Apakah Anda orang tua baru yang memiliki anak dan belum menyiapkan perencanaan pendidikan untuk anak?

Jika Anda adalah orang tua baru yang memiliki anak masih bayi dan belum tahu bagaimana cara merencanakan pendidikan untuk anak. Maka, artikel Finansialku ini akan membantu Anda untuk merencanakan pendidikan untuk anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Saja Perencanaan Pendidikan untuk Anak?

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya menikmati pendidikan yang baik dan layak. Orang tua pasti akan melakukan apa saja untuk membuat anaknya dapat merasakan pendidikan yang akan menjadi bekal dalam hidupnya.

Seorang calon klien saya, memiliki kekhawatiran mengenai bagaimana anaknya bersekolah nanti, karena dia merasa bahwa uang pendidikan semakin hari semakin mahal.

Jika tidak disiapkan dana pendidikan untuk anak, dia merasa tidak akan sanggup menyekolahkan anaknya.

Dia pun menghubungi saya dan berkeluh kesah jika dia merasa gagal menjadi orang tua jika tidak mampu mengantarkan anaknya hingga sekolah sampai sarjana atau bahkan sampai master (S2).

Lalu, saya pun memberikan tips-tips yang dapat dilakukan untuk merencanakan pendidikan untuk anak. Mari kita simak tips-tips yang dapat membantu Anda para orang tua untuk merencanakan pendidikan untuk anak.

Perencanaan Dana Pendidikan 02 Tabungan Pendidikan - Finansialku

[Baca Juga: Menghitung Biaya Pendidikan: Sekolah Nasional, Sekolah Nasional Plus dan Sekolah Internasional]

 

#1 The Sooner, The Better

Istilah di atas sangatlah cocok untuk langkah pertama dalam merencanakan pendidikan untuk anak. Menyiapkan dana pendidikan untuk anak merupakan target jangka panjang yang akan memakan waktu lebih dari 5 tahun.

Jika Anda sedang merencanakan untuk memiliki anak, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk merencanakan pendidikan untuk anak. Jika anak Anda masih bayi, Anda juga memiliki waktu yang banyak untuk merencanakan dana pendidikan anak.

Semakin lama waktu yang Anda punya untuk menyiapkan dana pendidikan anak, maka beban Anda pun akan menjadi lebih ringan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Rencanakan Seberapa Jauh Jenjang Sekolah yang Anak Anda Targetkan dan Sekolah Mana yang Anda/Anak Anda Inginkan

Saat Anda sudah mengetahui mulai kapan akan merencanakan Pendidikan untuk anak, maka Anda harus mulai mencari informasi sampai kapan anak Anda akan sekolah dan sekolah yang Anda/anak Anda inginkan.

Jika Anda akan membiayai anak Anda sampai sarjana maka Anda memiliki hitungan yang lebih ringan daripada orang tua yang ingin membiayai anaknya sekolah hingga master (S2).

Jangan lupa, Anda juga harus memperhatikan sekolah yang Anda targetkan. Karena pembiayaan setiap sekolah pasti berbeda-beda dan Anda harus mengetahuinya sebagai acuan untuk menghitung kebutuhan dana pendidikan anak yang harus Anda siapkan.

Perencanaan Dana Pendidikan 03 Pendidikan Anak - Finansialku

[Baca Juga: Tabungan Pendidikan Saja Tidak Cukup, Orang Tua Perlu Berinvestasi]

 

#3 Buatlah Anggaran untuk Pendidikan Anak

Setelah Anda tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk mempersiapkan dana Pendidikan anak, Anda pun harus mulai membuat anggaran Pendidikan anak setiap bulannya.

Anda bisa menuliskan anggarannya mulai dari sekarang ke anggaran bulanan Anda. Jika Anda belum memiliki anggaran bulanan, maka Anda dapat menuliskannya dengan aplikasi Finansialku yang bisa di download di bawah ini.

Langkah ini merupakan langkah yang mudah dilakukan, Anda hanya tinggal menulis dan Anda harus disiplin dalam membuat anggaran untuk pendidikan anak. Jangan lupa untuk menghitung inflasi pendidikan yang biasanya sebesar 15% per tahun.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Perhatikan Jenis Investasi untuk Merencanakan Pendidikan untuk Anak

Setelah Anda mengetahui besaran nominal anggaran untuk pendidikan anak Anda. Anda pun memiliki berbagai macam jenis investasi yang patut Anda pertimbangkan untuk memenuhi anggaran pendidikan anak Anda.

Anda bisa menabung tabungan pendidikan di berbagai macam tempat, jangan lupa untuk menanyakan keuntungan, bunga dan bagaimana cara menabungnya. Apakah dapat diambil sewaktu-waktu atau harus menunggu hingga beberapa tahun.

Perencanaan Dana Pendidikan 04 Tabungan - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Manfaat Asuransi Pendidikan Anak yang Menguntungkan Bagi Nasabah]

 

Carilah tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain tabungan, terdapat asuransi pendidikan, saham bahkan reksadana. Sebelum Anda menginvestasikan dana pendidikan anak, Anda harus mengidentifikasi juga target finansial Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu rata-rata tingkat pengembalian dari setiap investasi dan juga risiko yang bisa terjadi. Sesuaikan hal tersebut, dengan kebutuhan Anda dan target dana pendidikan anak Anda.

 

#5 Savings! Savings! Savings!

Ini adalah langkah yang mungkin sulit jika Anda belum terbiasa menabung dengan disiplin. Anda harus mulai menabung dengan ekstra untuk dana pendidikan anak Anda yang semakin hari semakin naik.

Jika dana pendidikan anak adalah prioritas keuangan Anda, Anda harus menyisihkan pendapatan Anda untuk pendidikan anak Anda dengan baik. Jangan sampai Anda tidak menabung dengan giat untuk dana pendidikan anak.

Jangan lupa juga bahwa tidak semua sekolah memiliki sistem pembayaran pendidikan yang sama dan komposisi pembayaran sekolah yang sama. Sehingga bila terjadi suatu perubahan, maka Anda sudah siap dengan kemungkinan tersebut.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Anak Merupakan Sumber Kebahagiaan Orang Tua

Setiap orang tua tentu akan sangat senang melihat anaknya bisa sekolah di tempat yang diinginkan. Dengan melakukan perencanaan untuk pendidikan anak, Anda dapat melakukan tugas utama sebagai orang tua, yaitu menyekolahkan anak.

Anda pasti ingin anak Anda mampu berdiri sendiri saat terjun ke masyarakat. Bekal dari sekolah mungkin akan menjadi suatu hal yang selalu dibawa oleh anak Anda, kemanapun anak Anda pergi.

 

Janganlah Anda menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga untuk kebahagiaan anak. Rencanakanlah pendidikan anak Anda mulai dari sekarang, jangan sampai Anda lalai dalam perencanaan pendidikan untuk anak Anda.

Berikut adalah kutipan kata-kata dari Tim Mackay:

“If your child is just a twinkle in your eye or if they have already started school, it’s never too late to start planning and saving and the best time is right now.” 

 

“Jika anak Anda hanya berupa sebuah kedipan di mata Anda atau bahkan anak Anda sudah memulai sekolahnya, maka tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sebuah perencanaan dan menabung dan waktu yang paling baik adalah sekarang.”

 

Setelah Anda membaca artikel ini, Anda dapat memulai perencanaan pendidikan untuk anak Anda.

Mungkin masih ada teman atau saudara Anda yang masih bingung bagaimana perencanaan pendidikan untuk anak yang sebaiknya dilakukan.

Anda dapat membantu teman atau saudara Anda dengan membagikan informasi dari artikel ini, sehingga Anda dapat membantu mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Sumber Referensi:

  • Tim Mackay. 16 September 2015. Top Tips For Planning For Your Kids’ Education. Fpa.com.au – https://goo.gl/nUcrq1
  • Admin. 5 Tips Rencanakan Pendidikan Anak. Sunlife.co.id – https://goo.gl/5Ad89a
  • Admin. Lima Langkah Menyiapkan Dana Pendidikan. Greateasternlife.com – https://goo.gl/dUx8YZ
  • Ferdinand Chen. 12 Februari 2016. Money Monday Series: 3 Poin Penting Perencanaan Biaya Pendidikan Anak. Halomoney.co.id – https://goo.gl/vRHoK6

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pendidikan – https://goo.gl/Z2KN8G
  • Tabungan Pendidikan – https://goo.gl/TjGbRp
  • Pendidikan Anak – https://goo.gl/DkjmFo
  • Tabungan – https://goo.gl/oGBkv2
Summary
Orang Tua Baru, Inilah Perencanaan Dana Pendidikan Untuk Anak Anda! Lakukan Langkah Ini
Article Name
Orang Tua Baru, Inilah Perencanaan Dana Pendidikan Untuk Anak Anda! Lakukan Langkah Ini
Description
Apakah Anda orang tua baru yang memiliki anak dan masih belum menyiapkan perencanaan pendidikan untuk anak?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo