Pengguna WhatsApp, sebaiknya Anda berhati-hati dengan New Year Virus WhatsApp yang beredar saat ini. Seberapa bahayakah virus tersebut?

Yuk, simak ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Waspada New Year Virus WhatsApp

Memasuki tahun 2020, para pengguna WhatsApp diresahkan dengan munculnya “New Year Virus”.

Virus ini sudah memakan banyak korban. Sayangnya banyak dari mereka yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan “New Year Virus”.

Menurut informasi dari Gizchina, New Year Virus adalah sebuah pesan yang berisi tautan ke halaman web yang sudah terinfeksi virus.

Para pengguna WhatsApp yang membuka tautan tersebut akan dikenai virus berupa iklan secara invasif yang dapat membuat para penjahat cyber berpotensi untuk mencuri data pribadi dan membuat user WhatsApp mendaftar berbagai layanan yang sebetulnya tidak penting.

WhatsApp - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stress akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

Hal ini tentu sangatlah berbahaya.

Biasanya, agar menarik perhatian para pengguna WhatsApp, tautan bervirus tersebut pada umumkan akan disamarkan sebagai ucapan selamat tahun baru.

Untuk membaca pesan atau ucapan selamat tahun baru tersebut, penerima pesan harus membuka tautan yang terlampir dengan mengklik gambar atau video yang dikirimkan.

 

Pengguna WhatsApp Menjadi Sasaran Empuk

Sebetulnya, virus semacam ini sangat mudah untuk dihindari.

Namun, karena meriahnya perayaan tahun baru, para pengguna WhatsApp mudah terjebak dan tidak menghiraukan bahaya dari dampak virus yang masuk melalui pesan singkat ucapan selamat tahun baru yang mereka terima.

Apabila Anda salah satu pengguna WhatsApp dan menerima tautan semacam itu, alangkah lebih baik untuk mengabaikan pesan tersebut.

Canggih!! Inilah Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Apalagi, jika Anda tidak mengetahui atau mengenal identitas dari sang pengirim pesan bertautan New Year Virus tersebut.

WhatsApp sudah menjadi aplikasi pesan singkat terpopuler di Android, sehingga tidak heran jika aplikasi ini menjadi incaran bagi para pelaku cyber crime untuk mencari mangsa dan melancarkan kejahatannya.

 

Aplikasi Mengandung Malware

Serupa dengan New Year Virus, sebelumnya telah ditemukan juga kasus peretasan identitas yang membuat perusahaan cybersecurity, White Ops, mengidentifikasi 116 aplikasi yang mengandung malware yang membuat perangkat dihujani iklan, seperti yang dilansir dari CNBC Indonesia.

Meski telah diidentifikasi sebagai aplikasi yang mengandung malware, tetap saja aplikasi tersebut masih “bertengger” di Google Play Store dan telah diunduh sebanyak lebih dari 4,6 juta kali.

Canggih!! Inilah Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik 02 Kirim Pesan WhatsApp 2 - Finansialku

[Baca Juga: OJK Larang Fintech Legal Buka Cabang di Wilayah Ini, Kenapa?]

 

116 aplikasi tersebut sudah diumumkan oleh White Ops sebagai aplikasi yang dimasuki adwire dengan jenis kode yang dijuluki “Soraka” dan varian serupa bernama “Sogo”.

Dengan adanya malware dalam setiap aplikasi tersebut, para peretas akan dapat dengan mudah menembus celah keamanan dari sistem operasi Android.

Buruknya, sang peretas dapat mengambil alih aku pengguna.

 

Eits, Jangan Lupakan Kondisi Keuangan

Bagi Anda para pengguna aplikasi WhatsApp, berhati-hatilah jika ada pesan singkat yang berisi tautan tertentu, apalagi dari nomor yang tidak dikenal.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi keuangan Anda.

Agar lebih mudah, gunakan saja aplikasi Finansialku untuk melakukan pengecekan kondisi keuangan.

Anda juga bisa melakukan perencanaan juga pencatatan keuangan melalui aplikasi tersebut.

Yuk, unduh aplikasinya melalui Google Play Store sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom bawah ini! Jangan lupa, bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Januari 2020. Hati-hati! Pengguna WhatsApp Kini Dihantui Oleh ‘New Year Virus. Indozone.id – https://bit.ly/2RfL80Z
  • Aisyah Kamaliah. 6 Januari 2020. Waspada ‘New Year Virus‘ di WhatsApp!. Inet.detik.com – https://bit.ly/3a3V869
  • Arif Budiansyah. 6 Januari 2020. Awas! ‘New Year Virus‘ Intai WhatsApp Android & iOS. CNBCIndonesia.com – https://bit.ly/2Np2Eig
  • Yuni Riadi. 7 Januari 2020. New Year Virus Intai Pengguna WhatsApp. Selular.id – https://bit.ly/2FLjyU9

 

Sumber Gambar:

  • New Year Virus WhatsApp – http://bit.ly/2NE7Y1n
  • WhatsApp – http://bit.ly/2ttVlPF