Apakah yang dimaksud dengan surat paklaring? Bagaimana cara memanfaatkannya untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan?

Kali ini Finansialku akan membahas contoh surat paklaring untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apa Itu Surat Paklaring?

Paklaring merupakan sebuah surat keterangan yang isinya berupa pernyataan bahwa seseorang pernah bekerja pada sebuah lembaga dengan posisi atau jabatan dan jangka waktu tertentu.

Pernyataan tentang kapan memulai kerja hingga akhir masa kerja juga bisa dibaca pada surat yang satu ini. Berbagai keterangan lain secara rinci bisa dilihat pada paklaring yang telah dikeluarkan.

Pada saat masa kerja telah berakhir maka seseorang akan mendapatkan paklaring dari lembaga tempatnya bekerja selama ini.

Kepemilikan surat yang satu ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa sebelumnya pernah bekerja dengan posisi atau jabatan tertentu serta jangka waktu yang akan ditampilkan pada keterangan yang satu ini.

Apabila seseorang sudah pernah bekerja, lalu ditujukkan dengan paklaring maka bisa dijadikan sebagai bukti bahwa ia pernah bekerja di suatu tempat dengan posisi atau jabatan dan berapa jangka waktunya.

Keterangan yang terdapat pada surat keterangan ini sangat penting. Hal ini dikarenakan apabila seseorang akan melamar pekerjaan, maka harus diketahui apakah sebelumnya pernah bekerja atau belum.

Melalui paklaring seseorang yang melamar pekerjaan pada sebuah lembaga akan diperkuat lamarannya dengan melihat kepunyaan tentang dirinya melalui paklaring yang diterbitkan oleh lembaga sebelumnya.


Syarat bagi orang agar lembaga tempatnya bekerja bisa mengeluarkan paklaring adalah masa kerja minimal satu tahun.

Apabila seseorang telah bekerja lebih dari setahun maka saat ia resign berhak mendapatkan paklaring.

Tentunya yang harus diperhatikan selain masa kerja yang dimiliki adalah penyebab keluar dari pekerjaan adalah bukan karena dipecat melainkan keluar secara baik-baik.

Kegunaan paklaring yang juga ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah fungsinya untuk mencairkan dana alias klaim BPJS ketenagakerjaan.

Gak Pakai Ribet! Anda Dapat Mengakses e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan]

 

Peraturan sebelumnya mengatakan pada saat ingin mencairkannya butuh 5 hingga 6 tahun terhitung setelah selesai bekerja atau berhenti kerja.

Regulasi saat ini sudah berubah sehingga apabila mereka sudah berhenti bekerja maka sudah bisa mengurus BPJS yang dimilikinya.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin mengurus BPJS miliknya adalah dengan cara memfotokopi lalu melegalisir paklaring yang dimilikinya.

Bagi yang berhenti bekerja di atas tahun 2005 maka yang juga harus dipenuhi adalah membawa legalisir tersebut kepada dinas tenaga kerja dimana lembaga tempat bekerja itu berada.

Hal lain yang benar-benar tidak boleh salah adalah tanggal berhenti kerja yang ada di kantor BPJS dengan yang dilaporkan lembaga harus sama, jika tidak harus membuat ulang menjadi tanggal yang sama.

 

Manfaat Surat Paklaring

Manfaat surat paklaring yang pertama adalah bukti pernah bekerja dan memberikan kinerja yang baik.

Selain itu, surat ini juga menegaskan bahwa tidak pernah dilakukan pemecatan karena keterlibatan yang bersangkutan terhadap hal-hal yang sifatnya menjatuhkan perusahaan.

Dengan demikian, yang bersangkutan memang melakukan proses pengunduran diri karena inisiatif pribadi dan bukan pelanggaran.

Surat paklaring juga mampu menjadi sebuah bukti tertulis yang valid tentang keberlangsungan seseorang menjadi pekerja.

Berapa lama periode pengabdian yang dilakukan serta bagaimana kinerjanya. Apakah kinerja yang bersangkutan baik atau buruk akan terlihat dari dokumen ini.

Kabar Gembira! Bayar BPJS Ketenagakerjaan Semakin Mudah dan Praktis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Pakai Ribet! Anda Dapat Mengakses e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan]

 

Contoh Surat Paklaring Yang Benar

PT Bintang Gemilang Sejahtera

Ruko Barito Permai Blok AB6 No. 10

Jalan Raya Meganti KM 3,9 Malang 65141

Telp. 0341 343 321 Fax. 0341 343 321 Mobile. 0889 762 4679

Website: www.bintanggemilangsejahtera.com Email: info@bintanggemilangsejahtera.com

 

SURAT PAKLARING

No. : 07/HRD/IX/2016

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Shara Nurrahmi
  • Jabatan: Direktur PT Bintang Gemilang Sejahtera

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

  • Nama: Ahmad Iksan
  • Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riadi 711 Malang

 

Benar telah menjadi karyawan di PT Bintang Gemilang Sejahtera terhitung sejak 19 Juni 2013 sampai dengan 09 Januari 2017, dengan jabatan terakhir adalah Account Officer.

Saudara Ahmad Iksan telah bekerja dengan dedikasi serta loyalitas tinggi kepada perusahaan dan tidak pernah terlibat dengan hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk bagi perusahaan selama menjadi karyawan di PT Bintang Gemilang Sejahtera. Pada pernyataan ini kami jelaskan bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi.

Kami berterima kasih atas segala kinerja yang telah dilakukan. Semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa yang akan datang.

Demikian surat paklaring ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Malang, 10 Januari 2017

 

Direktur

 

Shara Nurrahmi

 

Paklaring untuk Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu manfaat dari surat paklaring adalah untuk melakukan klaim dana JHT Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan.

Apa akibatnya jika tidak memiliki dokumen tersebut? Seseorang yang tidak mengantongi surat paklaring akan kehilangan uang iuran yang dipotongkan dari gajinya untuk BPJS Ketenagakerjaan.

Supaya dana JHT bisa dicairkan 100%, maka surat paklaring harus digandakan atau difotokopi. Tetapi tidak hanya itu, supaya datanya tetap valid dan sah maka harus dilegalisir oleh perusahaan yang bersangkutan.

Jadi, sebaiknya jika Anda sedang mengurus surat ini maka lebih baik sekalian digandakan dan langsung dilegalisir.

Proses legalisir dari perusahaan saja sudah cukup bagi karyawan yang melakukan resign sebelum tahun 2015.

Namun, apabila proses pengunduran diri dilakukan setelah tahun 2015 maka proses legalisir harus dilanjutkan ke dinas tenaga kerja yang menaungi perusahaan tersebut.

Untuk data yang diperlukan supaya prosesnya legal, maka tanggal berhenti bekerja yang ada di surat paklaring harus sama dengan yang tertera di dokumen kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh Surat Paklaring untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?]

 

Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Memberikan Surat Keterangan Kerja?

Hal yang harus dilakukan apabila perusahaan tempat bekerja tidak mau mengeluarkan surat keterangan kerja adalah memintanya pada perusahaan secara baik-baik.

Hal ini dilakukan dengan memberikan pengertian pada perusahaan bahwa proses keluar dari pekerjaan adalah dengan cara yang baik dalam artian tidak dipecat sehingga berhak mendapatkan surat keterangan kerja untuk mengurus BPJSTK dan lain sebagainya.

 

Jadi Karyawan Sukses Sebelum Pensiun

Profesi apapun di dunia ini tidak ada yang mudah. Begitu pula dengan menjadi seorang karyawan.

Apapun posisinya, kita tetap harus pintar mengatur finansial dengan sebaik mungkin agar kewajiban, kebutuhan, dan tujuan tetap terpenuhi.

Tapi nyatanya, semuanya tidak semudah yang kita harapkan. Kadang pemasukan hanya sebatas cukup untuk memenuhi kewajiban, sementara kebutuhan harus terseok-seok setiap bulannya.

Kenyataan memang kadang tidak sejalan dengan keinginan. Tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk mengubah kenyataan sesuai dengan keinginan.

Segeralah ubah arus keuangan Anda, dengan menambah wawasan yang bisa Anda dapatkan dari video di kanal youtube Finansialku serta artikel-artikel yang ada di situs kami.

Tapi Anda tidak bisa begitu saja berpuas diri dengan membekali diri dari dua sumber wawasan Finansialku, ‘kan? Tenang, Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca e-book Finansialku.

Mockup Ebook Karyawan

Dengan membaca salah satu e-book di atas, Anda tentu bisa memuaskan rasa penasaran Anda, juga mengaplikasikan tips-tips yang tersedia di dalamnya. Tenang, Anda bisa dapatkan e-book ini secara gratis dengan menekan tombol di bawah sekarang!

UNDUH GRATIS DI SINI

 

Itulah dia artikel tentang contoh surat parklaring untuk klaim BPJS ketenagakerjaan. Silakan berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Agustus 2016. Paklaring Itu Apa, Berikut Kegunaannya! https://goo.gl/1y17cr
  • Admin. 100 Contoh Surat Paklaring Format Profesional. Contohsurat.org – https://goo.gl/DmTByw
  • Admin. 3 November 2012. Contoh Surat Pengalaman Kerja / Referensi / Paklaring / Rekomendasi. Contohsuratindonesia.com – https://goo.gl/MFcwFb
  • Rizqia Khoirunisa. Syarat dan Ketentuan Pencairan Jamsostek/BPJSTK. Pasienbpjs.com – https://goo.gl/qayRNi
  • Admin. Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Memberikan Surat Keterangan Kerja? Hukumonline.com – https://goo.gl/pfb8AN

 

Sumber Gambar:

  • Surat Paklaring – https://goo.gl/MCNEe3
  • Cara Mencairkan Jamsostek BPJS TK 100% Tak Tersisa – https://goo.gl/Faj1bx