1 Belajar Secara Otodidak

Hal seperti inilah yang dilakukan oleh David Goldenberg, seorang investor yang belajar secara otodidak. Goldenberg bahkan telah memulai debutnya di dunia investasi ketika masih berusia 19 tahun, kala itu ia melakukan investasi pertamanya setelah membaca sebuah artikel yang terdapat di Wall Street Journal. Inilah yang menjadi cikal bakal minatnya di bidang investasi, sehingga ia selalu berupaya untuk menempatkan uang yang dimilikinya pada sejumlah saham-saham investasi yang diyakininya akan mendatangkan return di masa yang akan datang.

5-langkah-investasi-reksa-dana-untuk-mahasiswa-2-finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Langkah Jitu Agar Berinvestasi Setiap Bulan]

 

Tidak hanya sampai di sana saja, minatnya pada investasi bahkan ditunjukkan dengan jalan memilih karier sebagai seorang analis dan juga trader di sebuah bank berskala besar saat itu, hingga akhirnya ia mundur dari jabatannya sebab bank tempatnya bekerja terkena imbas regulasi reformasi. Namun meskipun demikian, Goldenberg yang kini bekerja di Angkatan Udara ini mampu bangkit dan kembali membuat sebuah langkah besar di dalam portofolio yang dimilikinya, ia berhasil keluar dari gejolak ekonomi tersebut dan membuat nilai portofolionya kembali menguat. Keberhasilannya membuktikan bahwa setiap orang juga bisa dan mampu untuk belajar serta mendalami investasi secara mandiri (otodidak), selama ia memiliki kemauan yang besar dan juga upaya yang keras untuk belajar, termasuk menghadapi setiap tantangan yang datang.

 

#2 Memahami Investasi Secara Sederhana

Berbeda halnya dengan Charles Rotblut yang menduduki kursi Wakil Presiden American Association of Individual Investors, dimana ia berpendapat bahwa seseorang dapat belajar mengenai investasi dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Cukup menggunakan selembar kertas dan juga pena saja.

Belajar dengan mengandalkan kertas dan pena saja? Ini mungkin menjadi sebuah pertanyaan besar bagi Anda, mengingat saat ini sejumlah gadget dan juga teknologi canggih lainnya bisa lebih mudah digunakan daripada selembar kertas dan juga pena. Namun, dalam pandangan seorang Charles Rotblut, investasi tidak perlu serumit itu, bahkan cukup dipahami dalam selembar catatan kecil saja. Dalam hal ini Charles berpendapat bahwa Anda hanya perlu tahu, “Mengapa Anda membeli sesuatu dan apa alasan Anda menjualnya?”

Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat]

 

Sebuah pertanyaan yang sederhana, namun begitu sarat dengan makna. Anda hanya perlu menanyakan mengapa Anda menghabiskan uang Anda untuk investasi, dan apa yang akan menjadi alasan Anda menjualnya di kemudian hari? Pertanyaan ini akan membuat Anda fokus pada tujuan tertentu yang ingin Anda capai di dalam keuangan dan memperkecil berbagai tujuan lainnya yang pada dasarnya tidak begitu penting bagi kehidupan Anda. Bukan hanya itu saja, secara jelas pertanyaan di atas tentu meminta alasan kuat mengenai apa yang kelak akan Anda lakukan terhadap investasi Anda tersebut.

 

#3 Belajar Langsung di Kelas atau Pada Mentor yang Ahli

Berbeda dengan kedua cara di atas, sebagian orang tentu akan lebih menyukai proses belajar dengan cara melihat atau menyaksikan secara langsung sebuah sesi belajar dari seorang ahli, misalnya: melalui video, kelas seminar atau bahkan dengan cara mendatangkan seorang mentor. Hal seperti inilah yang diyakini oleh Chris Larkin dari E*Trade, dimana seseorang akan lebih mudah mempelajari investasi dengan mengandalkan berbagai media pendukung dan juga bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut dengan cara menggunakan metode pendidikan yang serius.

Ini Daftar Perusahaan Investasi Bodong Terbaru yang Dirilis OJK - Finansialku

[Baca Juga: Ini Daftar Perusahaan Investasi Bodong Terbaru yang Dirilis OJK]

 

Bukan hanya Larkin saja, Ted Bloomberg yang juga mengepalai TD Ameritrade berpendapat bahwa seseorang akan lebih mudah memahami investasi dengan 3 tahapan belajar yang konsisten, yakni: menerima informasi dasar mengenai investasi itu sendiri, terlibat secara langsung dengan mengikuti tutorial yang telah ada serta yang terakhir mendalami pelatihan khusus pada seseorang yang ahli di bidang investasi (mentor).

 

#4 Memilih Cara Belajar yang Paling Sesuai

Investasi bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dipahami, terutama jika ternyata Anda memiliki minat yang besar untuk mempelajarinya dengan tepat. Baik itu otodidak atau belajar dari orang lain, Anda tentu memiliki pandangan tersendiri tentang metode yang paling tepat bagi Anda. Pilih metode dan sarana belajar paling efektif yang sesuai dengan minat Anda, sehingga pemahaman Anda tentang investasi akan semakin baik ke depannya dan Anda dapat melakukannya dengan maksimal di dalam keuangan Anda.

Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang 1 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

Menurut Anda kesulitan apa saja yang dihadapi saat ingin belajar untuk menginvestasikan uang Anda demi tujuan masa depan yang lebih baik? Silakan isi kolom di bawah ini untuk memberi tanggapan. Bagi Anda para investor yang telah memiliki pengalaman dalam berinvestasi, Anda pun dapat membagikan pengalaman berharga Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Steve Schaefer. 11 Juli 2011. The Best Ways To Learn About Investing. https://goo.gl/o1DnvF.

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Investing https://goo.gl/3vI7Vy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang