Apakah Anda pernah mendengar istilah paklaring? Dan tahukah Anda fungsi paklaring tersebut untuk BPJS Ketenagakerjaan?

Simak pembahasannya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Paklaring

Paklaring merupakan dokumen yang menjelaskan bahwa seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan, dalam posisi tertentu.

Tentu saja, hal ini agak kontras dengan anggapan orang-orang bahwa paklaring diartikan sebagai referensi kerja, surat pengalaman kerja, atau justru semacam surat rekomendasi dari perusahaan lama ke perusahaan baru.

Umumnya, permintaan dokumen ini dijumpai di perusahaan besar. Saat perusahaan tersebut merekrut karyawan baru.

Mereka memberi syarat kepada calon pekerja untuk menunjukkan bukti bahwa mereka telah memiliki pengalaman bekerja pada posisi jabatan tertentu.

E-klaim BPJS Ditolak 3

[Baca Juga: Contoh Surat Paklaring untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2020]

 

Lalu dengan banyak pertimbangan, termasuk mempertimbangkan dokumen paklaring tersebut, perusahaan akan menilai kapasitas dan potensi dari calon pekerja.

Jika track record calon pekerja itu bagus pada jabatannya, kemungkinan besar akan diterima.

 

Pentingnya Paklaring 

Surat ini kepentingannya tak terbatas untuk melamar pekerjaan saja. Tetapi, beberapa keperluan lain juga biasanya membutuhkan dokumen ini. Berikut kegunaannya yang biasanya dijumpai:

 

#1 Pakliring untuk Pencairan Dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Surat ini disertakan dalam pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) untuk meyakinkan bahwa Anda memang pernah bekerja di tempat yang dimaksud.

Syarat ini berlaku untuk pencairan penuh, 10 persen, maupun 30 persen. Ketika Anda akan mengajukan pencairan, Anda perlu menyertakan surat paklaring dilegalisir serta menunjukkan dokumen asli.

 

#2 Mendaftar Beasiswa Profesional

Jika Anda seorang pekerja tetapi ingin melanjutkan pendidikan. Beasiswa profesional, dokumen ini bisa digunakan. Karena salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah paklaring.

Beasiswa ini umumnya diberikan pemerintah maupun pemerintah asing. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2, doktoral, atau master.

 

#3 Paklaring untuk Melamar Pekerjaan

Dalam tes wawancara kerja, biasanya Anda akan diminta menunjukkan dokumen ini setelah sesi tersebut selesai. Tujuannya agar HRD yakin bahwa Anda benar-benar bekerja di perusahaan yang disebutkan dalam CV.

Tidak semua perusahaan mensyaratkan dokumen ini untuk melamar pekerjaan. Posisi yang sering dimintai paklaring adalah jabatan supervisor dan di atasnya.

 

#4 Mengajukan Credit Card

Selain slip gaji, Anda harus menyertakan paklaring untuk mengajukan credit card. Dokumen ini dimaksudkan agar bank memiliki bukti bahwa pemohon memiliki pendapatan dan sanggup menyelesaikan tagihan.

Ketentuan ini dapat dilihat pada Edaran Bank Indonesia No. 14/2/PBI/2012 tentang Alat Pembayaran dengan Kartu, dengan highlight setiap pemegang kartu kredit harus memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah per bulan.

 

#5 Mengajukan Pinjaman di Bank

Sama seperti pengajuan credit card, pengajuan pinjaman juga memerlukan paklaring. Dokumen ini berfungsi sebagai tolok ukur bahwa seseorang memiliki pekerjaan dan penghasilan, sehingga dapat menyelesaikan pinjaman tepat waktu.


 

Contoh Paklaring

Paklaring tergolong dokumen formal. Maka, kaidahnya harus mengikuti ketentuan administrasi formal.

Paklaring harus mencantumkan:

  1. Kepala surat
  2. Nomor surat
  3. Pengesahan
  4. Isi
  5. Stempel dan tanda tangan jelas

 

Agar lebih jelas, silakan simak contoh surat paklaring berikut:

SURAT PAKLARING

 

No: 256/HRD/VII/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Moch Fatah

Jabatan           : Direktur Utama PT Bayi Bahagia

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama              : Maria Sabta

Alamat            : Jalan Tiram I No. 5, 15A, Metro

 

Benar telah menjadi karyawan di PT Bayi Bahagia, terhitung sejak 8 Agustus 2016 sampai 17 Juni 2020 dengan jabatan terakhir adalah Head of Public Relations. Melalui surat ini, kami mengonfirmasi bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi.

 

Saudari Maria Sabta telah bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Perusahaan juga menjamin bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk terhadap PT Bayi Bahagia.

 

Demikian surat paklaring ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 20 Juni 2020

 

Direktur Utama

 

 

Moch Fatah

 

Manfaatkan dengan Bijak

Kini Anda telah mengetahui fungsinya. Mulai sekarang, sebaiknya Anda memiliki dokumen tersebut agar dapat digunakan sewaktu-waktu.

Syarat administratif tersebut kadang ditanyakan. Lebih baik berjaga-jaga daripada tiba-tiba dikejutkan dengan persyaratan pengajuan sesuatu, terlebih untuk pencarian dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Anda.

 

Mau Pintar Mengelola Keuangan Anda????

Download SEKARANG!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan, GRATISS

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Kita selesai sampai di sini membahas mengenai paklaring. Kini pengetahuan ini bisa Anda gunakan bukan? Kami persilakan Anda untuk membagikan artikel ini kepada rekan kerja atau pun saudara Anda agar mereka juga mengerti mengenai hal yang sama seperti Anda.

Dan Finansialku juga terbuka atas komentar Anda. silakan tulis Komentar atau pun pendapat Anda mengenai isi dari artikel ini pada kolom yang sudah disediakan. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 April 2020. Ketahui Pentingnya Paklaring: Punya BPJS-TK? Ini Penting! Rumah.com – https://bit.ly/2BWZZd2
  • Dewi Puri. 20 Juli 2018. Apa Sih Paklaring yang Jadi Syarat Wajib Klaim BPJS Ketenagakerjaan?Lifepal.co.id – https://bit.ly/3dUOfFf
  • Helda. 13 Juni 2020. 5 Fungsi Surat Paklaring untuk Karyawan [Plus Contohnya]. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2BfDVdD
  • Ichwan Hasanuddin. 23 Januari 2019. Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Surat Paklaring Kerja. Duitologi.com – https://bit.ly/3dIKgex