Harga asset di bawah pasar, OJK stop pembelian dan switching produk reksa dana Sinarmas Asset Management.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Sinarmas Asset Management Kena Suspen dari OJK

Otoritas Jasa Keuangan kembali menyetop pembelian dan switching produk reksa dana. Kali ini, produk investasi kolektif milik Sinarmas Asset Management atau Sinarmas AM yang terkena suspensi beli.

Berdasarkan informasi yang tersebar di media, pemberitahuan suspensi tersebut disampaikan salah satu agen penjual efek reksa dana PT Bibit Tumbuh Bersama.

Mengutip Bisnis, Rabu (27/05) Bibit menyampaikan bahwa pemilik reksa dana Sinarmas Asset Management tak lagi dapat melakukan pembelian dan switching akibat dari penghentian sementara oleh OJK.

Adapun produk reksa dana yang terkena suspensi beli, diantaranya; Danamas Pasti, Danamas Stabil, Danamas Rupiah, Danamas Rupiah Plus, Simas Saham Unggulan, Simas Syariah Unggulan dan Simas Syariah Berkembang.

Kena Suspensi Lagi! 6 Reksa Dana Minna Padi Dibubarkan OJK 01

[Baca Juga: Waspada! Ketahui Daftar Fintech Ilegal Terbaru yang Ditutup OJK!]

 

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, suspensi pembelian produk reksa dana ini menjadi yang terbaru setelah OJK sempat memberikan suspensi dan bahkan membubarkan sejumlah produk reksa dana pada akhir 2019 hingga awal 2020.

Sebelumnya, OJK melayangkan surat imbauan kepada MNC Asset Management terkait penyesuaian komposisi portofolio.

Sebanyak 7 produk reksa dana kelolaan manajer investasi dari Grup MNC ini pun terkena suspensi untuk sementara.

Selain itu, OJK meminta PT Minna Padi Aset Manajemen membubarkan 6 produk reksa dana yang tidak sesuai aturan dan mewajibkan seluruh stakeholders yang terlibat untuk mengikuti penilaian kembali uji kelayakan dan kepatuhan.

Sementara itu, Sinarmas Asset Management menyatakan bahwa memang telah terjadi volatilitas harga obligasi dan likuiditas di pasar menjadi ketat serta terbatas, sehingga sulit mencapai harga jual yang wajar.

Direktur Sinarmas Asset Management, Jamial Salim mengungkapkan bahwa perusahaan melakukan pencatatan harga aset yang lebih konservatif di bawah harga pasar, yang tidak sesuai dengan ketentuan harga wajar pada produk Reksadana Danamas Mantap Plus dan Reksadana Simas Syariah Pendapatan Tetap.

“Namun seiring dengan membaiknya pasar, kami telah menyesuaikan harga asset dimaksud serta mengkomunikasikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” katanya seperti dikutip dari Warta Ekonomi.

Meski begitu, pihaknya pun mengimbau nasabah tidak perlu khawatir karena suspensi dari Otoritas Jasa Keuangan hanya bersifat sementara terhadap pembelian baru.

Jika nasabah mau menjual produk reksadana yang dimiliki dapat dilakukan setiap saat sesuai dengan ketentuan yang berlaku di seluruh kantor cabang Sinarmas Asset Management. 

PT Sinarmas Asset Management adalah lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. “Kami selalu mengutamakan ketentuan hukum yang berlaku,” pungkasnya.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Kenali Dunia Saham dengan Diskusi

Bagi kamu yang masih tak paham tentang saham atau reksa dana dan ingin kepo tentang dua elemen tersebut, kamu bisa bergabung dengan komunitas saham Finansialku atau komunitas reksa dana Finansialku.

Mengapa mesti bergabung, kan bisa cari tahu sendiri?

Tunggu dulu, tak semua hal bakal beres dengan sendiri, kan?

Ada hal-hal yang mesti didiskusikan, seperti saham yang bagus itu apa, menanam reksa dana bakal untung atau buntung, kamu bisa tanyakan pertanyaan-pertanyaan polos di ruang diskusi kedua komunitas tersebut.

Tergabung di dalamnya pakar-pakar dan praktisi saham juga reksa dana. Tertarik bergabung? Klik tombolnya di bawah ini!

komunitas reksa dana

Join Sekarang

komunitas saham

Join Sekarang

 

Setelah bergabung, kamu akan tahu dan paham seluk-beluk saham atau reksa dana sebab di dalam komunitasnya ada para ahli yang dapat kamu ajak diskusi.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Mei 2020. OJK Suspensi Pembelian dan Switching Reksa Dana Sinarmas AM Tempo.co – https://bit.ly/2TGqrxu
  • Anissa Nurfitriyani. 26 Mei 2020. Sinarmas Asset Management Buka Suara Soal Nasib Reksadana yang Disuspensi OJK Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/2TFHCPN
  • Ria Theresia Situmorang. 26 Mei 2020. ‘Surat Cinta’ kepada Nasabah Ungkap Suspensi Reksa Dana Sinarmas, Ini Isinya Bisnis.com – https://bit.ly/2M3Bn3Q
  • Admin. 26 Mei 2020. Reksa Dana Dibekukan OJK, Sinarmas Minta Nasabah Tak Khawatir CNN Indonesia – https://bit.ly/2TJnKLt

 

Sumber Gambar:

  • SAM – https://bit.ly/2THAvpW